- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Evaluasi Pelaksanaan Standar Proses di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.485Keywords:
evaluasi, proses, standar paudAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui proses perancanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran. Metode penelitian ini adalah metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode evaluasi model CIPP dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah Kelompok Bermain Nur’ain di Mola Selatan Kecamatan Wangi-wangi Selatan Kabupaten Wakatobi Subyek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan proses standar PAUD di Kelompok Bermain Nur’ain. Faktor yang diteliti adalah Kepala Sekolah dan guru. Teknik Pengumpulan data adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah perencanaan dan penyusunan program semester dan kegiatan harian masih dilakukan oleh para guru dengan menyontek buku yang dibeli. Kelompok Bermain Nur’ain baru sebatas membuat rencana kegiatan harian sesuai dengan buku tanpa melakukan modifikasi. Hal ini tentu saja menimbulkan pertanyaan mengapa kebiasaan ini terus dipertahankan padahal sekolah-sekolah seharusnya mampu membuat perencanaan pembelajarannya sendiri. Dengan demikian, pada aspek proses sekolah ini belum sesuai dengan standar PAUD. Kegiatan pelaksanaan pembelajaran meliputi pembukaan, inti dan penutup sebagaimana tertuang dalam standar PAUD. Namum kegiatan masih dominan terjadi di dalam kelas dengan suasana teacher center yang menekankan pembelajaran pada kognisi anak. Dari sisi metode pembelajaran, maka belum sesuai dengan standar PAUD. Yang dapat dikatakan menyangkut penilaian adalah pertama Kelompok Bermain Nur’ain ini melakukan penilaian melalui pengamatan dan unjuk kerja. Namun, penilaian tersebut tidak dicatat secara individu melalui narasi melainkan berkelompok dengan memakai simbol angka.
Downloads
References
Anhusadar, L. O. (2016). Kreativitas Pendidikan Di Lembaga PAUD. Al-Ta’dib, 9(1), 76–93.
Anhusadar, L. O. (2018). Perkembangan Otak Anak Usia Dini. Jurnal Shautut Tarbiyah, (May), 98–113.
Anhusadar, L. O., & Islamiyah, I. (2019). Taman Layak Anak Usia Dini di Kota Kendari. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 117. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.143
Gunartha, I. W., Kartowagiran, B., & Suardiman, S. P. (2014). Pengembangan Model Evaluasi Program Layanan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 18(1), 30–43. https://doi.org/10.21831/pep.v18i1.2122
Hartati, S. (2017). Penyelenggaraan Program PAUD (Studi Evaluatif di Pos PAUD Kota Jakarta Timur, Provinsi Dki Jakarta). JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 12(2), 155–162. https://doi.org/10.21009/jiv.1202.8
Kasrani. (2016). Evaluasi Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Manajemen Pendidikan, 25 (2)(1998), 233–243.
Kurniawan, D., Dwikurnaningsih, Y., & Sulasmono, B. S. (2018). Evaluasi Program Supervisi Akademik di PAUD Swasta. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 107–123. https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i2.p107-123
Marwah. (2017). Evaluasi Penyelenggaraan Program Pendidikan Anak Usia Dini Pada Taman Penitipan Anak Di Kota Makassar.
Munawar, M., Prasetyo, A., & Pusari, R. W. (2013). Pengembangan model pembelajaran inovatif melalui pendekatan in house training berbasis kearifan budaya lokal. PAUDIA, 2(1), 1–13.
Musfiroh, T. (2008). Bermain Sambil belajar dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta: Depdiknas.
Oktaria, R. (2014). Evaluasi Program Implementasi Pendekatan Beyond Centers And Circle Time ( BCCT ) PAUD PPS Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(2), 337–352.
Renti Oktaria. (2019). Evaluasi Program Penataan Lingkungan Bermain Berbasis Hubungan Sosial Anak Di RA Istiqlal Jakarta Pusat. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Sumantri. (2005). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Suyadi. (2010). Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Utami, W. Y. D., Jamaris, M., & Meilanie, S. M. (2019). Evaluasi Program Pengelolaan Lembaga PAUD di Kabupaten Serang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 67. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.259
V, M. G., & Anamara. (2014). Evaluasi Program Implementasi standar PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2).
Widiastuti, A. A. (2018). Implementasi Standar Sarana Dan Prasarana Paud Di Lembaga Taman Penitipan Anak (Tpa). PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1).
Yati, F., & Yaswinda, Y. (2019). Penerapan Model Evaluasi CIPPO dalam Mengevaluasi Penyelenggaraan Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 30. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.238