Evaluasi Pelaksanaan Standar Proses di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini

Authors

  • Nurdin Nurdin Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Kendari, Indonesia
  • La Ode Anhusadar Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Kendari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.485

Keywords:

evaluasi, proses, standar paud

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui proses perancanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran. Metode penelitian ini adalah metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode evaluasi model CIPP dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah Kelompok Bermain Nur’ain di Mola Selatan Kecamatan Wangi-wangi Selatan Kabupaten Wakatobi Subyek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan proses standar PAUD di Kelompok Bermain Nur’ain. Faktor  yang  diteliti  adalah  Kepala Sekolah dan guru. Teknik Pengumpulan data adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah perencanaan dan penyusunan program semester dan kegiatan harian masih dilakukan oleh para guru dengan menyontek buku yang dibeli. Kelompok Bermain  Nur’ain baru sebatas membuat rencana kegiatan  harian sesuai dengan buku tanpa melakukan modifikasi. Hal ini tentu saja menimbulkan pertanyaan mengapa  kebiasaan ini terus dipertahankan padahal sekolah-sekolah seharusnya mampu membuat perencanaan pembelajarannya  sendiri. Dengan demikian, pada aspek proses sekolah ini belum sesuai dengan standar PAUD. Kegiatan pelaksanaan pembelajaran meliputi pembukaan, inti dan penutup sebagaimana tertuang dalam standar PAUD. Namum kegiatan masih dominan terjadi di dalam kelas dengan suasana teacher center yang menekankan pembelajaran pada kognisi anak. Dari sisi metode pembelajaran, maka belum sesuai dengan standar PAUD. Yang dapat dikatakan menyangkut penilaian adalah pertama Kelompok Bermain Nur’ain ini melakukan penilaian melalui pengamatan dan unjuk kerja. Namun,   penilaian  tersebut  tidak dicatat secara individu melalui narasi melainkan  berkelompok dengan memakai  simbol angka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anhusadar, L. O. (2016). Kreativitas Pendidikan Di Lembaga PAUD. Al-Ta’dib, 9(1), 76–93.

Anhusadar, L. O. (2018). Perkembangan Otak Anak Usia Dini. Jurnal Shautut Tarbiyah, (May), 98–113.

Anhusadar, L. O., & Islamiyah, I. (2019). Taman Layak Anak Usia Dini di Kota Kendari. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 117. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.143

Gunartha, I. W., Kartowagiran, B., & Suardiman, S. P. (2014). Pengembangan Model Evaluasi Program Layanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 18(1), 30–43. https://doi.org/10.21831/pep.v18i1.2122

Hartati, S. (2017). Penyelenggaraan Program PAUD (Studi Evaluatif di Pos PAUD Kota Jakarta Timur, Provinsi Dki Jakarta). JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 12(2), 155–162. https://doi.org/10.21009/jiv.1202.8

Kasrani. (2016). Evaluasi Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Manajemen Pendidikan, 25 (2)(1998), 233–243.

Kurniawan, D., Dwikurnaningsih, Y., & Sulasmono, B. S. (2018). Evaluasi Program Supervisi Akademik di PAUD Swasta. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 107–123. https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i2.p107-123

Marwah. (2017). Evaluasi Penyelenggaraan Program Pendidikan Anak Usia Dini Pada Taman Penitipan Anak Di Kota Makassar.

Munawar, M., Prasetyo, A., & Pusari, R. W. (2013). Pengembangan model pembelajaran inovatif melalui pendekatan in house training berbasis kearifan budaya lokal. PAUDIA, 2(1), 1–13.

Musfiroh, T. (2008). Bermain Sambil belajar dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta: Depdiknas.

Oktaria, R. (2014). Evaluasi Program Implementasi Pendekatan Beyond Centers And Circle Time ( BCCT ) PAUD PPS Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(2), 337–352.

Renti Oktaria. (2019). Evaluasi Program Penataan Lingkungan Bermain Berbasis Hubungan Sosial Anak Di RA Istiqlal Jakarta Pusat. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Sumantri. (2005). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Suyadi. (2010). Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Utami, W. Y. D., Jamaris, M., & Meilanie, S. M. (2019). Evaluasi Program Pengelolaan Lembaga PAUD di Kabupaten Serang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 67. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.259

V, M. G., & Anamara. (2014). Evaluasi Program Implementasi standar PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2).

Widiastuti, A. A. (2018). Implementasi Standar Sarana Dan Prasarana Paud Di Lembaga Taman Penitipan Anak (Tpa). PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1).

Yati, F., & Yaswinda, Y. (2019). Penerapan Model Evaluasi CIPPO dalam Mengevaluasi Penyelenggaraan Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 30. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.238

Downloads

Published

14-03-2020

How to Cite

Nurdin, N., & Anhusadar, L. O. (2020). Evaluasi Pelaksanaan Standar Proses di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 982–993. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.485

Issue

Section

Articles