Penerapan Model Inkuiri dalam Meningkatkan Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 013 Tampan Pekanbaru

Musnar Indra Daulay(1Mail),
(1) Prodi PG-PAUD STKIP Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2016 Musnar Indra Daulay

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.48

Full Text:    Language : id
Submitted : 2018-07-14
Published : 2016-06-10

Abstract


Masalah kualitas pembelajaran IPS di Sekolah Dasar telah lama diperbincangkan. Hal ini menjadi satu syarat bahwa pendidik perlu melakukan inovasi untuk memperbaiki pembelajaran baik yang menyangkut proses maupun hasil. Penelitian dengan judul â€Penerapan Model Inkuiri dalam Meningkatkan Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 013 Tampan Pekanbaruâ€Â  ini merupakan salah satu realisasi dari upaya tersebut. Penelitian ini menawarkan alternatif model yang berorientasi pada model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Proses penerapan model dalam penelitian ini berfokus pada lima langkah yaitu: (1) membina suasana responsif, (2) mengemukakan permasalahan, (3) pertanyaan- pertanyaan siswa (4) merumuskan hipotesa (5) menguji hipotesa. Berdasarkan fokus tersebut penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Prosedur Penelitian ini mengacu pada Kemmis Targant dalam bentuk siklus. Pada setiap siklus terdiri dari 4 kegiatan pokok yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian tindakan ini mampu  mengembangkan suatu  model pembelajaran sesuai kurikulum yang berlaku dan sesuai pula dengan kondisi lapangan. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa model inkuiri terbimbing merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat mengembangkan aktivitas belajar siswasehingga proses dan hasil belajar siswa akan lebih baik. Oleh karena itu pembelajaran IPS dengan menggunakan model inkuiri terbimbing cukup efektif untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa sekolah dasar. Pada akhirnya penelitian ini merekomendasikan agar dalam proses pembelajaran yang menantang dan menyenangkan siswa, melatih keterampilan siswa dalam pemecahan masalah, rasa ingin tahu dan motivasi belajar siswa lebih merasa tertantang untuk membantu, melayani dan mendorong siswa untuk lebih aktif dalam kegiatan belajar.

Keywords


penerapan inkuiri; pembelajaran IPS

References


Asmaulkhair. (2000) Peningkatan Kinerja Guru Dalam Mengembangkan Bahan Ajar Melalui Model Inkuiri Pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Tesis tidak diterbitkan.

Bank James. (1990) Teaching Social Studies in Secondary Schools. Mc. Millian Publishing Co. Inc. New York.

Basri Yusman.( 1996). Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD Kelas IV; Jakarta. Depdikbud

Dahlan M.D. (1984) Model-model Mengajar. Bandung

Engkos Koswara.(1995) Mimbar Penelitian. Depdikbud: Lembaga Penelitian IKIP Bandung

Gunawan. (1996) Peningkatan Mutu Proses Belajar Mengajar Sekolah Dasar. Bandung: CV Siger Tengah

Hasan Hamid.(1996) Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial Buku 1 dan 2 IPS. IKIP Bandung

Hasan. (1998) Petunjuk Guru Ilmu Pengetahuan Sosial 3 SD Kelas IV. Jakarta Depdikbud

Jarolimek. John (1993) Social Studies in Elementary Education (9th Ed.) New York Mc. Millan Publishing Co. Ltd.

Kosasih Djahiri (1984) Pengajaran Studi Sosial / IPS Dasar-dasar Pengertian Metodologi Model Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial. LPPP-IPS: FKIS-IKIP Bandung

Komara. (2002). Strategi Belajar Tuntas di Sekolah Dasar. Bandung.CV Media Imtaq

Kasihani Kasbolah.(1998) Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Malang Depdikbud- Dirjen PT. Proyek PSD.

Koesnadi.(2003). Pengembangan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Model Inkuiri Dalam pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Tesis:tidak diterbitkan.

Moediono.(1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia.Depdikbud;PT. Balai Pustaka

Meleong J/ Lexy (2000) Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda karya Muslim Asep. (2003). Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: CV Fokus Media

Mulyasa E. (2001) Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan di Sekolah Dasar. Bandung; CV Geger Sunten

Sumaatmaja. Nursid.( 1984). Metodologi Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung; PT. Alumni

Schunke.GM. (1988). Elementary Social Studies: Knowing, Doing, Caring. New York Mc. Millan Publishing Co. Ltd.

Suarna Al Muchtar. (1991) Pengembangan Kemampuan Berpikir dan Nilai Dalam Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Disertasi Fakultas Pasca Sarjana IKIP Bandung.

S. Djojo. (1992) Pendidikan IPS I Jakarta: Depdikbud

Soekamto (1997). Teori Belajar dan Model-model Pembelajaran. Jakarta; PAUPPAI

Somantri Nurman (2001) Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung.


Article Metrics

 Abstract Views : 126 times
 PDF Downloaded : 118 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.