Analisis Biaya Satuan Operasional Penyelenggaraan Taman Kanak-Kanak Holistik Integratif

Novrian Satria Perdana(1Mail),
(1) Pusat Penelitian Kebijakan, Kemendikbud, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Novrian Satria Perdana

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.501

Download Full Text:   [File Size  : 698KB]  Language : ID
Received : 2020-03-13  |  Published : 2020-05-27

Abstract


Hingga saat ini semakin banyak yang masyarakat yang mengeluh mahalnya biaya TK, meskipun Pemerintah telah berupaya memberikan bantuan dana. Dalam pemberian bantuan dana hendaknya memperhatikan perhitungan biaya satuan siswa, oleh karena itu tujuan penelitian untuk (1) menghitung besaran biaya satuan operasional (BSO) penyelenggaraan TK holistik integratif, dan (2) menghitung variasi dan proyeksi besaran biaya satuan operasional penyelenggaraan TK holistik integratif menurut kategori wilayah. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif menggunakan metode activity based costing, dengan sampel penelitian ini sebanyak 577 TK di Indonesia. Unit analisis penelitian ini adalah lembaga TK. Penelitian ini menggunakan kuesioner secara online yang dikirimkan kepada seluruh lembaga PAUD di Indonesia. Simpulan penelitian ini adalah (1) biaya satuan operasional selama 1 tahun per siswa untuk TK holistik integratif sebesar Rp 5.857.750, dan (2) besaran biaya satuan operasional untuk TK di Indonesia bagian Barat lebih rendah daripada Indonesia bagian tengah dan timur


Keywords


tk; biaya satuan operasional; activity based costing

References


Akdon. (2015). Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Al, & Kadri, H. (2011). Efektivitas Dan Efisiensi Pembiayaan Pendidikan. Fip Unp, 23. https://doi.org/https://doi.org/10.31227/osf.io/5ysw4

Anhusadar, L. O. (2016). Kreativitas Pendidikan Di Lembaga PAUD. Al-Ta’dib, 9(1), 76–93.

Arifiyanti, N. (2019). Relationship between Authoritative Parenting Style and Preschools Prosocial Behavior. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 311. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.166

Cardos, I.R. & Pete, S. (2011). Activity- based costing (ABC) and activity- based management (ABM) implementation- is this the solution for organizations to gain profitability? Romanian Journal of Economics, 32(1(41)).

Chrystiana, N., Mochamad, A. (2014). Komponen Biaya Dan Biaya Satuan Operasi Pendidikan Taman Kanak-Kanak (Studi Kasus Di 3 Taman Kanak-Kanak). Jurnal Akutabilitas Manajemen Pendidikan, 2(1), 70–80.

Cropley. (1999). Tahap-Tahap Perkembangan Kreativitas.

Fauziddin, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Kerja Sama melalui Kegiatan Kerja Kelompok Pada Anak Kelompok A TK Kartika Salo Kabupaten Kampar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 29. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.47

Hasanah, A., & Muryanti, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Diorama terhadap Perkembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 2(2), 1–7. https://doi.org/10.31004/aulad.v2i2.29

Intan Rochmawati, N., & Waluyo Adhi Budi Susilo, N. (2018). Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak Usia Dini di TK IT Bintang Kecil Kota Semarang. In Pernik, Jurnal PAUD (Vol. 1).

Joni. (2016). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak dalam Kegiatan Berhitung dengan Permainan Dadu. Jurnal PAUD Tambusai, 2(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.44

Kebudayaan, K. P. dan. (2011). Model Penyelenggaraan PAUD Terpadu dengan Perpustakaan Mainan. Medan: Medan: Balai Pengembangan Pendidikan Nonformal dan Informal Regional I Medan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2003). Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) dan Penjelasannya. Yogyakarta: Media Wacana Press.

Khotimah, L. (2014). Kesehatan Pada Anak Usia Dini. Buletin PGRA UINSA.

Lestari, N. G. A. M. Y. (2019). Program Parenting Untuk Menumbuhkan Kesadaran Pentingnya Keterlibatan Orang Tua di PAUD. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 8–17. https://doi.org/10.25078/pw.v4i1.1064

Perdana, N. S. (2015). Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Aksesibilitas Memperoleh Pendidikan untuk Anak-Anak di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 21(3), 279. https://doi.org/10.24832/jpnk.v21i3.191

Pidarta, M. (2007). Landasan kependidikan : stimulus ilmu pendidikan bercorak Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Rahayu, N., & Munastiwi, E. (2018). Manajemen Makanan Sehat di PAUD. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(2), 65–80. Retrieved from https://www.mendeley.com/catalogue/0b4b0194-02f5-3954-b2b6-bbbbc33914a4/

Syafriani. (2016). Efektifitas Penyuluhan Terhadap Pengetahuan Ibu Balita Tentang Menu Seimbang Balita Di Posyandu Melati Desa Muara Langsat Kuantan Singingi 2016. Jurnal PAUD Tambusai, 2(2), 100–106. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.36

Syawalaxa, A. R. I., Fadhlillah, R., Sutopo, W., dan Y. (2019). Analisis Operasional Bongkar Muat Barang Dengan Pendekatan Activity Based Costing Di PT. KALOG Surakarta. Seminar Dan Konferensi Nasional IDEC ISSN: 2579-64292019, E13.1-E13.5. Surakarta.

Trimuliana, I., Dhieni, N., & Hapidin, H. (2019). Perilaku Religius Anak Usia 5-6 Tahun pada PAUD Model Karakter. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 570. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.251

Ulpha Lisna Azhari and Dedy Achamd Kurniady. (2016). Manajemen Pembiayaan Pendidikan, Fasilitas Pembelajaran, Dan Mutu Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 13(2), 23.


Article Metrics

 Abstract Views : 180 times
 PDF Downloaded : 50 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.