Penanaman Nilai Karakter Religius melalui Pembiasan Morning Activity pada Anak Usia Dini

Author


Sitti Asnaeni. Am(1), St. Asriati. Am(2Mail), Siska Siska(3),
Pendidikan Sosiologi, Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia(1)
Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia(2)
Pendidikan Sosiologi, Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 554KB]

Published : 2023-10-11

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 939 times PDF Downloaded: 609 times

Abstract


Menumbuhkan kepribadian religious melalui pembiasaan morning activity akan bermuara pada terbentuknya kepribadian religius. Penelitian ini secara khusus bertujuan untuk menganalisis proses pembelajaran pendidikan anak usia dini melalui pembiasaan morning activity untuk penanaman nilai-nilai karakter religious di Paud Tiga Bahasa Nailun Nabhan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan naratif kualitatif. Subjek dipilih menggunakan sampel yang ditargetkan. Dalam penelitian ini metode observasi, wawancara dan dokumentasi digunakan untuk pengumpulan data. Hasil  penelitian ini menunjukkan 1) alur kegiatan morning activity melalui pembiasaan setiap pagi sebelum pelajaran inti dilakukan melakukan pembacaan doa sehari-hari, hadits dan surah-surah pendek; 2. karakter yang berkembang dari pembiasaan tersebut yaitu:  jujur, disiplin, dan mandiri sehingga dapat disimpulkan bahwa penanaman nilai karakter melalui morning activity menjadi agen yang membantu pembentukan karakter religius yakni: jujur, disiplin dan mandiri


Keywords


anak usia dini; kegiatan pagi; karakter religius

References


Achadah, A., Wahidmurni, W., & Yasin, A. F. (2022). Internalization of Character Education Values in Shaping Elementary School Students’ Religious Behavior. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(4), 4723–4734. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i4.2509

AM, S. A. (2014). Perubahan Sosial Ekonomi Komunitas Nelayan di Kelurahan Pulau Barrang Lompo Kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP) FKIP Unismuh Makassar, 1(1). https://doi.org/10.35580/lageografia.v20i1.24096

Aminu, N., Aswad, H., Manaf, A., Rosmitasari, E., Onde, M. L. O., Yurfiah, & Nurjani. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Religius Kepada Anak Melalui Kegiatan TPA di Kelurahan Holimombo. Abdidas, 3(6). https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i6.737

Bruce, S., Fasy, C., Gulick, J., Jones, J., & Pike, E. (2006). Making Morning Circle Meaningful. Teaching Exceptional Children Plus, 2(4). http://escholarship.bc.edu/education/tecplus/vol2/iss4/art1

Buchari, A. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(2), 106. https://doi.org/10.30984/jii.v12i2.897

Desmila, D., & Suryana, D. (2023). Upaya Guru dalam Menanamkan Karakter Anak Usia Dini melalui Pendidikan Multikultural. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2474–2484. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.2001

Firdausi, L. (2023). Peran Guru Melalui Pembiasaan Perilaku dalam Media Buku ‘ Halo Balita ’ untuk Penanaman Karakter Religius. 6(2), 281–287. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i1.520

Hanum, C. B., & Maryani, E. (2023). Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Morning Activity di Salah Satu Sekolah Dasar Islam di Kota Bandung. Jurnal Basicedu, 7(1), 421–431. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4356

Harah, S. (2019). Peranan Pembelajaran Sejarah dalam Penanaman Nilai Karakter Religius dan Nasionalisme di MA NW Toya Lombok Timur. Jurnal Humanitas, 6(1), 55–75. https://doi.org/10.29408/jhm.v6i1.3729

Hendayani, M. (2019). Problematika Pengembangan Karakter Peserta Didik di Era 4.0. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 183. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.368

Istifarriana, D. M., Kurniawan, H., & Kasmiati, K. (2021). Penanaman Karakter Religius Anak Usia Dini Dalam Film Animasi Nussa Dan Rara. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 5(02), 456–465. https://doi.org/10.29408/jga.v5i02.4023

Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2019). Penanaman Pendidikan Karakter pada Model Pembelajaran BCCT (Beyond Centers and Circle Time). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 110. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.106

Lessy, Z., & Sabi’ati, A. (2018). Thematic-Integrative Learning with the Beyond Centers and Circle Time Approach at Tunas Harapan Preschool, Salatiga, Central Java. Pacific Early Childhood Education Research Association, 12(1), 39–59. https://doi.org/10.17206/apjrece.2018.12.1.39

Luthfiyah, R., & Zafi, A. A. (2021). Penanaman Nilai Karakter Religius Dalam Perspektif Pendidikan Islam Di Lingkungan Sekolah RA Hidayatus Shibyan Temulus. Golden Age, 5(2). https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i2.3576

Naja, A. D. (2022). Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Religius di SMK Terpadu Khoirot Kandat Kediri. Koulutus, 5(1). https://ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/koulutus/article/view/774

Novia, R. sherly, Yeniningsih, T. K., Yuhasriati, Y., Israwati, I., & Mutmainnah, M. (2022). Peran Orang Tua Dalam Penanaman Karakter Religius Kepada Anak Usia Dini DI Dusun Silang Desa Rukoh Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh. JIM PAUD, 7(2). https://jim.usk.ac.id/paud/article/view/22494

Nurbaiti, R., Alwy, S., & Taulabi, I. (2020). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Aktivitas Keagamaan. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 55–66. https://doi.org/10.33367/jiee.v2i1.995

Nurhayati, N., Fadillah, N. D., Setianingsih, H. P., & Usman, S. (2023). Penanaman Nilai Karakter Religius melalui Film Animasi Nussa dan Rara pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3648–3662. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4631

Prihatmojo, A., & Badawi. (2020). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Mencegah Degradasi Moral di Era 4.0. Dwi Cendekia Jurnal Riset Pedagogik, 4. https://jurnal.uns.ac.id/jdc/article/view/41129

Rahmawati, A. R., & Nursikin, M. (2021). Morning Activity dan Implikasinya Terhadap Habituasi Infaq dan Shadaqah serta Penguatan Karakter Peduli Sosial Siswa SMP Muhammadiyah Plus Salatiga. Citra Ilmu, XVII(33). https://ejournal.inisnu.ac.id/index.php/JICI/article/view/96

Rahmawati, Z. D., & Suradji, M. (2020). Desain Pembentukan Karakter dan Pengembangan Diri Siswa Melalui Program Morning Activity di SDIT AL Ibrah Gresik. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 3(2). http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/talim/article/view/2371http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/talim/article/view/2371

Ruswinarsih, S., Syihabuddin, & Kosasih, A. (2022). Penanaman Nilai Religius Berbasis Pembiasaan dan Keteladanan Untuk Penguatan Pendidikan Karakter di Pesantren. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 6(4). https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/3517

Saifuddin, Yusuf, M., & Sari, F. N. (2021). Metode Penanaman Karakter Religius Siswa di Madrasah Ibtidaiyah. IBTIDA’, 02(02). https://journal.stitaf.ac.id/index.php/ibtida/article/view/298

Salsabila, F., & Lessy, Z. (2022). Pembentukan Karakter Disiplin Anak : Sebuah Tinjauan Dari Pendidikan Anak Usia Dini. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 30–29. http://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/PW/article/view/267

Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., Furnamasari, Y. F., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2021). Peran Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7158–7163. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2106/1857

Siswanto, Nurmal, I., & Budin, S. (2021). Penanaman Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 2580–362. http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/JPD/article/view/2627

Suwarni, S. (2020). Penanaman Nilai Religius Dalam Membentuk Karakter Siswa. Edu-Religia Jurnal Keagamaan Dan Pembelajarannya, 3(1). http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/edureg/article/view/3435

Suwarti, S., Pamungkas, J., & Muthmainah, M. (2023). Penanaman Nilai Religius dalam Kegiatan Menyanyi Lagu Islami pada Anak di Taman Kanak-kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 863–875. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3650

Yuliana, E., & Fadlillah, M. (2021). Penanaman Karakter Religius Melalui Program Keagamaan Pada Anak Usia Dini di TK Aisyiyah Bungkal. EDUPEDIA, 5(1), 55. https://doi.org/10.24269/ed.v5i1.703


Refbacks

  • There are currently no refbacks.