- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Back to Nature Sebagai Strategi Pembelajaran Seni Lukis Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4989Keywords:
back to nature, strategi pembelajaran, pembelajaran seni lukisAbstract
Tujuan penelitian ialah untuk mendiskripsikan strategi Back to Nature yang merupakan salah satu strategi pendekatan alam. Baik kegiatan, alat, bahan dan hasil karya yang di hasilkan anak adalah bentuk eksplorasi dari alam, untuk dapat mengoptimalkan kegiatan seni lukis di taman kanak-kanak. Objek penelitiannya ialah anak di kelompok B. Dengan jenis dan metode penelitain deskriptif Kualitiatif. Teknik pengumpulan dan pengolahan data dilangsungkan melalui observasi untuk mendapatkan gambaran kegiatan lukis menggunakan strategi back to nature, wawancara proses tanya jawab guna mendapat informasi dari guru dan kepala sekolah, serta dokumentasi berupa foto hasil karya dan proses berlangsungnya kegiatan lukis dengan strategi back to nature. Penelitian berlangsung selama satu bulan dari proses izin sampai pengumpulan data selesai dilakukan. Setelah melakukan analisis data berupa reduksi dan penyajian data, maka dapat disimpulkan serta diperolah hasilnya ialah bahwa rangkaian sumber belajar yang di hasilkan alam/ back to nature sebagai strategi pembelajaran yang efektif dalam kegiatan seni lukis.
Downloads
References
Bruce, T. (2004). Cultivating creativity in babies, toddlers and young children. Hodder.
Creswell, J. D. (2017). Mindfulness Interventions. Annual Review of Psychology, 68(1), 491–516. https://doi.org/10.1146/annurev-psych-042716-051139
Djamara, S. B., & Zai, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.
Fauziddin, M. (2016). Pembelajaran Agama Islam Melalui Bermain Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus di TKIT Nurul Islam Pare Kebupaten Kediri Jawa Timur). Jurnal PAUD Tambusai, 2(2), 36–42.
Fitri, A., Hashim, R., & Motamedi, S. (2017). Evaluation and verification of numerical modelling of nearshore changes due to waves and currents parameter in Carey Island, Malaysia. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 169(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/169/1/012054
Idris, M. (2020). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media, Yogyakarta, 100.
Isenberg, J., & Jalongo, M. (2010). Creative thinking and arts-based learning: Preschool through fourth grade. NJ: Pearson. https://doi.org/10.1037/a001491
Ivcevic, Z. (2009). Creativity map: Toward the next generation of theories of creativity. Psychology of Aesthetics, Creativity, and the Arts, 3(1), 17–21. https://doi.org/10.1037/a0014918
Jatmiko, A. J., Hadiati, E. H., & Oktavia, M. O. (2020). Penerapan Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanan. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 83–97. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6875
Johnson, R. (2018). Trauma and Learning: Impacts and Strategies for Adult Classroom Success. MinneTESOL Journal, 34(2), 1–9. https://minnetesoljournal.org/journal-archive/mtj-2018-2/trauma-and-learning-impacts-and-strategies-for-adult-classroom-success/
Kurnia, S. D. (2015). Pengaruh Kegiatan Painting Dan Keterampilan Motorik Halus Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini Dalam Seni Lukis. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(2), 285–302. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/3506
Kusumawardani, R. R. W. A., & Kuswanto, K. (2020). Membangun kesadaran lingkungan melalui ekopedagogik pada anak usia dini berlandaskan konsep Jan Ligthart. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 94–99. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i2.31997
Lita, & Assegaf, A. (2018). Pendidikan Seni Rupa dan Implikasinya terhadap Imajinasi Kreatif dan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di TK Mekarraharja. Islamic Early Childhood Education, 3(1), 97–110. https://jurnal.piaud.org/index.php/Ijiece/article/view/74
Miller, D. L., Kathy, T., & White, J. (2013). Young Children’s Authentic Play in a Nature Explore Classroom Supports Foundational Learning. Dimension Educational Research Foundation.
Miskawati, M. (2019). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Dalam Pembelajaran Seni Tari Melalui Strategi Belajar Sambil Bermain di TK Islam Sa’adatul Khidmah Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1), 45. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v9i1.123
Munanadar, U. (2009). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Rineka Cipta.
Myers, S. S., Zanobetti, A., Kloog, I., Huybers, P., Leakey, A. D. B., Bloom, A. J., Carlisle, E., Dietterich, L. H., Fitzgerald, G., Hasegawa, T., Holbrook, N. M., Nelson, R. L., Ottman, M. J., Raboy, V., Sakai, H., Sartor, K. A., Schwartz, J., Seneweera, S., Tausz, M., & Usui, Y. (2014). Increasing CO2 threatens human nutrition. In Nature (Vol. 510, Issue 7503). Nature Publishing Group. https://doi.org/10.1038/nature13179
Nurlaili, N. (2018). Sumber Belajar dan Alat Permainan untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 2(1), 229. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v2i1.1518
Nurmadiah, N. (2016). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 3(1), 1–28. https://doi.org/10.28944/afkar.v3i1.101
Puspitasari, Y., & Nurhayati, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(1), 93–108. https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i1.20
Retnowati, T. H. (2015). Strategi pembelajaran seni lukis anak usia dini di sanggar pratista yogyakarta. Imaji, 7(2). https://doi.org/10.21831/imaji.v7i2.6636
Safaria T. (2005). Mengembangkan kreativitas anak. Pustaka Al-Kautsar.
Schattschneider, D. (2006). Math and art in the mountains. he Ma-thematical Intelligencer. https://doi.org/10.1007/BF02986882
Setiawan, T. Y. (2022). Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Peserta Didik Di Era Merdeka Belajar Pada Sekolah. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 70–75. https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/2239
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Sujiono, Y. N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT Index.
Susanto, A. (2017). the Teaching of Vocabulary: a Perspective. Jurnal KATA, 1(2), 182. https://doi.org/10.22216/jk.v1i2.2136
Suyanto. (2005). Pembelajaran Untuk Anak TK. Departemen Pendidikan Nasional.
Trianto, M., & Purwanto, H. (2020). Morphological characteristics and morphometrics of stingless bees (Hymenoptera: Meliponini) in Yogyakarta, Indonesia. Biodiversitas, 21(6), 2619–2628. https://doi.org/10.13057/biodiv/d210633
Vandermaas-Peeler, M., & McClain, C. (2015). The Green Bean Has to Be Longer than Your Thumb: An Observational Study of Preschoolers’ Math and Science Experiences in a Garden. International Journal of Early Childhood …, 8–21. https://eric.ed.gov/?id=EJ1108468