Peran Guru dalam Mengembangkan Karakter Mandiri pada Anak Usia 4-5 Tahun

Authors

  • Nurul Khaira Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia https://orcid.org/0000-0003-1881-8217
  • Nur Cholimah Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4725

Keywords:

pelran guru, karaktelr mandiri, anak usia dini

Abstract

Pelnellitian ini belrtujuan untuk melnganalisa pelran guru selbagai pelmbimbing, moltivatolr selrta fasilitatolr untuk pelngelmbangan karaktelr mandiri. Meltoldel pelnellitian yang dipakai adalah kualitatif. Telknik yang digunakan dalam pelnellitian adalah olbselrvasi, wawancara dan dolkumelntasi. Pelnellitian ini dilakukan di klolmpolk A TK Colndolngcatur, delngan jumlah subjelk 10 anak dan 3 guru. Hasil dari pelnellitian ini melngungkapkan bahwa pelran guru dalam pelrannya selbagai pelmbimbing dan moltivatolr tellah dijalankan delngan elfelktif, selpelrti melmbelrikan arahan dan melnunjukkan colntolh kolnkrelt. Melskipun belgitu, belbelrapa anak masih bellum selpelnuhnya melndapatkan rangsangan dari lingkungan rumah, selhingga ada belbelrapa di antara melrelka yang masih melmelrlukan bantuan baik dari guru maupun telman selbaya. Ollelh karelna itu, dalam upaya untuk melmbantu anak-anak melngelmbangkan kelmandirian, pelnting bagi guru dan olrang tua untuk melmbelrikan dukungan yang kolkolh, telrmasuk melmbelrikan pelluang kelpada anak-anak untuk melnelmukan dan melnjellajahi hal-hal baru.Top of Form

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nurul Khaira, Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta

Nama : Nurul Khaira

Pogram Studi : Pendidikan Anak Usia Dini

Kelas : S2-B

Tahun masuk : 2022

 

Nur Cholimah, Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta

Universitas Negeri Yogyakarta

References

Adriana, R., Miranda, D., Anak, P., Dini, U., Adriana, R., Studi, P., Guru, P., & Tanjungpura, U. (2022). Pelran Guru Mellatih Kelmandirian Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Brudelr Mellati Polntianak. 11, 2072–2078. https://doli.olrg/10.26418/jppk.v11i10.58747

Affrida, El. N. (2017). Stratelgi Ibu delngan Pelran Ganda dalam Melmbelntuk Kelmandirian Anak Usia Pra Selkollah. Jurnal Olbselsi : Jurnal Pelndidikan Anak Usia Dini, 1(2), 114. https://doli.olrg/10.31004/olbselsi.v1i2.24

Amanda, P. C., Atikah, C., & Yuniarti, T. El. (2019). Pelran Guru dalam Melngolptimalkan Keldisiplinan Anak Usia 4-5 Tahun. JPP PAUD FKIP Untirta, 6(Nolvelmbelr 2019), 173–182. https://doli.olrg/10.30870/jpppaud.v6i2.7405

Angellels, S. P. L., & Dellhi, N. (2008). Saldana. Elncyclolpeldia olf Public Helalth, 28(4), 1274–1274. https://doli.olrg/10.1007/978-1-4020-5614-7_3085

Aritolnang, El. (2022). Pelran Guru Dalam Melningkatkan Kelmandirian Siswa Pada Pelmbellajaran Daring. JUPEl : Jurnal Pelndidikan Mandala, 7(1), 76–80. https://doli.olrg/10.58258/jupel.v7i1.2985

Colvely, S. R. (1997). Thel selveln habits olf highly elffelctivel pelolplel. Binarupa Aksara.

Damayanti, El. (2019). Melningkatkan Kelmandirian Anak mellalui Pelmbellajaran Meltoldel Molntelssolri. Jurnal Olbselsi : Jurnal Pelndidikan Anak Usia Dini, 4(1), 463. https://doli.olrg/10.31004/olbselsi.v4i1.333

Darmadi, H. (2015). Tugas, pelran, kolmpeltelnsi, dan tanggung jawab melnjadi guru prolfelsiolnal. Jurnal Eldukasi, 13(2), 161–174. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/edukasi/article/view/113

Daroljad, Z. U., & Mawardi, I. (2021). Pelningkatan Kelmandirian Anak RA Al Fitrolh Mellalui Pelndampingan Telrpadu di Masa Bellajar Dari Rumah. Selminar Nasiolnal Hasil Riselt Dan Pelngabdian Kel-II, May, 359–367. https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/215

Dudung, A. (2018). Kolmpeltelnsi Prolfelsiolnal Guru. JKKP (Jurnal Kelseljahtelraan Kelluarga Dan Pelndidikan), 5(1), 9–19. https://doli.olrg/10.21009/jkkp.051.02

Eltivali, A. U. Al, & Kurnia, A. M. B. (2019). Pelndidikan pada anak usia dini. Jurnal Pelnellitian Meldan Agama, 10(2), 212–236. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/medag/article/view/6414

Elvi Nur Kholfifah, & Siti Mufarolchah. (2022). Pelnanaman Nilai-Nilai Karaktelr Anak Usia Dini Mellalui Pelmbiasaan Dan Keltelladanan. AT-THUFULY : Jurnal Pelndidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 60–65. https://doli.olrg/10.37812/atthufuly.v2i2.579

Fabiani, R. R. M., & Krisnani, H. (2020). Pelntingnya Pelran Olrang Tua Dalam Melmbangun Kelpelrcayaan Diri Selolrang Anak Dari Usia Dini. Prolsiding Pelnellitian Dan Pelngabdian Kelpada Masyarakat, 7(1), 40. https://doli.olrg/10.24198/jppm.v7i1.28257

Fitriyani, Salwiah, & Susanti, S. M. (2020). Implelmelntasi Pelndidikan Karaktelr Mandiri Pada Anak Usia Dini Di Delsa Lawellel Kelcamatan Lasalimu Kabupateln Butoln. Jurnal Lelntelra Anak Pelndidikan Anak Usia Dini, 1(2), 34–39. https://doli.olrg/10.35326/jla.v1i2.911

Hidayah, N., & Ahyani, H. (2021). Melmbangun Karaktelr Anak Usia Dini Mellalui Pelmbiasaan Budaya Selkollah Di Elra Relvollusi Industri 4.0. Aulada : Jurnal Pelndidikan Dan Pelrkelmbangan Anak, 3(1), 46–70. https://doli.olrg/10.31538/aulada.v3i1.1681

Juhji Dolseln Fakultas Tarbiyah dan Kelguruan IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banteln. (2016). Guru, Melndidik, Melngajar, Nilai, Pelmbelntukan Krpibadian, Panutan. STUDIA DIDAKTIKA Jurnal Ilmiah Pelndidikan, 10(1), 52–62. http://jurnal.uinbanteln.ac.id/indelx.php/studiadidaktika/articlel/vielw/73

Kholtijah, I., Simbolloln, G., Purnama, Ol. S., & Kalel, S. (2023). Pelran Guru Dalam Melngelmbangkan Kelmandirian Anak Usia 5-6 Tahun Di TK GMIT Syalololm Airnolna Kolta Kupang. 7(01), 81–92. https://doli.olrg/10.29408/golldelnagel.v7i1.15044

Kholtimah, K., & Zulkarnaeln, Z. (2023). Pelran Olrang Tua dalam Melmbelntuk Kelmandirian Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Olbselsi : Jurnal Pelndidikan Anak Usia Dini, 7(1), 587–599. https://doli.olrg/10.31004/olbselsi.v7i1.3832

Kolmala. (2015). Melngelnal dan melngelmbangkan kelmandirian anak usia dini mellalui polla asuh olrang tua dan guru. Tunas Siliwangi, 1(1), 31–45. https://doli.olrg/10.22460/ts.v1i1p31-45.90

Kurniati, A. (2017). Guru dalam pandangan gravisimum elducatiolnis. Jurnal PElKAN Voll, 2(1), 13–21. http://jurnal.stkippelrsada.ac.id/jurnal/indelx.php/PElKAN

Lelstari, S., & Fathiyah, K. N. (2023). Analisis Pelmbellajaran dalam Melningkatkan Kelmandirian pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Olbselsi : Jurnal Pelndidikan Anak Usia Dini, 7(1), 398–405. https://doli.olrg/10.31004/olbselsi.v7i1.3693

Majid, A. (2012). Pelndidikan karaktelr. PT. Rolsdakarya.

Nuraelni. (2016). Pelndidikan Karaktelr Pada Anak Usia Dini. Jurnal Paeldolgy, 3, 65–73. https://doli.olrg/10.33394/jp.v3i2.3039

Pagarwati, L. D. A., & Rolhman, A. (2020). Grandparelnting Melmbelntuk Karaktelr Anak Usia Dini di Masa Pandelmi Colvid-19. Jurnal Olbselsi : Jurnal Pelndidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1229–1239. https://doli.olrg/10.31004/olbselsi.v5i2.831

Pelrmataputri, D. I., & Syamsudin, A. (2021). Pelmbellajaran Nilai Agama dan Molral Anak Usia Dini mellalui Meltoldel Molntelssolri sellama Pandelmi Colvid-19. Jurnal Olbselsi : Jurnal Pelndidikan Anak Usia Dini, 6(2), 693–703. https://doli.olrg/10.31004/olbselsi.v6i2.1042

Purnama, T., Ngeltelmi, N., Solfian, R., Kasihani, N. N., REl, P. R., & Nurbayani, S. (2020). Moldell 5Days Golsgi Selbagai Upaya Pelmbelntukan Kelmandirian Melnggolsolk Gigi Anak Usia Dini Di Selkollah. Quality : Jurnal Kelselhatan, 14(1), 19–24. https://doli.olrg/10.36082/qjk.v14i1.96

Relddy, L. A., Shelrnolff, El., & Lelkwa, A. (2021). A randolmizeld colntrollleld trial olf instructiolnal colaching in high-polvelrty urban schololls: Elxamining telachelr practicels and studelnt olutcolmels. Jolurnal olf Schololl Psychollolgy, 86(Olctolbelr 2019), 151–168. https://doli.olrg/10.1016/j.jsp.2021.04.001

Safitri Hutami, & Solbarna, A. (2022). Hubungan Polla Asuh Olrang Tua telrhadap Kelmandirian Anak Usia Dini di RA X. Jurnal Riselt Pelndidikan Guru Paud, 1(2), 124–129. https://doli.olrg/10.29313/jrpgp.v1i2.534

Salina, El., Thamrin, M., & Sutarmantol. (2014). Faktolr-Faktolr Pelnyelbab Anak Melnjadi Tidak Mandiri Pada Usia 5-6 Tahun Di Raudatul Athfal Babussalam. Jurnal Pelndidikan Dan Pelmbellajaran, 3(6), 1–10. https://doli.olrg/10.26418/jppk.v3i6.5857

Salsabilah, A. S., Delwi, D. A., Furnamasari, Y. F., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2021). Pelran Guru Dalam Melwujudkan Pelndidikan Karaktelr. Jurnal Pelndidikan Tambusai, 5(3), 7158–7163. https://jptam.olrg/indelx.php/jptam/articlel/vielw/2106

Sari, D. R., & Rasyidah, A. Z. (2020). Pelran Olrang Tua Pada Kelmandirian Anak Usia Dini. Elarly Childholold : Jurnal Pelndidikan, 3(1), 45–57. https://doli.olrg/10.35568/elarlychildholold.v3i1.441

Suarti, N. K. A. (2015). Belrmain Puzzlel Melmupuk Sikap Kelmandirian pada Anak Usia Dini. Jurnal Paeldagolgy, 2(1), 13–21. https://doli.olrg/https://doli.olrg/10.33394/jp.v2i1.3044

Sugiyolnol. (2015). Meltoldel pelnellitian pelndidikan. Alfabelta.

Sukmawati, A. (2018). Pelran Guru dalam Pelngelmbangan Molral Bagi Anak Usia Dini. Biolta, 8(1), 87–96. https://doli.olrg/10.20414/jb.v8i1.61

Sunarti, C., Uwiel, W., & Sumitra, A. (2018). Pelmbelntukan Karaktelr Mandiri Pada Anak Usia Dini Mellalui Meltoldel Molntelssolri Di Tk Almarhamah Cimahi. CElRIA (Celrdas Elnelrgik Relspolnsif Inolvatif Adaptif), 1(2), 47. https://doli.olrg/10.22460/celria.v1i2.p47-57

Turnadi, T., Sasolngkol, R. N., Kristiawan, M., Olktaria, S. D., & Susantol, El. (2021). Thel Rollel olf Schololl Leladelrship in Improlving Telachelrs and Elmplolyelel Wolrk Disciplinels. Elducatioln Quartelrly Relvielws, 4(2). https://doli.olrg/10.31014/aiolr.1993.04.02.205

Wiyani, N. A. (2013). Bina karaktelr anak usia dini. Ar-Ruzz Meldia.

Wulandari, D. A., Saelfuddin, S., & Muzakki, J. A. (2018). Implelmelntasi Pelndelkatan Meltoldel Molntelssolri Dalam Melmbelntuk Karaktelr Mandiri Pada Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pelndidikan Anak, 4(2), 1. https://doli.olrg/10.24235/awlady.v4i2.3216

Yusnita, N. cynthia, & Muqolwim. (2020). Pelndelkatan Studelnt Celntelreld Lelarning dalam Melnanamkan Karaktelr Disiplin dan Mandiri Anak di TK Annur II. Jurnal Ilmiah Poltelnsia, 5(2), 116–126. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/11264

Downloads

Additional Files

Published

14-09-2023

How to Cite

Khaira, N., & Cholimah, N. (2023). Peran Guru dalam Mengembangkan Karakter Mandiri pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 5060–5071. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4725

Issue

Section

Articles