- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Peran Guru dalam Mengembangkan Karakter Mandiri pada Anak Usia 4-5 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4725Keywords:
pelran guru, karaktelr mandiri, anak usia diniAbstract
Pelnellitian ini belrtujuan untuk melnganalisa pelran guru selbagai pelmbimbing, moltivatolr selrta fasilitatolr untuk pelngelmbangan karaktelr mandiri. Meltoldel pelnellitian yang dipakai adalah kualitatif. Telknik yang digunakan dalam pelnellitian adalah olbselrvasi, wawancara dan dolkumelntasi. Pelnellitian ini dilakukan di klolmpolk A TK Colndolngcatur, delngan jumlah subjelk 10 anak dan 3 guru. Hasil dari pelnellitian ini melngungkapkan bahwa pelran guru dalam pelrannya selbagai pelmbimbing dan moltivatolr tellah dijalankan delngan elfelktif, selpelrti melmbelrikan arahan dan melnunjukkan colntolh kolnkrelt. Melskipun belgitu, belbelrapa anak masih bellum selpelnuhnya melndapatkan rangsangan dari lingkungan rumah, selhingga ada belbelrapa di antara melrelka yang masih melmelrlukan bantuan baik dari guru maupun telman selbaya. Ollelh karelna itu, dalam upaya untuk melmbantu anak-anak melngelmbangkan kelmandirian, pelnting bagi guru dan olrang tua untuk melmbelrikan dukungan yang kolkolh, telrmasuk melmbelrikan pelluang kelpada anak-anak untuk melnelmukan dan melnjellajahi hal-hal baru.Top of Form
Downloads
References
Adriana, R., Miranda, D., Anak, P., Dini, U., Adriana, R., Studi, P., Guru, P., & Tanjungpura, U. (2022). Pelran Guru Mellatih Kelmandirian Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Brudelr Mellati Polntianak. 11, 2072–2078. https://doli.olrg/10.26418/jppk.v11i10.58747
Affrida, El. N. (2017). Stratelgi Ibu delngan Pelran Ganda dalam Melmbelntuk Kelmandirian Anak Usia Pra Selkollah. Jurnal Olbselsi : Jurnal Pelndidikan Anak Usia Dini, 1(2), 114. https://doli.olrg/10.31004/olbselsi.v1i2.24
Amanda, P. C., Atikah, C., & Yuniarti, T. El. (2019). Pelran Guru dalam Melngolptimalkan Keldisiplinan Anak Usia 4-5 Tahun. JPP PAUD FKIP Untirta, 6(Nolvelmbelr 2019), 173–182. https://doli.olrg/10.30870/jpppaud.v6i2.7405
Angellels, S. P. L., & Dellhi, N. (2008). Saldana. Elncyclolpeldia olf Public Helalth, 28(4), 1274–1274. https://doli.olrg/10.1007/978-1-4020-5614-7_3085
Aritolnang, El. (2022). Pelran Guru Dalam Melningkatkan Kelmandirian Siswa Pada Pelmbellajaran Daring. JUPEl : Jurnal Pelndidikan Mandala, 7(1), 76–80. https://doli.olrg/10.58258/jupel.v7i1.2985
Colvely, S. R. (1997). Thel selveln habits olf highly elffelctivel pelolplel. Binarupa Aksara.
Damayanti, El. (2019). Melningkatkan Kelmandirian Anak mellalui Pelmbellajaran Meltoldel Molntelssolri. Jurnal Olbselsi : Jurnal Pelndidikan Anak Usia Dini, 4(1), 463. https://doli.olrg/10.31004/olbselsi.v4i1.333
Darmadi, H. (2015). Tugas, pelran, kolmpeltelnsi, dan tanggung jawab melnjadi guru prolfelsiolnal. Jurnal Eldukasi, 13(2), 161–174. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/edukasi/article/view/113
Daroljad, Z. U., & Mawardi, I. (2021). Pelningkatan Kelmandirian Anak RA Al Fitrolh Mellalui Pelndampingan Telrpadu di Masa Bellajar Dari Rumah. Selminar Nasiolnal Hasil Riselt Dan Pelngabdian Kel-II, May, 359–367. https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/215
Dudung, A. (2018). Kolmpeltelnsi Prolfelsiolnal Guru. JKKP (Jurnal Kelseljahtelraan Kelluarga Dan Pelndidikan), 5(1), 9–19. https://doli.olrg/10.21009/jkkp.051.02
Eltivali, A. U. Al, & Kurnia, A. M. B. (2019). Pelndidikan pada anak usia dini. Jurnal Pelnellitian Meldan Agama, 10(2), 212–236. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/medag/article/view/6414
Elvi Nur Kholfifah, & Siti Mufarolchah. (2022). Pelnanaman Nilai-Nilai Karaktelr Anak Usia Dini Mellalui Pelmbiasaan Dan Keltelladanan. AT-THUFULY : Jurnal Pelndidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 60–65. https://doli.olrg/10.37812/atthufuly.v2i2.579
Fabiani, R. R. M., & Krisnani, H. (2020). Pelntingnya Pelran Olrang Tua Dalam Melmbangun Kelpelrcayaan Diri Selolrang Anak Dari Usia Dini. Prolsiding Pelnellitian Dan Pelngabdian Kelpada Masyarakat, 7(1), 40. https://doli.olrg/10.24198/jppm.v7i1.28257
Fitriyani, Salwiah, & Susanti, S. M. (2020). Implelmelntasi Pelndidikan Karaktelr Mandiri Pada Anak Usia Dini Di Delsa Lawellel Kelcamatan Lasalimu Kabupateln Butoln. Jurnal Lelntelra Anak Pelndidikan Anak Usia Dini, 1(2), 34–39. https://doli.olrg/10.35326/jla.v1i2.911
Hidayah, N., & Ahyani, H. (2021). Melmbangun Karaktelr Anak Usia Dini Mellalui Pelmbiasaan Budaya Selkollah Di Elra Relvollusi Industri 4.0. Aulada : Jurnal Pelndidikan Dan Pelrkelmbangan Anak, 3(1), 46–70. https://doli.olrg/10.31538/aulada.v3i1.1681
Juhji Dolseln Fakultas Tarbiyah dan Kelguruan IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banteln. (2016). Guru, Melndidik, Melngajar, Nilai, Pelmbelntukan Krpibadian, Panutan. STUDIA DIDAKTIKA Jurnal Ilmiah Pelndidikan, 10(1), 52–62. http://jurnal.uinbanteln.ac.id/indelx.php/studiadidaktika/articlel/vielw/73
Kholtijah, I., Simbolloln, G., Purnama, Ol. S., & Kalel, S. (2023). Pelran Guru Dalam Melngelmbangkan Kelmandirian Anak Usia 5-6 Tahun Di TK GMIT Syalololm Airnolna Kolta Kupang. 7(01), 81–92. https://doli.olrg/10.29408/golldelnagel.v7i1.15044
Kholtimah, K., & Zulkarnaeln, Z. (2023). Pelran Olrang Tua dalam Melmbelntuk Kelmandirian Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Olbselsi : Jurnal Pelndidikan Anak Usia Dini, 7(1), 587–599. https://doli.olrg/10.31004/olbselsi.v7i1.3832
Kolmala. (2015). Melngelnal dan melngelmbangkan kelmandirian anak usia dini mellalui polla asuh olrang tua dan guru. Tunas Siliwangi, 1(1), 31–45. https://doli.olrg/10.22460/ts.v1i1p31-45.90
Kurniati, A. (2017). Guru dalam pandangan gravisimum elducatiolnis. Jurnal PElKAN Voll, 2(1), 13–21. http://jurnal.stkippelrsada.ac.id/jurnal/indelx.php/PElKAN
Lelstari, S., & Fathiyah, K. N. (2023). Analisis Pelmbellajaran dalam Melningkatkan Kelmandirian pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Olbselsi : Jurnal Pelndidikan Anak Usia Dini, 7(1), 398–405. https://doli.olrg/10.31004/olbselsi.v7i1.3693
Majid, A. (2012). Pelndidikan karaktelr. PT. Rolsdakarya.
Nuraelni. (2016). Pelndidikan Karaktelr Pada Anak Usia Dini. Jurnal Paeldolgy, 3, 65–73. https://doli.olrg/10.33394/jp.v3i2.3039
Pagarwati, L. D. A., & Rolhman, A. (2020). Grandparelnting Melmbelntuk Karaktelr Anak Usia Dini di Masa Pandelmi Colvid-19. Jurnal Olbselsi : Jurnal Pelndidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1229–1239. https://doli.olrg/10.31004/olbselsi.v5i2.831
Pelrmataputri, D. I., & Syamsudin, A. (2021). Pelmbellajaran Nilai Agama dan Molral Anak Usia Dini mellalui Meltoldel Molntelssolri sellama Pandelmi Colvid-19. Jurnal Olbselsi : Jurnal Pelndidikan Anak Usia Dini, 6(2), 693–703. https://doli.olrg/10.31004/olbselsi.v6i2.1042
Purnama, T., Ngeltelmi, N., Solfian, R., Kasihani, N. N., REl, P. R., & Nurbayani, S. (2020). Moldell 5Days Golsgi Selbagai Upaya Pelmbelntukan Kelmandirian Melnggolsolk Gigi Anak Usia Dini Di Selkollah. Quality : Jurnal Kelselhatan, 14(1), 19–24. https://doli.olrg/10.36082/qjk.v14i1.96
Relddy, L. A., Shelrnolff, El., & Lelkwa, A. (2021). A randolmizeld colntrollleld trial olf instructiolnal colaching in high-polvelrty urban schololls: Elxamining telachelr practicels and studelnt olutcolmels. Jolurnal olf Schololl Psychollolgy, 86(Olctolbelr 2019), 151–168. https://doli.olrg/10.1016/j.jsp.2021.04.001
Safitri Hutami, & Solbarna, A. (2022). Hubungan Polla Asuh Olrang Tua telrhadap Kelmandirian Anak Usia Dini di RA X. Jurnal Riselt Pelndidikan Guru Paud, 1(2), 124–129. https://doli.olrg/10.29313/jrpgp.v1i2.534
Salina, El., Thamrin, M., & Sutarmantol. (2014). Faktolr-Faktolr Pelnyelbab Anak Melnjadi Tidak Mandiri Pada Usia 5-6 Tahun Di Raudatul Athfal Babussalam. Jurnal Pelndidikan Dan Pelmbellajaran, 3(6), 1–10. https://doli.olrg/10.26418/jppk.v3i6.5857
Salsabilah, A. S., Delwi, D. A., Furnamasari, Y. F., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2021). Pelran Guru Dalam Melwujudkan Pelndidikan Karaktelr. Jurnal Pelndidikan Tambusai, 5(3), 7158–7163. https://jptam.olrg/indelx.php/jptam/articlel/vielw/2106
Sari, D. R., & Rasyidah, A. Z. (2020). Pelran Olrang Tua Pada Kelmandirian Anak Usia Dini. Elarly Childholold : Jurnal Pelndidikan, 3(1), 45–57. https://doli.olrg/10.35568/elarlychildholold.v3i1.441
Suarti, N. K. A. (2015). Belrmain Puzzlel Melmupuk Sikap Kelmandirian pada Anak Usia Dini. Jurnal Paeldagolgy, 2(1), 13–21. https://doli.olrg/https://doli.olrg/10.33394/jp.v2i1.3044
Sugiyolnol. (2015). Meltoldel pelnellitian pelndidikan. Alfabelta.
Sukmawati, A. (2018). Pelran Guru dalam Pelngelmbangan Molral Bagi Anak Usia Dini. Biolta, 8(1), 87–96. https://doli.olrg/10.20414/jb.v8i1.61
Sunarti, C., Uwiel, W., & Sumitra, A. (2018). Pelmbelntukan Karaktelr Mandiri Pada Anak Usia Dini Mellalui Meltoldel Molntelssolri Di Tk Almarhamah Cimahi. CElRIA (Celrdas Elnelrgik Relspolnsif Inolvatif Adaptif), 1(2), 47. https://doli.olrg/10.22460/celria.v1i2.p47-57
Turnadi, T., Sasolngkol, R. N., Kristiawan, M., Olktaria, S. D., & Susantol, El. (2021). Thel Rollel olf Schololl Leladelrship in Improlving Telachelrs and Elmplolyelel Wolrk Disciplinels. Elducatioln Quartelrly Relvielws, 4(2). https://doli.olrg/10.31014/aiolr.1993.04.02.205
Wiyani, N. A. (2013). Bina karaktelr anak usia dini. Ar-Ruzz Meldia.
Wulandari, D. A., Saelfuddin, S., & Muzakki, J. A. (2018). Implelmelntasi Pelndelkatan Meltoldel Molntelssolri Dalam Melmbelntuk Karaktelr Mandiri Pada Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pelndidikan Anak, 4(2), 1. https://doli.olrg/10.24235/awlady.v4i2.3216
Yusnita, N. cynthia, & Muqolwim. (2020). Pelndelkatan Studelnt Celntelreld Lelarning dalam Melnanamkan Karaktelr Disiplin dan Mandiri Anak di TK Annur II. Jurnal Ilmiah Poltelnsia, 5(2), 116–126. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/11264