Pencegahan Kekerasan pada Anak Usia Dini melalui Metode Prompts berbasis nilai Religius

Authors

  • Asroful Kadafi Bimbingan dan Konseling, Universitas PGRI Madiun, Indonesia
  • Noviyanti Kartika Dewi Bimbingan dan Konseling, Universitas PGRI Madiun, Indonesia
  • Silvia Yula Wardani Bimbingan dan Konseling, Universitas PGRI Madiun, Indonesia
  • Beny Dwi Pratama Bimbingan dan Konseling, Universitas PGRI Madiun, Indonesia
  • Suharni Suharni Bimbingan dan Konseling, Universitas PGRI Madiun, Indonesia
  • Swasti Maharani Pendidikan Matematika, Universitas PGRI Madiun, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4993

Keywords:

anak usia dini, kekerasan pada anak, metode prompts, nilai religius

Abstract

Kekerasan yang terjadi pada anak dapat mempengaruhi perkembangan anak, baik pada aspek akademik maupun non akademik. Berdasar permasalahan tersebut, maka penting untuk dilakukan upaya pencegahan terjadinya kekerasan pada anak usia dini. Upaya pencegahan dapat diupayakan melalui pendekatan yang tepat dan juga memperhatikan aspek religi. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode Prompts berbasis nilai religi untuk mencegah terjadinya kekerasan pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan desain ekperimen. Rancangan penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain one group pre-test dan post-test design. Hasil penelitian menjukan nilai signifikansi sebesar 0,001 yang berarti terdapat perbedaan antara nilai pre-test dan post-test atau menunjukan adanya peningkatan pemahaman siswa tentang kekerasan yang berdampak pada kemampuan siswa untuk menghindari tindakan kekerasan pada dirinya yang Berkembang Sesuai Harapan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan pertimbangan pada sekolah lain terutama intervensi untuk mencegah terjadinya kekerasan pada anak maupun penelitian selanjutnya terkait kekerasan pada anak sesuai kebutuhan siswa dan memperhatikan nilai religius.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Quran. (2015). Departemen Agama RI. CV Darus Sunnah.

Ali, N. A., & Tanasy, N. (2018). Analisis Kinerja Guru Pai Dalam Penerapan Metode Prompts Pada Penyandang Disabilitas di SLB A YAPTI Makassar. Inspiratif Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.24252/ip.v7i2.7854

Anggraini, S., & Asi, M. F. (2022). Hubungan Parenting Stress dengan Perilaku Kekerasan Pada Anak. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2747–2754. https://doi.org/https://doi.org/10.47492/jip.v2i8.1160

Ariani, N. W. T., & Asih, K. S. (2022). Dampak Kekerasan Pada Anak Nyoman. Jurnal Psikologi Mandala, 6(1). https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/mandala/article/view/1833

Asmah, A., Sulaiman, S., & Noorhapizah, N. (2023). Adversity Quotient sebagai Perantara Pengaruh Persepsi dan Kecerdasan Mengelola Emosi terhadap Kekerasan Verbal pada Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 225–239. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/3744

Dela, V. L., Pardede, N., Sukatno, & Riyadi, S. (2022). Penerapan Layanan Informasi Tentang Seks Edukasi Menggunakan Teknik Fun Card Pada Anak Usia Dini. Medani : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3). https://doi.org/10.59086/jpm.v1i3.184

Faiz, A., Robby, S. K. I., Purwati, P., & Fadilla, R. N. (2021). Penanaman Nilai-nilai Religius pada Orang Tua Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1794

Fri Corina Sandrawati, Martini Jamaris, & Asep Supena. (2019). Meningkatkan Kemampuan Konsentrasi Anak ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) Usia 5 - 6 Tahun Dengan Menggunakan Alat Permainan Edukatif (APE) Dan Berbasis Modifikasi Perilaku. Visipena Journal, 10(1). https://doi.org/10.46244/visipena.v10i1.485

Haryani, S., Astuti, A. P., & Minardo, J. (2021). Pengetahuan Dan Perilaku Mencuci Tangan Pada Siswa Smk Sebagai Upaya Pencegahan Covid-19. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama, 10(1). https://doi.org/10.31596/jcu.v10i1.705

Hasanah, U., & Raharjo, S. T. (2016). Penanganan kekerasan anak berbasis masyarakat. Share: Social Work Journal, 6(1). http://jurnal.unpad.ac.id/share/article/view/13150

Irodati, F. (2022). Capaian Internalisasi Nilai-Nilai Religius Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal PAI: Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33507/pai.v1i1.308

Kadafi, A. (2016). Urgensi Konseling Islami Dalam Layanan Konseling Di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Proceedings International Seminar FoE (Faculty of Education), 209–219. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/PIS-FoE/article/view/92

Kadafi, A., Alfaiz, A., Ramli, M., Asri, D. N., & Finayanti, J. (2021). The Impact of Islamic Counseling Intervention towards Students’ Mindfulness and Anxiety during the COVID-19 Pandemic. Islamic Guidance and Counseling Journal, 4(1), 55–66. https://doi.org/https://doi.org/10.25217/igcj.v4i1.1018

Kadafi, A., Anggriana, T. M., & Mahmudi, I. (2023). Mengembangkan Profil Pelajar Pancasila Anak Usia Dini melalui Permainan Bermuatan Nilai Ajaran Samin. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2919–2928. https://mail.obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/2479

Kadafi, A., Ramatus, M. R., & Desy, R. N. K. (2019). Internalisasi Nilai Religius Dalam Mereduksi Perilaku Prokrastinasi Akademik. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian LPPM Universitas PGRI Madiun, 140–144. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNHP/article/view/779

Kadafi, A., Suharni, S., Mahmudi, I., & Pratama, B. D. (2020). Urgency Strengthening Religious Values in Guidance and Counseling Programs in the New Normal Era. Proceedings of the 1 St International Conference on Information Technology and Education (ICITE 2020), 285–290. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/assehr.k.201214.250

Kadek Yati Fitria Dewi. (2019). Pengajaran Bahasa Inggris untuk Anak Luar Biasa (Alb). DAIWI WIDYA Jurnal Pendidikan, 06(1). https://ejournal.unipas.ac.id/index.php/DW/article/view/200

KemenPPPA. (2022). KemenPPPA Kawal Kasus Kekerasan terhadap Anak Kandung di Jakarta Selatan. Www.Kemenpppa.Go.Id. https://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/read/29/4316/kemenpppa-kawal-kasus-kekerasan-terhadap-anak-kandung-di-jakarta-selatanhttps://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/read/29/4316/kemenpppa-kawal-kasus-kekerasan-terhadap-anak-kandung-di-jakarta-selatan

Kholisna, T., & Baharuddin, F. (2023). Inquiry: Teaching And Learning Children With Special Needs. Jurnal Simki Pedagogia, 6(1). https://doi.org/10.29407/jsp.v6i1.211

Magdalena, M., & Madjid, E. M. (2018). Metode Total Task Presentation Chaining Pada Anak Dengan Intellectual Disability-Severe. Seurune : Jurnal Psikologi Unsyiah, 1(1). https://doi.org/10.24815/s-jpu.v1i1.9926

Mashfufa, E. W. (2018). Efektivitas FGD (Focus Group Discussion) tentang kekerasan pada anak. Jurnal Fikes UMM, 9(1). https://doi.org/10.22219/jk.v9i1.4979

Muarifah, A., Wati, D. E., & Puspitasari, I. (2020). Identifikasi Bentuk dan Dampak Kekerasan pada Anak Usia Dini di Kota Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 757–765. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/451/pdf

Ningsih, E. S. B., & Hennyati, S. (2018). Kekerasan Seksual Pada Anak Di Kabupaten Karawang. Midwife Journal, 4(02). https://www.neliti.com/id/publications/267040/kekerasan-seksual-pada-anak-di-kabupaten-karawang

Nurfitriyanie, N., & Salim, R. M. A. (2023). Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual pada Anak 7-8 Tahun melalui Program Pelatihan Perlindungan Diri (P3D). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2708–2720. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4433

Nuzuliana, R., & Ma’rifat, D. K. (2019). Pengetahuan Kader Tentang Kekerasan Pada Anak. Profesi (Profesional Islam) : Media Publikasi Penelitian, 16(2). https://doi.org/10.26576/profesi.327

Risma, D., Solfiah, Y., & Satria, D. (2019). Pengembangan Media Edukasi Perlindungan Anak Untuk Mengurangi Kekerasan Pada Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.322

Saragih, A. A. (2020). Metode Backward Chaining untuk Meningkatkan Keterampilan Bina Diri Berpakaian Anak Tunagrahita Sedang. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 1(2). https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i2.29

Subroto, A. N., Wulandari, R., & Suharni, S. (2017). Pendekatan Konseling Spiritual Sebagai Alternatif Pencegahan Perilaku Bullying (Kekerasan). Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling, 1(1). http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNBK/article/view/117

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). In Bandung: Alfabeta. 10.1016/J.Datak.2004.11.010https://doi.org/Doi

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Suharni, S., Kadafi, A., & Pratama, B. D. (2023). Kolaborasi Membangun Karakter Anak Berkebutuhan Khusus Sekolah dan Orang Tua di SLBN Sambirejo. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 2(1), 161–167. https://journal.literasisains.id/index.php/abdikan/article/view/1740

Susanti, S. E. (2021). Pembelajaran Anak Usia Dini dalam Kajian Neurosains. TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, Dan Humaniora, 2(1). https://doi.org/10.33650/trilogi.v2i1.2785

UNICEF. (2014). Measuring Violence against Children: Inventory and assessment of quantitative studies. Division of Data, Research and Policy. https://data.unicef.org/resources/measuring-violence-against-children-inventory-and-assessment-of-quantitative-studies-publication/

Utami, P. N., & Primawardani, Y. (2022). Upaya Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Hukum, Kebijakan Publik, Hak Asasi Manusia Dan Keadilan, 1–6. https://prosiding.semnaskum.nusaputra.ac.id/

Vega, A. De, Hapidin, H., & Karnadi, K. (2019). Pengaruh Pola Asuh dan Kekerasan Verbal terhadap Kepercayaan Diri (Self-Confidence). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 433–439. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/227

Downloads

Published

22-09-2023

How to Cite

Kadafi, A., Dewi, N. K., Wardani, S. Y., Pratama, B. D., Suharni, S., & Maharani, S. (2023). Pencegahan Kekerasan pada Anak Usia Dini melalui Metode Prompts berbasis nilai Religius. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5232–5239. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4993

Issue

Section

Articles