- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Nilai Agama dan Moral untuk Anak Usia 4-6 Tahun: Analisis Kebijakan Terbaru
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4979Keywords:
anak usia 4-6 tahun, kebijakan terbaru, nilai agama dan moral.Abstract
Pedoman Implementasi Kurikulum Pada Raudhatul Athfal (RA) sebagai kebijakan terbaru telah terpublikasi, namun belum sepenuhnya diimplementasikan dalam pembelajaran karena guru mengetahui ruang lingkup materi pembelajaran dari buku tanpa melihat kebijakan terbaru. Oleh karena itu, penting untuk mendeskripsikan nilai agama dan moral untuk anak usia 4-6 tahun pada kurikulum merdeka. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai agama dan moral sebagai salah satu elemen capaian pembelajaran pada kurikulum merdeka untuk anak usia 4-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian Pustaka yang mengkaji kebijakan, buku, artikel ilmiah dan ayat al-Quran (QS. Al-Anbiya/21:32 dan QS. Luqman/31: 13,17-19) mengenai nilai agama dan moral. Hasil penelitian menunjukkan bahwa capaian pembelajaran elemen nilai agama dan moral (budi pekerti) adalah: nilai akidah/tauhid (percaya kepada Allah swt), nilai ibadah dan nilai akhlak (membiasakan berakhlak karimah) yang dapat diimplementasikan secara terpisah maupun terintegrasi dengan elemen capaian pembelajaran yang lainnya atau lintas aspek perkembangan anak melalui pembelajaran intrakurikuler dan pembelajaran berbasis proyek untuk mendukung penguatan karakter profil pelajar Pancasila di Raudhatul Athfal.
Downloads
References
Adi, B. S., Irianto, D. P., & Sukarmin, Y. (2022). Teachers’ perspectives in motor learning with traditional game approach for early childhood. Cakrawala Pendidikan, 41(1), 1–11. https://doi.org/10.21831/cp.v41i1.36843
Afnita, J., & Latipah, E. (2021). Perkembangan Moral Anak Usia Dini Usia 0-6 Tahun dan Stimulasinya. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 16(2), 289–306. https://doi.org/10.24090/yinyang.v16i2.4421
Al-Qur’an dan Tafsirnya. (n.d.).
Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28
Anggraini, W., Syafril, S., & Anwar, S. (2020). Penggunaan Metode Uswah Hasanah Dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Moral dan Agama Anak Usia 5-6 Tahun di RA Al-Huda Wargomulyo Kecamatan Pardasuka Kabupaten Pringsewu. Saliha: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 3(1), 130–143. https://doi.org/10.54396/saliha.v3i1.42
Asti, I. (2017). Strategi Pengembangan Moral dan Nilai Agama Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 51–64.
Basuki, B. (2022). Identifikasi Materi Pembelajaran PAI pada PAUD Berdasarkan Permendikbudristek Nomor 7 Tahun 2022. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5592–5604. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3142
Conradie, N. H., & Nagel, S. K. (2022). Digital sovereignty and smart wearables: Three moral calculi for the distribution of legitimate control over the digital. Journal of Responsible Technology, 12(October), 100053. https://doi.org/10.1016/j.jrt.2022.100053
Darojah, R., Wijayanti, U. T., & Sugiharti, S. (2022). Determinan Faktor Orang Tua Millenial dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6035–6044. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3382
Dhiu, K. D., & Laksana, D. N. L. (2021). The Aspects Of Child Development On Early Childhood Education Curriculum. Journal of Education Technology, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.30764
Dirjen Pendis Kemenag RI. (2022). Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 3211 Tahun 2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab Kurikulum Merdeka Pada Madrasah.
Fahimah, S., Toyibah, N., & Rohmanah, N. (2022). Konsep Pendidikan Era Medsos: Analisis Dimensi Hifdz Din Menurut Luqman Al-Hakim Dengan Pendekatan Maqasidi. MAGHZA: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 7(1), 80–102. https://doi.org/10.24090/maghza.v7i1.6441
Fu’adah, E. N., & Nugraheni, Y. T. (2020). Perintah Shalat Pada Anak Perspektif Surat Luqman Ayat 17 (Telaah Pendekatan Normatif dan Filologi). 8(1), 1–9. https://doi.org/10.24090/jk.v8i1.3794
Hakim, A. (2016). Pengembangan Nilai-Nilai Agama dan Moral di Taman Kanak-Kanak. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 05(01), 1–20. https://doi.org/10.29313/tjpi.v5i1.1980
Hayati, N. (2017). Konsep Pendidikan Islam Dalam Q.S. Luqman 12-19. Aqidah-Ta : Jurnal Ilmu Aqidah, 3(1), 48–58. https://doi.org/10.24252/aqidahta.v3i1.3281
Hidayati, E. W. (2020). Mencetak Generasi Anak Usia Dini Yang Berjiwa Qur’Ani Dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam. JCE (Journal of Childhood Education), 3(2), 139–159. https://doi.org/10.30736/jce.v3i1.93
Imam Jalaluddin Al-Mahalli, I. J. A.-S. (2016). Tafsir Jalalain - Jilid 2. Sinar Baru Algensindo, 1–1433.
Juhriati, I., & Rahmi, A. (2021). Implementasi Nilai Agama dan Moral melalui Metode Esensi Pembinaan Perilaku pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1070–1076. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1147
Karima, N. C., Ashilah, S. H., Kinasih, A. S., Taufiq, P. H., & Hasnah, L. (2022). Pentingnya penanaman nilai agama dan moral terhadap anak usia dini. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 17(2), 273–292. https://doi.org/10.24090/yinyang.v17i2.6482
Kartini, Darmiyanti, A., & Riana, N. (2021). Metode Mendongeng Kisah Nabi Dalam Penanaman Moral Anak Usia Dini. As-Sibyan Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 13–28. https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v7i1.5045
Kementerian Agama. (2018). KMA Nomor 729 Tahun 2018 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Raudhatul Athfal (RA) (pp. 1–61). https://dki.kemenag.go.id/media/laws/3-191031102125-5dba53357aa63.pdf
Kementerian Agama. (2022). KMA Nomor 347 Tahun 2022 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah (pp. 1–59).
Kurniasari, A. F., & Susanti, W. M. (2021). Buku Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen.
Latif, M., Zukhairina, Zubaidah, R., & Afandi, M. (2016). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Aplikasi (3rd ed.). Kencana.
Loudová, I., & Lašek, J. (2015). Parenting Style and its Influence on the Personal and Moral Development of the Child. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174, 1247–1254. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.744
Lutfiyah, L. (2017). PERAN KELUARGA DALAM PENDIDIKAN ANAK: Studi Ayat 13-19 Surat Luqman. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 12(1), 127. https://doi.org/10.21580/sa.v12i1.1472
Mubiar, M., Bin Mamat, N., & Syaodih, E. (2020). Exploring “Kaulinan Barudak†to Develop Children’s Character Values in Islamic Early Childhood Education. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 13–26. https://doi.org/10.15575/jpi.v6i1.8226
Muhsin, A. (2020). Internalisasi Nilai Akhlakul Karimah Dalam Membentuk Karakter Anak. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 226–239. https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4255
Mujahidah. (2022). Kecerdasan Spiritual Dalam Konsep Pendidikan Lukman. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 58–66. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i1.27
Muzammil, & Albustomi, Y. (2022). Nilai Educational Parenting Dalam Surah Lukman Ayat 12-19 Serta Relevansinya Dengan Penguatan Pendidikan Karakter. Palapa: Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 10(1), 96–123. https://doi.org/10.36088/palapa.v10i1.1690
Natari, R., & Suryana, D. (2022). Penerapan Nilai-Nilai Agama dan Moral AUD Selama Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3659–3668. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1884
Nufus, & Hayati, R. dan. (2017). Pendidikan Anak Menurut Surat Luqman Ayat 12-19 Dalam Tafsir Ibnu Katsir. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 108–129.
Purnama, S., Wibowo, A., Narmaditya, B. S., Fitriyah, Q. F., & Aziz, H. (2022). Do parenting styles and religious beliefs matter for child behavioral problem? The mediating role of digital literacy. Heliyon, 8(6). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e09788
Rahmawati, R., & Sumedi. (2020). Pendidikan Nilai Agama Dan Moral Anak Melalui Kegiatan Bermain Sains. WISDOM: JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, 01(02), 158–192. https://doi.org/10.21154/wisdom.v1i2.2375
Ridwan, I., Jakaria, J., Ilmiah, W., Maisaroh, I., Muhibah, S., & Hayani, R. A. (2021). Pembangunan Fondasi Keagamaan Islam Pada Anak Usia Dini Di TK Al-Khazainy Kadutomo Jiput Pandeglang. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 89–106. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/4593
Sifa, A. N. A. (2020). Hak dan Kewajiban Guru dan Siswa dalam QS Luqman Ayat 13-19. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(01), 79–90. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01.328
Susetya, P. D. R., & Zulkarnaen. (2022). Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Nilai Agama Moral Pada Anak Usia Dini. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 98–108. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v8i1.12284
Tanfidiyah, N. (2017). Perkembangan Agama dan Moral yang tidak Tercapai pada AUD: Studi Kasus di Kelas A1 TK Masyitoh nDasari Budi Yogyakarta. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 199–222. https://doi.org/10.21580/nw.2017.11.2.1810