Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II dalam Meningkatkan Kemampuan Matematika Anak

Christiani Endah Poerwati(1Mail), Ni Made Ayu Suryaningsih(2), I Made Elia Cahaya(3),
(1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Dhyana Pura, Indonesia
(2) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Dhyana Pura, Indonesia
(3) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Dhyana Pura, 

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 christiani Endah Poerwati

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.496

Download Full Text:   [File Size  : 589KB]  Language : ID
Received : 2020-03-06  |  Published : 2020-06-07

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan matematika anak usia dini.  Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) dengan prosedur empat-tahap, yaitu:  1) Tahap perencanaan, 2) Tahap pengambilan tindakan, 3) Tahap pengembangan, 4) Tahap refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni melalui observasi. Proses pengumpulan data melalui teknik observasi ini menggunakan panduan rubrik untuk merekam data mengenai kemampuan matematika anak selama mengikuti proses pembelajaran. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan matematika anak selama penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II berbantuan benda konkret.  Ketuntasan kemampuan matematika anak pada observasi awal 7 anak (29,17%), siklus I sebanyak 17 anak (70,83%), dan siklus II 22 anak (91,67%). Maka dapat dikatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II berbantuan benda konkret merupakan salah satu alternatif metode pembelajaran yang kreatif, inovatif dan efektif  dalam meningkatkan kemampuan matematika anak usia dini


Keywords


anak usia dini; kemampuan matematika; model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ii

References


Agung, A. . G. (2014) Metode Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.

Akçay, N. O. (2016) ‘Implementation of Cooperative Learning Model in Preschool’, Journal of Education and Learning, 5(3), p. 83. doi: 10.5539/jel.v5n3p83.

Camposa, Helena, EurídiceTeixeira, P. C. (2015) ‘Mathematics and Children’s Literature Linked by E-Books’, TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, 14.

Elyawati, E. (2018) ‘Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tife Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V Sd Negeri Cikijing III Kecamatan Cikijing Kabupaten Majalengka’, Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1). doi: 10.31949/jcp.v4i1.714.

Fadillah, S. (2018) ‘Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif (Cooperatif Learning) dan Kecerdasan Intrapersonal terhadap Perilaku Prososial Anak Usia 5-6 Tahun di Kelurahan Umban Sari Pekanbaru’, PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), pp. 91–102. doi: 10.31849/paudlectura.v2i01.2008.

Fauziddin, M. (2015) ‘Peningkatan Kemampuan Klasifikasi Melalui Media Benda Konkret pada Anak Kelompok A1 di TK Cahaya Kembar Bangkinang Kampar’, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1). doi: 10.31004/obsesi.v1i2.65.

Hamdani (2011) Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Handayani, H. (2017) ‘Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Aktivitas Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Jigsaw di Kelas II Sekolah Dasar’, Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1). doi: 10.29313/ga.v1i1.2687.

Ibrahim, R., S. N. (2003) Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rinika Cipta.

Isjoni (2014) Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Jennah, R. (2009) Media Pembelajaran. Banjarmasin: Antasari Press.

Kartono, K. (2007) Psikologi Anak (Psikologi Perkembangan). Bandung: Cv. Mandar Maju.

Kemendikbud (2014) Permendikbud No 137, 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Indonesia.

Kunandar (2010) ‘Langkah mudah penelitian tindakan kelas sebagai pengembangan profesi guru’. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, pp. 55–76.

Leasa, M. et al. (2019) ‘Jigsaw in teaching circulatory system: a learning activity on elementary science classroom’, Biosfer, 12(2), pp. 122–134. doi: 10.21009/biosferjpb.v12n2.122-134.

Li Ling Hu, and S. S. T. (2016) ‘Applying an e-PBL Platform to Develop a Storytelling-Based Arithmetic Card Game’, in Matec: Web of Conferences. doi: 10.1051/matecconf/2016/4401013.

Lipton, J. S. and Spelke, E. S. (2003) ‘Origins of Number Sense: Large-number discrimination in Human Infants’, Psychological Science, 14(5), pp. 396–401. doi: 10.1111/1467-9280.01453.

Majid, A. (2013) Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mashudi, M. (2016) ‘Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Versus Pembelajaran Langsung’, Universum, 10(2), pp. 149–162. doi: 10.30762/universum.v10i2.269.

Mayesky, M. (2002) Creative Activity for Young Children. Columbia: Delmar.

Mertler, C. A. (2011) Action Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Papalia, D. E. D. (2008) Human Development (Psikologi Perkembangan) Bagian I s/d IV. Sembilan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rohmah, N. dan E. W. (2014) ‘Arithmetic Dice Media as Counting Concept Introduction Media in Early Childhood Setting’, Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 3(2), pp. 127–133.

Runtukahu, J. T. and S. K. (2014) Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Rusiman, Mohd Saifullah, D. (2017) ‘Arithmetic Dice Media as Counting Concept Introduction Media in Early Childhood Setting’, Journal of Engineering and Applied Sciences, 12(8), p. 2170=2174.

Şengül, S. and Katranci, Y. (2014) ‘Effects of Jigsaw Technique on Seventh Grade Primary School Students’ Attitude towards Mathematics’, Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, pp. 339–344. doi: 10.1016/j.sbspro.2014.01.218.

Sumyadewi, Ni Luh, D. (2014) ‘Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Berbantuan Media Kartu Angka Bergambar Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak TK Widhya Brata Mengwi’, e-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini., 2(1).

Wasito, D. R. H. I. (2017) ‘Efektivitas Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Pada Siswa Taman Kanak-Kanak’, Jurnal Psikologi Ulayat, 4(2), pp. 160–174. doi: 10.24854/jpu22017-101.


Article Metrics

 Abstract Views : 133 times
 PDF Downloaded : 48 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.