- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Yukiba sebagai Media Pembelajaran Membaca Permulaan untuk Anak di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4849Keywords:
media pembelajaran, membaca permulaan, yukibaAbstract
Keterampilan membaca permulaan sangat penting dimiliki oleh anak. Keberhasilan proses pembelajaran anak di sekolah dasar perlu didukung media pembelajaran yang cukup. Media pembelajaran yang tersedia sangat terbatas dan belum sesuai dengan kebutuhan anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran Yukiba. Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran antara penelitian studi kasus dan penelitian tindakan kelas. Studi kasus dilakukan terhadap tujuh sekolah di Kabupaten Karanganyar. Teknik pengambilan data dilakukan dengan observasi dan wawanca terhadap guru dan siswa kelas 1. Data kualitatif yang berupa hasil observasi, pengamatan, studi dokumentasi PTK, dianalisis melalui analisis data model Miles dan Huberman. Tindakan kelas riset dilakukan pada sekolah yang memiliki siswa dengan hasil kemampuan membaca paling rendah. Hasil penelitian pada penelitian ini menunjukkan bahwa anak dan guru membutuhkan media pembelajaran membaca permulaan dalam bentuk audio visual interaktif. Media pembelajaran Yukiba adalah media pembelajaran membaca permulaan yang memiliki fitur audio, visual, dan bersifat interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Yukiba efektif digunakan dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan anak.
Downloads
References
Arsini, K. R., & Kristiantari, M. G. R. (2022). Media Kartu Kata dan Kartu Gambar pada Materi Kosakata Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1), 173–184. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.46323
Budiman, H. (2016). Penggunaan Media Visual Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Islam, 7(November), 5–24. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadzkiyyah/article/view/1501
Chrystanti, Y. C. (2015). Media Pembelajaran Pengenalan Huruf Dan Angka Di Taman Kanak-Kanak Tunas Putra Sumberharjo. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 7(3), 23–29. https://ijns.org/journal/index.php/speed/article/view/1203
Faujiah, S., Mayasari, L. I., & Ulfa, M. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Kartu Kata Pada Pelajaran Bahasa Indonesia. Seminar Nasional Pendidikan III STKIP Kusuma Negara, 165–169. https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/1294
Hapsari, E. D. (2019). Penerapan Membaca Permulaan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa. AKSARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 20(1), 10–24. https://doi.org/10.23960/aksara/v20i1.pp10-24
Hasmi, F. (2017). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Kartu Kata Pada Siswa Kelas Ii Sd Negeri 001 Rimba Sekampung Dumai. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 7(4), 423–428. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i4.8096
Herliana, S., & Anugraheni, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kereta Membaca Berbasis Kontekstual Learning Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 314–326. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.346
Irdawati, Y., & Darmawan. (2014a). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Gambar Kelas 1 di Min Buol. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 5(4), 1–14. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/12210
Irdawati, Y., & Darmawan. (2014b). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Gambar Kelas 1 di Min Buol. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 5(4), 1–14.
Makhroji, M., Isda, I. D., & Bania, A. S. (2022). Development of Authentic Assessment Instruments Oriented Reading Skills Based Language Literacy through the Scaffolding Model. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2740–2746. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.976
Moshinsky, M. (2019). Pembahasan Studi Kasus Sebagai Bagian Metodologi Penelitian. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.
Mulyani, E. A., Noviana, E., Sari, I. K., Permana, D., & Kurniaman, O. (2022). Pengembangan Blog Ruang Belajar dalam Pembelajaran Literasi Membaca di Sekolah dasar. Al-Ishlah Jurnal Pendidikan, 14, 1815–1826. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1896
Mulyatiningsih, E. (2012). Modul Metode Penelitian Tidakan Kelas. Bandung Rosdakarya, 1–22.
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283
Rahma, M., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 397–410. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.979
Rahmalya, K. (2019). Penerapan Media Kartu Kata Bergambar Untuk Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak Di Taman Kanak-Kanak Al-Kautsar Bandar Lampung [UIN Raden Intan Lampung]. In Skripsi (Vol. 8, Issue 5). http://repository.radenintan.ac.id/7534
Rahmatika, P., Hartati, S., & Yetti, E. (2019). Metode Pembelajaran Mind Map dan Bercerita dengan Gaya Kognitif, Pengaruhnya terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 548. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.260
Sari, N. R., & Widyasari, C. (2022). Metode Glenn Doman untuk Menumbuhkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Usia Dini. 6(6), 6045–6056. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3352
Syamsiyah, L., & Diana, D. (2022). Efektivitas Media Fuzzy Felt untuk Meningkatkan Kosakata Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2700–2710. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1421
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Wartini, Y., Syamsiati, & Kresnadi, H. (2015). Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui metode struktural analitik sintetik di kelas I sekolah dasar. Journal of Education Action Research, 53(9), 113–189. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5602
Widya, I. K., Efendi, & Barasandji, S. (2023). Peningkatan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) di Kelas I SD Negeri 012 Koto Kari. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(1), 110–116. https://doi.org/10.31004/anthor.v2i1.104