Model Pendidikan Muslim Millennial Parents dalam Membina Akhlak Generasi Alpha

Author


Achmad Faqihuddin(1Mail), Risris Hari Nugraha(2),
Ilmu Pendidikan Agama Islam, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia(1)
Ilmu Pendidikan Agama Islam, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 547KB]

Published : 2023-12-31

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 235 times PDF Downloaded: 13 times

Abstract


Penggunaan Gadget pada anak menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua, khususnya bagi Millennial Parents sebagai orang tua muda. Gadget pada anak selain memiliki manfaat, di sisi lain Gadget juga memiliki dampak buruk bagi tumbuh kembang dan hubungan sosial anak. Masalah yang muncul hari ini yaitu banyaknya anak usia dini kecanduan Gadget. Salah satu upaya dalam menanggulangi kecanduan Gadget diantaranya dengan membatasi waktu anak dalam menggunakan Gadget dan mengalihkan anak dengan aktivitas secara fisik. Penelitian ini bertujuan menganalisis bentuk kegiatan informal yang dilakukan Millennial Parents di rumah. Cara Millennial Parents dalam mendidik anak berbeda dengan generasi sebelumnya disebabkan faktor teknologi dan perubahan sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sebanyak 10 orang tua terlibat sebagai subjek penelitian. Data diambil melalui wawancara,  observasi dan studi dokumen,  selanjutnya data dianalisis. Hasil Penelitian menunjukkan Muslim Millennial Parents memiliki kesadaran atas pentingnya mendidik anak dan menanamkan keimanan sejak dini. Selain menggunakan pendekatan konvensional, diantara alternatif yang dipilih Muslim Millennial Parents untuk mempermudah proses pendidikan yaitu menggunakan layanan Home Educator Helper. Home Educator Helper merupakan sebuah platform homeschooling online yang menyediakan kurikulum, evaluasi, support system dan kosultasi pendidikan di rumah.


Keywords


muslim millennial parents; home educator helper; pendidikan akhlak; generasi alpha

References


Ahyar, M., & Alfitri. (2019). The Muslim Millennial family typology: the role of Muslim family circumflex model to avoid parents’ violent behavior against children in Indonesia Supaat. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 9(1), 1–29. https://doi.org/10.18326/ijims.v9i1

Aljabreen, H. (2020). Montessori, Waldorf, and Reggio Emilia: A Comparative Analysis of Alternative Models of Early Childhood Education. International Journal of Early Childhood, 52(3), 337–353. https://doi.org/10.1007/s13158-020-00277-1

Ansari, A., & Winsler, A. (2022). The long-term benefits of Montessori pre-K for Latinx children from low-income families. Applied Developmental Science, 26(2), 252–266. https://doi.org/10.1080/10888691.2020.1781632

Badan Pusat Statistik Indonesia. (2021). Statistik Telekomunikasi Indonesia. Statistik Telekomunikasi Indonesia. https://www.bps.go.id/publication/2022/09/07/bcc820e694c537ed3ec131b9/statistik-telekomunikasi-indonesia-2021.html

Courtier, P., Gardes, M. L., Van der Henst, J. B., Noveck, I. A., Croset, M. C., Epinat-Duclos, J., Léone, J., & Prado, J. (2021). Effects of Montessori Education on the Academic, Cognitive, and Social Development of Disadvantaged Preschoolers: A Randomized Controlled Study in the French Public-School System. Child Development, 92(5), 2069–2088. https://doi.org/10.1111/cdev.13575

Dahlan, M. (2020). Geneologi Islamisme di Kalangan Muslim Millenial Indonesia. El-Afkar: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Tafsir Hadis, 9(1), 1. https://doi.org/10.29300/jpkth.v9i1.3234

Denervaud, S., Knebel, J. F., Immordino-Yang, M. H., & Hagmann, P. (2020). Effects of Traditional Versus Montessori Schooling on 4- to 15-Year Old children’s Performance Monitoring. Mind, Brain, and Education, 14(2), 167–175. https://doi.org/10.1111/mbe.12233

Efastri, S. M., Lhaura, L., & Islami, C. C. (2022). Perbedaan Kemampuan Bersosialisasi Anak yang Mengalami Kecanduan Gadget dengan yang Tidak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4461–4470. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2296

Faqihuddin, A. (2017). Internalisasi Nilai-Nilai Humanistik Religius Pada Generasi Z Dengan “Design for Change.” Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 12(2), 263. https://doi.org/10.21043/edukasia.v12i2.2471

Faqihuddin, A., & Afriatien, A. T. S. (2021). Menakar Integrasi Islam Dan Ilmu Pengetahuan Pada Sekolah Islam Terpadu. Talkim, 19(2), 113–124.

Farchan, Y., & Rosharlianti, Z. (2021). The Trend of Hijrah: New Construction of Urban Millennial Muslim Identity In Indonesia. Jurnal The Sociology of Islam, Vol. 1(2), 1–24. http://jurnalfisip.uinsby.ac.id/index.php/JSI

Frierson, P. (2021). The Moral Philosophy of Maria Montessori. Journal of the American Philosophical Association, 7(2), 133–154. https://doi.org/10.1017/apa.2019.41

Islamy, M. R. F., Sumayana, Y., & Tantowi, Y. A. (2022). Membangun Imunitas Anti Radikalisme pada Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Berbasis Nilai-Nilai Pesantren. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7093–7104. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2219

Kata Data. (2022). Ada 204,7 Juta Pengguna Internet di Indonesia Awal 2022. Kata Data. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/23/ada-2047-juta-pengguna-internet-di-indonesia-awal-2022

Kiviluoto, J. (2015). Information literacy and diginatives: Expanding the role of academic libraries. IFLA Journal, 41(4), 308–316. https://doi.org/10.1177/0340035215596177

Kuswandi, D., & Fadhli, M. (2022). The effects of gamification method and cognitive style on children’s early reading ability. Cogent Education, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.1080/2331186X.2022.2145809

Laudon, K. C., & Laudon, J. P. (2006). Management information systems (10th ed.). Upper Saddle River.

Marfu, M., & Afifah, atul. (2020). Implementasi Konsep Madrasatul Ula Pada Pendidikan Agama Dalam Keluarga Perantau. Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 86–98. http://jurnal.staiannawawi.com/index.php/At-Tarbiyat/article/view/222

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Universitas Indonesia Press.

Moleong, L. J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Rosdakarya.

Novianti, R., & Garzia, M. (2020). Penggunaan Gadget pada Anak; Tantangan Baru Orang Tua Milenial. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1000. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.490

Nugroho, R., Artha, I. K. A. J., Nusantara, W., Cahyani, A. D., & Patrama, M. Y. P. (2022). Peran Orang Tua dalam Mengurangi Dampak Negatif Penggunaan Gadget. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5425–5436. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2980

Priporas, C. V., Stylos, N., & Fotiadis, A. K. (2017). Generation Z consumers’ expectations of interactions in smart retailing: A future agenda. Computers in Human Behavior, 77, 374–381. https://doi.org/10.1016/j.chb.2017.01.058

Rahman, A. (2016). Pendidikan Akhlak Menurut Az-Zarnuji dalam Kitab Ta’lim al-Muta’allim. At Ta’Dib, 11(1). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v11i1.647

Sari, D. K., Suziana, S., & Games, D. (2020). An evaluation of social media advertising for Muslim millennial parents. Journal of Islamic Marketing, 12(9), 1835–1853. https://doi.org/10.1108/JIMA-02-2020-0055

Setyo Widodo, G., & Sita Rofiqoh, K. (2020). Pengembangan Guru Profesional Menghadapi Generasi Alpha. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(1), 13–22. https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i1.67

Sugiono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Suprima. (2022). Challenges to Educate The Millennial Muslim Generation In The Era Of The Industrial Revolution 4.0 To Create A Modern Islamic Education Environment. 11(2), 319–332. https://doi.org/10.29313/tjpi.v11i2.10289

Tapscott, D. (2013). Grown Up Digital. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Wijanarko, J., & Setiawati, E. (2016). Ayah Baik-Ibu Baik Parenting Era Digital. Keluarga Indonesia Bahagia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.