Author
Ari Khusnul Khotimah(1), Hartono Hartono(2), Deasylina da Ary(3),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(1)
Pendidikan Seni, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(2)
Pendidikan Sekolah Dasar, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(3) Corresponding Author PDF Full Text [File Size: 801KB]
Published : 2023-08-22
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 626 times PDF Downloaded: 266 timesAbstract
Aspek fisik motorik kasar menjadi suatu output pada pelayanan dalam lembaga pendidikan PAUD sebagai hal terpenting dalam memperhatikan pengawalan pertumbuhan serta perkembangan peserta didik. Tujuan penelitian ini agar tahu pengaruh dalam menggunakan pembelajaran tari tani terhadap kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini memiliki metode eksperimen dengan menggunakan bentuk pretest posttest control group design. Penemuan hasilnya yaitu di kelas eksperimen memperoleh persentase lebih unggul daripada kelas kontrol, pembelajaran tari secara langsung ini efektif digunakan untuk pembelajaran yang membutuhkan latihan/bimbingan untuk peningkatan motorik kasar yang diajarkan ke anak selangkah demi selangkah . Adanya pengaruh signifikan dalam penggunaan pembelajaran tari tani terhadap kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun. Jadi kesimpulannya terdapat hasil rata-rata yang berbeda pada penilaian kemampuan motorik kasar dari kelas yang melakukan pembelajaran tari tani secara langsung dan kelas yang menggunakan pembelajaran tari tani hanya berbantuan media video.
Keywords
References
Astuti, S., & Sepdwiko, D. (2023). Pembelajaran Tari Kreasi Menggunakan Model Pembelajaran Explicit Instruction. Jurnal Sitakara, 8 (1). https://doi.org/10.31851/sitakara.v8i1
Chatzihidiroglou, P., Chatzopoulos, D., Lykesas, G., & Doganis, G. (2018). Dancing Effects on Preschoolers ’ Sensorimotor Synchronization , Balance , and Movement Reaction Time. Sage Journals, March. https://doi.org/10.1177/0031512518765545
Dewi, R. (2005). Berbagai Masalah Anak Taman Kanak-Kanak. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Dwiyanti, L., Wulansari, W., & Raharjo, I. B. (2017). Pengaruh Pembelajaran Tari Tradisional Rampak Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Di Taman Kanak-Kanak Kabupaten Nganjuk. SELING (Jurnal Program Studi PGRA), 3 (1), 115–120. https://doi.org/10.29062/seling.v3i1.203
Hakim, R. M. Al., & Rahmah, L. (2019). Pengembangan Fisik Motorik Melalui Gerak Tari di Kelompok B RA DWP UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3 (4). https://doi.org/10.14421/jga.2018.34-05
Hartono. (2017). Kecerdasan Kerjasama Anak Usia Dini Dalam Pembelajaran Tari. Efektor, 4, 6–12. https://doi.org/10.29407/e.v4i1.738
Hazhari, D. (2019). The Effect of Playing Mpa’a Tapa Gala Game Toward Gross Motor Development on Early Childhood. Journal Of Primary Education, 8 (2). https://doi.org/10.15294/jpe.v8i2.25450
Ilmi, G. S. F., Wulandari, R. S., & Novitasari, L. (2022). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Tari Semut. Jurnal Mentari, 2 (1), 1–10. https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/Mentari/article/view/172
Indrawati, T., & Rahmah, N. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Gerak Tari Ayam. Al Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3 (1). https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6539
Lestari, E. D., & Asiyah. (2020). Seni Tari Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Al Fitrah, 3 (2). http://dx.doi.org/10.29300/alfitrah.v3i3.3794
Lobo, Y. B., & Winsler, A. (2006). The Effects of a Creative Dance and Movement Program on the Social Competence of Head Start Preschoolers. Social Development, 15, 501–519. https://doi.org/10.1111/j.1467-9507.2006.00353.x
Nugraha, A. (2017). Model Pembelajaran Tari Untuk Meningkatkan Penguasaan Ritme Gerak Dan Rasa Musikal Bagi Guru Seni Budaya. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 2(1), 19–38. https://doi/org/10.30870/jpks.v2i1.2500
Prastyo, D., & Novitasari, Y. (2020). Pengembangan Media Video Tari Untuk Menstimulasi Perkembangan Seni Dan Fisik Motorik Di Taman Kanak-Kanak. JCE (Journal of Childhood Education), 4 (2), 82–92. https://doi.org/10.30736/jce.v4i2.257
Puspita, D., Calista, W., & Suyadi. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Siswa Usia Dasar : Masalah dan Perkembangannya. JIP : Jurnal Ilmiah PGMI, 4(2), 170–182. https://doi.org/10.19109/jip.v4i2.2780
Setyawan, D. A., Hadi, H., & Royana, I. F. (2018). Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Negeri Pembina Kota Surakarta. Jurnal Penjakora, 5(1), 17–27. https://doi.org/10.23887/penjakora.v5i1.14496
Sola, et al. (2021). Pengembangan media video pembelajaran gerak dan tari kearifan lokal ngada untuk melatih kemampuan motorik kasar pada anak usia 5-6 tahun di TKK ST. Skolastika Mataia. Jurnal Citra Pendidikan, 1 (1), 99–114. https://doi.org/10.38048/jcp.v1i1.169
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research & Development/R&D). Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan ( Research & Development/R&D). Alfabeta.
Sulastri, N. M. (2021). Penerapan Kegiatan Menari Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar dan Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Transformasi, 8(September), 97–102. https://doi.org/10.33394/jtni.v7i2.4890
Suryadi, M. N. S., Hodidjah, & Giyartini, R. (2018). Penerapan Model Direct Instruction Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Siswa dalam Pembelajaran Seni Tari di SD. Pedadidaktika, 5 (3), 242–257. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v5i3.13060
Urbaningrum, A., Suminah, Madyono, S. (2018). Meningkatkan Motorik Kasar Melalui Tari Kreasi Pada Anak Kelompok B. Wahana Sekolah Dasar, 8293, 1–6. http://dx.doi.org/10.17977/um035v26i12018p001
Utari, A. A., & Yeni, I. (2020). Pengaruh Tari Kreasi Terhadap Pengembangan Motorik Kasar Anak di Taman Kanak-kanak Kemala Bhayangkari 03 Alai. Golden Age, 5(2), 57–62. https://doi.org/10.14421/jga.2020.52-02
Verawati, I. (2018). Peningkatan Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Permainan Tradisional Tambi-Tambian. Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 9. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v5i2.3982
Refbacks
- There are currently no refbacks.