Abstract


Perkembangan sosial emosional anak masih memerlukan dukungan dan perhatian orang tua. Mereka yang memiliki status sosial ekonomi rendah, orang tua harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarga sehingga kurang memperhatikan perkembangan sosial emosional anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perkembangan sosial emosional anak ditinjau dari status sosial ekonomi atas dan status ekonomi menengah ke bawah di Taman Kanak-Kanak Kabupaten Rokan Hulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian komparatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 anak usia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan  data  angket  menggunakan  google  form  dengan memakai skala likert berupa 4 pilihan jawaban yang berisikan pernyataan- pernyataan positif (favorable) dan pernyataan negatif (unfavorable) Variabel dalam penelitian ini adalah status ekonomi dan sosio-emosional. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan perkembangan sosial emosional anak TK di Kabupaten Rokan Hulu Ditinjau dari status ekonomi orang tua. Hasil analisis dari perkembangan sosial emosional pada anak dengan status sosial ekonomi menengah keatas memiliki perbedaan perkembangan sosial emosional yang lebih signifikan dibandingkan dengan anak  yang berasal dari status sosial ekonomi menengah ke bawah.


Keywords


sosial emosional; status sosial ekonomi; taman kanak-kanak