Back to Nature Sebagai Strategi Pembelajaran Seni Lukis Anak Usia Dini

Authors

  • Meylisia Kurnia Putri Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Joko Pamungkas Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4989

Keywords:

back to nature, strategi pembelajaran, pembelajaran seni lukis

Abstract

Tujuan penelitian ialah untuk mendiskripsikan strategi Back to Nature yang merupakan salah satu strategi pendekatan alam. Baik kegiatan, alat, bahan dan hasil karya yang di hasilkan anak adalah bentuk eksplorasi dari alam, untuk dapat mengoptimalkan kegiatan seni lukis di taman kanak-kanak. Objek penelitiannya ialah anak di kelompok B. Dengan jenis dan metode penelitain deskriptif Kualitiatif. Teknik pengumpulan dan pengolahan data dilangsungkan melalui observasi untuk mendapatkan gambaran kegiatan lukis menggunakan strategi back to nature, wawancara proses tanya jawab guna mendapat informasi dari guru dan kepala sekolah, serta dokumentasi berupa foto hasil karya dan proses berlangsungnya kegiatan lukis dengan strategi back to nature. Penelitian berlangsung selama satu bulan dari proses izin sampai pengumpulan data selesai dilakukan. Setelah melakukan analisis data berupa reduksi dan penyajian data, maka dapat disimpulkan serta diperolah hasilnya ialah bahwa rangkaian sumber belajar yang di hasilkan alam/ back to nature sebagai strategi pembelajaran yang efektif dalam kegiatan seni lukis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bruce, T. (2004). Cultivating creativity in babies, toddlers and young children. Hodder.

Creswell, J. D. (2017). Mindfulness Interventions. Annual Review of Psychology, 68(1), 491–516. https://doi.org/10.1146/annurev-psych-042716-051139

Djamara, S. B., & Zai, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Fauziddin, M. (2016). Pembelajaran Agama Islam Melalui Bermain Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus di TKIT Nurul Islam Pare Kebupaten Kediri Jawa Timur). Jurnal PAUD Tambusai, 2(2), 36–42.

Fitri, A., Hashim, R., & Motamedi, S. (2017). Evaluation and verification of numerical modelling of nearshore changes due to waves and currents parameter in Carey Island, Malaysia. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 169(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/169/1/012054

Idris, M. (2020). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media, Yogyakarta, 100.

Isenberg, J., & Jalongo, M. (2010). Creative thinking and arts-based learning: Preschool through fourth grade. NJ: Pearson. https://doi.org/10.1037/a001491

Ivcevic, Z. (2009). Creativity map: Toward the next generation of theories of creativity. Psychology of Aesthetics, Creativity, and the Arts, 3(1), 17–21. https://doi.org/10.1037/a0014918

Jatmiko, A. J., Hadiati, E. H., & Oktavia, M. O. (2020). Penerapan Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanan. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 83–97. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6875

Johnson, R. (2018). Trauma and Learning: Impacts and Strategies for Adult Classroom Success. MinneTESOL Journal, 34(2), 1–9. https://minnetesoljournal.org/journal-archive/mtj-2018-2/trauma-and-learning-impacts-and-strategies-for-adult-classroom-success/

Kurnia, S. D. (2015). Pengaruh Kegiatan Painting Dan Keterampilan Motorik Halus Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini Dalam Seni Lukis. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(2), 285–302. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/3506

Kusumawardani, R. R. W. A., & Kuswanto, K. (2020). Membangun kesadaran lingkungan melalui ekopedagogik pada anak usia dini berlandaskan konsep Jan Ligthart. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 94–99. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i2.31997

Lita, & Assegaf, A. (2018). Pendidikan Seni Rupa dan Implikasinya terhadap Imajinasi Kreatif dan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di TK Mekarraharja. Islamic Early Childhood Education, 3(1), 97–110. https://jurnal.piaud.org/index.php/Ijiece/article/view/74

Miller, D. L., Kathy, T., & White, J. (2013). Young Children’s Authentic Play in a Nature Explore Classroom Supports Foundational Learning. Dimension Educational Research Foundation.

Miskawati, M. (2019). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Dalam Pembelajaran Seni Tari Melalui Strategi Belajar Sambil Bermain di TK Islam Sa’adatul Khidmah Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1), 45. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v9i1.123

Munanadar, U. (2009). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Rineka Cipta.

Myers, S. S., Zanobetti, A., Kloog, I., Huybers, P., Leakey, A. D. B., Bloom, A. J., Carlisle, E., Dietterich, L. H., Fitzgerald, G., Hasegawa, T., Holbrook, N. M., Nelson, R. L., Ottman, M. J., Raboy, V., Sakai, H., Sartor, K. A., Schwartz, J., Seneweera, S., Tausz, M., & Usui, Y. (2014). Increasing CO2 threatens human nutrition. In Nature (Vol. 510, Issue 7503). Nature Publishing Group. https://doi.org/10.1038/nature13179

Nurlaili, N. (2018). Sumber Belajar dan Alat Permainan untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 2(1), 229. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v2i1.1518

Nurmadiah, N. (2016). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 3(1), 1–28. https://doi.org/10.28944/afkar.v3i1.101

Puspitasari, Y., & Nurhayati, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(1), 93–108. https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i1.20

Retnowati, T. H. (2015). Strategi pembelajaran seni lukis anak usia dini di sanggar pratista yogyakarta. Imaji, 7(2). https://doi.org/10.21831/imaji.v7i2.6636

Safaria T. (2005). Mengembangkan kreativitas anak. Pustaka Al-Kautsar.

Schattschneider, D. (2006). Math and art in the mountains. he Ma-thematical Intelligencer. https://doi.org/10.1007/BF02986882

Setiawan, T. Y. (2022). Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Peserta Didik Di Era Merdeka Belajar Pada Sekolah. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 70–75. https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/2239

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Sujiono, Y. N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT Index.

Susanto, A. (2017). the Teaching of Vocabulary: a Perspective. Jurnal KATA, 1(2), 182. https://doi.org/10.22216/jk.v1i2.2136

Suyanto. (2005). Pembelajaran Untuk Anak TK. Departemen Pendidikan Nasional.

Trianto, M., & Purwanto, H. (2020). Morphological characteristics and morphometrics of stingless bees (Hymenoptera: Meliponini) in Yogyakarta, Indonesia. Biodiversitas, 21(6), 2619–2628. https://doi.org/10.13057/biodiv/d210633

Vandermaas-Peeler, M., & McClain, C. (2015). The Green Bean Has to Be Longer than Your Thumb: An Observational Study of Preschoolers’ Math and Science Experiences in a Garden. International Journal of Early Childhood …, 8–21. https://eric.ed.gov/?id=EJ1108468

Downloads

Additional Files

Published

22-09-2023

How to Cite

Putri, M. K., & Pamungkas, J. (2023). Back to Nature Sebagai Strategi Pembelajaran Seni Lukis Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5249–5260. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4989

Issue

Section

Articles