- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengaruh Pelatihan Keterampilan Koping Orang Tua terhadap Kecerdasan Emosi & Keterampilan Sosial Anak
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5100Keywords:
koping orang tua, kecerdasan emosi, keterampilan sosial, anak usia diniAbstract
Orang tua memiliki peran penting dalam meningkatkan keterampilan emosi dan kecerdasan sosial anak usia dini, sehingga orang tua perlu memiliki keterampilan koping dalam menghadapi dan menyelesaian permasalahan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pelatihan keterampilan koping orang tua terhadap kecerdasan emosi dan keterampilan sosial anak. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen tipe pretest-posttest group design. Populasi dan sampel penelitian adalah peserta didik TK/RA yang berada di Kecamatan Pedan Kabupaten Klaten, dan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian membuktikan bahwa pelatihan koping orang tua memiliki pengaruh signifikan terhadap kecerdasan emosi anak dan keterampilan sosial anak. Penelitian sebelumnya merupakan penelitian korelasional, sedangkan penelitian sekarang merupakan penelitian eksperimen dengan memberikan perlakuan pada orang tua. Dampak dari penelitian ini adalah orang tua (kelompok eksperimen) yang diberikan pelatihan koping memiliki keterampilan dalam memahami, menghadapi dan menyelesaikan permasalahan anak.
Downloads
References
Arifin, S. (2016). Perkembangan Kognitif Manusia Dalam Perspektif Psikologi Dan Islam. Tadarus :Jurnal UM Surabaya, 5(1), 50–67. https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Tadarus/article/view/350
Baqutayan, S., & Mohamed, S. (2015). Stress and coping mechanisms: A historical overview. Mediterranean Journal of Social Sciences, 6(2S1), 479–488. https://doi.org/10.5901/mjss.2015.v6n2s1p479
Dahlia. (2018). Psikologi perkembangan anak usia dini. Pustaka Pelajar.
Febiola, F., & Izzati, I. (2019). Perilaku asuh orang tua over protective terhadap perkembangan sosial anak di TK Islam Khaira Ummah Ikur Koto Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Generasi Emas, 2(1), 21. https://doi.org/10.25299/ge.2019.vol2(1).3299
Fitri, R., & Kustanti, E. R. (2020). Hubungan antara efikasi diri akademik dengan penyesuaian diri akademik pada mahasiswa rantau dari Indonesia Bagian Timur di Semarang. Jurnal EMPATI, 7(2), 491–501. https://doi.org/10.14710/empati.2018.21669
Goleman, D. (2015). Mengapa EI Lebih Penting Daripada IQ. In Jakarta: Gramedia. Gramedia Pustaka Utama.
Hargie, O., Saunders, C., & Dickson, D. (1988). Social skills in interpersonal communication. Clinical Psychology Forum, 1(14), 28–29. https://doi.org/10.53841/bpscpf.1988.1.14.28
Hidayati, Azis, A. A., & Musrifatul, U. (2014). Pengantar kebutuhan dasar manusia. Salemba Medika.
Karisma, W. T., Dwi, P., & Karmila, M. (2020). Peran Orangtua Dalam Menstimulasi Pengelolaan Emosi Anak Usia Dini. PAUDIA, Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 94–102. https://journal.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/view/6144
Kilic, S., Var, E. C., & Kumandas, H. (2015). Effect of Parental Attitudes on Skills of Emotional Management in Young Adults. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 191(1), 930–934. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.276
Kusuma, L., Dimyati, D., & Harun, H. (2021). Perhatian Orang tua dalam Mendukung Keterampilan Sosial Anak selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 373–491. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.959
Latif, M. (2018). Pendidikan anak usia dini. Kencana Pernada Media Group.
LESILOLO, H. J. (2019). Penerapan teori belajar sosial albert bandura dalam proses belajar mengajar di sekolah. KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi, 4(2), 186–202. https://doi.org/10.37196/kenosis.v4i2.67
Li, P. (2023). Emotional regulation is not a skill we are born with. Toddlers’ moods can swing like a pendulum. Helping our kids self-regulate a wide range of emotions is among parents’ most important tasks. https://www.parentingforbrain.com/self-regulation-toddler-temper-tantrums/
Maleki, M., Mardani, A., Chehrzad, M. M., Dianatinasab, M., & Vaismoradi, M. (2019). Social skills in children at home and in preschool. Behavioral Sciences, 9(7), 74–80. https://doi.org/10.3390/bs9070074
Mulyasa, E. (2017). Manajemen PAUD. Remaja Rosdakarya.
Nurtiani, A. T., Murniati, C., Bina, S., & Getsempena, B. (2018). Dampak Pola Asuh Orangtua Terhadap Kecerdasan Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Jasa Bunda Aceh Besar. Jurnal Buah Hati, 5(1), 14.
Perdani A Putri. (2017). Peningkatan Keterampilan Sosial Melalui Metode Bermain Permainan Tradisional Pada Anak TK B. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(11), 1–8. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/3879
Pratiwi, H. A., Yarliani, I., & Ageng, D. (2017). Penyesuaian Konsep Matematika Dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education (1), 2(1), 51–64.
Purnamasari, M., & Na’imah, N. (2020). Peran Pendidik dalam Konsep Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 4(2), 295–303. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i2.990
Rachmah, H. (2018). Berpikir sosial & keterampilan sosial. Alfabeta.
Rahayu, D., Hamid, S. I., & Sutini, A. (2018). Peningkatan keterampilan sosial anak melalui permainan tradisional. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 129–135. https://doi.org/10.17509/cd.v7i2.10527
Rochmah, L., Zaenuri, I., & Sudarsih, S. (2019). Hubungan Stres dengan Mekanisme Koping Ibu dalam Pemberian Belajar Membaca Alfabet pada Anak Retardasi Mental Ringan. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 1(1), 1–7. https://ejurnalmalahayati.ac.id/index.php/holistik/article/view/3590
Salsabila, N. G., Hapidin, H., & Hikmah, H. (2022). Hubungan peran orang tua dengan keterampilan sosial anak usia 5-6 tahun selama kegiatan belajar dari rumah (bdr). Al Hanin, 2(1), 36–42. https://doi.org/10.38153/alhanin.v2i1.104
Sapendi, S. (2015). Internalisasi Nilai-Nilai Moral Agama Pada Anak Usia Dini. At-Turats, 9(2), 17. https://doi.org/10.24260/at-turats.v9i2.313
Setiani, T. (2014). Keterampilan Sosial Siswa pada Pembelajaran IPS. Jurnal PAUD PPs Universitas Negeri Jakarta, 7(7), 18–24.
Siregar, S. L., & Subiyantoro, S. (2021). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 18(1), 28–38. https://doi.org/10.17509/edukids.v18i1.31828
Siska, Y. (2011). Penerapan metode bermain peran (Role Playing) dalam meningkatkan keterampilan sosial dan keterampilan berbicara anak usia dini. Pdfs.Semanticscholar.Org, 1(1), 31–37. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/palapa/article/download/71/58/
Sudjana, N. (2015). Cara belajar siswa aktif. Sinar Baru Algesindo Offset.
Sunarty, K., & Dirawan, G. D. (2015). Development Parenting Model to Increase the Independence of Children. International Education Studies, 8(10), 107–113. https://doi.org/10.5539/ies.v8n10p107
Susanto, A. (2018). Perkembangan anak usia dini. Kencana Prenada Group.
Wolska-Długosz, M. (2015). Stimulating the Development of Creativity and Passion in Children and Teenagers in Family and School Environment – Inhibitors and Opportunities to Overcome them. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174(1), 2905–2911. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.1027
Yuliani, N. S. (2018). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Indeks.