Manajemen Tehnik Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Kawasan Pesisir Laut Kabupaten Gorontalo Utara

Arfan Utiarahman(1Mail), Novianty Djafri(2), Syamsu Q Badu(3),
(1) Tehnik Sipil Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia
(2) Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia
(3) Pendidikan Matematika Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Arfan Utiarahman, Novianty Djafri, Syamsu Q Badu

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.497

Full Text:    Language : ID
Submitted : 2020-03-06
Published : 2020-03-10

Abstract


Pendidikan Anak Usia Dini penting untuk diolah dalam tehnik, tahap dan langkah serta strategi manajemen pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah: untuk mendapatkan Model Manajemen Tehnik Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Dikawasan Pesisir Laut Tomilito Kabupaten Gorontalo Utara. Metode Penelitian ini menggunakan jenis penelitian fenomena masyarakat dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun tehnik pengumpulan data: observasi, wawancara dan angket, dengan tehnik analisis pengolahan data; pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini mendapatkan model pembelajaran interaktif dan sistem pembelajaran kooperatif, dengan indikator Manajemen Tehnik Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Kawasan Pesisir pantai adalah: 1) Perencanaan pembelajaran yang berpusat pada anak dikawasan pesisir. 2) Mengorganisir pembelajaran yang aktif dikawasan pesisir. 3) Menggerakkan pendidikan anak usia dini, melalui pengalaman langsung dengan objek dikawasan pesisir 4) mengawasi pembelajaran PAUD mempertimbangkan keseluruhan aspek pengembangan, bermakna, manarik, dan fungsional dikawasan pesisir.


Keywords


manajemen tehnik pembelajaran; pendidikan anak usia dini; anak usia dini

References


Ayuni, D., & Setiawati, F. A. (2019). “Kebun Buah” Learning Media for Early Childhood Counting Ability Despa. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.128

Barnawi, & Adi, W. (2011). Format PAUD. Ar-Ruzzmedia.

Çalışkan, A., & Özdemir, A. (2018). Meeting Management Skills of District Directors of National Education According to Perceptions of School Managers. Journal of Education and Training Studies, 6(11), 113–127. https://doi.org/10.11114/jets.v6i11.3200

Elya, M. H. (2020). Pengaruh Metode Bercerita dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 302–315. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.326

Fakhrudin, A. . (2010). Sukses Menjadi Guru TK/PAUD. Bening.

Fatimah, D. F., & Rohmah, N. (2016). Pola Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Ceria Gondangsari Jawa Tengah. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(November), 247–273. https://doi.org/doi.org/10.14421/manageria.2016.12-05

Garzia, M., Yufiarti, Y., & Hartati, S. (2019). Perbedaan Kesiapan Sekolah Anak Usia Dini di Daerah Pesisir Ditinjau dari Status Ekonomi Orang Tua dan Parenting. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 470–483. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.239

Hägglund, S., & Samuelsson, I. P. (2009). Early childhood education and learning for sustainable development and citizenship. International Journal of Early Childhood, 41(2), 49–63. https://doi.org/10.1007/BF03168878

Hartman, S., Winsler, A., & Manfra, L. (2017). Behavior Concerns Among Low-Income, Ethnically and Linguistically Diverse Children in Child Care: Importance for School Readiness and Kindergarten Achievement. Early Education and Development, 28(3), 255–273. https://doi.org/10.1080/10409289.2016.1222121

Ita, E. (2018). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di TK Rutosoro Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada Flores Nusa Tenggara Timur. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 45–52. https://doi.org/10.24269/dpp.v6i1.889

John Mc, M. (2010). Design dan Perencanaan Sistem Informasi. Luxima.

Kadir, N. J., & Adebayo, T. A. (2019). Digitization In Education System and Management of Early Childhood Care Education in Nigeria. Southeast Asia Early Childhood Journal, 8(2), 28–42.

Kasim, F., Nursinar, S., Panigoro, C., Karim, Z., & Lamalango, A. (2017). Pemanfaatan dan Persepsi Masyarakat Sekitar Hutan Mangrove terhadap Kerusakan Hutan Mangrove di Pesisir Kabupaten Gorontalo Utara, Kasus Kecamatan Tomilito. Prosiding Seminar Nasional KSP2K II, 1(2), 33–44.

Masitoh, & dkk. (2005). Strategi Pembelajaran TK. Universitas Terbuka.

Masri Amiruddin. (2017). Pendidikan Anak Nelayan Pesisir Pantai Donggala. Environment, 1(September), 223–227.

Miles, M., & Huberman, M. (2005). No Qualitative Data Analysis (Terjemah). UI Press.

Munastiwi, E. (2019). Manajemen Ekstrakurikuler Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 369–380. https://doi.org/10.14421/manageria.2018.32-09

Nuraeni. (2014). Strategi Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pengkajian Ilmu Pembelajaran Matematika Dan IPA “Prisma Sains,” 2(2), 143–153. https://doi.org/10.33394/j-ps.v2i2.1069

Patimah, R. S., & Nurhayati, S. (2020). Manajemen Lembaga Taman Kanak-kanak Berprestasi dalam Rangka Mencetak Anak Usia Dini yang Unggul dan Berkarakter. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(1), 6–17. https://doi.org/dx.doi.org/10.22460/comm-edu.v3i1.3296

Rahman, P., & Yusuf, E. (2012). Gambaran Pola Asuh Orangtua Pada Masyarakat Pesisir Pantai. Predicara, 1(1), 21–36.

Rohmat. (2017). Manajemen Pendidikan anak usia dini. Vin Vang, 11(2). https://doi.org/DOI: 10.24090/yinyang.v12i2.2017.pp299-325

Saripudin, A., & Faujiah, I. Y. (2018). Strategi Edutainment dalam Pembelajaran Di PAUD ( Studi Kasus Pada TK di Kota Cirebon ). AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 129. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i1.2637

Suryana, A. (2007). Tahap-Tahapan Kualitatif. Universitas Pendidikan Indonesia.

Tanto, O. D., Hapidin, H., & Supena, A. (2019). Penanaman Karakter Anak Usia Dini dalam Kesenian Tradisional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 337. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.192

Watini, S. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Sentra pada TK Labschool STAI Bani Saleh Bekasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 110. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.190


Article Metrics

 Abstract Views : 81 times
 PDF Downloaded : 20 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.