Author
Siti Wahyuningsih(1), Upik Elok Endang Rasmani(2), Bambang Winarji(3), Jumiatmoko Jumiatmoko(4), Nurul Shofiatin Zuhro(5), Anjar Fitrianingtyas(6), Novita Eka Nurjanah(7),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia(3)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia(4)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia(5)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia(6)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia(7) Corresponding Author PDF Full Text [File Size: 463KB]
Published : 2023-08-30
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 876 times PDF Downloaded: 925 timesAbstract
Kemandirian merupakan kondisi dimana seorang individu dapat berdiri sendiri dan tidak bergantung kepada orang lain. Sikap ini perlu ditanamkan kepada semua orang tak terkecuali anak usia dini. Masa ini merupakan masa pondasi anak untuk menerima stimulasi dari luar sebagai bekal menghadapi kesulitan dimasa mendatang. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru untuk membentuk perilaku kemandirian anak sesuai dengan kurikulum merdeka yaitu melalui kegiatan metode proyek. Fakta dilapangan didapat kurangnya kemampuan kemandirian anak didalam kelas ditunjukkan dengan anak belum berani dalam mengungkapkan pendapat maupun melakukan perintah guru pada saat pembelajaran didalam kelas. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pembelajaran metode proyek dapat menjadi salah satu strategi dalam membentuk kemandirian anak usia dini. Penelitian ini dilaksanakan selama 6 bulan melalui pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer dan sekunder dengan analisis Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode proyek menjadi strategi yang mudah dilaksanakan bagi guru dalam membentuk kemandirian anak usia dini melalui kegiatan pembelajaran yang kreatif, dan menyenangkan bagi anak didalam kelas.
Keywords
References
Agustiana, R. (2018). Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Melalui Metode Proyek Pada Anak Kelompok B Di Tk Sayang Bunda Kelurahan Pijoan. Journal of Materials Processing Technology (2018) 1(1) 1-8. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/7560/pdf
Amelia, N., & Aisya, N. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Dan Penerapannya Pada Anak Usia Dini Di Tkit Al-Farabi. Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.24952/alathfal.v1i2.3912
Ardoin, N. M., & Bowers, A. W. (2020). Early childhood environmental education: A systematic review of the research literature. In Educational Research Review (Vol. 31). https://doi.org/10.1016/j.edurev.2020.100353
Astuti, S. R. T., Khasanah, I., & Yoestini, Y. (2020). Study of impulse buying on Instagram users in Indonesia. Diponegoro International Journal of Business, 3(1), 47–54. https://doi.org/10.14710/dijb.3.1.2020.47-54
Ayi Teiri Nurtiani, & Miftahul Rahma. (2020). Efektivitas Penerapan Metode Proyek Untuk Menstimulasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Kelompok B1 Tk Tahfizh Anak Bangsa Banda Aceh. Jurnal Buah Hati. https://doi.org/10.46244/buahhati.v7i1.935
Cahyaningrum, D. E. (2023). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka di Lembaga PAUD.
Chairilsyah, D. (2019). Analisis Kemandirian Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v3i01.3351
Hasbi, M., Nugraha, A., Mumpuni, N. D., Mudarwan, Warsito, I. H., Koesomawardani, L., & Widiyawati, E. (2020). Konsep Pembelajaran Coding serta Peran PTK, Orang Tua, Mitra dan Komunitas dalam Penerapan Pembelajaran Coding di Satuan PAUD. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Izza, H. (2020). Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini melalui Metode Proyek. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.483
Jimenez‐Gomez, C., Haggerty, K., & Topçuoǧlu, B. (2021). Wearable activity schedules to promote independence in young children. Journal of Applied Behavior Analysis, 54(1), 197–216. https://doi.org/10.1002/jaba.756
Magta, M., Ujianti, P. R., & Permatasari, E. D. (2019). Pengaruh metode proyek terhadap kemampuan. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(2), 212–220.
Mayasari, D., Istirahayu, I., & Mawarni, K. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini Di TK Negeri Pembina Singkawang Timur. Journal of Educational Review and Research. https://doi.org/10.26737/jerr.v3i2.2155
Miles, B. M., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis (H. Salmon, Ed.; 3rd ed.). SAGE Publication.
Musfiroh, T. (2018). Pengembangan kecerdasan majemuk. universitas Terbuka.
Nadila, P. (2021). Pentingnya melatih problem solving pada anak usia dini melalui bermain. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v21i1.965
Nuryatmawati, ‘Azizah Muthi,’ & Fauziah, P. (2020). Pengaruh Pola Asuh Permisif Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2). https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pedagogi/article/view/5286
Oktaviani, D. A., & Dimyati, D. (2021). Penerapan PAUD Holistik Integratif pada Masa PandemiCovid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1870–1882. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.995
Pangastuti, R., Pratiwi, F., Fahyuni, A., & Kammariyati, K. (2020). Pengaruh Pendampingan Orangtua Terhadap Kemandirian dan Tanggung Jawab Anak Selama Belajar dari Rumah. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 2(2), 132–146. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i2.727
Patiung, D., Marjani, B., & Dkk. (2019). Meningkatkan Jumlah Peserta Didik Pada Satuan Paud. NANAEKE: Indonesia Journal of Early Childhood Education, 2, 129–134.
Pentury, H. J., & Anggraeni, A. D. (2022). E-Literasi Dalam Mengembangkan Pedagogi Kreatif Guru PAUD. Research and Development Journal of Education. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11298
Przybysz-Zaremba, M., & Kołodziejski, M. (2017). Project Method in Educational Practice. University Review, 11(4), 26–32.
Retnaningsih, L. E., & Khairiyah, U. (2022). Kurikulum merdeka pada pendidikan anak usia dini. SELING Jurnal Program Studi PGRA, 8(1), 143–158.
Rizkyani, F., Adriany, V., & Syaodih, E. (2020). Kemandirian Anak Usia Dini Menurut Pandangan Guru Dan Orang Tua. Edukid. https://doi.org/10.17509/edukid.v16i2.19805
Sa’diyah, R. (2017). Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. Kordinat: Jurnal Komunikasi antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16(1), 31–46. https://doi.org/10.15408/kordinat.v16i1.6453
Sany, S. N., Suyanta, I. W., & Lestiawati, I. M. (2022a). Penanaman Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun Berbasis Metode Proyek Di Paud Vidya Karuna Kota Denpasar. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.25078/pw.v7i2.1763
Sari, D. R., & Rasyidah, A. Z. (2020). Peran Orang Tua Pada Kemandirian Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v3i1.441
Sutrio, Sahidu, H., Harjono, A., Hikmawati, & Verawati, N. N. S. P. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Pembelajaran Berbasis Proyek bagi Guru-Guru SD di Kota Mataram. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia. https://jpfis.unram.ac.id/index.php/jpmsi/article/view/158
Syaodih, E., Setiasih, O., Romadona, N. U. R. F., & Handayani, H. (2018). Pengembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia Dini dalam Pembelajaran Proyek di Taman Kanak-Kanak. JPUD: Jurnal Pendidikan Usia Dini. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/6574https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/6574
Tani, J. (2020b). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemandirian Anak.
Witarsa, R. (2016). Pengaruh Perilaku Inisiatif Terhadap Kesuksesan Akademik Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/312
Wulandari, A., & Suparno, S. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Karakter Kerjasama Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.448
Refbacks
- There are currently no refbacks.