Implementasi Komunikasi Positif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini

Authors

  • Gunarti Dwi Lestari Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Widodo Widodo Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Ali Yusuf Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Monica Widyaswari Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia https://orcid.org/0000-0001-5952-1271

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4896

Keywords:

motivasi belajar, anak usia dini, komunikasi positif

Abstract

Komunikasi menjadi bagian dari edukasi, termasuk pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Efektivitas pembelajaran PAUD salah satunya dipengaruhi oleh komunikasi yang terjadi pada saat proses. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis temuan penelitian tentang meningkatkan motivasi belajar anak usia dini melalui komunikasi positif dalam proses pembelajaran PAUD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian dilakukan kepada guru-guru PAUD melalui teknik wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan angket. Analisis data menggunakan model interaktif Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kalimat yang tepat memiliki pengaruh yang baik pada motivasi belajar anak. Ragam sifat kalimat positif yang mampu menumbuhkan motivasi belajar anak usia dini, yakni: kalimat ajakan, kalimat ajakan disertai penghargaan, kalimat ajakan disertai penegasan, kalimat pembimbingan, kalimat analitik, kalimat kompetitif, dan kalimat perintah. Semua kalimat positif tersebut dapat diterapkan oleh guru untuk meningkatkan motivasi belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrianingsih, A. (2016). Komunikasi positif sebagai sarana untuk meningkatkan penyerapan bahasa lisan anak usia dini. Jurnal Tarbawi, 13(2), 17–26. https://ejournal.unisnu.ac.id/JPIT/article/view/589

Aulina, C. N. (2018). Penerapan Metode Whole Brain Teaching dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.1

Cahyati, S. S., Tukiyo, T., Saputra, N., Julyanthry, J., & Herman, H. (2022). How to Improve the Quality of Learning for Early Childhood? An Implementation of Education Management in the Industrial Revolution Era 4.0. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5437–5446. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2979

Cresswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset : Memilih Diantara Lima Pendekatan. Pustaka Pelajar.

Eaves, M., & Leathers, D. G. (2021). Bodily Communication. In Successful Nonverbal Communication. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315662657-10

Hermoyo, R. P. (2018). Membentuk Komunikasi Yang Efektif Pada Masa Perkembangan Anak Usia Dini. In Jurnal Pedagogi, 1(1). Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini. https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/21

Jatmikowati, T. E. (2018). Efektifitas Komunikasi Orang Tua Terhadap Kepribadian Intrapersonal Anak. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1936

Julaiha, S., Ramli, A., Oktaviany, V., Malik, R., & Anwar, C. (2023). Pengaruh Manajemen Pendidikan terhadap Motivasi Belajar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2659–2670. https://repository.uinsi.ac.id/bitstream/handle/123456789/3021/4507-20211-1-PB.pdf?sequence=1

Lawrence, J. (1997). Review of Communication in the Age of Virtual Reality. In Contemporary Psychology: A Journal of Reviews (Vol. 42, Issue 2). Routledge. https://doi.org/10.1037/000618

Machado, J. M. (2006). Early childhood experiences in language arts package. Wadsworth.

Masdul, M. R. (2018). Komunikasi Pembelajaran. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 13(2), 1–9. https://doi.org/10.56338/iqra.v13i2.259

Nisa, K., & Sujarwo, S. (2020). Efektivitas Komunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 229. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.534

Purba, R., Resmi, R., Saputra, N., & Herman, H. (2022). Exploring the Teaching of Language Variation Use from Early Children’s Acquisition at School. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5446–5453. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2907

Rabiah, S. (2012). Language as A Tool for Communication and Cultural Reality Discloser. 1st International Conference on Media, Communication and Culture “Rethinking Multiculturalism: Media in Multicultural Society,†1–11. https://doi.org/10.31227/osf.io/nw94m

Ridder, H. G., Miles, M. B., Michael Huberman, A., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis. A methods sourcebook. In T. R. Rohidi (Trans.), Zeitschrift fur Personalforschung (3rd ed., Vol. 28, Issue 4). SAGE Publications.

Santoso, T. R., Saefy, U. M., Hasani, S., Ardiati, S. S., & Rahayu, R. (2023). Kinesthetic Intelligence pada Anak Usia Dini: Permasalahan dan Solusinya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2547–2556. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4235

Shaumiwaty, S., Fatmawati, E., Sari, H. N., Vanda, Y., & Herman, H. (2022). Implementation of Augmented Reality (AR) as A Teaching Media in English Language Learning in Elementary School. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6332–6339. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3398

Silawati, E. (2018). Stimulasi Guru Pada Pembelajaran Bahasa Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2). https://doi.org/10.17509/cd.v3i2.10334

Sucia, V. (2017). Pengaruh Gaya Komunikasi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. In Komuniti : Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi (Vol. 8, Issue 5, pp. 112–126). https://doi.org/10.23917/komuniti.v8i5.2942

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif dan R and D. In Sugiyono (Ed.), Bandung: Alfabeta (Vol. 3, Issue April). -Alfabeta.

Trenggonowati, D. L., & Kulsum, K. (2018). Analisis Faktor Optimalisasi Golden Age Anak Usia Dini Studi Kasus Di Kota Cilegon. Journal Industrial Servicess, 4(1). https://doi.org/10.36055/jiss.v4i1.4088

Wijayanto, P. W., Priyatiningsih, N., Herman, H., Sudadi, S., & Saputra, N. (2023). Implementation of Problem Based Learning Model to Improve Early Childhood Abilities in Creative Thinking. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1017–1023. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3909

Downloads

Published

01-09-2023

How to Cite

Lestari, G. D., Widodo, W., Yusuf, A., & Widyaswari, M. (2023). Implementasi Komunikasi Positif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4791–4802. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4896

Issue

Section

Articles