- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Penerapan Konsep Humanisme Y.B. Mangunwijaya melalui Pembelajaran Menggambar dan Melukis
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4916Keywords:
anak usia dini, humanisme, menggambar dan melukis, yb. mangun wijayaAbstract
Humanisme Y.B. Mangunwijaya adalah tentang menghargai budaya, membantu mereka yang membutuhkan, menjaga alam, bertumbuh dalam segala aspek, dan belajar dari budaya yang berbeda. Secara umum tugas pembelajaran seni budaya adalah mengembangkan kemampuan setiap siswa untuk mewujudkan diri menjadi manusia seutuhnya. Fungsi ini mendefinisikan tujuan seniman dalam seni lukis adalah untuk mewakili atau menyimbolkan cita-cita hidup, cita-cita pribadi dan kelompok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan penjelasan tentang konsep humanisme YB Mangunwijaya melalui pembelajaran menggambar dan melukis di Taman Kanak-kanak. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah anak-anak kelompok B TK Indriyasana Jetis Yogyakarta. Peneliti mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti juga menggunakan catatan observasi, protokol wawancara, dan dokumentasi sebagai alat pengumpul data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep humanisme YB Mangunwijaya yang diterapkan pada kegiatan menggambar dan melukis anak-anak ini membuat mereka percaya diri dalam berkreasi, menghargai karya mereka sendiri dan orang lain, dan bertanggung jawab atas tindakan mereka.
Downloads
References
Asmah, A. (2022). Internalisasi Teori Humanistik dalam Implementasi Kurikulum Merdeka dan Merdeka Belajar pada Pendidikan Anak Usia Dini. Seminar Nasonal Pendidikan, 1(1), 664–670. http://semnaspendidikan.unim.ac.id/index.php/semnas/article/view/112
Dewantara, A. W. (2015). Filosofi Pendidikan yang Integral dan Humanis Dalam Perspektif Mangunwijaya. Jurnal Pendidikan Agama Katolik, 13(1), 3–9. https://ejournal.widyayuwana.ac.id/index.php/jpak/issue/view/19
Dini Pebrianty, R., & Pamungkas, J. (2023). Menggambar sebagai Alternatif Pendekatan Konsepsi Pendidikan Seni Rupa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 536–547. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3696
Gunada, I. W. A. (2022). Konsep, Fungsi dan Strategi Pembelajaran Seni bagi Peserta Didik Usia Dini. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 109–123. https://doi.org/10.53977/kumarottama.v1i2.383
Gusliati, P., & Mayar, F. (2019). Bentuk Kegiatan Pembelajaran Seni Rupa di Taman Kanak-kanak Mutiara Ananda Padang. Jurnal Pelita Paud, 4(1). https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i1.830
Hasanah, U. (2016). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 717–733. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/viewFile/12368
Hasbi, M. (2022). Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Berkualitas. https://paudpedia.kemdikbud.go.id/download/2022/Pedoman_Umum_Penyelenggaraan_PAUD_Berkualitas.pdf
Hidayatulloh, M. A. (2014). Lingkungan Menyenangkan dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Pemikiran Montessori. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1). https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Nadwa/article/view/574
Junaidi, F. (2017). The Value of Character Education in Andai-andai Folklore And Its Use as Learning Material for Literature Subject in Elementary School. In IJAEDU-International E-Journal of Advances in Education: Vol. III. http://ijaedu.ocerintjournals.org/en/download/article-file/390146
Kriyantono, R. (2021). Teknik Praktis Riset Komunikasi Kuantitatif dan Kualitatif (2nd ed.). Prenadamedia Group.
Kurniati, A., & Rismawati, M. (2018). Konsep Pendidikan Karakter Menurut Pemikiran YB. Mangunwijaya (Sebagai Rekomendasi Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar). Jurnal PEKAN, 3(2), 107–118. https://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/PEKAN/article/view/253
Mulyatno, C. (2013). Keutamaan Dalam Karya-karya Kemanusiaan YB. Mangunwijaya. IJAEDU- International E-Journal of Advances in Education, 3((9), 185–198. https://doi.org/10.24071/jt.v2i2.444
Nababan, J. (2018). Guru Sebagai Fasilitator Pembelajaran di Kelas | BLOG PENDIDIKAN. https://www.jontarnababan.com/2018/04/guru-sebagai-fasilitator-pembelajaran.html
Kamuntuan, D. N. (2019). Studi Hermeneutik menurut Teori Humanisme Mangunwijaya. https://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/20285/2/T1_712014077_Full%20text.pdf
Prasetiyo, E., & Widyawati, U. (2022). Peran Orang Tua dalam Perkembanan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun Di RA Nawa Kartika Dawu masa Pandemi Covid-19. Kurikula : Jurnal Pendidikan, 7(1). https://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/kurikula/article/view/694
Putri, F. K. A., Husna, M. J., & Nihayah, S. A. (2023). Implementasi Teori Belajar Humanistik dalam Pembelajaran dan Pembentukan Karakter Anak. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 33–40. https://doi.org/10.35878/tintaemas.v2i1.772
Rasihanuri, A. S. (2019). Spiritualitas Humanis Y.B. Mangunwijaya dalam Novel Romo Rahadi. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/abstrak/75756/Spiritualitas-Humanis-YB-Mangunwijaya-dalam-Novel-Romo-Rahadi
Risyanto, D. (2016). Pemikiran Y.B. Mangunwijaya Tentang Pendidikan Sekolah Dasar di Yogyakarta Tahun 1974-1999. RISALAH, 1(1). https://journal.student.uny.ac.id/index.php/risalah/article/viewFile/830
Rusyana, Y. (2000). Tujuan Pendidikan Seni. STSI Press.
Samsu. (2017). Metode Penelitian Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research Development. Pusaka Jambi
Sari, D. N., & Khotimah, N. (2018). Meningkatakan Kemampuan Seni Anak dengan Teknik Kreasi Cap Jari Warna-Warni Kelompok B TK Pertiwi Pucangsimo Kecamatan Bandarkedungmulyo Jombang. Jurnal PAUD Teratai, 7(1), 1–6. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/22264
Sari, R., & Prayogo, B. H. (2019). Pengaruh Kegiatan Menggambar Terhadap Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di TK Dharma Wanita Wirolegi Sumbersari Kabupaten Jember. JECIE, 2(2), 44–53. https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/JECIE/article/view/473
Sari, S. Y., Nugroho, A. D., & Purnama, M. D. I. (2021). Implementasi Teori Belajar Humanistik dalam Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Kuningan. https://doi.org/10.25134/prosidingsemnaspgsd.v1i1.7
Sarnoto, A. Z. (2017). Aspek Kemanusiaan dalam Pembelajaran Humanistik pada Anak Usia Dini. PROFESI, 6(1), 108–114. https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/834
Setiawan, D., Hardiyani, I. K., Aulia, A., & Hidayat, A. (2022). Memaknai Kecerdasan melalui Aktivitas Seni: Analisis Kualitatif Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4507–4518. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2521
Sudiarja, A., & Suharyo, I. (1999). Tinjauan kritis atas gereja diaspora Romo Mangunwijaya.
Suyadi, & Dahlia. (2014). Implementasi dan Inovasi Kurikulum Paud 2013.
Ulfa, M. (2016). Pembelajaran Anak Usia Dini dalam Teori Humanistik. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 215–326. https://doi.org/10.21009/jpud.102.07
Wahyuni, R. S. (2018). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Melalui Kegiatan Menggambar pada Anak Udia Dini Kelompok. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/ts.v4i1p38-43.1197
Yetti, E., Siti Syarah, E., & Pramitasari, M. (2019). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. LPP- Mitra Edukasi