- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Impresi Permainan Edukatif atas Kecerdasan Spiritual untuk Putra-Putri Rentang Usia 5-6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4767Keywords:
kecerdasan spiritual, alat permainan edukatif, penelitian tindakanAbstract
Salah satu fungsi dari pengembangan kecerdasan spiritual adalah kesadaran anak atas eksitensi dirinya, kekurangannya, serta kelebihan, guna menuju pribadi dengan kesehatan fisik dan mental yang baik di masa depan. Tujuan penelitian yakni mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran melalui media permainan ular tangga dengan tema Islami untuk meningkatkan kecerdasan spiritual anak kelompok B RA Uniq Pekanbaru, Riau. Subjek penelitian 15 anak rentang usia 5-6 tahun. Metode penelitian menggunakan studi tindakan model Kemmis dan Mc. Taggart, dengan teknik pengumpulan data dengan instrumen non-tes: observasi, catatan lapangan, dan wawancara. Penelitian ini berjalan dengan dua siklus, siklus pertama mencakup empat kali tatap muka dan siklus kedua dengan tiga kali tatap muka. Analisis data dilakukan secara mix method antara kualitatif dan kuantitatif. Hasil riset menunjukkan adanya perubahan kecerdasan spiritual anak melalui alat permainan edukatif ular tangga bertema islami dengan rata-rata skor kecerdasan spritual anak pada pra-siklus sebesar 36,07 mengalami peningkatan pada siklus pertama sebesar 62,86 dan pada siklus kedua sebesar 72. Disarankan bagi guru dan peneliti selanjutnya agar mengembangkan ular tangga bertema Islami untuk optimalisasi aspek perkembangan anak lainnya.
Downloads
References
Abidin, A. . (2019). Pengaruh Penerapan Kegiatan Keagamaan di Lembaga Pendidikan Formal Terhadap Peningkatan Kecerdasan Spiritual Anak. AN-NISA: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 12(1), 570–582. https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/annisa/article/view/452
Azzet, A. . (2019). Mengembangkan kecerdasan spiritual bagi anak. Katahati.
Cahyati Ngaisah, N., Aulia, R., & Nisa Fadillah, C. (2023). Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Melalui Pembiasaan Puasa Ramadhan Sejak Dini. Jurnal Pendidikan Anak; Bunaya, 9(1), 26–37. https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/208/181.
Damayanti, U. . (2019). Pengembangan Kecerdasan Spiritual Anak Melalui Pembelajaran dengan Penerapan Nilai Agama, Kognitif, dan Sosial-Emosional: Studi Deskriptif Penelitian di Raudhatul Athfal Al-Ihsan Cibiru Hilir. Syifa Al-Qulub: Jurnal Studi Psikoterapi Sufistik, 3(2), 65–71. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/syifa-al-qulub/article/view/4322
Elfiah, R. (2014). Mengembangkan potensi kecerdasan spiritual anak usia dini implikasi bimbingannya developing the potency of spiritual intelligence of early children early implications its guidance. Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 01(1), 95–103. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/konseli/article/view/1450
Hafidz, N., & Rachmy, R. D. (2021). Mengasah Kecerdasan Spiritual Melalui Aktivitas Berdoa pada Anak Usia Dini. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(4), 59. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i4.444
Handayani, I. ., & Irawan, D. (2022). Metode Pengembangan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini Telaah Pemikiran Abdullah Nashih Ulwan. Jurnal Ilmiah Ar-Risalah: Media Ke-Islaman, Pendidikan Dan Hukum Islam, 20(1), 113–132. https://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/arrisalah/article/view/1267
Harita, N., & Siburian, H. H. (2022). Pray, Praise and Worship: Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini. IMMANUEL: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 3(2), 104–118. https://doi.org/10.46305/im.v3i2.129
Indrayani, F., Yuzarion, Y., & Hidayah, N. (2021). Pentingnya Kecerdasan Spiritual bagi Self-Regulated Learning Siswa SMA. Jurnal Studia Insania, 9(1), 23. https://doi.org/10.18592/jsi.v9i1.4589
Ira, R. S. (2012). Upaya Meningkatkan kemampuan berhitung anak melalui Permainan Ular Tangga Di Kelompok B Tk Pertiwi Kepoh Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Universitas Muhammadiyah Surakarta. https://eprints.ums.ac.id/21539
Islamy, M. R. F. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Religius Serial Film Nusa dan Rara dalam Pembentukan Karakter pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3515–3523. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1704
Nisa, T., & Suryani, I. (2015). Meningkatan Keaktifan Berbicara Dan Kemampuan Matematika Anak Melalui Media Ular Tangga. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 2(1), 56-64. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v2i1.1820.https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v2i1.1820.
Noor, T. R., & Astutik, E. (2019). RODA (Rotating Education Game) Sebagai Media Pembelajaran Untuk Menanamkan Sikap Disiplin Pada Anak Usia Dini. ASSABIQUN, 1(2), 1–16. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/assabiqun/article/view/298
Permadi, K. S., Dewi, P. Y. A., Sastrawan, K. B., & Primayana, K. H. (2020). Pengembangan Kecerdasan Spiritual Anak Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 179. https://doi.org/10.55115/edukasi.v1i2.923
Purwaningsih, C., & Syamsudin, A. (2022). Pengaruh Perhatian Orang tua, Budaya Sekolah, dan Teman Sebaya Terhadap Karakter Religius Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2439–2452. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2051
Rifai, A. (2018). Peran Orang Tua Dalam Membina Kecerdasan Spiritual. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 1(2), 257–291. https://ejournal.stit-ru.ac.id/index.php/raudhah/article/view/46
S. Morad, S., Wantu, T., & Kasan, I. A. (2023). Keharmonisan Keluarga dan Hubungannya dengan Kecerdasan Spiritual pada Siswa. Student Journal of Guidance and Counseling, 2(2), 119–133. https://doi.org/10.37411/sjgc.v2i2.2148
Sa’adah, L. (2020). Pengembangan Kecerdasan Spiritual Anak Telaah Novel Hafalan Shalat Delisa serta Implikasinya dalam Pendidikan Islam. IAIN Kudus. http://repository.iainkudus.ac.id/4421
Sabiq, Z. (2012). Kecerderdasan Emosi, Kecerdasan Spiritual dan Perilaku Prososial Santri Pondok Pesantren Nasyrul Ulum Pamekasan. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.30996/persona.v1i2.21
Saputra, D. . (2017). Perkembangan Spiritual Remaja SMA Dharma Putra. Jurnal Psikologi, 15(2), 60–67. https://jpsikologi.esaunggul.ac.id/index.php/JPSI/article/view/3
Saputra, M. A. (2016). Penanaman Nilai-Nilai Agama Pada Anak Usia Dini Di RA DDI Addariyah Kota Palopo. Al-Qalam, 20(2), 197–210. http://jurnalalqalam.or.id/index.php/Alqalam/article/view/190
Saputra, R., & Barikah, A. (2021). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual dengan Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(1), 60. https://doi.org/10.31602/rjpo.v4i1.4985
Sofiyah, S. (2019). Kecerdasan Spiritual Anak; Dimensi, Urgensi dan Edukasi. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 9(2), 219–237. https://doi.org/10.54180/elbanat.2019.9.2.219-237
Susetya, P. D. ., & Zulkarnaen, M. . (2022). Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Nilai Agama Moral pada Anak Usia Dini. Universitas Muhammadiyah Surakarta. https://eprints.ums.ac.id/99878/7/NASKAH%20PUBLIKASI%20LENGKAP.pdf
Swastrini, K. ., Antara, P. ., Tirtayani, L. ., & Psi, S. (2016). Penerapan Bermain Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Kelompok B1 Di TK Widya Sesana Sangsit. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/7764
Syahbudin, R. (2022). Analysis of The Work Program of The Wahidiyah Childhood Development Agency in Internalizing Spiritual Intelligence A . Introduction. 21(1), 80–91. https://doi.org/10.29300/atmipi.v21.i1.8391
Syahnaz, A., Widiandari, F., & Khoiri, N. (2023). Konsep Kecerdasan Spiritual pada Anak Usia Sekolah Dasar. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 9(2), 868–879. https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/493
Weningtyastuti, K. (2020). Pengaruh Alat Permainan Edukatif Terhadap Kecemasan Praoperasi Pada Anak Usia Sekolah Di Rs Pku Muhammadiyah Gamping. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/2530/
Yuliya, Y., Nurhayati, S., & Andrisyah, A. (2020). Meningkatkan kecerdasan spiritual anak usia dini melalui peran guru dengan menggunaan kartu huruf Hijaiyah di Paud Nurul Atfal Usia 5-6 Tahun. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(5), 385–393. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/4522
Zohar, D., & Marshall, I. (2007). SQ - Kecerdasan Spiritual. Mizan Pustaka.