Efektifitas Penggunaan Inovasi Media Kiorroga terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini

Author


Ega Trisna Rahayu(1Mail), Rina Syafrida(2), Ferianto Ferianto(3), Nurunnabilah Nurunnabilah(4), Haliza Syahnurmala(5),
Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia(1)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia(2)
Pendidikan Agama Islam, Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia(3)
Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia(4)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia(5)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 1022KB]

Published : 2023-08-18

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 898 times PDF Downloaded: 357 times

Abstract


Berdasarkan pengamatan yang dilakukan penulis terhadap permasalahan di Pendidikan Anak Usia Dini yaitu terkait kemampuan pada motorik kasar anak yang kurang optimal dalam keterampilan aktivitas fisik motorik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, menganalisis, dan mengidentifikasi efektivitas media pembelajaran melalui berbagai jenis permainan dengan menggunakan karet gelang yang dinamakan Kinds of Rubber Rope Games (Kiorroga). Dalam perkembangan motorik kasar pada anak terdapat keterampilan yang meliputi aktivitas otot besar untuk meningkatkan kekuatan, koordinasi, kecepatan, dan keseimbangan. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode eksperimen dengan desain One Group Pretest Posttest Design, dimana sampelnya adalah TK B1 yang berjumlah 8 anak / n=(8), ditentukan berdasarkan Cluster Random Sampling, serta dilakukan treatmen sebanyak 14 kali pertemuan dengan menerapkan serangkaian permainan dengan menggunakan media Kiorroga. Hasil penelitian menunjukan bahwa media Kiorroga efektif dalam meningkatkan skor kemampuan motorik kasar pada anak usia dini yang dibuktikan dari peningkatan keterampilan yang terlihat pada aktivitas gerak yang digunakan melalui permainan Kiorroga


Keywords


anak usia dini; kinds of rubber rope games; media pembelajaran; motorik kasar

References


Achmadi, & Lailiyyah, L. (2018). Pengaruh Permainan Lompat Tali Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok B Tk Kartika IV-9 Raider. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 70(1), 63–70. https://doi.org/10.36456/wahana.v70i1.1570

Andini, Y. T., Syamsudin, M. A., & Ulansari, F. (2022). Pengaruh Permainan Lompat Tali Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 3(2), 97–108. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2022.3.2.97-108

Anggraini, M. A., Karyanto, Y., & A.S, W. K. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional Lompat Tali terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Journal of Early Childhood Care and Education, 1(1), 18. https://doi.org/10.26555/jecce.v1i1.60

Arie Paramitha, M. V., & Sutapa, P. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Sirkuit Untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Golden Age, 3(01), 1. https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i01.1336

Baroody, A. E., & Diamond, K. E. (2012). Links Among Home Literacy Environment, Literacy Interest, and Emergent Literacy Skills in Preschoolers At Risk for Reading Difficulties. Topics in Early Childhood Special Education, 32(2), 78–87. https://doi.org/10.1177/0271121410392803

Beghetto, R. A., & Kaufman, J. C. (2014). Classroom contexts for creativity. High Ability Studies, 25(1), 53–69. https://doi.org/10.1080/13598139.2014.905247

Carroll, J. M., Holliman, A. J., Weir, F., & Baroody, A. E. (2019). Literacy interest, home literacy environment and emergent literacy skills in preschoolers. Journal of Research in Reading, 42(1), 150–161. https://doi.org/10.1111/1467-9817.12255

Cho, Y., Chung, H. Y., Choi, K., Seo, C., & Baek, E. (2013). The emergence of student creativity in classroom settings: A case study of elementary schools in korea. Journal of Creative Behavior, 47(2), 152–169. https://doi.org/10.1002/jocb.29

Enright, E., & O’Sullivan, M. (2012). Physical Education “in All Sorts of Corners.” Research Quarterly for Exercise and Sport, 83(2), 255–267. https://doi.org/10.1080/02701367.2012.10599856

Figueroa, R., & An, R. (2017). Motor Skill Competence and Physical Activity in Preschoolers: A Review. Maternal and Child Health Journal, 21(1), 136–146. https://doi.org/10.1007/s10995-016-2102-1

Fiorella, L., & Mayer, R. E. (2018). What works and doesn’t work with instructional video. In Computers in Human Behavior (Vol. 89, pp. 465–470). https://doi.org/10.1016/j.chb.2018.07.015

Gagne, R. M., Wager, W. W., Golas, K. C., Keller, J. M., & Russell, J. D. (2005). Principles of instructional design, 5th edition. Performance Improvement, 44(2), 44–46. https://doi.org/10.1002/pfi.4140440211

Göksu, I., Özcan, K. V., Cakir, R., & Göktas, Y. (2017). Content analysis of research trends in instructional design models: 1999-2014. Journal of Learning Design, 10(2), 85. https://doi.org/10.5204/jld.v10i2.288

Guan, H., Okely, A. D., Aguilar-Farias, N., del Pozo Cruz, B., Draper, C. E., El Hamdouchi, A., Florindo, A. A., Jáuregui, A., Katzmarzyk, P. T., Kontsevaya, A., Löf, M., Park, W., Reilly, J. J., Sharma, D., Tremblay, M. S., & Veldman, S. L. C. (2020). Promoting healthy movement behaviours among children during the COVID-19 pandemic. In The Lancet Child and Adolescent Health (Vol. 4, Issue 6, pp. 416–418). https://doi.org/10.1016/S2352-4642(20)30131-0

Hammami, A., Harrabi, B., Mohr, M., & Krustrup, P. (2022). Physical activity and coronavirus disease 2019 (COVID-19): specific recommendations for home-based physical training. In Managing Sport and Leisure (Vol. 27, Issues 1–2, pp. 20–25). https://doi.org/10.1080/23750472.2020.1757494

Hansch, A., Hillers, L., McConachie, K., Newman, C., Schildhauer, T., & Schmidt, P. (2015). Video and Online Learning: Critical Reflections and Findings from the Field. SSRN Electronic Journal, 15 (4), 331–346. https://doi.org/10.2139/ssrn.2577882

Konstantinidou, E., Gregoriadis, A., Grammatikopoulos, V., & Michalopoulou, M. (2014). Primary physical education perspective on creativity: The nature of creativity and creativity fostering classroom environment. Early Child Development and Care, 184(5), 766–782. https://doi.org/10.1080/03004430.2013.818989

Magfiroh, L., Wulandari, R. T., & Maningtyas, R. T. (2019). Penerapan Permainan Lompat Ceria Untuk Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.17977/um053v2i1p1-10

Mu’mala, K. A., & Nadlifah, N. (2019). Optimalisasi Permainan Lompat Tali dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(1), 57–68. https://doi.org/10.14421/jga.2019.41-06

Pill, S., & SueSee, B. (2017). Including Critical Thinking and Problem Solving in Physical Education. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 88(9), 43–49. https://doi.org/10.1080/07303084.2017.1367741

Rechtik, Z. (2018). Assesment of Gross Motor Skills as a Part of Child’s Physical Readiness for Compulsory School Attenadance. Journal of Education and Training Studies, 6(11a), 127. https://doi.org/10.11114/jets.v6i11a.3809

Sargisson, R. J., Powell, C., Stanley, P., & De Candole, R. (2014). Predicting motor skills from strengths and difficulties questionnaire scores, language ability, and other features of new zealand children entering primary school. Australian Educational and Developmental Psychologist, 31(1), 32–46. https://doi.org/10.1017/edp.2014.1

Sopiyati. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Kegiatan Melompat Dengan Menggunakan Media Tali Karet Gelang Pada Kelompak A Di TK Pertiwi Dahlia Desa Sambirejo Kecamatan Gabus Kabupaten Pati Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 2(6), 73–80. https://doi.org/10.7777/jiemar.v2i6.230

Suhartini, S.-, & Jarwoko, J.-. (2018). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Lompat Tali Pada Usia 5-6 Tahun di Paud Tunas Mekar Plus Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 1(2), 55–68. https://doi.org/10.24903/jw.v1i2.183

Tang, X., Pakarinen, E., Lerkkanen, M. K., Muotka, J., & Nurmi, J. E. (2019). Longitudinal associations of first-grade teaching with reading in early primary school. Journal of Applied Developmental Psychology, 63, 23–32. https://doi.org/10.1016/j.appdev.2019.05.002

Tangse, U. H. M., & Dimyati, D. (2021a). Permainan Estafet untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 9–16. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1166

Tangse, U. H. M., & Dimyati, D. (2021b). Permainan Estafet untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 9–16. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1166

Vogel-Walcutt, J. J., Fiorella, L., & Malone, N. (2013). Instructional strategies framework for military training systems. In Computers in Human Behavior (Vol. 29, Issue 4, pp. 1490–1498). https://doi.org/10.1016/j.chb.2013.01.038

Wang, J. H.-T. (2004). A Study on Gross Motor Skills of Preschool Children. Journal of Research in Childhood Education, 19(1), 32–43. https://doi.org/10.1080/02568540409595052

Williams, H. G., Pfeiffer, K. A., O’Neill, J. R., Dowda, M., McIver, K. L., Brown, W. H., & Pate, R. R. (2008). Motor skill performance and physical activity in preschool children. Obesity, 16(6), 1421–1426. https://doi.org/10.1038/oby.2008.214

Yogman, M., Garner, A., Hutchinson, J., Hirsh-Pasek, K., Golinkoff, R. M., Baum, R., Gambon, T., Lavin, A., Mattson, G., Wissow, L., Hill, D. L., Ameenuddin, N., Chassiakos, Y. (Linda) R., Cross, C., Boyd, R., Mendelson, R., Moreno, M. A., Radesky, J., Swanson, W. S., … Smith, J. (2018). The Power of Play: A Pediatric Role in Enhancing Development in Young Children. Pediatrics, 142(3), 142. https://doi.org/10.1542/peds.2018-2058


Refbacks

  • There are currently no refbacks.