- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Implementasi Metode Project Based Learning untuk Kreativitas pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4999Keywords:
anak usia dini, kreativitas anak, pembelajaran berbasis proyekAbstract
Pembelajaran dengan metode konvensional masih menjadi masalah yang sering terjadi di lembaga pendidikan, pembelajaran dengan metode tersebut terkesan membosankan sehingga mengurangi minat belajar siswa. Kondisi tersebut akan sulit meningkatkan minat belajar peserta didik dan tidak mampu mencapai tujuan atau hasil belajar yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode project based learning dan kreativitas siswa setelah mengikuti pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di KBIT Al Amin, subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan 2 orang pendidik. Teknik validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara, dan dokumentasi, serta dianalisis dengan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini yaitu guru merancang kegiatan pembelajaran dengan metode project based learning melalui kegiatan bermain, bercerita, dan berdiskusi sesuai tema yang sudah ditentukan, serta media penunjang pembelajarannya menggunakan loose parts sehingga siswa bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Pengaruh dari pembelajaran project based learning terhadap kreativitas siswa diantaranya siswa menjadi tidak mudah bosan, tertarik pada kegiatan kreatif, memiliki keingintahuan yang tinggi, percaya diri, berani mengambil resiko, terbuka terhadap hal-hal baru, imajinatif, toleransi, dan memiliki tanggung jawab.
Downloads
References
Adhani, D. N., Hanifah, N., & Hasanah, I. (2017). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Bermain Warna. Jurnal Pg-Paud Trunojoyo, 4(1), 64–75. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v4i1.3569
Al-Omari, A. A. (2020). The impact of disciplinarity on the cognitive leadership frames of academic deans in Jordan. International Journal of Education and Learning, 2(2), 58–66. https://doi.org/10.31763/ijele.v2i2.112
Alhayat, A., Mukhidin, Utami, T., & Yustikarini, R. (2023). The Relevance of the Project-Based Learning (PjBL) Learning Model with Curriculum Merdeka Belajar. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 7, 105–116.
Amelia, N., & Aisya, N. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) dan Penerapannya pada Anak Usia Dini di TKIT Al-Farabi. Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 1(2), 181–199. https://doi.org/10.24952/alathfal.v1i2.3912
Aprian, B. K. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Mampu Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Kelas VI A SDN 9 Ampenan. Jurnal Realita Bimbingan Dan Konseling (JRbk), 7(April), 1541–1554. https://doi.org/10.33394/realita.v7i1.5074
Dere, Z. (2019). Investigating the Creativity of Children in Early Childhood Education Institutions. Universal Journal of Educational Research, 7(3), 652–658. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.070302
Dewi, N. W. E. P., Gading, I. K., & Antara, P. A. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Kerjasama Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 6(1), 261–271. https://doi.org/10.23887/paud.v6i1.15184
Farikhah, A., Mar’atin, A., Afifah, L. N., & Safitri, R. A. (2022). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran. WISDOM:Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(01), 61–73. https://doi.org/10.21154/wisdom.v3i1.3493
Fauzi, A., Siregar, H., & Meilya, I. R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Pembelajaran Mandiri pada Pendidikan Kesetaraan Paket C. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 3(1), 52–58. https://doi.org/10.15294/pls.v3i1.30871
Furi, A. Z., & Harmawati. (2019). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Penerapan Metode Eksperimen Menggunakan Media Loose Parts pada Anak Kelompok B. Emphaty Cons: Journal of Guidance and Counseling, 1(2), 7–19. emp.v2i1.kodeartikelhttps://doi.org/10.31331/
Guo, P., Saab, N., Post, L. S., & Admiraal, W. (2020). A Review of Project-Based Learning in Higher Education: Student Outcomes and Measures. International Journal of Educational Research, 102(May), 101586. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101586
Hairiyah, S., & Mukhlis. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Permainan Edukatif. Jurnal Kariman, 7(2), 265–282. https://doi.org/10.52185/kariman.v7i2.118
Hanun, S. F., Rahman, Y., & Husnita, H. (2023). Penerapan Metode Project Based Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar PAI Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 97–106. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.112
Henita, Suryono, Y., & Fauziah, P. Y. (2023). Manajemen Pembelajaran Berbasis Proyek pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Warna : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 08(01), 99–109. https://doi.org/10.24903/jw.v
Hutagalung, R., & Ramadan, Z. H. (2022). Peran Orang Tua dalam Menanamkan Nilai Multikultural di Lingkungan Keluarga Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4967–4991. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2895
Imamah, Z., & Muqowim. (2020). Pengembangan Kreativitas dan Berpikir Kritis pada Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Berbasis STEAM and Loose Part. Yinyang: Jurnal Studi Islam, Gender Dan Anak, 15(2). https://doi.org/10.24090/yinyang.v15i2.3917
Isnaini, I. D., & Ariyanti, M. P. (2022). Analisis Penerapan Meyode Loose Part untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. JCE : Journal of Childhood Education, 6(1), 113–122. https://doi.org/10.30736/jce.v6i1.892
Loretha, A. F., Arbarini, M., & Desmawati, L. (2023). The Efforts of Lifelong Education through Life Skills for Early Childhood in the Play Groups. JPPM ( Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat ), 10(1), 83–95.
Lutvaidah, U. (2016). Pengaruh Metode dan Pendekatan Pembelajaran terhadap Penguasaan Konsep Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 279–285. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.653
Maulinda, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(2), 130–138. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392
Mayasari, T., Kadarohman, A., Rusdiana, D., & Kaniawati, I. (2016). Apakah Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning Mampu Melatihkan Keterampilan Abad 21? Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 2(1), 48. https://doi.org/10.25273/jpfk.v2i1.24
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif. UI Press, Jakarta.
Natty, R. A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1082–1092. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.262
Norhikmah, N., Rizky, N. F., Puspita, D., & Saudah, S. (2022). Inovasi Pembelajaran dimasa Pendemi: Implementasi Pembelajaran berbasis Proyek Pendekatan Destinasi Imajinasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3901–3910. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1886
Novianto, N. K., Masykuri, M., & Sukarmin, S. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek (Project Based Learning) pada Materi Fluida Statis untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas X SMA /MA. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 7(1), 81. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v7i1.19792
Nugraha, M. (2018). Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Tarbawi : Jurnal Keilmuan Manajemen, 4(1), 27–44. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i01.1769
Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa (1st ed.). Cakra Books, Solo.
Nurinayah, A. Y., Nurhayati, S., & Wulansuci, G. (2021). Penerapan Pembelajaran STEAM Melalui Metode Proyek dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Pelita. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(5), 1. https://www.zenius.net/blog/pembelajaran-steam
Nuryadi, & Rahmawati, P. (2018). Persepsi Siswa Tentang Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Ditinjau dari Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 53–62. 10.26486/jm.v3i1.656W:http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/mercumatika
Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., & Hasna, S. (2022). Menerapkan Metode Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Masa Transisi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8839–8848.
Prima, E., & Lestari, P. I. (2021). Pembelajaran Sains bagi Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek pada Masa Belajar dari Rumah. Media Edukasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 1–8. https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jmk/article/download/1461/1255
Primayana, K. H. (2020). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya, 1, 321–328. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/dharmaacarya
Purba, A., Harahap, E. P., & D, Y. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek ( PjBL ) pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Jambi 2021 / 2022. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 13(April), 109–120. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v13i1.439
Purnamasari, N., & Dimyati, D. (2022). Perbedaan Pengasuhan Anak di Sekolah Fullday dan Sekolah Umum Terhadap Kemandirian Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2813–2824. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2267
Rachmawati, Y., & Kurniati, E. (2011). Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Kencana Prenada Media Group, Jakarta.
Rusmayadi, Musi, M. A., Ilyas, S. N., & Chafidah, N. (2022). Pengaruh PjBL Terhadap Kemampuan Literasi Baca Tulis pada Anak Usia 5-6 Tahun. Tunas Siliwangi, x(x), 1–7. https://doi.org/10.22460/ts.v9i1.3376
Safitri, D., & Lestariningrum, A. (2021). Penerapan Media Loose Part untuk Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 40–52. https://doi.org/10.19105/kiddo.v2i1.3645
Sari, A. Y., & Astuti, R. D. (2018). Implementasi Pembelajaran Project Based Learning untuk Anak Usia Dini. Motoric, 1(1), 10. https://doi.org/10.31090/paudmotoric.v1i1.547
Sinambela, P. N. J. M. (2017). Kurikulum 2013 dan Implementasinya dalam Pembelajaran. E-Journal Universitas Negeri Medan, 6, 17–29. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/gk/article/view/7085/6067
Suci, R. A., & Fathiyah, K. N. (2023). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 3917–3924. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.3723
Sudarti, D. O. (2020). Mengembangkan Kreativitas Aptitude Anak dengan Strategi Habituasi dalam Keluarga. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 5(3), 117. https://doi.org/10.36722/sh.v5i3.385
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo (ed.); Kedua). Alfabeta. Bandung.
Veselov, G. E., Pljonkin, A. P., & Fedotova, A. Y. (2019). Project-based learning as an effective method in education. ACM International Conference Proceeding Series, 54–57. https://doi.org/10.1145/3341042.3341046
Wajdi, F. (2017). Implementasi Project Based Learning (PBL) dan Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Drama Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 17(1), 86. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v17i1.6960
Wulandari, A. S., Suardana, I. N., & Devi, N. L. P. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kreativitas Siswa SMP pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 2(1), 47. https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i1.17222
Zayyinah, Z., Erman, E., Supardi, Z. A. I., Hariyono, E., & Prahani, B. K. (2022). STEAM-Integrated Project Based Learning Models: Alternative to Improve 21st Century Skills. Proceedings of the Eighth Southeast Asia Design Research (SEA-DR) & the Second Science, Technology, Education, Arts, Culture, and Humanity (STEACH) International Conference (SEADR-STEACH 2021), 627, 251–258. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211229.039