Pemahaman Guru mengenai Pendidikan Sosial Finansial pada Anak Usia Dini menggunakan Media Loose Parts

Sri Wahyuni(1Mail), Reswita Reswita(2),
(1) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Lancang Kuning, Indonesia
(2) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Lancang Kuning, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Sri Wahyuni, Reswita Reswita

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.493

Full Text:    Language : ID
Submitted : 2020-03-05
Published : 2020-03-11

Abstract


Pendidikan sosial finansial bagi anak usia 5-6 tahun menggunakan media loose parts sangat penting dalam inovasi pembelajaran di lembaga PAUD dikarenakan: 1) pola pembelajaran anak usia dini masih belum berkembang secara optimal, hal ini ditandai dengan belum adanya kurikulum yang membangkitkan kemampuan sosial finansial pada anak usia dini. 2) kurangnya muatan kurikulum yang menunjang kemampuan sosial finansial anak usia dini sehingga perlu dikembangkan sebuah model pendidikan sosial finansial. 3) Tantangan  kehidupan  yang  semakin  mengglobal  menuntut  sebuah  sistem perekonomian suatu  negara untuk terkoneksi dengan dunia. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pelaksanakan pendidikan sosial finansial pada anak usia 5-6 tahun menggunakan media loose parts di Kabupaten Siak. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah angket. Sedangkan analisis data yang dipergunakan adalah analisis deskripstif kuantitatif untuk menjelaskan hasil studi lapangan. hasil yang diperoleh adalah 65% dari keseluruhan guru memiliki tingkat pemahaman yang rendah mengenai pendidikan sosial finansial anak usia dini menggunakan media loose parts. 25 % guru berada pada kategori sedang, 10 % guru lainnya berada pada kategori sangat rendah, dan tidak ada guru yang berada pada kategori tinggi dan sangat tinggi. Berdasarkan hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa rata-rata guru perlu mengikuti pembelajaran pendidikan sosial finansial menggunakan media loose parts pada anak usia dini

Keywords


pendidikan sosial finansial; media loose parts; anak usia dini

References


Akmal, H., & Saputra, Y. E. K. A. (2016). Analisis tingkat literasi keuangan. JEBI (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam).

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). In Jakarta: Rineka Cipta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Bintarto, A. G. (2014). Aspek Olah Vokal Musik Klasik Barat pada Musik Populer. Journal of Urban Society’s Arts. https://doi.org/10.24821/jousa.v1i1.787

Chaudhuri, G., & Clarke, K. C. (2013). The SLEUTH Land Use Change Model : A Review. The International Journal of Environmental Resources Research.

Chen, H., & Volpe, R. P. (1998). An analysis of financial literacy among college students. Financial Services Review. An Analysis of Fi-Nancial Literacy among College Students. Finan-Cial Services Review.

Cresswell, T. (2012). Mobilities II: Still. Progress in Human Geography. https://doi.org/10.1177/0309132511423349

Fauziddin, M. (2018). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus melalui Teknik Mozaik pada Anak Kelompok B di TK Perdana Bangkinang Kota. Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE). https://doi.org/10.31331/sece.v1i1.581

Fithriyana, R., Tambusai, S. T., Sisingamanggaraja, J., & Kota, B. (2016). Peningkatan Kewirausahaan Melalui Pembelajaran Dengan Menggunakan Media Budidaya Pada Anak Usia Dini Di Tk Taqifa Bangkinang Kota Tahun 2016. Jurnal Obsesi.

Maxwell, L. E., Mitchell, M. R., & Evans, G. W. (2008). Effects of Play Equipment and Loose Parts on Preschool Children’s Outdoor Play Behavior: An Observational Study and Design Intervention. Children, Youth and Environments. https://doi.org/10.7721/chilyoutenvi.18.2.0036

Muslima. (2015). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Finansial Anak. International Journal.

Muyassarah, M. (2019). Pengaruh Perkembangan Teknologi Terhadap Cara Mendidik Anak Dan Dampaknya Terhadap Budget Keuangan Keluarga Muslim. BERDAYA: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Nugraheni, A. D. (2019). Penguatan Pendidikan Bagi Generasi Alfa Melalui Pembelajaran Steam Berbasis Loose Parts Pada Paud. Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran 2019.

Permono, H. (2013). Peran Orang Tua dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak untuk Membangun Karakter Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Parenting.

Putri, A. R., & Asrori, A. (2019). Determinan Literasi Finansial Dengan Gendersebagai Variabel Moderasi. Economic Education Analysis Journal. https://doi.org/10.15294/eeaj.v7i3.28318

Rusdiyanta, Pujiyono, M. S. D. B., & Si, M. (2019). Asymmetric policy of border area development in Indonesia (Joko widodo-jusuf kalla government period). International Journal of Recent Technology and Engineering. https://doi.org/10.35940/ijrte.B1166.0782S419

Saifuddin Azwar. (2013). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. In Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. https://doi.org/10.1038/cddis.2011.1

Teslovich, T., Freidl, E. K., Kostro, K., Weigel, J., Davidow, J. Y., Riddle, M. C., Helion, C., Dreyfuss, M., Rosenbaum, M., Walsh, B. T., Casey, B. J., & Mayer, L. (2014). Probing behavioral responses to food: Development of a food-specific go/no-go task. Psychiatry Research. https://doi.org/10.1016/j.psychres.2014.04.053

Wahyuni, S., & Reswita. (2018). Low-income Family Environment: Subjective Well-Being and Children Learning Motivation. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 175, 012103. https://doi.org/10.1088/1755-1315/175/1/012103

Yushita, A. N. (2017). Pentingnya Literasi Keuangan Bagi Pengelolaan Keuangan Pribadi. Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen. https://doi.org/10.21831/nominal.v6i1.14330

Zaini, M., & Soenarto, S. (2019). Persepsi Orangtua Terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital di Kalangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.127


Article Metrics

 Abstract Views : 253 times
 PDF Downloaded : 77 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.