Yukiba sebagai Media Pembelajaran Membaca Permulaan untuk Anak di Era Digital

Authors

  • Umi Ari Manis Anggraeni Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Retno Winarni Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Septi Yulisetiani Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Sebelas Maret, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4849

Keywords:

media pembelajaran, membaca permulaan, yukiba

Abstract

Keterampilan membaca permulaan sangat penting dimiliki oleh anak. Keberhasilan proses pembelajaran anak di sekolah dasar perlu didukung media pembelajaran yang cukup. Media pembelajaran yang tersedia sangat terbatas dan belum sesuai dengan kebutuhan anak. Tujuan  penelitian ini untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran Yukiba. Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran antara penelitian studi kasus dan penelitian tindakan kelas. Studi kasus dilakukan terhadap tujuh sekolah di Kabupaten Karanganyar. Teknik pengambilan data dilakukan dengan observasi dan wawanca terhadap guru dan siswa kelas 1. Data kualitatif yang berupa hasil observasi, pengamatan, studi dokumentasi PTK, dianalisis melalui analisis data model Miles dan Huberman. Tindakan kelas riset dilakukan pada sekolah yang memiliki siswa dengan hasil kemampuan membaca paling rendah. Hasil penelitian pada penelitian ini menunjukkan bahwa anak dan guru membutuhkan media pembelajaran membaca permulaan dalam bentuk audio visual interaktif. Media pembelajaran Yukiba adalah media pembelajaran membaca permulaan yang memiliki fitur audio, visual, dan bersifat interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Yukiba efektif digunakan dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsini, K. R., & Kristiantari, M. G. R. (2022). Media Kartu Kata dan Kartu Gambar pada Materi Kosakata Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1), 173–184. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.46323

Budiman, H. (2016). Penggunaan Media Visual Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Islam, 7(November), 5–24. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadzkiyyah/article/view/1501

Chrystanti, Y. C. (2015). Media Pembelajaran Pengenalan Huruf Dan Angka Di Taman Kanak-Kanak Tunas Putra Sumberharjo. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 7(3), 23–29. https://ijns.org/journal/index.php/speed/article/view/1203

Faujiah, S., Mayasari, L. I., & Ulfa, M. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Kartu Kata Pada Pelajaran Bahasa Indonesia. Seminar Nasional Pendidikan III STKIP Kusuma Negara, 165–169. https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/1294

Hapsari, E. D. (2019). Penerapan Membaca Permulaan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa. AKSARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 20(1), 10–24. https://doi.org/10.23960/aksara/v20i1.pp10-24

Hasmi, F. (2017). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Kartu Kata Pada Siswa Kelas Ii Sd Negeri 001 Rimba Sekampung Dumai. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 7(4), 423–428. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i4.8096

Herliana, S., & Anugraheni, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kereta Membaca Berbasis Kontekstual Learning Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 314–326. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.346

Irdawati, Y., & Darmawan. (2014a). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Gambar Kelas 1 di Min Buol. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 5(4), 1–14. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/12210

Irdawati, Y., & Darmawan. (2014b). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Gambar Kelas 1 di Min Buol. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 5(4), 1–14.

Makhroji, M., Isda, I. D., & Bania, A. S. (2022). Development of Authentic Assessment Instruments Oriented Reading Skills Based Language Literacy through the Scaffolding Model. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2740–2746. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.976

Moshinsky, M. (2019). Pembahasan Studi Kasus Sebagai Bagian Metodologi Penelitian. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.

Mulyani, E. A., Noviana, E., Sari, I. K., Permana, D., & Kurniaman, O. (2022). Pengembangan Blog Ruang Belajar dalam Pembelajaran Literasi Membaca di Sekolah dasar. Al-Ishlah Jurnal Pendidikan, 14, 1815–1826. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1896

Mulyatiningsih, E. (2012). Modul Metode Penelitian Tidakan Kelas. Bandung Rosdakarya, 1–22.

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283

Rahma, M., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 397–410. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.979

Rahmalya, K. (2019). Penerapan Media Kartu Kata Bergambar Untuk Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak Di Taman Kanak-Kanak Al-Kautsar Bandar Lampung [UIN Raden Intan Lampung]. In Skripsi (Vol. 8, Issue 5). http://repository.radenintan.ac.id/7534

Rahmatika, P., Hartati, S., & Yetti, E. (2019). Metode Pembelajaran Mind Map dan Bercerita dengan Gaya Kognitif, Pengaruhnya terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 548. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.260

Sari, N. R., & Widyasari, C. (2022). Metode Glenn Doman untuk Menumbuhkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Usia Dini. 6(6), 6045–6056. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3352

Syamsiyah, L., & Diana, D. (2022). Efektivitas Media Fuzzy Felt untuk Meningkatkan Kosakata Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2700–2710. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1421

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Wartini, Y., Syamsiati, & Kresnadi, H. (2015). Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui metode struktural analitik sintetik di kelas I sekolah dasar. Journal of Education Action Research, 53(9), 113–189. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5602

Widya, I. K., Efendi, & Barasandji, S. (2023). Peningkatan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) di Kelas I SD Negeri 012 Koto Kari. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(1), 110–116. https://doi.org/10.31004/anthor.v2i1.104

Downloads

Published

05-08-2023

How to Cite

Anggraeni, U. A. M., Winarni, R., & Yulisetiani, S. (2023). Yukiba sebagai Media Pembelajaran Membaca Permulaan untuk Anak di Era Digital. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 3980–3990. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4849

Issue

Section

Articles