- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Analisis Information book Pengenalan Budaya Minangkabau untuk Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5028Keywords:
desain informational book, analisis kebutuhan, anak usia diniAbstract
Pengenalan budaya harus dimulai sedini mungkin dengan mengedukasi anak tentang keragaman budaya di Indonesia. Pengenalan budaya dimulai dari lingkungan yang berkembang pada bayi. Pada proses pembelajaran di sekolah, guru menyampaikan pengenalan budaya menggunakan metode narasi di depan kelas tanpa menggunakan media pendukung yang nyata. Penelitian ini berupaya untuk merancang dan menghasilkan buku fisik berupa information book yang bermanfaat dan efektif untuk mengenalkan budaya Minangkabau kepada anak usia dini. Metode penelitian R&D (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE. Hasil analisis angket validasi information book yang dikembangkan mencapai tingkat 90,36 persen dengan kategori sangat valid, seperti yang ditunjukkan oleh hasil. Hasil uji kepraktisan information book yang dikembangkan mencapai 96,4% dengan kategori sangat praktis. Melalui kegiatan pretest dan posttest, kategori keefektifan information book yang dibuat untuk uji keefektifan mengalami peningkatan sebesar 88% berada pada kategori sangat efektif.
Downloads
References
Almo, R., Pramono, Lindawati, Rosa, S., Reniwati, Meigalia, E., Hidayat, H. N., Putra, Y. S., Wasana, Awwali, M., Hasanuddin, Bahren, Anwar, K., Khanizar, Irwandi, & Dahrizal, M. (2018). Pengembangan Literasi Budaya Minangkabau Bagi Masyarakat Nagari Sumaniak Kabupaten Tanah Datar. In Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi Dan Nagari Binaan (Vol. 1, Issue August 2015).
Ardiyanti, S., Bashiroh, R. N., & Anwar, F. S. (2021). Peran Nilai Agama, Pancasila Dan Budaya Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 1(1), 102–115. https://doi.org/10.24952/alathfal.v1i1.3472
Asri, T. M. (2016). Informational Books for Children. Record and Library Journal, 2(2), 128. https://doi.org/10.20473/rlj.v2i2.3055
Attubani, R. (2014). Pepatah petitih dan adat Minangkbau (cetakan ke). media explorasi.
Azizah, A., & Eliza, D. (2023). Pengembangan Digital Book berbasis Budaya Minangkabau untuk Menstimulasi Perkembangan Literasi Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2283–2292. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4174
Duke, N. (2003). Information books in early childhood. National Association for the Education of Early Childhood, 1–7. http://www.earlychildhoodconnections.com/documents/InformationBooks.pdf
Eliza, D. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Karakter Berbasis Cerita Tradisional Minangkabau Untuk Anak Usia Dini. Pedagogik, 3, 153–163.
Fitrianti, F., & Eliza, D. (2019). Peningkatan Karakter Moral Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Cerita Nabi Ibrahim di Taman Kanak-Kanak Harapan Ibu Kabupaten Pasaman Barat. Inovation Tecnology Education, 1(2), 1–7. http://inovtech.ppj.unp.ac.id/index.php/inovtech/article/view/83
Haryanto, H. (2020). Evaluasi Pembelajaran (Konsep dan Manajemen). UNY Press.
Huda, M., Hidayat, S., & Resmadi, I. (2020). Perancangan Komik Pengenalan Sistem Kekerabatan Matrilineal Di Minangkabau. EProceedings of Art & Design, 7(2), 1865–1874. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/artdesign/article/view/12699
Kotaman, H., & Tekin, A. K. (2017). Informational and fictional books: young children’s book preferences and teachers’ perspectives. Early Child Development and Care, 187(3–4), 600–614. https://doi.org/10.1080/03004430.2016.1236092
Mega, T. (2016). Buku Informasi Untuk Anak-anak. Record and Library, 2, 128–139. https://e-journal.unair.ac.id/RLJ/article/viewFile/7208/4402
Munasti, K., Purnama, S., Fitriani, D., & Aziz, A. (2022). Aplikasi TikTok sebagai Alternatif Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7153–7162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2981
Naidoo, J. C. (2007). Informational Empowerment: Using Informational Books to Connect the Library Media Center Program with Sheltered Instruction. School Libraries Worldwide, 11 No.2, 132–152. https://doi.org/10.29173/slw6967
Nurgiyanto, B. (2004). Sastra Anak: Persoalan Genre. Humaniora, 16(2), 107–122. https://jurnal.ugm.ac.id/jurnal-humaniora/article/view/811
Prayogi, R., & Danial, E. (2016). Pergeseran Nilai-Nilai Budaya Pada Suku Bonai Sebagai Civic Culture Di Kecamatan Bonai Darussalam Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau. Humanika, 23(1). https://doi.org/10.14710/humanika.v23i1.11764
Rahmawati, Y. (2015). Pengenalan Budaya Melalui Bercerita untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2908
Rakimahwati. (2012). Model Pembelajaran Sambil Bermain Pada Anak Usia Dini. UNP Press.
Reza, A., & Mayar, F. (2022). “The Role of Fathers†in Early Childhood Language Development During Covid Pandemic. Proceedings of the 6th International Conference of Early Childhood Education (ICECE-6 2021), 668. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220602.021
Setiawan, H. Y. (2016). Improving Early Childhood Social Skills Through Traditional Games. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 1–8.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sujiono, Y. N. (2011). Konsep dasar pendidikan usia dini. In Bambang Sarwiji (Ed.), PT. Indeks. PT Indeks.
Suryana, D., Mayar, F., & Sari, R. E. (2021). Pengaruh Metode Sumbang Kurenah terhadap Perkembangan Karakter Anak Taman Kanak-kanak Kecamatan Rao. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 341–352. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1296
SYARAH, E. S. (2023). Braindance Berbasis Tari Tradisional Untuk Meningkatkan Fungsi Eksekutif Anak [Universitas Negeri Jakarta]. http://repository.unj.ac.id/37523/
Syartika, S. S. W., & Delfi, D. E. (2022). Pengembangan Informational Book untuk Pengenalan Budaya Minangkabau melalui Makanan Khas Pesisir Selatan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4803–4819. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2728
Tim Yayasan Gunung Bungsu. (2014). Mengenal Tanah Datar : Sebuah Kabupaten di Sumatera Barat (pertama). Yayasan Gunung Bungsu.
Tuncer, M., & Yılmaz, Ö. (2020). Dale’in Yaşantı Konisine Göre Yapılandırılmış Ölçme ve Değerlendirme Dersinin Öğretmen Adaylarının Akademik Başarısına Etkisi. Eğitim ve İnsani Bilimler Dergisi, 11(21).
Wahid, R. N., & Cerya, E. (2022). Development of Android-Based Interactive Media Learning Economics Capital Market Materials. Economic Education Analysis Journal, 11(1), 50–64. https://doi.org/10.15294/eeaj.v11i1.53713
Warmansyah, J., Yuningsih, R., Sari, M., Urrahmah, N., Data, M. R., & Idris, T. (2022). Implementation of the Minangkabau Culture Curriculum at Kindergarten. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(2), 228–234. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i2.376
Yusdiana, Y., Setiawati, E., Fajarwati, A., Karyaningsih, D., Arnah, A., & Chaerunisa, A. (2023). Pengenalan Makanan Tradisional Lebak Pada Anak Usia Dini Berbasis Android. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 8(2), 195. https://doi.org/10.18592/jea.v8i2.7542
ZR, Z., & Eliza, D. (2020). Pengembangan Science Book Anak untuk Pengenalan Literasi dan Karakter Berbasis Budaya Alam Minangkabau. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1567–1577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.896