Media Pembelajaran Berbasis Video: Apakah berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar pada Anak?

Author


Muh. Adnan Hudain(1Mail), Ilham Kamaruddin(2), Irvan Irvan(3), Juhanis Juhanis(4), Pius Weraman(5), Kundharu Saddhono(6),
Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Negeri Makassar, Indonesia(1)
Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Negeri Makassar, Indonesia(2)
Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Negeri Makassar, Indonesia(3)
Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Negeri Makassar, Indonesia(4)
Kesehatan Masyarakat, Universitas Nusa Cendana, Indonesia(5)
Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Sebelas Maret, Indonesia(6)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 357KB]

Published : 2023-09-02

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 516 times PDF Downloaded: 516 times

Abstract


Motivasi belajar yang tinggi pada anak usia dini membantu mereka menemukan minat dan bakatnya secara lebih dini. Ketika anak menemukan minat khusus, mereka cenderung lebih bersemangat untuk belajar dan berkembang dalam bidang yang sesuai dengan minat tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh media pembelajaran berbasis video terhadap motivasi belajar pada anak usia dini. Metode studi literatur digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data dari sumber-sumber yang relevan. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis video memiliki potensi besar dalam meningkatkan motivasi belajar pada anak usia dini. Implikasi penelitian ini mencakup pengembangan kurikulum yang lebih menarik dengan integrasi media pembelajaran berbasis video, pelatihan bagi para guru untuk mengoptimalkan penggunaan video dalam pembelajaran, dan pentingnya peran orang tua dalam mendukung motivasi belajar anak usia dini melalui pilihan video yang mendidik dan relevan.


Keywords


media pembelajaran; video pembelajaran; motivasi belajar; anak usia dini

References


Afrilia, L., Arief, D., & Amini, R. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 710–721. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2559

Akhmadi, A. (2021). Implementation of Blended Learning in Training. Jurnal Diklat Keagamaan, 15(1), 78–87. https://doi.org/10.52048/inovasi.v15i1.214

Astutik, S. (2020). Penggunaan Media Video Pembelajaran Dan Power Point Dalam Mata Pelajaran Tik Kelas VII di SMP Negeri 1 Gurah. Science, Engineering, Education, and Development Studies (SEEDS): Conference Series, 4(2). https://doi.org/10.20961/seeds.v4i2.56735

Dermawan, H., Malik, R. F., Suyitno, M., Dewi, R. A. P. K., Solissa, E. M., Mamun, A. H., & Hita, I. P. A. D. (2023). Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Solusi Peningkatan Minat Baca Pada Anak Sekolah Dasar. Edusaintek : Jurnal Pendidikan Sains Dan Tekhnologi, 10(1), 311–328. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i1.723

Dharma Sanjaya, P. M., & Rediani, N. N. (2022). Pembelajaran Berbantuan Video Model Latihan Renang Gaya Bebas Terhadap Penguasaan Gaya Bebas dan Kecepatan Renang Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 295–303. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.50248

Ega Safitri, & Titin. (2021). Studi Literatur: Pengembangan Media Pembelajaran dengan Video Animasi Powtoon. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 74–80. https://doi.org/10.53621/jippmas.v1i2.12

Endang, S. (2021). Implementasi Pengelolaan Kelas Oleh Guru Terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun Di TK Taruna Jaya Prumnas Way Halim Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/15108/

Fitri, M. (2020). Pengaruh Emergency Remote Learning Untuk Melihat Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Child Education Journal, 2(2), 68–82. https://doi.org/10.33086/cej.v2i2.1591

Fitriani, D., Rahman, T., & Muslihin, H. Y. (2021). Analisis Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun Di Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Janggala Kecamatan Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya. Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 13–22. https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v5i1.7874

Haking, D., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Renang Pada Mata Pelajaran PJOK untuk Siswa Kelas V SD. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4), 320–328. https://doi.org/10.17977/um038v2i42019p320

Humaedi, Saparia, A., Nirmala, B., & Abduh, I. (2022). Deteksi Dini Motorik Kasar pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 558–564. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1368

Indryani, D. D. I. R. (2019). Peran Pendidik Dalam Meningkatkan Quality Assurance Pada Paud Di Mataram. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 110–121. https://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/PW/article/download/1168/1004

Irwanto, I. (2019). Efektivitas Penggunaan Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Front Office di Kelas XI Akomodasi Perhotelan SMKN 3 Garut. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 10(2), 77–91. https://doi.org/10.21927/literasi.2019.10(2).77-91

Iswatiningrum, & Sutapa, P. (2022). Pengaruh Senam Si Buyung dan Senam Irama Ceria Terhadap Kemampuan Motorik Kasar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3369–3380. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2373

Juntak, J. N. S., & Setyanti, E. (2019). Peran Guru Terhadap Penggunaan Gadget Dalam Menumbuh Kembangkan Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar Kristen di Surakarta. PAX HUMANA, 6(1), 87–106. Guru Terhadap Penggunaan Gadget Dalam Menumbuh Kembangkan Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar Kristen di Surakartahttp://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1474209&val=10436&title=Peran

Komang Agus Indrayasa, I Putu Panca Adi, & Ni Putu Dwi Sucita Dartini. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Pjoktema Diriku Pada Peserta Didik Kelas 1 Sd Di Kecamatan Buleleng. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 6(1), 108–113. https://doi.org/10.36526/kejaora.v6i1.1142

Lestari, N., Mardyansyah Simbolon, M. E., Monica, M., Armanto, T., & Alfarras, B. (2021). Efektivitas Pembelajaran PJOK Menggunakan Media Audio Visual saat Pandemi Covid-19 di Bangka Belitung. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(1), 1. https://doi.org/10.31602/rjpo.v4i1.4231

Liberta Loviana Carolin, I Ketut Budaya Astra, & I Gede Suwiwa. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Addie Pada Materi Teknik Dasar Tendangan Pencak Silat Kelas Vii Smp Negeri 4 Sukasada Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 5(2), 12–18. https://doi.org/10.36526/kejaora.v5i2.934

Mardiana, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Pada Materi Shooting Bolabasket (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI IPS 1 MAN 1 Ponorogo) [Universitas Sebelas Maret]. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/77162/Pengembangan-Media-Pembelajaran-Berbasis-Video-Tutorial-Pada-Materi-Shooting-Bolabasket-Studi-Eksperimen-Pada-Siswa-Kelas-XI-IPS-1-MAN-1-Ponorogo

Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988

Mislan, & Santoso, D. A. (2019). Peran Pengembangan Media Terhadap Keberhasilan Pembelajaran PJOK di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga, 12–16. https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/semnassenalog/article/view/585

Muthmainnah, A., & Suswandari, M. (2021). Implementasi station rotation blended learning tehadap motivasi belajar dan pendidikan karakter peserta didik. International Journal of Public Devotion, 3(2), 59–64.

Nasrah, & Muafiah, A. (2020). Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(2), 207–213.

Nugroho, I. H., Sukmana, A. A., Lestariningrum, A., Septiano, N. I., & Rizqi, A. B. (2021). Efektifitas Pengembangan Model Permainan Bola Keranjang Aspek Motorik Kasar Anak 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2127–2137. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1974

Palittin, I. D., Wolo, W., & Purwanty, R. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 101–109. https://doi.org/10.35724/magistra.v6i2.1801

Parlindungan, D. P., Mahardika, G. P., & Yulinar, D. (2020). Efektivitas media pembelajaran berbasis video pembelajaran dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) di SD Islam An-Nuriyah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 2020. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/8793

Pratama, I. K. D., Lanang, I. G., Parwata, A., & Suwiwa, I. G. (2021). Media Pembelajaran Teknik Dasar Passing Bolavoli Berbasis Video Tutorial. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 263–269. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i2.37774

Prawita, C. B., & Neviyarni. (2022). Literatur Review: Motivasi Belajar di Era Serba Digital. Eductum: Jurnal Literasi Pendidikan, 1(2), 456–463. https://doi.org/10.56480/eductum.v1i2.783

Purwanto, D., & Baan, A. B. (2022). Pengaruh Aktivitas Pendidikan Jasmani Terhadap Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5669–5678. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3158

Qurrotaini, L., Sari, T. W., Sundi, V. H., & Nurmalia, L. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Video Berbasis Powtoon Dalam Pembelajaran Daring. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 2020. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/7869

Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada Press.

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.

Solihin, A. O. (2020). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Video Youtube untuk Materi Pembelajaran Tenis Meja Youtube Video-Based Audio Visual Media Development for Table Tennis Learning Materials Akhmad Olih Solihin. Journal of Physical and Outdoor Education, 2(2), 247–259. https://doi.org/10.37742/jpoe.v2i2.111

Sunami, M. A., & Aslam, A. (2021). Pengaruh penggunaan media pembelajaran video animasi berbasis zoom meeting terhadap minat dan hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1940–1945. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1129

Susanti, B. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video Scribe untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Pinang. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 387–396. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i2.399

Susilo, A., & Widiya, M. (2021). Video animasi sebagai sarana meningkatkan semangat belajar mata kuliah media pembelajaran di STKIP PGRI Lubuklinggau. Jurnal Eduscience, 8(1), 30–38. https://doi.org/10.36987/jes.v8i1.1972

Suwarma, D. M., Munir, M., Wijayanti, D. A., Marpaung, M. P., Weraman, P., & Hita, I. P. A. D. (2023). Pendampingan Belajar Siswa Untuk Meningkatkan Kemampuan Calistung Dan Motivasi Belajar. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1234–1239. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13044

Winarno. (2013). Metodologi Penelitian Dalam Pendidikan Jasmani (Issue Januari). UM Press.

Wira, I. K. G. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Dengan Model ADDIE Materi Teknik Dasar Shooting Bola Basket Peserta Didik Kelas XI SMK Negeri 1 Singaraja Tahun Pelajaran 2020/2021 [Universitas Pendidikan Ganesha]. https://repo.undiksha.ac.id/11693/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.