- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Implementasi Komunikasi Positif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4896Keywords:
motivasi belajar, anak usia dini, komunikasi positifAbstract
Komunikasi menjadi bagian dari edukasi, termasuk pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Efektivitas pembelajaran PAUD salah satunya dipengaruhi oleh komunikasi yang terjadi pada saat proses. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis temuan penelitian tentang meningkatkan motivasi belajar anak usia dini melalui komunikasi positif dalam proses pembelajaran PAUD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian dilakukan kepada guru-guru PAUD melalui teknik wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan angket. Analisis data menggunakan model interaktif Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kalimat yang tepat memiliki pengaruh yang baik pada motivasi belajar anak. Ragam sifat kalimat positif yang mampu menumbuhkan motivasi belajar anak usia dini, yakni: kalimat ajakan, kalimat ajakan disertai penghargaan, kalimat ajakan disertai penegasan, kalimat pembimbingan, kalimat analitik, kalimat kompetitif, dan kalimat perintah. Semua kalimat positif tersebut dapat diterapkan oleh guru untuk meningkatkan motivasi belajar.
Downloads
References
Afrianingsih, A. (2016). Komunikasi positif sebagai sarana untuk meningkatkan penyerapan bahasa lisan anak usia dini. Jurnal Tarbawi, 13(2), 17–26. https://ejournal.unisnu.ac.id/JPIT/article/view/589
Aulina, C. N. (2018). Penerapan Metode Whole Brain Teaching dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.1
Cahyati, S. S., Tukiyo, T., Saputra, N., Julyanthry, J., & Herman, H. (2022). How to Improve the Quality of Learning for Early Childhood? An Implementation of Education Management in the Industrial Revolution Era 4.0. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5437–5446. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2979
Cresswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset : Memilih Diantara Lima Pendekatan. Pustaka Pelajar.
Eaves, M., & Leathers, D. G. (2021). Bodily Communication. In Successful Nonverbal Communication. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315662657-10
Hermoyo, R. P. (2018). Membentuk Komunikasi Yang Efektif Pada Masa Perkembangan Anak Usia Dini. In Jurnal Pedagogi, 1(1). Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini. https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/21
Jatmikowati, T. E. (2018). Efektifitas Komunikasi Orang Tua Terhadap Kepribadian Intrapersonal Anak. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1936
Julaiha, S., Ramli, A., Oktaviany, V., Malik, R., & Anwar, C. (2023). Pengaruh Manajemen Pendidikan terhadap Motivasi Belajar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2659–2670. https://repository.uinsi.ac.id/bitstream/handle/123456789/3021/4507-20211-1-PB.pdf?sequence=1
Lawrence, J. (1997). Review of Communication in the Age of Virtual Reality. In Contemporary Psychology: A Journal of Reviews (Vol. 42, Issue 2). Routledge. https://doi.org/10.1037/000618
Machado, J. M. (2006). Early childhood experiences in language arts package. Wadsworth.
Masdul, M. R. (2018). Komunikasi Pembelajaran. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 13(2), 1–9. https://doi.org/10.56338/iqra.v13i2.259
Nisa, K., & Sujarwo, S. (2020). Efektivitas Komunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 229. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.534
Purba, R., Resmi, R., Saputra, N., & Herman, H. (2022). Exploring the Teaching of Language Variation Use from Early Children’s Acquisition at School. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5446–5453. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2907
Rabiah, S. (2012). Language as A Tool for Communication and Cultural Reality Discloser. 1st International Conference on Media, Communication and Culture “Rethinking Multiculturalism: Media in Multicultural Society,†1–11. https://doi.org/10.31227/osf.io/nw94m
Ridder, H. G., Miles, M. B., Michael Huberman, A., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis. A methods sourcebook. In T. R. Rohidi (Trans.), Zeitschrift fur Personalforschung (3rd ed., Vol. 28, Issue 4). SAGE Publications.
Santoso, T. R., Saefy, U. M., Hasani, S., Ardiati, S. S., & Rahayu, R. (2023). Kinesthetic Intelligence pada Anak Usia Dini: Permasalahan dan Solusinya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2547–2556. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4235
Shaumiwaty, S., Fatmawati, E., Sari, H. N., Vanda, Y., & Herman, H. (2022). Implementation of Augmented Reality (AR) as A Teaching Media in English Language Learning in Elementary School. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6332–6339. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3398
Silawati, E. (2018). Stimulasi Guru Pada Pembelajaran Bahasa Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2). https://doi.org/10.17509/cd.v3i2.10334
Sucia, V. (2017). Pengaruh Gaya Komunikasi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. In Komuniti : Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi (Vol. 8, Issue 5, pp. 112–126). https://doi.org/10.23917/komuniti.v8i5.2942
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif dan R and D. In Sugiyono (Ed.), Bandung: Alfabeta (Vol. 3, Issue April). -Alfabeta.
Trenggonowati, D. L., & Kulsum, K. (2018). Analisis Faktor Optimalisasi Golden Age Anak Usia Dini Studi Kasus Di Kota Cilegon. Journal Industrial Servicess, 4(1). https://doi.org/10.36055/jiss.v4i1.4088
Wijayanto, P. W., Priyatiningsih, N., Herman, H., Sudadi, S., & Saputra, N. (2023). Implementation of Problem Based Learning Model to Improve Early Childhood Abilities in Creative Thinking. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1017–1023. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3909