Brain Based Learning Efektif Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Konsep Bilangan Anak Usia Dini

Putri Setyaningtyas(1Mail), Harun Harun(2),
(1) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
(2) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Putri Setyaningtyas

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.479

Full Text:    Language : ID
Submitted : 2020-02-25
Published : 2020-03-24

Abstract


Pengetahuan matematika awal khususnya konsep bilangan bagi anak usia dini sangat penting, karena nantinya dapat membantu anak memecahkan masalah di dalam kehidupan sehari-harinya. Tujuan penelitian ini menguji efektivitas brain based learning (BBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah konsep bilangan pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif quasi eksperimen dengan nonequivalent groups pretest-posttest control design. Sampel sejumlah 42 anak yang berusia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data berupa tes yang disesuaikan dengan karakter anak usia dini. Pengujian hipotesis menggunkan statistik parametrik, kemudian dihitung menggunakan independent sample t-test dan ANOVA test, (ρ<0,05).  Hasil analisis data menunjukkan, Pertama, hasil kelompok eksperimen melampaui hasil kelompok kontrol dalam keseluruhan komponen pemecahan masalah konsep bilangan. Kedua, adanya peningkatan nilai kelompok eksperimen pada saat post-test. Ketiga, BBL memberikan efek yang besar pada keseluruhan komponen. Oleh karena itu, BBL sangat tepat diterapkan dalam pembelajaran yang berkaitan dengan kognitif seperti pemecahan masalah konsep bilangan.


Keywords


brain based learning; pemecahan masalah; konsep bilangan; pendidikan; kognitif; anak usia dini.

References


Astuti. (2016). Peningkatakan kemampuan anak mengenal konsep bilangan melalui permainan kartu angka di kelompok B TK Aisyiyah Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya. Jurnal PAUD Tambusai, 2(1), 90–99. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.63

Blake, S., Hurley, S., & Arenz, B. (1995). Mathematical problem solving and young children. Early Childhood Education Journal, 23(2), 81–84. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/BF02353397

Chamidiyah. (2015). Pembelajaran melalui brain based learning dalam pendidikan anak usia dini. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(2), 279–300. Retrieved from http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v10i2.795

Cohen, J. (1988). Statistical Power Analysis for the Behavioral Sciences Second Edition. https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9780203771587

Fauziddin, M. (2015). Peningkatan kemampuan matematika anak usia dini melalui permainan jam pintar di taman kanak-kanak pembina kec. Bangkinang Kota. Jurnal PAUD Tambusai, 1(1), 49–54. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.55

Haghighi, M. (2013). The effect of brain- based learning on Iranian EFL achievement and retention. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 70, 508–516. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.01.088

Hudojo, H. (1988). Mengajar belajar matematika. Jakarta: Depdikbud.

Jensen, E. (2008). Brain-based learning: The new paradigm of teaching. Corwin Press.

Khalil, A. H., El-nagar, B. E. E., & Awad, M. A. E. (2019). The effect of brain-based learning on developing some speaking skills of Egyptian EFL Secondary School Students. International Journal of Environmental and Science Education, 14(3), 103–116. Retrieved from http://www.ijese.net/makale_indir/2107

Maloney, E. A., Schaeffer, M. W., & Beilock, S. L. (2013). Mathematics anxiety and stereotype threat : shared mechanisms , negative consequences and promising interventions. Research in Mathematics Education, 15(2), 115–128. https://doi.org/10.1080/14794802.2013.797744

Piaget, J. (1977). Problems of equilibration (Topics in; M. H. Appel & L. S. Goldberg, eds.). Retrieved from https://doi.org/10.1007/978-1 4613-4175-8_1

Polonsky, L., Freedman, D., Lesher, S., & Morrison, K. (1995). Math for the very young: A handbook of ac-tivities for parents and teachers. New York: Wiley.

Ramirez, G., Gunderson, E. A., Levine, S. C., & Beilock, S. L. (2013). Math anxiety , working memory , and math achievement in early elementary school math anxiety , working memory , and math achievement in early elementary school. Journal of Cognition and Develop-Ment, 14(2), 187–202. https://doi.org/10.1080/15248372.2012.664593

Rianti, W. (2016). Meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui permainan tata angka pada anak usia dini. Jurnal PAUD Tambusai, 2(2), 36–42. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.40

Ruseffendi. (1988). Pengantar kepada membantu guru mengem-bangkan kompetensinya dalam pengajaran matematika untuk meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Santoso, A. (2010). Studi deskriptif effect size penelitian-penelitian di fakultas psikologi Universitas Sanata Dharma. Jurnal Penelitian, 14(1), 1–17.

Smith, A. M., Cotton, T., Hansen, A., & Price, A. J. (2018). Mathematics in Early Years Education (fourth). Retrieved from http://93.174.95.29/main/2229000/b9f2c192a3abd0135b58472d72ee3938/Ann Monta-gue-Smith%2C Tony Cotton%2C Alice Hansen%2C Alison J. Price - Mathematics in Early Years Education-Routledge %282017%29.pdf

Tüfekçi, S., & Demirel, M. (2009). The effect of brain based learning on achievement, retention, attitude and learning process. Procedia Social and Behavioral Sciences, 1(1), 1782–1791. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2009.01.316

Xin, Y. P., Wiles, B., & Lin, Y. (2008). Teaching conceptual model-based word problem story grammar to enhance. The Journal of Special Education, 42(3), 163–178. Retrieved from https://doi.org/10.1177/0022466907312895


Article Metrics

 Abstract Views : 70 times
 PDF Downloaded : 19 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.