
Author
Ainun Nafisah(1), Septi Yulisetiani(2

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Sebelas Maret, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Sebelas Maret, Indonesia(2)

Published : 2023-12-17
Article can trace at:







Article Metrics
Abstract Views: 502 times
PDF Downloaded: 268 times
Abstract
Kemampuan membaca permulaan sangat penting dimiliki oleh peserta didik sekolah dasar untuk memahami dan menguasai materi pembelajaran di tahap selanjutnya, serta meyuarakan teks tulisan dengan aksen yang tepat. Namun, kemampuan tersebut masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan kesulitan yang dihadapi guru saat mengajar membaca permulaan anak-anak di sekolah dasar. Penelitian ini penting dilakukan karena untuk mengetahui masalah membaca permulaan dan kebutuhan model pembelajaran case method berbasis kontekstual lingkungan yang digunakan untuk mengoptimalkan kecakapan membaca permulaan Metode kualitatif fenomologi merupakan pendekatan penelitian yang digunakan. Partisipan penelitian ini adalah guru kelas I dan II sekolah dasar. Teknik pengambilan data yang dilakukan menggunakan wawancara. Model analisis model jalinan atau mengalir merupakan teknik analisis yang digunakan. Hasil penelitian ini adalah kesulitan peserta didik dalam membaca permulaan berupa kesulitan dalam mengidentifikasi huruf, mengeja, dan melafalkan fonem. Penelitian ini dapat berkontribusi dalam peningkatan kemampuan membaca permulaan, pengembangan kemampuan literasi, dan kemampuan abad 21.
Keywords
References
Abbas, N., Hartati, & Nurharini, A. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Aktif Team Assisted Individualization (TAI) Dalam Mengajarkan Keterampilan Membaca Permulaan Untuk Membangun Budaya Literasi Anak. Jurnal Abdimas, 19(1), 15–20. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/abdimas/article/view/4697
Antara, P. A., Ujianti, P. R., & Patissera, A. La. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak. Mimbar Ilmu, 24(2), 221. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21263
Aprilia, U. I., Fathurohman, & Purbasari. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 227–233. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i2.37266
Arini, N. W., Fatayan, A., Pranata, K., & Bachrudin, A. (2022). Efektifitas Metode Critical Thinking dalam Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan (MMP). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4705–4712. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2784
Aulia, L. S., & Munajah, R. (2021). Studi Deskriptif Membaca Permulaan Di Kelas Ib Sdn Pancoran 07 Pagi Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Dasar, 5(1), 67–76. https://doi.org/10.31326/jipgsd.v5i1.857
Aziz, A. R. (2016). Evaluation of Early Reading Teaching in Sd Negeri 2 Jangkrikan Wonosobo Using Evaluation Model CIPP. E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan, V(7), 258–264. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fiptp/article/view/5394
Darni. (2021). Penerapan Model “Stalakmid” untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Berita Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 5 Kabupaten Muara Jambi. Aksara : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 21–31. http://aksara.unbari.ac.id/index.php/aksara/article/view/228http://aksara.unbari.ac.id/index.php/aksara/article/view/228
Dilekçi, A., & Karatay, H. (2023). The effects of the 21st century skills curriculum on the development of students’ creative thinking skills. Thinking Skills and Creativity, 47(April 2022), 101229. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2022.101229
Ernalis, Syahrudin, D., & Abidin, Y. (2015). Optimalisasi Penerapan Model Pembelajaran Reading Aloud With Comprehension (RAC) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.17509/eh.v7i1.2783
Hapsari, E. D. (2019). Penerapan Membaca Permulaan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa. AKSARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 20(1), 10–24. https://doi.org/10.23960/aksara/v20i1.pp10-24
Harahap, E. P., & Yusra, H. (2022). Implementasi Pembelajaran Case Method Melalui Observasi-Investigasi Sebagai Pengembangan Bahan Ajar Dialogika Di Forum Kelas. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (JBIP), 4(1), 26–34. https://doi.org/10.34012/jbip.v4i1.2164
Hasibuan, S. (2019). Penggunaan Metode Sas Dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Sdn 106162 Medan Estate. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 9(2), 184–190. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v9i2.13712
Helminsyah, H., Mardhatillah, M., & Oyani, D. (2020). Effect of Learning Methods Assisted By Sas (Synthetic Analytical Structures) With Letter Card Media on Participants’ Beginning Reading Ability Students At Primary School 49 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Teunuleh, 1(2), 275–283. https://doi.org/10.51612/teunuleh.v1i2.45
Indrianty, D., Kurniawan, O., & Witri, G. (2017). Penerapan Metode SAS ( Struktural Analitik Sintetik ) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas I SDN 88 Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 72, 1–13. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/14255
Lestari, N. D. D., Ibrahim, M., Amin, S. M., & Kasiyun, S. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Menghambat Belajar Membaca Permulaan Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2611–2616. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1278
Mariyam, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas Ii Sdn 004 Teratak Buluh. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(2), 258. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i2.6831
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2019). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. In SAGE Publications (Fourth Edi). SAGE Publications. https://us.sagepub.com/en-us/nam/qualitative-data-analysis/book246128
Munthe, A. P., & Sitinjak, J. V. (2018). Manfaat Serta Kendala Menerapkan Flashcard Pada Pelajaran Membaca Permulaan. Jurnal Dinamika Pendidikan, 11(3), 210. https://doi.org/10.33541/jdp.v11i3.892
OECD. (2019). Program for International Student Assessment (PISA) Result from PISA 2018. https://www.oecd.org/pisa/publications/pisa-2018-results.htm
Oktaviyanti, I., Amanatulah, D. A., Nurhasanah, N., & Novitasari, S. (2022). Analisis Pengaruh Media Gambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5589–5597. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2719
Pratiwi, I. M., & Ariawan, V. A. N. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Membaca Permulaan Di Kelas Satu Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(1), 69–76. https://doi.org/10.17977/um009v26i12017p069
Rafika, N., Kartikasari, M., & Lestari, S. (2020). Analisis kesulitan membaca permulaan pada siswa sekolah dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar Volume, 2, 301–306. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.50
Rahmatika, P., Hartati, S., & Yetti, E. (2019). Metode Pembelajaran Mind Map dan Bercerita dengan Gaya Kognitif, Pengaruhnya terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 548. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.260
Rahmi, S. I., Kusuma, Y. Y., & Aprinawati, I. (2022). Improving Beginning Reading Skills Using Structural Analytic Synthetic ( SAS ) Methods in Elementary Schools. Jurnal Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(2), 2153–2160. https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/4520
Sakinah, R., Ramadhani, E., & Fakhrudin, A. (2022). Analisis Faktor Penghambat Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Journal On Teacher Education, 4(2), 594–602. https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.8558
Sinaga, E. S., Dhien, N., & Sumadi, T. (2022). Pengaruh Lingkungan Literasi di Kelas terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 279–287. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1225
Suggate, S., Pufke, E., & Stoeger, H. (2018). Do fine motor skills contribute to early reading development? Journal of Research in Reading, 41(1), 1–19. https://doi.org/10.1111/1467-9817.12081
Towell, J. L., Bartram, L., Morrow, S., & Brown, S. L. (2021). Reading to babies: Exploring the beginnings of literacy. Journal of Early Childhood Literacy, 21(3), 321–337. https://doi.org/10.1177/1468798419846199
van Laar, E., van Deursen, A. J. A. M., van Dijk, J. A. G. M., & de Haan, J. (2017). The relation between 21st-century skills and digital skills: A systematic literature review. Computers in Human Behavior, 72, 577–588. https://doi.org/10.1016/j.chb.2017.03.010
Watini, S. (2019). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 82. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111
Wayudi, M., -, S., & Santoso, B. (2020). Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Berdasarkan Self Regulated Learning Melalui Metode Guided Discovery Learning. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 9(2), 18–35. https://doi.org/10.24235/edueksos.v9i2.6329
Wijayanto, X. A., & Nurhajati, L. (2019). Framing Media Online atas Pemberitaan Isu Lingkungan Hidup Dalam Upaya Pencapaian Keberhasilan SDGs Indonesia. LUGAS Jurnal Komunikasi, 3(1), 14–23. https://doi.org/10.31334/ljk.v3i1.409
Refbacks
- There are currently no refbacks.