Penerapan Konsep Humanisme Y.B. Mangunwijaya melalui Pembelajaran Menggambar dan Melukis

Authors

  • Ernintje Koodho Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Joko Pamungkas Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4916

Keywords:

anak usia dini, humanisme, menggambar dan melukis, yb. mangun wijaya

Abstract

Humanisme Y.B. Mangunwijaya adalah tentang menghargai budaya, membantu mereka yang membutuhkan, menjaga alam, bertumbuh dalam segala aspek, dan belajar dari budaya yang berbeda. Secara umum tugas pembelajaran seni budaya adalah mengembangkan kemampuan setiap siswa untuk mewujudkan diri menjadi manusia seutuhnya. Fungsi ini mendefinisikan tujuan seniman dalam seni lukis adalah untuk mewakili atau menyimbolkan cita-cita hidup, cita-cita pribadi dan kelompok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan penjelasan tentang konsep humanisme YB Mangunwijaya melalui pembelajaran menggambar dan melukis di Taman Kanak-kanak. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah anak-anak kelompok B TK Indriyasana Jetis Yogyakarta. Peneliti mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti juga menggunakan catatan observasi, protokol wawancara, dan  dokumentasi sebagai alat pengumpul data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep humanisme YB Mangunwijaya yang diterapkan pada kegiatan menggambar dan melukis anak-anak ini membuat mereka percaya diri dalam berkreasi, menghargai karya mereka sendiri dan orang lain, dan bertanggung jawab atas tindakan mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmah, A. (2022). Internalisasi Teori Humanistik dalam Implementasi Kurikulum Merdeka dan Merdeka Belajar pada Pendidikan Anak Usia Dini. Seminar Nasonal Pendidikan, 1(1), 664–670. http://semnaspendidikan.unim.ac.id/index.php/semnas/article/view/112

Dewantara, A. W. (2015). Filosofi Pendidikan yang Integral dan Humanis Dalam Perspektif Mangunwijaya. Jurnal Pendidikan Agama Katolik, 13(1), 3–9. https://ejournal.widyayuwana.ac.id/index.php/jpak/issue/view/19

Dini Pebrianty, R., & Pamungkas, J. (2023). Menggambar sebagai Alternatif Pendekatan Konsepsi Pendidikan Seni Rupa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 536–547. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3696

Gunada, I. W. A. (2022). Konsep, Fungsi dan Strategi Pembelajaran Seni bagi Peserta Didik Usia Dini. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 109–123. https://doi.org/10.53977/kumarottama.v1i2.383

Gusliati, P., & Mayar, F. (2019). Bentuk Kegiatan Pembelajaran Seni Rupa di Taman Kanak-kanak Mutiara Ananda Padang. Jurnal Pelita Paud, 4(1). https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i1.830

Hasanah, U. (2016). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 717–733. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/viewFile/12368

Hasbi, M. (2022). Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Berkualitas. https://paudpedia.kemdikbud.go.id/download/2022/Pedoman_Umum_Penyelenggaraan_PAUD_Berkualitas.pdf

Hidayatulloh, M. A. (2014). Lingkungan Menyenangkan dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Pemikiran Montessori. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1). https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Nadwa/article/view/574

Junaidi, F. (2017). The Value of Character Education in Andai-andai Folklore And Its Use as Learning Material for Literature Subject in Elementary School. In IJAEDU-International E-Journal of Advances in Education: Vol. III. http://ijaedu.ocerintjournals.org/en/download/article-file/390146

Kriyantono, R. (2021). Teknik Praktis Riset Komunikasi Kuantitatif dan Kualitatif (2nd ed.). Prenadamedia Group.

Kurniati, A., & Rismawati, M. (2018). Konsep Pendidikan Karakter Menurut Pemikiran YB. Mangunwijaya (Sebagai Rekomendasi Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar). Jurnal PEKAN, 3(2), 107–118. https://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/PEKAN/article/view/253

Mulyatno, C. (2013). Keutamaan Dalam Karya-karya Kemanusiaan YB. Mangunwijaya. IJAEDU- International E-Journal of Advances in Education, 3((9), 185–198. https://doi.org/10.24071/jt.v2i2.444

Nababan, J. (2018). Guru Sebagai Fasilitator Pembelajaran di Kelas | BLOG PENDIDIKAN. https://www.jontarnababan.com/2018/04/guru-sebagai-fasilitator-pembelajaran.html

Kamuntuan, D. N. (2019). Studi Hermeneutik menurut Teori Humanisme Mangunwijaya. https://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/20285/2/T1_712014077_Full%20text.pdf

Prasetiyo, E., & Widyawati, U. (2022). Peran Orang Tua dalam Perkembanan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun Di RA Nawa Kartika Dawu masa Pandemi Covid-19. Kurikula : Jurnal Pendidikan, 7(1). https://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/kurikula/article/view/694

Putri, F. K. A., Husna, M. J., & Nihayah, S. A. (2023). Implementasi Teori Belajar Humanistik dalam Pembelajaran dan Pembentukan Karakter Anak. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 33–40. https://doi.org/10.35878/tintaemas.v2i1.772

Rasihanuri, A. S. (2019). Spiritualitas Humanis Y.B. Mangunwijaya dalam Novel Romo Rahadi. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/abstrak/75756/Spiritualitas-Humanis-YB-Mangunwijaya-dalam-Novel-Romo-Rahadi

Risyanto, D. (2016). Pemikiran Y.B. Mangunwijaya Tentang Pendidikan Sekolah Dasar di Yogyakarta Tahun 1974-1999. RISALAH, 1(1). https://journal.student.uny.ac.id/index.php/risalah/article/viewFile/830

Rusyana, Y. (2000). Tujuan Pendidikan Seni. STSI Press.

Samsu. (2017). Metode Penelitian Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research Development. Pusaka Jambi

Sari, D. N., & Khotimah, N. (2018). Meningkatakan Kemampuan Seni Anak dengan Teknik Kreasi Cap Jari Warna-Warni Kelompok B TK Pertiwi Pucangsimo Kecamatan Bandarkedungmulyo Jombang. Jurnal PAUD Teratai, 7(1), 1–6. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/22264

Sari, R., & Prayogo, B. H. (2019). Pengaruh Kegiatan Menggambar Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di TK Dharma Wanita Wirolegi Sumbersari Kabupaten Jember. JECIE, 2(2), 44–53. https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/JECIE/article/view/473

Sari, S. Y., Nugroho, A. D., & Purnama, M. D. I. (2021). Implementasi Teori Belajar Humanistik dalam Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Kuningan. https://doi.org/10.25134/prosidingsemnaspgsd.v1i1.7

Sarnoto, A. Z. (2017). Aspek Kemanusiaan dalam Pembelajaran Humanistik pada Anak Usia Dini. PROFESI, 6(1), 108–114. https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/834

Setiawan, D., Hardiyani, I. K., Aulia, A., & Hidayat, A. (2022). Memaknai Kecerdasan melalui Aktivitas Seni: Analisis Kualitatif Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4507–4518. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2521

Sudiarja, A., & Suharyo, I. (1999). Tinjauan kritis atas gereja diaspora Romo Mangunwijaya.

Suyadi, & Dahlia. (2014). Implementasi dan Inovasi Kurikulum Paud 2013.

Ulfa, M. (2016). Pembelajaran Anak Usia Dini dalam Teori Humanistik. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 215–326. https://doi.org/10.21009/jpud.102.07

Wahyuni, R. S. (2018). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Melalui Kegiatan Menggambar pada Anak Udia Dini Kelompok. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/ts.v4i1p38-43.1197

Yetti, E., Siti Syarah, E., & Pramitasari, M. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. LPP- Mitra Edukasi

Downloads

Published

01-11-2023

How to Cite

Koodho, E., & Pamungkas, J. (2023). Penerapan Konsep Humanisme Y.B. Mangunwijaya melalui Pembelajaran Menggambar dan Melukis. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 6154–6164. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4916

Issue

Section

Articles