Peningkatan Keterampilan Mengajar Mahasiswa pada Anak Usia Dini melalui Metode Drill

Muhammad Nasirun(1), Yulidesni Yulidesni(2), Melia Eka Daryati(3Mail),
(1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Bengkulu, Indonesia
(2) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Bengkulu, Indonesia
(3) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Bengkulu, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Melia Eka Daryati

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.506

Download Full Text:   [File Size  : 582KB]  Language : ID
Received : 2020-03-23  |  Published : 2020-07-08

Abstract


Keterampilan mengajar yang belum optimal pada mahasiswa semester ganjil terkhusus pada Semester V menyebabkan menurunnya kualitas pelaksanaan praktek mengajar pada Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Tahun Ajaran 2019/2020 FKIP Universitas Bengkulu. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan mengajar pada mahasiswa Semester V menggunakan metode drill. Jenis penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian sebanyak 75 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Hasil penelitian menunjukkan melalui penggunaan metode drill tidak meningkatkan keterampilan dasar mengajar dengan nilai rata-rata 73 siklus 1 dan nilai rata-rata 75 pada siklus 2. Bagi penelitian berikutnya disarankan agar penerapan praktek latihan mengajar hendaknya menerapkan semua keterampilan dasar mengajar dengan beberapa kali latihan dengan estimasi waktu yang cukup, serta penilaian  dilakukan oleh ahli pembelajaran


Keywords


: keterampilan mengajar; mahasiswa pgpaud, metode drill

References


Aisyah, S. (2007). Pembelajaran Terpadu. Universitas Indonesia.

Asrori, M., & Rasyid, H. (2009). Penelitian Tindakan Kelas, Peningkatan Kompetensi profesional Guru. Multi Pressindo.

Astuningtias, K. I., & Appulembang, O. D. (2017). Penerapan Metode Drill untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IX Materi Statistika di SMP Kristen Rantepao. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 1(1), 53. https://doi.org/10.19166/johme.v1i1.718

Djamarah, syaiful Bahri, dan A. Z. (2006). Strategi Belajar Mengajar. PT. Rineka Cipta.

Halimah, L. (2017). Keterampilan Mengajar sebagai Inspirasi untuk Menjadi Guru yang Excellent di Abad ke-21. PT. Refika Aditama.

Hidayat, H. S. (2016). Hubungan Minat Terhadap Profesi Guru dan Motivasi Berprestasi dengan Keterampilan Mengajar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 14(75), 1140. https://doi.org/10.24832/jpnk.v14i75.375

Ismail, S. (2015). Membentuk Penguasaan Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Peserta PPL-1 dalam Bimbingan Latihan Mengajar melalui Lesson Study. Konferensi Nasional Pendidikan Matematika Ke, 6, 11–14.

Maiza, Z., & Nurhafizah, N. (2019). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 356. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.196

Mansur, N. (2017). Penerapan Keterampilan Mengajar Dalam Upaya Pencapaian Hasil Belajar Mahasiswa. Lantanida Journal, 4(2), 118. https://doi.org/10.22373/lj.v4i2.1884

Marwiyati, S., & Istiningsih. (2021). Pembelajaran Saintifik pada Anak Usia Dini dalam Pengembangan Kreativitas di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 135–149. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.508

Mukminan. (2013). Modul Pelatihan Pengembangan Ketrampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI). Universitas Negeri Yogyakarta Pusat Pengembangan Kurikulum.

Nikmarijal & Ifdil. (2014). Jurnal konseling dan pendidikan. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 2(2), 55–61.

Nuridin, N., Jupriyanto, J., & Frastika, R. A. (2019). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Aktivitas Belajar Siswa SD Negeri 04 Loning. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 45. https://doi.org/10.30659/pendas.6.1.45-51

Nurlaili, N. (2018). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Guru Dalam Perspektif Guru Pamong Pada Mahasiswa Prodi PGMI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 4(1), 28–40. https://doi.org/10.19109/jip.v4i1.2270

Oliver, J. (2019). Summary for Policymakers. In Intergovernmental Panel on Climate Change (Ed.), Climate Change 2013 - The Physical Science Basis (Vol. 1, Issue, pp. 1–30). Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Rahmadani, P., Kaswari, & Rosnita. (2015). Penggunaan Metode Latihan (Drill) untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas III C. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(9).

Roestiyah. (2008). Strategi Belajar Menajar. PT. Rineka Cipta.

Safitri, E., & Sontani, U. T. (2016). Keterampilan Mengajar Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Sebagai Determinan Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 144. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3258

Salma, Y., & Fatmawati. (2019). Metode drill dalam meningkatkan keterampilan membuat tas makrame untuk anak tunarungu di slb bina bangsa. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(3), 27–34.

Saragih, A. H. (2008). Kompetensi Minimal Seorang Guru Dalam Mengajar. Jurnal Tabularasa, 5(1), 23–34.

Taja, N., Inten, D. N., & Hakim, A. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Mengajar Baca Tulis Al-Qur`an bagi Guru. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 68. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.135

Wahyu, Syambasril, D. (2017). Penerapan Metode Drill untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Kelas VII SMPN I Bunut Hulu. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(1), 1–11.

Wahyulestari, M. R. D. (2018). Keterampilan Dasar Menagajar Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, 199–210.

Wahyuni, L. (2015). Hubungan Keterampilan Mengajar Guru dengan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(11).


Article Metrics

 Abstract Views : 93 times
 PDF Downloaded : 35 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.