Penerapan KSE dalam Pembelajaran Berdiferensiasi pada Sekolah Penggerak di Kota Surakarta

Authors

  • Nurul Shofiatin Zuhro Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Upik Elok Endang Rasmani Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Siti Wahyuningsih Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Anjar Fitrianingtyas Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Novita Eka Nurjanah Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Jumiatmoko Jumiatmoko Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Bambang Winarji Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4991

Keywords:

kompetensi sosial emosional, pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran berdiferensiasi

Abstract

Pengembangan kompetensi sosial emosional (KSE) anak sejak usia dini dapat diintegrasikan pada kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Sekolah penelitian melalui pembelajaran yang berdiferensiasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan kompetensi sosia emosional anak dalam menumbuhkan karakter positif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk memberikan deskripsi praktik pembelajaran berdiferensiasi yang terintegrasi dengan KSE melalui metode pembelajaran berbasis proyek pada kegiatan P5. Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari adalah guru kelas di sekolah sejumlah 22 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan data bahwa implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada sekolah-sekolah penggerak di Kota Surakarta dapat dilaksanakan melalui pembelajaran berbasis proyek pada kegiatan P5 yang diintegrasikan dengan  kompetensi sosial emosional peserta didik. Penelitian ini memberikan konstribusi penting dalam bidang pendidikan anak usia dini, khususnya bagi orang tua dan pendidik dalam mengembangkan kompetensi sosial emosional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, R. N. (2022). Persepsi Guru PAUD terhadap Pembelajaran Paradigma Baru melalui Kurikulum Merdeka. https://ejournal.staidarussalamlampung.ac.id/index.php/azzahra/article/view/384

Cahyaningrum, D. E. (2023). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka di Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2895–2906. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4453

Christianti, M. (2011). Pembelajaran Anak Usia Dini dengan Pendekatan Proyek. Dinamika Pendidikan, 18(2). https://journal.uny.ac.id/index.php/dinamika-pendidikan/article/view/4079

Faiz, A., Soleh, B., Kurniawaty, I., & Purwati, P. (2021). Tinjauan Analisis Kritis Terhadap Faktor Penghambat Pendidikan Karakter di Indonesia. Jurnal Basicedu, 5(4), 1766-1777. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1014.https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1014.

George Lucas Educational Foundation. (2014). Project Based Learning vs. Problem-Based Learning vs. X-BL. https://www.edutopia.org/blog/pbl-vs-pbl-vs-xbl-john-larmer

Gwendolyn Cartledge, J. F. M. (1995). Teaching Social Skills to Children and Youth: Innovative Approaches. (3rd ed.). Allyn and Bacon.

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Jannah, M. M., & Rasyid, H. (2023). Kurikulum Merdeka : Persepsi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. 7(1), 197–210. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3800

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2022). Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.

Markham, T. (2020). Handbook Project Based Learning : Second Edition. A guide to Standards Focused Project Based Learning : For Middle and High School Teacher.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003).

Program Sekolah Penggerak. (2023).

Purba, M., Purnamasari, N., Soetantyo, S., Suwarma, I. R., & Susanti, E. I. (2021). Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction) (M. F. Mariati Purba, A.M. Yusri Saad (Ed.); 1st ed.). Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republik Indonesia.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Rani, H. (2021). Penerapan Metode Project Based Learning pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Refleksi, 10(2), 8. https://p3i.my.id/index.php/refleksi/article/view/40https://p3i.my.id/index.php/refleksi/article/view/40

Rifanuddin. (2021). Pembelajaran Sosial Emosional: Apa, Mengapa, dan Bagaimana? https://www.quipper.com/id/blog/info-guru/pembelajaran-sosial-emosional/

Samari. (2022). Pengaruh Kompetensi Guru Penggerak dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 2(3), 163–169. https://ejournal.karinosseff.org/index.php/jitim/article/view/300https://ejournal.karinosseff.org/index.php/jitim/article/view/300

Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, 137.

Sirajuddin, S. (2017). Analisis Data Kualitatif (1st ed.). Pustaka Ramadhan.

Tampi, Y. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi.

Tomlinson, C. A., & Moon, T. R. (2013). Assessment and student success in a differentiated classroom. Association for Supervision and Curriculum Development, 1–159. https://files.ascd.org/staticfiles/ascd/pdf/siteASCD/publications/assessment-and-di-whitepaper.pdf

Yin, R. K. (2019). Studi Kasus : Desain & Metode (16th ed.). RajaGrafindo Persada.

Afrianti, N. (2014). Permainan Tradisional, Alternatif Media Pengembangan Kompetensi Sosial-Emosi Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://ejournal.upi.edu/index.php/cakrawaladini/article/view/10405

Downloads

Published

03-09-2023

How to Cite

Zuhro, N. S., Rasmani, U. E. E., Wahyuningsih, S., Fitrianingtyas, A., Nurjanah, N. E., Jumiatmoko, J., & Winarji, B. (2023). Penerapan KSE dalam Pembelajaran Berdiferensiasi pada Sekolah Penggerak di Kota Surakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4937–4945. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4991

Issue

Section

Articles