Abstract


Profesionalisme pendidik mempunyai hubungan yang erat dengan efektivitas pembelajaran pada pendidikan anak usia dini. Penelitian ini akan melihat apakah ada hubungan antara profesionalisme pendidik pendidikan anak usia dini dengan efektivitas pembelajaran PAUD di Kota Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara profesionalisme pendidik PAUD dengan efektivitas pembelajaran PAUDdi Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, dengan analisis data menggunakan analisis statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profesionalisme pendidik PAUD mempunyai hubungan yang signifikan dengan efektivitas pembelajaran dan hubungan tersebut mempunyai nilai yang tinggi. Karena itu, dari hasil penelitian ini direkomendasikan kepada para pendidik PAUD untuk meningkatkan profesionalisme melalui peningkatan keterampilan baik melalui diklat PAUD maupun peningkatan kualifikasi pendidikannya.


Keywords


profesionalisme; pembelajaran; pendidikan anak usia dini