
Author
Sitti Asnaeni. Am(1), St. Asriati. Am(2

Pendidikan Sosiologi, Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia(1)
Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia(2)
Pendidikan Sosiologi, Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia(3)

Published : 2023-10-11
Article can trace at:







Article Metrics
Abstract Views: 939 times
PDF Downloaded: 609 times
Abstract
Menumbuhkan kepribadian religious melalui pembiasaan morning activity akan bermuara pada terbentuknya kepribadian religius. Penelitian ini secara khusus bertujuan untuk menganalisis proses pembelajaran pendidikan anak usia dini melalui pembiasaan morning activity untuk penanaman nilai-nilai karakter religious di Paud Tiga Bahasa Nailun Nabhan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan naratif kualitatif. Subjek dipilih menggunakan sampel yang ditargetkan. Dalam penelitian ini metode observasi, wawancara dan dokumentasi digunakan untuk pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) alur kegiatan morning activity melalui pembiasaan setiap pagi sebelum pelajaran inti dilakukan melakukan pembacaan doa sehari-hari, hadits dan surah-surah pendek; 2. karakter yang berkembang dari pembiasaan tersebut yaitu: jujur, disiplin, dan mandiri sehingga dapat disimpulkan bahwa penanaman nilai karakter melalui morning activity menjadi agen yang membantu pembentukan karakter religius yakni: jujur, disiplin dan mandiri
Keywords
References
Achadah, A., Wahidmurni, W., & Yasin, A. F. (2022). Internalization of Character Education Values in Shaping Elementary School Students’ Religious Behavior. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(4), 4723–4734. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i4.2509
AM, S. A. (2014). Perubahan Sosial Ekonomi Komunitas Nelayan di Kelurahan Pulau Barrang Lompo Kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP) FKIP Unismuh Makassar, 1(1). https://doi.org/10.35580/lageografia.v20i1.24096
Aminu, N., Aswad, H., Manaf, A., Rosmitasari, E., Onde, M. L. O., Yurfiah, & Nurjani. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Religius Kepada Anak Melalui Kegiatan TPA di Kelurahan Holimombo. Abdidas, 3(6). https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i6.737
Bruce, S., Fasy, C., Gulick, J., Jones, J., & Pike, E. (2006). Making Morning Circle Meaningful. Teaching Exceptional Children Plus, 2(4). http://escholarship.bc.edu/education/tecplus/vol2/iss4/art1
Buchari, A. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(2), 106. https://doi.org/10.30984/jii.v12i2.897
Desmila, D., & Suryana, D. (2023). Upaya Guru dalam Menanamkan Karakter Anak Usia Dini melalui Pendidikan Multikultural. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2474–2484. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.2001
Firdausi, L. (2023). Peran Guru Melalui Pembiasaan Perilaku dalam Media Buku ‘ Halo Balita ’ untuk Penanaman Karakter Religius. 6(2), 281–287. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i1.520
Hanum, C. B., & Maryani, E. (2023). Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Morning Activity di Salah Satu Sekolah Dasar Islam di Kota Bandung. Jurnal Basicedu, 7(1), 421–431. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4356
Harah, S. (2019). Peranan Pembelajaran Sejarah dalam Penanaman Nilai Karakter Religius dan Nasionalisme di MA NW Toya Lombok Timur. Jurnal Humanitas, 6(1), 55–75. https://doi.org/10.29408/jhm.v6i1.3729
Hendayani, M. (2019). Problematika Pengembangan Karakter Peserta Didik di Era 4.0. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 183. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.368
Istifarriana, D. M., Kurniawan, H., & Kasmiati, K. (2021). Penanaman Karakter Religius Anak Usia Dini Dalam Film Animasi Nussa Dan Rara. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 5(02), 456–465. https://doi.org/10.29408/jga.v5i02.4023
Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2019). Penanaman Pendidikan Karakter pada Model Pembelajaran BCCT (Beyond Centers and Circle Time). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 110. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.106
Lessy, Z., & Sabi’ati, A. (2018). Thematic-Integrative Learning with the Beyond Centers and Circle Time Approach at Tunas Harapan Preschool, Salatiga, Central Java. Pacific Early Childhood Education Research Association, 12(1), 39–59. https://doi.org/10.17206/apjrece.2018.12.1.39
Luthfiyah, R., & Zafi, A. A. (2021). Penanaman Nilai Karakter Religius Dalam Perspektif Pendidikan Islam Di Lingkungan Sekolah RA Hidayatus Shibyan Temulus. Golden Age, 5(2). https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i2.3576
Naja, A. D. (2022). Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Religius di SMK Terpadu Khoirot Kandat Kediri. Koulutus, 5(1). https://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/koulutus/article/view/774
Novia, R. sherly, Yeniningsih, T. K., Yuhasriati, Y., Israwati, I., & Mutmainnah, M. (2022). Peran Orang Tua Dalam Penanaman Karakter Religius Kepada Anak Usia Dini DI Dusun Silang Desa Rukoh Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh. JIM PAUD, 7(2). https://jim.usk.ac.id/paud/article/view/22494
Nurbaiti, R., Alwy, S., & Taulabi, I. (2020). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Aktivitas Keagamaan. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 55–66. https://doi.org/10.33367/jiee.v2i1.995
Nurhayati, N., Fadillah, N. D., Setianingsih, H. P., & Usman, S. (2023). Penanaman Nilai Karakter Religius melalui Film Animasi Nussa dan Rara pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3648–3662. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4631
Prihatmojo, A., & Badawi. (2020). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Mencegah Degradasi Moral di Era 4.0. Dwi Cendekia Jurnal Riset Pedagogik, 4. https://jurnal.uns.ac.id/jdc/article/view/41129
Rahmawati, A. R., & Nursikin, M. (2021). Morning Activity dan Implikasinya Terhadap Habituasi Infaq dan Shadaqah serta Penguatan Karakter Peduli Sosial Siswa SMP Muhammadiyah Plus Salatiga. Citra Ilmu, XVII(33). https://ejournal.inisnu.ac.id/index.php/JICI/article/view/96
Rahmawati, Z. D., & Suradji, M. (2020). Desain Pembentukan Karakter dan Pengembangan Diri Siswa Melalui Program Morning Activity di SDIT AL Ibrah Gresik. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 3(2). http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/talim/article/view/2371http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/talim/article/view/2371
Ruswinarsih, S., Syihabuddin, & Kosasih, A. (2022). Penanaman Nilai Religius Berbasis Pembiasaan dan Keteladanan Untuk Penguatan Pendidikan Karakter di Pesantren. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 6(4). https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/3517
Saifuddin, Yusuf, M., & Sari, F. N. (2021). Metode Penanaman Karakter Religius Siswa di Madrasah Ibtidaiyah. IBTIDA’, 02(02). https://journal.stitaf.ac.id/index.php/ibtida/article/view/298
Salsabila, F., & Lessy, Z. (2022). Pembentukan Karakter Disiplin Anak : Sebuah Tinjauan Dari Pendidikan Anak Usia Dini. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 30–29. http://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/PW/article/view/267
Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., Furnamasari, Y. F., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2021). Peran Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7158–7163. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2106/1857
Siswanto, Nurmal, I., & Budin, S. (2021). Penanaman Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 2580–362. http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/JPD/article/view/2627
Suwarni, S. (2020). Penanaman Nilai Religius Dalam Membentuk Karakter Siswa. Edu-Religia Jurnal Keagamaan Dan Pembelajarannya, 3(1). http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/edureg/article/view/3435
Suwarti, S., Pamungkas, J., & Muthmainah, M. (2023). Penanaman Nilai Religius dalam Kegiatan Menyanyi Lagu Islami pada Anak di Taman Kanak-kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 863–875. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3650
Yuliana, E., & Fadlillah, M. (2021). Penanaman Karakter Religius Melalui Program Keagamaan Pada Anak Usia Dini di TK Aisyiyah Bungkal. EDUPEDIA, 5(1), 55. https://doi.org/10.24269/ed.v5i1.703
Refbacks
- There are currently no refbacks.