Pembelajaran Tahfidz sebagai Media Menumbuhkan Karakter Tanggung Jawab pada Anak Temper Tantrum

Monita Nur Shabrina(1Mail), Nur Azizah(2), Muhammad Zuhad Rifqi(3),
(1) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
(2) Pendidikan Luar Biasa, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
(3) Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Monita Nur Shabrina, Nur Azizah, Muhammad Zuhad Rifqi

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.511

Full Text:    Language : ID
Submitted : 2020-04-05
Published : 2020-04-15

Abstract


Tanggung jawab merupakan karakter penting yang harus dimiliki oleh setiap individu, tidak terkecuali anak berkebutuhan khusus. Pendidikan karaker tanggung jawab pada anak berkebutuhan khusus dapat dilakukan dengan pemilihan metode pembelajaran yang tepat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana cara yang digunakan untuk menumbuhkan karakter tanggung jawab pada anak temper trantrum dalam pembelajaran Tahfidz di Yayasan Islam Ar-Ruhama Kabupaten Kuningan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumen, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menarik tema. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan karakter tanggung jawab untuk anak dengan temper trantrum dalam pembelajaran Tahfidz dilakukan dengan rutinitas pembelajaran tahfidz, diberikannya tugas mandiri, adanya daftar ceklist (mutaba’ah), diberikan kesempatan memimpin, dan adanya bintang prestasi sebagai reward.


Keywords


temper tantrum; responsible; tahfidz learning

References


Affrida, E. N. (2017). Strategi Ibu dengan Peran Ganda dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 114. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.24

Akbar, A., & Hidayatullah, H. (2016). Metode Tahfidz Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Kabupaten Kampar. Jurnal Ushuluddin, 24(1), 91. https://doi.org/10.24014/jush.v24i1.1517

Anas, M. (2013). Psikologi Menuju Aplikasi Pendidikan. Pustaka Education.

Andriani, T. (2012). Permainan Tradisional Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Sosial Budaya, 9(1), 121–136. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/sb.v9i1.376

Arfiah, S., & Sumardjoko, B. (2017). Penguatan Karakter Tanggung Jawab dan Kemandirian pada Mahasiswa PPKN Melalui Perkuliahan Kepramukaan dalam Upaya Mempersiapkan Mutu Lulusan Sebagai Pembina Ekstrakurikuler di Sekolah. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(2), 76–92. https://doi.org/https://doi.org/10.2317/jpis.v27i2.5721

Arismantoro. (2008). Tinjauan Berbagai Aspek Character Building; Bagaimana Mendidik Anak Berkarakter. Tiara Wacana.

Arsyad, A. R. (2014). Religious Education for Special Need Learners at SMPLB, the Center of Special Needs Education and Special Education Services. Al Qalam; Jurnal Penelitian Agama Dan Sosial Budaya, 20(1), 161–170. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31969/alq.v20i1.168

Astuti, H. P. (2012). the Role of Hypnoparenting in the Treatment of Early Childhood’S Temper Tantrum. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 1(1), 26–31. https://doi.org/10.15294/ijeces.v1i1.9200

Clarken, R. (2010). Considering Moral Intelligence. As Part of A Holistic Education. Northern Michigan University.

Daniels, Elizabeth., Mandleco, Barbara., Luthy, K. E. (2012). Assessment, management, and prevention of childhood temper tantrums. Journal of the American Academy of Nurse Practitioners, 24(10), 569–573. https://doi.org/10.1111/j.1745-7599.2012.00755.x

Dewanggi, Mustika. Hastuti, Dwi., Hernawati, N. (2012). Pengasuhan Orang Tua dan Kemandirian Anak Usia 3-5 Tahun berdasarkan Gender di Kampung Adat Urug. In Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen (Vol. 5, Issue 1, pp. 19–28). https://doi.org/10.24156/jikk.2012.5.1.19

Djamarah, S. B. (2004). Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak dalam Keluarga. PT. Rineka Cipta.

Eko Hariyanti, W., & Marhumah. (2017). Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education Association of Indonesian Islamic Kindergarten Teachers Education Study Program Method of Memorizing the Qur’an In Early Childhood Period (Case Studies in TKIT Yaa Bunayya and RA Darussalam Yogyakart. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(1), 89–98.

Eliasa, E. I. (2011). Pentingnya Kelekatan Orangtua dalam Internal Working Model untuk Pembentukan Karakter Anak. Developmental Psychology, 33(5), 806–821.

Hapsari, R. P., & Christiana, E. (2013). Studi Tentang Pelaksanaan Pemberian Reward Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Kelompok-a Di Tk Islam Al-Azhar 35 Surabaya Study Councering the Implemetation of Reward in Increasing Motivation for Learning Group-a in Al-Azhar 35 Islamic Kindergarten 35 Su. Jurnal BK Unesa, 04.

Harmianto, S., & Muslim, A. H. (2015). Hasil-hasil Penelitian dan Pengabdian LPPM Universitas Muhammadiyah Purwokerto. In Seminar Nasional.

Haryani, Retno Ika., Jaya, I., & Yulsyofriend. (2019). Pembentukan karaker tanggung jawab di taman kanak-kanak Islam Budi Mulia Padang. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 105–114. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jip.4.2.105-114

Herawati, N. I. (2011). Menghadapi Anak Usia Dini yang Temper Tantrum. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 3(No 2 (2012)). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/cd.v3i2.10338

Hewi, L. A. (2015). Kemandirian usia dini di suku bajo. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 76. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.091

Hidayah, A. (2018). Metode Tahfidz Al-Qur’an Untuk Anak Usia Dini (Kajian Atas Buku Rahasia Sukses 3 Hafizh Quran Cilik Mengguncang Dunia). Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Dan Hadis, 18(1), 51. https://doi.org/10.14421/qh.2017.1801-04

Hidayah, N. (2016). Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Lembaga Pendidikan. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 63–81. https://doi.org/10.21274/taalum.2016.4.1.63-81

Islamiah, Fajriyatul., Fridani, Lara., Supena, A. (2019). Konsep Pendidikan Hafidz Qur’an pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 30. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.132

Kartika, T. (2019). Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-qur’an Berbasis Metode Talaqqi. Islamic, Jurnal Manajemen, Education, 4(2), 245–256. https://doi.org/DOI :10.15575/isema.v4i2.5988

Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). ImplementasiKurikulum 2013: Konsep dan Penerapan. Kata Pena.

Lubis, A. M., & Ismet, S. (2019). Metode Menghafal Alquran Pada Anak Usia Dini di Tahfidz Center Darul Hufadz kota Padang. Aulad : Journal on Early Childhood, 2(2), 8–14. https://doi.org/10.31004/aulad.v2i2.30

Martsiswati, Ernie., Suryono, Y. (2014). Peran Orang Tua Dan Pendidik Dalam Menerapkan Perilaku Disiplin Terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 187. https://doi.org/10.21831/jppm.v1i2.2688

Moleong, J, L. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Mustafa, M. S. (2016). Pelaksanaan Metode Pembelajaran Tahfizh Al-Qur’an Di Madrasah Tahfidz Al-Qur’an Al-Imam ’Ashim Tidung Mariolo, Makassar. Al-Qalam, 18(2), 245. https://doi.org/10.31969/alq.v18i2.73

Nadhirah, Y. F. (2017). Perilaku Ketidakmatangan Sosial-Emosional Pada Anak Usia Dini. 2(1), 59–74.

Nuraeni, Lenny., Andrisyah, Andrisyah., Nurunnisa, R. (2019). Efektivitas Program Sekolah Ramah Anak dalam Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 20. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.204

Pebriana, P. H. (2017). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 8. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26

Potegal, M., & Davidson, R. J. (2003). Temper tantrums in young children: 1. Behavioral composition. Journal of Developmental and Behavioral Pediatrics, 24(3), 140–147. https://doi.org/10.1097/00004703-200306000-00002

purwanti, eri. (2016). Implementasi penggunaan ssp (. TERAMPIL Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(2), 1–23. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/terampil.v3i2.1194

Rusadi, B. E. (2018). Implementasi Pembelajaran Tahfiz Al-Quran Mahasantri Pondok Pesantren Nurul Quran Tangerang Selatan. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 10(1), 162–173. https://doi.org/10.30596/intiqad.v10i1.1920

Sa’dullah. (2008). Cara Praktis Menghafal Al-Qur’an. Dema Insani.

Sabartiningsih, Mila., Muzakki, Jajang Aisyul., Durtam, D. (2018). Implementasi Pemberian Reward Dan Punishment Dalam Membentuk Karakter Disiplin Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 60. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i1.2468

Sari, A. J., & Suwanda, I. M. (2014). Implementasi Pendidikan Demokrasi Pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu Di Smalb-B Pgri Dlanggu I Made Suwanda. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 03, 1046–1059.

Sayyid, S. A. (2013). Balita pun Hafal Al-Qur’an. PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Sholihan, N. (2017). Monitoring Aktivitas Tilawah Al-Qur’an Melalui Buku Mutaba’ah Siswa Di Smp It Nur Hidayah Surakarta Tahun AjaraN 2016/2017. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Sukino, & Muttaqin, I. (2019). Penguatan Akhlak Mulia dalam Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di MTs Ma’arif Binjai Hulu Sintang (Perspektif Rekonstruksi Sosial). In Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam (Vol. 7, Issue 1). https://doi.org/10.21274/taalum.2019.7.1.125-156

Suparno, P. (2003). Pendidikan Budi Pekerti untuk SMU-SMK. Kanisius.

Susianti, C. (2016). Efektivitas Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi Halaman, 2(1), 1–19. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/ts.v2i1p1-19.305

Suyatno. (2005). Konsep Dasar Anak Usia Dini. Departemen Pendidikan Nasional.

Suzanti, Marsella Wahyu., Riyani, Enggar., Istiqomah, A., Ihtiar, C. (2015). Efektivitas Finger Painting untuk Menurunkan Perilaku Temper Tantrum Pada Anak KB PK Yogyakarta. In Jurnal Pendidikan Anak (Vol. 3, Issue 1). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpa.v3i1.3055

Tabi’in, A. (2017). Pengelolaan Pendidikan Karakter Disiplin Anak Usia Dini Studi Kasus Di Al-Muna Islamic Preschool Semarang. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.989

Tafsir, A. (2011). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Rosda.

Taja, Nadri., Inten, Dinar Nur., Hakim, A. . (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Mengajar Baca Tulis Al-Qur`an bagi Guru. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 68. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.135

Uno, H. B. (2007). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Bumi Aksara.

Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter Usia Dini (Strategi Membangun Karakter Usia Dini). Pustaka Belajar.

Yati, F., & Yaswinda, Y. (2019). Penerapan Model Evaluasi CIPPO dalam Mengevaluasi Penyelenggaraan Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 30. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.238

Yulianto, A. (2016). Pendidikan Ramah Anak Studi Kasus SDIT Nur Hidayah Surakarta. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 1(2), 137. https://doi.org/10.22515/attarbawi.v1i2.192

Yunus, M. (2015). Upaya Guru Membentuk Karakter Bangsa Pada Anak Usia Dini Melalui Proses Pembelajaran Di Yayasan Raudatul Athfal (RA) Fathun Qarib. Serambi Akademica, III(2), 174–182. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32672/jsa.v7i2

Zakiyah, N. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kejadian Temper Tantrum Pada Usia Toddler Di Dukuh Pelem Kelurahan Baturetno Banguntapan Bantul. Interest : Jurnal Ilmu Kesehatan, 6(1), 62–71. https://doi.org/10.37341/interest.v6i1.83


Article Metrics

 Abstract Views : 180 times
 PDF Downloaded : 59 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.