Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini melalui Metode Proyek

Hillia Izza(1Mail),
(1) Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Hillia Izza

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.483

Full Text:    Language : ID
Submitted : 2020-02-27
Published : 2020-03-11

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan sosial melalui metode proyek. Sampel pada penelitian ini adalah anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal IV Kota Jambi yang berjumlah 15 anak yang terdiri dari 9 laki-laki dan 6 Perempuan. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart yang terdiri dari 4 tahap (perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi). Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif analitik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan perkembangan sosial dengan menggunakan metode proyek selama dua siklus yang dikategorikan berkembang sangat baik (BSB). Kesimpulan pada penelitian ini adalah penggunaan metode proyek dapat meningkatkan perkembangan sosial anak.


Keywords


anak usia dini; perkembangan sosial; metode proyek

References


Ananda, Rizki and Fadhilaturrahmi Fadhilaturrahmi. 2018. “Peningkatan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Permainan Kolaboratif Pada Anak KB.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2(1):20–26.

Evi Puji Astuti. 2016. “Peningkatan Keterampilan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Proyek.” Jurnal JPP PAUD UNTIRTA 3(2):80–94.

Fadhilaturrahmi, Fadhilaturrahmi and Rizki Ananda. 2018. “Evaluasi Pembelajaran IPS Berbasis Taksonomi Bloom Dua Dimensi Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 1(2):12–21.

Fauziddin, Mohammad. 2016. “Peningkatan Kemampuan Kerja Sama Melalui Kegiatan Kerja Kelompok Pada Anak Kelompok A TK Kartika Salo Kabupaten Kampar.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2(1):29.

Hamidah, Mimin. 2017. “Meningkatkan Nilai - Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Penerapan Metode Proyek.” Tunas Siliwangi 3(1).

Johni Dimyati. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikandan Aplikasinya Pada Pendidikan Ana Usia Dini (PAUD). Jakarta: Kencana.

Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Kurikulum Taman Kanak-Kanak, Pedoman Penilaian Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta.

Marlina, Serli. 2014. “Peningkatan Sikap Sosial Anak Usia Dini Melalui Permainan Puzzle Puzzle Buah Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah 1 Bukittinggi.” Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan XIV(2):109–14.

Masitoh, Ocih Setiasih, dan Djoehaeniheny. 2005. Pendekatan Belajar Aktif Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta.

Mursid. 2015. Pengembangan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ni Putu Suarningsih Eka Putri, Luh Ayu Tirtayani, Ni Nyoman Ganing. 2018. “Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Sosial Anak Kelompok A Di Ra Al Chusnaniyah Surabaya Tahun Ajaran 2017-2018.” Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini 6:303–12.

Nur Hidayah Widyaningrum. 2016. “Meningkatkan Keterampilan Sosial Melalui Metode Proyek.” Pendidikan Anak Usia Dini 9:940–51.

Perdina, Siska, Rien Safrina, and Tjipto Sumadi. 2019. “Peningkatan Kemampuan Sosial Melalui Bermain Kartu Estafet Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3(2):440.

Poerwati, Christiani Endah and I. Made Elia Cahaya. 2018. “Project-Based Drawing Activities in Improving Social-Emotional Skills of Early Childhood.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2(2):183.

Suharsimi arikunto, suhardjono dan supardi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Suryono, Hassan. 2014. Metode Analisis Statistik. Jakarta: Ombak.


Article Metrics

 Abstract Views : 164 times
 PDF Downloaded : 51 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.