Author
Muh. Adnan Hudain(1), Ilham Kamaruddin(2), Irvan Irvan(3), Juhanis Juhanis(4), Pius Weraman(5), Kundharu Saddhono(6),
Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Negeri Makassar, Indonesia(1)
Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Negeri Makassar, Indonesia(2)
Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Negeri Makassar, Indonesia(3)
Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Negeri Makassar, Indonesia(4)
Kesehatan Masyarakat, Universitas Nusa Cendana, Indonesia(5)
Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Sebelas Maret, Indonesia(6)
Corresponding Author
Article Analytic |
Published : 2023-09-02
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 516 times PDF Downloaded: 516 timesAbstract
Motivasi belajar yang tinggi pada anak usia dini membantu mereka menemukan minat dan bakatnya secara lebih dini. Ketika anak menemukan minat khusus, mereka cenderung lebih bersemangat untuk belajar dan berkembang dalam bidang yang sesuai dengan minat tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh media pembelajaran berbasis video terhadap motivasi belajar pada anak usia dini. Metode studi literatur digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data dari sumber-sumber yang relevan. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis video memiliki potensi besar dalam meningkatkan motivasi belajar pada anak usia dini. Implikasi penelitian ini mencakup pengembangan kurikulum yang lebih menarik dengan integrasi media pembelajaran berbasis video, pelatihan bagi para guru untuk mengoptimalkan penggunaan video dalam pembelajaran, dan pentingnya peran orang tua dalam mendukung motivasi belajar anak usia dini melalui pilihan video yang mendidik dan relevan.
Keywords
References
Afrilia, L., Arief, D., & Amini, R. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 710–721. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2559
Akhmadi, A. (2021). Implementation of Blended Learning in Training. Jurnal Diklat Keagamaan, 15(1), 78–87. https://doi.org/10.52048/inovasi.v15i1.214
Astutik, S. (2020). Penggunaan Media Video Pembelajaran Dan Power Point Dalam Mata Pelajaran Tik Kelas VII di SMP Negeri 1 Gurah. Science, Engineering, Education, and Development Studies (SEEDS): Conference Series, 4(2). https://doi.org/10.20961/seeds.v4i2.56735
Dermawan, H., Malik, R. F., Suyitno, M., Dewi, R. A. P. K., Solissa, E. M., Mamun, A. H., & Hita, I. P. A. D. (2023). Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Solusi Peningkatan Minat Baca Pada Anak Sekolah Dasar. Edusaintek : Jurnal Pendidikan Sains Dan Tekhnologi, 10(1), 311–328. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i1.723
Dharma Sanjaya, P. M., & Rediani, N. N. (2022). Pembelajaran Berbantuan Video Model Latihan Renang Gaya Bebas Terhadap Penguasaan Gaya Bebas dan Kecepatan Renang Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 295–303. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.50248
Ega Safitri, & Titin. (2021). Studi Literatur: Pengembangan Media Pembelajaran dengan Video Animasi Powtoon. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 74–80. https://doi.org/10.53621/jippmas.v1i2.12
Endang, S. (2021). Implementasi Pengelolaan Kelas Oleh Guru Terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun Di TK Taruna Jaya Prumnas Way Halim Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/15108/
Fitri, M. (2020). Pengaruh Emergency Remote Learning Untuk Melihat Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Child Education Journal, 2(2), 68–82. https://doi.org/10.33086/cej.v2i2.1591
Fitriani, D., Rahman, T., & Muslihin, H. Y. (2021). Analisis Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun Di Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Janggala Kecamatan Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya. Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 13–22. https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v5i1.7874
Haking, D., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Renang Pada Mata Pelajaran PJOK untuk Siswa Kelas V SD. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4), 320–328. https://doi.org/10.17977/um038v2i42019p320
Humaedi, Saparia, A., Nirmala, B., & Abduh, I. (2022). Deteksi Dini Motorik Kasar pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 558–564. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1368
Indryani, D. D. I. R. (2019). Peran Pendidik Dalam Meningkatkan Quality Assurance Pada Paud Di Mataram. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 110–121. https://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/PW/article/download/1168/1004
Irwanto, I. (2019). Efektivitas Penggunaan Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Front Office di Kelas XI Akomodasi Perhotelan SMKN 3 Garut. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 10(2), 77–91. https://doi.org/10.21927/literasi.2019.10(2).77-91
Iswatiningrum, & Sutapa, P. (2022). Pengaruh Senam Si Buyung dan Senam Irama Ceria Terhadap Kemampuan Motorik Kasar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3369–3380. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2373
Juntak, J. N. S., & Setyanti, E. (2019). Peran Guru Terhadap Penggunaan Gadget Dalam Menumbuh Kembangkan Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar Kristen di Surakarta. PAX HUMANA, 6(1), 87–106. Guru Terhadap Penggunaan Gadget Dalam Menumbuh Kembangkan Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar Kristen di Surakartahttp://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1474209&val=10436&title=Peran
Komang Agus Indrayasa, I Putu Panca Adi, & Ni Putu Dwi Sucita Dartini. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Pjoktema Diriku Pada Peserta Didik Kelas 1 Sd Di Kecamatan Buleleng. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 6(1), 108–113. https://doi.org/10.36526/kejaora.v6i1.1142
Lestari, N., Mardyansyah Simbolon, M. E., Monica, M., Armanto, T., & Alfarras, B. (2021). Efektivitas Pembelajaran PJOK Menggunakan Media Audio Visual saat Pandemi Covid-19 di Bangka Belitung. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(1), 1. https://doi.org/10.31602/rjpo.v4i1.4231
Liberta Loviana Carolin, I Ketut Budaya Astra, & I Gede Suwiwa. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Addie Pada Materi Teknik Dasar Tendangan Pencak Silat Kelas Vii Smp Negeri 4 Sukasada Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 5(2), 12–18. https://doi.org/10.36526/kejaora.v5i2.934
Mardiana, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Pada Materi Shooting Bolabasket (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI IPS 1 MAN 1 Ponorogo) [Universitas Sebelas Maret]. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/77162/Pengembangan-Media-Pembelajaran-Berbasis-Video-Tutorial-Pada-Materi-Shooting-Bolabasket-Studi-Eksperimen-Pada-Siswa-Kelas-XI-IPS-1-MAN-1-Ponorogo
Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988
Mislan, & Santoso, D. A. (2019). Peran Pengembangan Media Terhadap Keberhasilan Pembelajaran PJOK di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga, 12–16. https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/semnassenalog/article/view/585
Muthmainnah, A., & Suswandari, M. (2021). Implementasi station rotation blended learning tehadap motivasi belajar dan pendidikan karakter peserta didik. International Journal of Public Devotion, 3(2), 59–64.
Nasrah, & Muafiah, A. (2020). Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(2), 207–213.
Nugroho, I. H., Sukmana, A. A., Lestariningrum, A., Septiano, N. I., & Rizqi, A. B. (2021). Efektifitas Pengembangan Model Permainan Bola Keranjang Aspek Motorik Kasar Anak 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2127–2137. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1974
Palittin, I. D., Wolo, W., & Purwanty, R. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 101–109. https://doi.org/10.35724/magistra.v6i2.1801
Parlindungan, D. P., Mahardika, G. P., & Yulinar, D. (2020). Efektivitas media pembelajaran berbasis video pembelajaran dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) di SD Islam An-Nuriyah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 2020. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/8793
Pratama, I. K. D., Lanang, I. G., Parwata, A., & Suwiwa, I. G. (2021). Media Pembelajaran Teknik Dasar Passing Bolavoli Berbasis Video Tutorial. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 263–269. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i2.37774
Prawita, C. B., & Neviyarni. (2022). Literatur Review: Motivasi Belajar di Era Serba Digital. Eductum: Jurnal Literasi Pendidikan, 1(2), 456–463. https://doi.org/10.56480/eductum.v1i2.783
Purwanto, D., & Baan, A. B. (2022). Pengaruh Aktivitas Pendidikan Jasmani Terhadap Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5669–5678. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3158
Qurrotaini, L., Sari, T. W., Sundi, V. H., & Nurmalia, L. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Video Berbasis Powtoon Dalam Pembelajaran Daring. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 2020. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/7869
Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada Press.
Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.
Solihin, A. O. (2020). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Video Youtube untuk Materi Pembelajaran Tenis Meja Youtube Video-Based Audio Visual Media Development for Table Tennis Learning Materials Akhmad Olih Solihin. Journal of Physical and Outdoor Education, 2(2), 247–259. https://doi.org/10.37742/jpoe.v2i2.111
Sunami, M. A., & Aslam, A. (2021). Pengaruh penggunaan media pembelajaran video animasi berbasis zoom meeting terhadap minat dan hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1940–1945. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1129
Susanti, B. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video Scribe untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Pinang. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 387–396. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i2.399
Susilo, A., & Widiya, M. (2021). Video animasi sebagai sarana meningkatkan semangat belajar mata kuliah media pembelajaran di STKIP PGRI Lubuklinggau. Jurnal Eduscience, 8(1), 30–38. https://doi.org/10.36987/jes.v8i1.1972
Suwarma, D. M., Munir, M., Wijayanti, D. A., Marpaung, M. P., Weraman, P., & Hita, I. P. A. D. (2023). Pendampingan Belajar Siswa Untuk Meningkatkan Kemampuan Calistung Dan Motivasi Belajar. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1234–1239. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13044
Winarno. (2013). Metodologi Penelitian Dalam Pendidikan Jasmani (Issue Januari). UM Press.
Wira, I. K. G. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Dengan Model ADDIE Materi Teknik Dasar Shooting Bola Basket Peserta Didik Kelas XI SMK Negeri 1 Singaraja Tahun Pelajaran 2020/2021 [Universitas Pendidikan Ganesha]. https://repo.undiksha.ac.id/11693/
Refbacks
- There are currently no refbacks.