Hubungan Profesionalisme Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini dengan Efektivitas Pembelajaran PAUD di Kota Gorontalo

Mohamad Zubaidi(1Mail),
(1) Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Mohamad Zubaidi

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.505

Download Full Text:   [File Size  : 629KB]  Language : ID
Received : 2020-03-23  |  Published : 2020-04-03

Abstract


Profesionalisme pendidik mempunyai hubungan yang erat dengan efektivitas pembelajaran pada pendidikan anak usia dini. Penelitian ini akan melihat apakah ada hubungan antara profesionalisme pendidik pendidikan anak usia dini dengan efektivitas pembelajaran PAUD di Kota Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara profesionalisme pendidik PAUD dengan efektivitas pembelajaran PAUDdi Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, dengan analisis data menggunakan analisis statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profesionalisme pendidik PAUD mempunyai hubungan yang signifikan dengan efektivitas pembelajaran dan hubungan tersebut mempunyai nilai yang tinggi. Karena itu, dari hasil penelitian ini direkomendasikan kepada para pendidik PAUD untuk meningkatkan profesionalisme melalui peningkatan keterampilan baik melalui diklat PAUD maupun peningkatan kualifikasi pendidikannya.


Keywords


profesionalisme; pembelajaran; pendidikan anak usia dini

References


Aasen, W., & Sadownik, A. R. (2019). Does the New Kindergarten Teacher Education Program in Norway Provide Good Conditions for Professional Kindergarten Teachers ? 7, 1–7. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.071301

Ayuni, D., & Setiawati, F. A. (2019). “Kebun Buah” Learning Media for Early Childhood Counting Ability Despa. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.128

Christianti, M. (2012). Profesionalisme Pendidik Anak Usia Dini. Profesionalisme Pendidik Anak Usia Dini, 1(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2923

Gerintya, S. (2019). Indeks Pendidikan Indonesia Rendah Daya Saingpun Lemah. Tirto. https://tirto.id/indeks-pendidikan-indonesia-rendah-daya-saing-pun-lemah-dnvR

Gianina-ana, M. (2013). Kindergarten teachers â€TM perceptions on in-service training and impact on classroom practice. Physics Procedia, 76, 481–485. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.04.150

Hadi, S. (2004). Metodologi Research 2. Andi Offset.

Janah, R., Akbar, Z., & Yetti, E. (2019). Pengaruh Iklim Organisasi terhadap Kinerja Guru PAUD di Kota Depok. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 234. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.236

Kyndt, E., Gijbels, D., & Donche, V. (2016). Teachers ’ Everyday Professional Development : Mapping Informal Learning Activities , Antecedents , and Learning Outcomes. 1–40. https://doi.org/10.3102/0034654315627864

Maiza, Z., & Nurhafizah, N. (2019). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 356. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.196

Masnan, A. H., Haziq, M., Sharif, M., & Josin, E. H. (2018). Preschool Teachers â€TM Professionalism Through Developmentally Appropriate Practices ( DAP ) Curriculum Preschool Teachers ’ Professionalism Through Developmentally Appropriate Practices ( DAP ) Curriculum. 1(5), 20=25. https://doi.org/10.26666/rmp.jssh.2018.5.4

Muhson, A. (2004). Meningkatkan Profesionalisme Guru : Sebuah Harapan. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.21831/jep.v1i2.665

Osman, D. J., & Warner, J. R. (2020). Measuring teacher motivation : The missing link between professional development and practice. Teaching and Teacher Education, 92, 103064. https://doi.org/10.1016/j.tate.2020.103064

Pakarinen, E., Lerkkanen, M., Poikkeus, A., & Siekkinen, M. (2011). Kindergarten teachers adjust their teaching practices in accordance with children ’ s academic pre ‐ skills This article was downloaded by : [ Jyvaskylan Yliopisto ] Kindergarten teachers adjust their teaching practices in accordance with children â€TM s aca. January. https://doi.org/10.1080/01443410.2010.517906

Peterson, T., Veisson, M., Hujala, E., Härkönen, U., Johansson, I., Bakosi, E. K., Peterson, T., Veisson, M., Hujala, E., & Härkönen, U. (2016). Professionalism of preschool teachers in Estonia ,. European Eraly Childhood Education Research Journal, 24(1), 136–156. https://doi.org/10.1080/1350293X.2015.1120529

Roza, D., Nurhafzah, & Yaswinda. (2020). Urgensi Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam Penyelenggaraan Perlindungan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 267–273. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.325

Sudijandoko, A. (2011). Peningkatan kinerja pendidik paud dalam pengembangan kemampuan kinestetik. Cakrawala Pendidikan, 1, 91–102. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.4193

Sudjana, N. (2004). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar Cetakan Ke-9. Remaja Rosdakarya.

Sugita & Ansori. (2018). Jurnal comm-edu. Jurnal Comm-Edu, 1(20), 127–137. https://doi.org/dx.doi.org/10.22460/comm-edu.v1i2.639

Suyadi. (2010). Psikologi Belajar PAUD Pendidikan Anak Usia dini. Pedagogia.

Tanang, H., & Abu, B. (2014). Teacher Professionalism and Professional Development Practices in South Sulawesi , Indonesia. Journal of Curriculum and Teaching, 3(2), 25–42. https://doi.org/10.5430/jct.v3n2p25

Yusof, H., Asri, M., Noor, M., & Norasibah, A. (2017). Teaching Professionalism Values and Its Relationship with Teacher Leadership Attribute. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 7(4). https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v7-i4/2900


Article Metrics

 Abstract Views : 207 times
 PDF Downloaded : 69 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.