Belajar Bilangan dengan Konteks Memasak Kue Bola Ubi

Authors

  • Arvin Efriani Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang; Pendidikan Matematika, Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Zulkardi Zulkardi Pendidikan Matematika, Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Ratu Ilma Indra Putri Pendidikan Matematika, Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Nyimas Aisyah Pendidikan Matematika, Universitas Sriwijaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5025

Keywords:

materi bilangan, memasak kue bola ubi, bahan ajar

Abstract

Bermain masak-masakan merupakan aktivitas yang digemari oleh anak-anak ternyata mengandung konsep matematika yaitu bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar materi bilangan menggunakan konteks memasak kue bola ubi yang valid dan praktis. Metode yang digunakan yaitu design research tipe development studies yang terdiri dari  preliminary dan formative evaluation. Subjek penelitian yaitu 6 expert dan 17 siswa di salah satu TK di Kota Palembang. Data penelitian dikumpulkan melalui angket, observasi, dokumentasi, dan walkthrough. Penelitian ini menghasilkan bahan ajar yang valid berdasarkan komentar dan saran dari para ahli serta hasil perhitungan menggunakan indeks Aiken’s V yang terkategori validitas tinggi. Serta terkategori sangat praktis terlihat dari siswa dapat dengan mudah dalam menggunakan instrument yang sudah dikembangkan. Bahan ajar ini diharapkan menjadi pembelajaran menarik sehingga memunculkan minat dalam belajar 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adjie, N., Putri, S. U., & Dewi, F. (2020). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematika melalui Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1325–1338. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.846

Aiken, L. R. (1985). Three Coefficients for Analyzing the Reliability and Validity of Ratings. Educ. Psychol. Meas, 45, 131–142.

Allen, M. J., & Yen, W. M. (1979). Introduction to measurement theory. Brooks/Cole Publishing Company. to Measurement Theory by Mary J. Allen Wendy M. Yen %28z-lib.org%29.pdfhttps://spada.uns.ac.id/pluginfile.php/204338/mod_resource/content/2/Introduction

Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, dan Prosedur. Rosda Karya. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=449785

Bakker, A., & Wagner, D. (2020). Pandemic: lesson for today and tomorrow? Educational Studies in Mathematics, 104, 1–4. https://doi.org/10.1007/s10649-020-09946-3

Candra, A. P. Y., & Suzanti, L. (2022). Implementasi Permainan Tradisional Lempar Karet Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Mengembangkan Perkembangan Aspek Kognitif Anak Usia Dini. Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 56–63. https://doi.org/10.53515/CJI.2022.3.2.56-63

Capraro, R. M., Capraro, M. M., & Morgan, J. R. (2013). STEM Project-Based Learning: An Integrated Science, Technology. In Engineering, and Mathematics (STEM) approach. In Sense Publisher. SensePublishers. https://doi.org/10.1007/978-94-6209-143-6

Dallimore, E. J., Hertenstein, J. H., & Platt, M. B. (2004). Classroom Participation and Discussion Effectiveness: Student-Generated Strategies. Communication Education, 53(1), 103–115. https://doi.org/10.1080/0363452032000135805

Effendi, K. N. S., Zulkardi, P., I., R. I., & Yaniawati, P. (2019). Practicality: Mathematics student worksheet for school literacy movement development stage. Journal of Physics: Conference Series, 12021. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1166/1/012021

Efriani, A., Zulkardi., P., R.I.I., & N, A. (2020). The Role of Teachers in Facing the Challenges of Beginning Mathematics. Golden Age J. Pendidik. Anak Usia Dini, 4(1), 66–73. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v4i1.5983

Efriani, A., Zulkardi, Z., Putri, R. I. I., & Aisyah, N. (2020). A learning process for early childhood: A case of geometry and numbers. Journal of Physics: Conference Series, 1663(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1663/1/012021

Ekawati, R., & Kohar, A. W. (2016). Innovative professional development within RME. Indonesia International Journal of Innovation in Science and Mathematics Education, 24(1). https://www.researchgate.net/publication/313029594_Innovative_Teacher_Professional_Development_within_PMRI_in_Indonesia

Fajriyah, E. (2021). Peran Orang Tua Dalam Mendukung Kreativitas Belajar Matematika Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19. Journal Fascho in Education Conference-Proceedings, 2(1). https://doi.org/10.54626/proceedings.v2i1.104

Farouq, S. M. (2017). Ghanaian Senior High School Student’s Error in Learning of Trigonometry. International Journal of Environmental & Science Education, 12(8), 1709–1717. https://www.semanticscholar.org/paper/Ghanaian-Senior-High-School-Students’-Error-in-of-Mensah/ba3bc970fd8e91c97709bc084c268fdf8cb8d223

Gasteiger, H., & Benz, C. (2018). Enhancing and analyzing kindergarten teachers’ professional knowledge for early mathematics education. The Journal of Mathematical Behavior, 33, 4–22. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2018.01.002

Gravemeijer. (1994). Developing Realistic Mathematics Education. Freudenthal Institute. http://repository.upi.edu/operator/upload/d_mat-0604957_chapter2.pdf

Irianto, B. (2017). Panduan Pembelajaran Saintifik. Kemendikbud. https://repositori.kemdikbud.go.id/21439/1/Bahan-Ajar-Peran-Pendidik.pdf

Jang, H. (2015). Identifying 21st century STEM competencies using workplace data. J. Sci. Educ. Technol, 25, 284–301. https://doi.org/10.1007/s10956-015-9593-1

Kerlinger, F. N. (1992). Asas-asas penelitian behavioral (Terjemahan L.R. Simatupang. Gajahmada University Press. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=512493

Khasanah, B. L., & Dimyati. (2021). Pengenalan Pembelajaran Matematika oleh Orang Tua Anak Usia Dini di Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 631–641. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1016

Kholida, A., Sutama, I. W., & Suryadi, S. (2020). Pengembangan Alat Permainan Kartu U-Kids (Uno Kids) Untuk Menstimulasi Kecerdasan Logis-Matematis Anak Usia 5-6 Tahun. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 76–87. https://doi.org/10.17509/cd.v11i2.24854

Kumaidi. (2014). Validitas dan pemvalidasian instrumen penilaian karakter. Makalah disampaikan dalam Seminar Nasional Pengembangan Instrumen Penilaian Pendidikan Karakter yang valid, diselenggarakan Fakultas Psikologi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Liao, C. (2016). From Interdisciplinary to Transdisciplinary: An Arts-Integrated Approach to STEAM Education. Art Education, 69(6), 44–49. https://doi.org/10.1080/00043125.2016.1224873.

Linn, R. L., & Gronlund, N. E. (2000). Measurement and assessment in teaching (7thed. Prentice-Hall. https://eric.ed.gov/?id=ED435651

Lissitz, W., & Samuelsen, K. (2007). Further clarification regarding validity and education. Educational Researcher, 36(8), 482–484. https://www.jstor.org/stable/4621104

Lubis, N. A., Umar, A., & Rais, M. R. (2021). Permainan Matematika dan Sains Kreatif Bagi Anak Usia Dini di TK IT AN Najah Takengon. SEULANGA : Jurnal Pendidikan Anak, 2(2), 63–72. https://doi.org/10.47766/seulanga.v2i2.137

Luhanarky, A., Ulfah, M., & Saifuddin. (2019). Evalauasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Matematika Permulaan. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.24235/awlady.v5i2.5128

Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 05(01), 1560–1566. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1086

Messick, S. (1989). Meaning and Values in Test Validation: The Science and Ethics of Assessment. Educational Measurement, 18(2), 13–103. https://doi.org/10.3102/0013189X018002005

Mulligan, J., Oslington, G., & Eenglish, L. (2020). Supporting early mathematical development through a ‘pattern and structure’ intervention program. ZDM Mathematics Education, 52, 663. https://doi.org/10.1007/s11858-020-01147-9

Mulyani, Budiyono, Muhimmah, H. A., Abidin, Z., Setiawan, R., & Istiq, N. (2023). Aktivitas STEAM dalam “ Miniatur Crane †dengan Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 3895–3906. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4919

Nieveen, N. M. (1999). Prototyping to Reach Productquality. In R. B. J. Akker K. Gustafson, N. Nieveen, & T. Plomp (Eds.), Design approaches and tools in education and training (pp. 125–136). Kluwer AcademicPublishers. https://research.utwente.nl/en/publications/prototyping-to-reach-product-quality

O.E.C.D. (2020). What is PISA?" in PISA 2018 Result (Volume VII): Are Students Ready to Thrive in an Interconnected World? OECD Publishing, 46. https://doi.org/10.1787/272291f2-en

Puspitasari, R. N. (2022). Efektivitas Permainan Tradisional Terhadap Pemahaman Bilangan. Jurnal Lentera Anak, 03(01), 1–16. https://ejournal.unisnu.ac.id/jla/article/view/3158

Putri, A. Y., & Dewi, S. (2020). Stimulasi Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia Dini Melalui Permainan Matematika Montessori. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 488–498. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i1.489

Putri, R. I. I., & Zulkardi, Z. (2020). Designing Pisa-Like Mathematics Task Using Asian Games Context. Journal on Mathematics Education, 11(1), 135– 144. https://doi.org/10.22342/jme.11.1.9786.135-144

Ramadhani, E. A., & Wulandari, R. S. (2021). Pengaruh Permainan jepit Angka terhadap kemampuan Berhitung Anak Usia Dini. MENTARI: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–10 ,. https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/Mentari/article/view/44

Rekysika, N. L., & Haryanto. (2019). Media Pembelajaran Ular Tangga Bilangan untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 56–61. https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.16000

Saripudin, A. (2019). Analisis Tumbuh Kembang Anak Ditinjau Dari Aspek Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Equalita: Jurnal Pusat Studi Gender Dan Anak, 1(1), 114. https://doi.org/10.24235/equalita.v1i1.5161

Selvi, I. D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Materi Bilangan Berbasis Saintifik Untuk Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Islam Alkautsar Indralaya. Tumbuh Kembang: Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.36706/jtk.v6i1.8338

Sembiring, R. K. (2010). Pendidikan Matematik Realistik Indonesia (PMRI): Development and challenges. Journal on Mathematics Education, 1(1), 11–16. https://doi.org/10.22342/jme.1.1.791.11-16

Tessmer, M. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluations: Improving the Quality of Education and Training. Kogan Page. https://www.worldcat.org/title/planning-and-conducting-formative-evaluations-improving-the-quality-of-education-and-training/oclc/840284535

Viennet, R., & Pont, B. (2017). Education Policy Implementation: A Literature Review and Proposed Framework. OECD Education Working Papers, 162(December), 63. www.oecd.org/edu/workingpapers

Wahid, A., & Samta, S. R. (2022). Permainan Tradisional Dakon Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kecerdasan Matematika Anak Usia Dini. Santa Cendekia, 3(2), 61–68. https://doi.org/10.31331/sencenivet.v3i2.2148

Wahyuni, F., & Azizah, S. M. (2020). Bermain dan Belajar pada Anak Usia Dini. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 161–179. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.257

Wahyuningrum, M. D. S., & Watini, S. (2022). Inovasi Model ATIK dalam Meningkatkan Motorik Halus pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5384–5396. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.3038

Yulkifli, Y., Ningrum, M. V, & Indrasari, W. (2019). The Validity of Student Worksheet Using Inquiry-Based Learning Model with Science Process Skill Approach for Physics Learning of High School. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 5(2), 155–162. https://doi.org/10.21009/1.0521

Yusuf, A., & Pattisahusiwa, E. (2020). Teacher’S Strategies To Create a Conducive Learning Environment in the Ron Clark Story Movie. Prosodi, 14(2), 87–98. https://doi.org/10.21107/prosodi.v14i2.8760

Yusuf, M., & Wulan, A. R. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Pembelajaran Tipe Shared dan Webbed untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(2), 19–26. https://doi.org/10.21009/1.01204

Zulkardi. (2013). Designing Joyful and Meaningful New School mathematics Using Indonesian Realistic Mathematics Education. Southeast Asian Mathematics Education, 3(1), 17–25. https://doi.org/10.46517/seamej.v3i1.22

Zulkardi, Z., Putri, R. I. I., & Wijaya, A. (2020). Two Decades of Realistic Mathematics. Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-20223-1

Downloads

Published

04-10-2023

How to Cite

Efriani, A., Zulkardi, Z., Putri, R. I. I., & Aisyah, N. (2023). Belajar Bilangan dengan Konteks Memasak Kue Bola Ubi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5289–5302. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5025

Issue

Section

Articles