- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Model Pendidikan Muslim Millennial Parents dalam Membina Akhlak Generasi Alpha
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.4884Keywords:
muslim millennial parents, home educator helper, pendidikan akhlak, generasi alphaAbstract
Penggunaan Gadget pada anak menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua, khususnya bagi Millennial Parents sebagai orang tua muda. Gadget pada anak selain memiliki manfaat, di sisi lain Gadget juga memiliki dampak buruk bagi tumbuh kembang dan hubungan sosial anak. Masalah yang muncul hari ini yaitu banyaknya anak usia dini kecanduan Gadget. Salah satu upaya dalam menanggulangi kecanduan Gadget diantaranya dengan membatasi waktu anak dalam menggunakan Gadget dan mengalihkan anak dengan aktivitas secara fisik. Penelitian ini bertujuan menganalisis bentuk kegiatan informal yang dilakukan Millennial Parents di rumah. Cara Millennial Parents dalam mendidik anak berbeda dengan generasi sebelumnya disebabkan faktor teknologi dan perubahan sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sebanyak 10 orang tua terlibat sebagai subjek penelitian. Data diambil melalui wawancara, Â observasi dan studi dokumen, Â selanjutnya data dianalisis. Hasil Penelitian menunjukkan Muslim Millennial Parents memiliki kesadaran atas pentingnya mendidik anak dan menanamkan keimanan sejak dini. Selain menggunakan pendekatan konvensional, diantara alternatif yang dipilih Muslim Millennial Parents untuk mempermudah proses pendidikan yaitu menggunakan layanan Home Educator Helper. Home Educator Helper merupakan sebuah platform homeschooling online yang menyediakan kurikulum, evaluasi, support system dan kosultasi pendidikan di rumah.
Downloads
References
Ahyar, M., & Alfitri. (2019). The Muslim Millennial family typology: the role of Muslim family circumflex model to avoid parents’ violent behavior against children in Indonesia Supaat. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 9(1), 1–29. https://doi.org/10.18326/ijims.v9i1
Aljabreen, H. (2020). Montessori, Waldorf, and Reggio Emilia: A Comparative Analysis of Alternative Models of Early Childhood Education. International Journal of Early Childhood, 52(3), 337–353. https://doi.org/10.1007/s13158-020-00277-1
Ansari, A., & Winsler, A. (2022). The long-term benefits of Montessori pre-K for Latinx children from low-income families. Applied Developmental Science, 26(2), 252–266. https://doi.org/10.1080/10888691.2020.1781632
Badan Pusat Statistik Indonesia. (2021). Statistik Telekomunikasi Indonesia. Statistik Telekomunikasi Indonesia. https://www.bps.go.id/publication/2022/09/07/bcc820e694c537ed3ec131b9/statistik-telekomunikasi-indonesia-2021.html
Courtier, P., Gardes, M. L., Van der Henst, J. B., Noveck, I. A., Croset, M. C., Epinat-Duclos, J., Léone, J., & Prado, J. (2021). Effects of Montessori Education on the Academic, Cognitive, and Social Development of Disadvantaged Preschoolers: A Randomized Controlled Study in the French Public-School System. Child Development, 92(5), 2069–2088. https://doi.org/10.1111/cdev.13575
Dahlan, M. (2020). Geneologi Islamisme di Kalangan Muslim Millenial Indonesia. El-Afkar: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Tafsir Hadis, 9(1), 1. https://doi.org/10.29300/jpkth.v9i1.3234
Denervaud, S., Knebel, J. F., Immordino-Yang, M. H., & Hagmann, P. (2020). Effects of Traditional Versus Montessori Schooling on 4- to 15-Year Old children’s Performance Monitoring. Mind, Brain, and Education, 14(2), 167–175. https://doi.org/10.1111/mbe.12233
Efastri, S. M., Lhaura, L., & Islami, C. C. (2022). Perbedaan Kemampuan Bersosialisasi Anak yang Mengalami Kecanduan Gadget dengan yang Tidak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4461–4470. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2296
Faqihuddin, A. (2017). Internalisasi Nilai-Nilai Humanistik Religius Pada Generasi Z Dengan “Design for Change.†Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 12(2), 263. https://doi.org/10.21043/edukasia.v12i2.2471
Faqihuddin, A., & Afriatien, A. T. S. (2021). Menakar Integrasi Islam Dan Ilmu Pengetahuan Pada Sekolah Islam Terpadu. Talkim, 19(2), 113–124.
Farchan, Y., & Rosharlianti, Z. (2021). The Trend of Hijrah: New Construction of Urban Millennial Muslim Identity In Indonesia. Jurnal The Sociology of Islam, Vol. 1(2), 1–24. http://jurnalfisip.uinsby.ac.id/index.php/JSI
Frierson, P. (2021). The Moral Philosophy of Maria Montessori. Journal of the American Philosophical Association, 7(2), 133–154. https://doi.org/10.1017/apa.2019.41
Islamy, M. R. F., Sumayana, Y., & Tantowi, Y. A. (2022). Membangun Imunitas Anti Radikalisme pada Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Berbasis Nilai-Nilai Pesantren. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7093–7104. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2219
Kata Data. (2022). Ada 204,7 Juta Pengguna Internet di Indonesia Awal 2022. Kata Data. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/23/ada-2047-juta-pengguna-internet-di-indonesia-awal-2022
Kiviluoto, J. (2015). Information literacy and diginatives: Expanding the role of academic libraries. IFLA Journal, 41(4), 308–316. https://doi.org/10.1177/0340035215596177
Kuswandi, D., & Fadhli, M. (2022). The effects of gamification method and cognitive style on children’s early reading ability. Cogent Education, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.1080/2331186X.2022.2145809
Laudon, K. C., & Laudon, J. P. (2006). Management information systems (10th ed.). Upper Saddle River.
Marfu, M., & Afifah, atul. (2020). Implementasi Konsep Madrasatul Ula Pada Pendidikan Agama Dalam Keluarga Perantau. Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 86–98. http://jurnal.staiannawawi.com/index.php/At-Tarbiyat/article/view/222
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Universitas Indonesia Press.
Moleong, L. J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Rosdakarya.
Novianti, R., & Garzia, M. (2020). Penggunaan Gadget pada Anak; Tantangan Baru Orang Tua Milenial. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1000. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.490
Nugroho, R., Artha, I. K. A. J., Nusantara, W., Cahyani, A. D., & Patrama, M. Y. P. (2022). Peran Orang Tua dalam Mengurangi Dampak Negatif Penggunaan Gadget. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5425–5436. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2980
Priporas, C. V., Stylos, N., & Fotiadis, A. K. (2017). Generation Z consumers’ expectations of interactions in smart retailing: A future agenda. Computers in Human Behavior, 77, 374–381. https://doi.org/10.1016/j.chb.2017.01.058
Rahman, A. (2016). Pendidikan Akhlak Menurut Az-Zarnuji dalam Kitab Ta’lim al-Muta’allim. At Ta’Dib, 11(1). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v11i1.647
Sari, D. K., Suziana, S., & Games, D. (2020). An evaluation of social media advertising for Muslim millennial parents. Journal of Islamic Marketing, 12(9), 1835–1853. https://doi.org/10.1108/JIMA-02-2020-0055
Setyo Widodo, G., & Sita Rofiqoh, K. (2020). Pengembangan Guru Profesional Menghadapi Generasi Alpha. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(1), 13–22. https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i1.67
Sugiono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Suprima. (2022). Challenges to Educate The Millennial Muslim Generation In The Era Of The Industrial Revolution 4.0 To Create A Modern Islamic Education Environment. 11(2), 319–332. https://doi.org/10.29313/tjpi.v11i2.10289
Tapscott, D. (2013). Grown Up Digital. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Wijanarko, J., & Setiawati, E. (2016). Ayah Baik-Ibu Baik Parenting Era Digital. Keluarga Indonesia Bahagia.