Aksesibilitas Anak untuk Berpartisipasi dalam Program PAUD dengan Pembelajaran Berbasis Proyek di Kabupaten Karanganyar

Author


Bambang Winarji(1Mail), Upik Elok Endang Rasmani(2), Siti Wahyuningsih(3), Jumiatmoko Jumiatmoko(4), Nurul Shofiatin Zuhro(5), Anjar Fitrianingtyas(6),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia(3)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia(4)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia(5)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia(6)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 266KB]

Published : 2023-08-30

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 298 times PDF Downloaded: 289 times

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan deskripsi komprehensif tentang akses anak-anak terhadap Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan fokus pada pembelajaran berbasis proyek di Kabupaten Karanganyar. Studi ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.  Penelitian ini dilakukan dengan dilaksanakannya observasi dan wawancara kepada kepala sekolah dan guru di lima lembaga PAUD di Kabupaten Karanganyar. Instrument observasi dan wawancara telah dikonsultasikan dan divalidasi oleh pihak ahli sehingga dihasilkan instrument yang dapat digunakan secara relevan. Metode validasi data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dari data yang diperoleh dari observasi dan wawnacara. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pemerintah daerah secara aktif mendukung akses anak-anak ke PAUD melalui inisiatif seperti Program Wajib PAUD Satu Tahun, dukungan anggaran untuk sekolah, dan program pelatihan. Faktor-faktor yang memfasilitasi akses meliputi lembaga PAUD yang terakreditasi, bantuan peningkatan infrastruktur, pemahaman guru tentang pentingnya Pembelajaran Berbasis Proyek, dan keterlibatan orang tua. Meskipun terdapat kemajuan, beberapa sekolah menghadapi kesulitan dalam mengoptimalkan sumber daya. Implementasi konsisten program pengembangan dan kurikulum terintegrasi dengan pembelajaran berbasis proyek sangat penting untuk perkembangan optimal anak-anak di Kabupaten Karanganyar.


Keywords


Aksesibilitas; PAUD; Pembelajaran berbasis proyek

References


Adnan, M., Ong, E., Ayob, A., Ibrahim, M. N., Shariff, J., & Ishak, N. (2016). The Effectiveness of an In-Service Training of Early Childhood Teachers on STEM Integration through Project-Based Inquiry Learning (PIL). Journal of Turkish Science Education, 13, 44–58. https://doi.org/10.12973/tused.10170a

Almulla, M. A. (2015). An Investigation of Teachers’ Perceptions of the Effects of Class Size on Teaching. International Education Studies, 8(12), 33. https://doi.org/10.5539/ies.v8n12p33

Andiatma, A. (2019). Pengembangan Kurikulum Berbasis Pendidikan Karakter. Bada’a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1), 31–43. https://doi.org/10.37216/badaa.v1i1.242

Anzari, M., Sarong, A. H., & Rasyid, M. N. (2018). Hak Memperoleh Pendidikan Inklusif Terhadap Penyandang Disabilitas. Syiah Kuala Law Journal, 2(1), 57–73. https://doi.org/10.24815/sklj.v2i1.10586

Bakhshi, P., Babulal, G. M., & Trani, J.-F. (2017). Education of children with disabilities in New Delhi: When does exclusion occur? PLOS ONE, 12(9), e0183885. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0183885

Bento, G., & Dias, G. (2017). The importance of outdoor play for young children’s healthy development. Porto Biomedical Journal, 2(5), 157–160. https://doi.org/10.1016/j.pbj.2017.03.003

Fadillah, C. N., & Yusuf, H. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. JURNAL BUNGA RAMPAI USIA EMAS, 8(2), 120. https://doi.org/10.24114/jbrue.v8i2.41596

Farquhar, S., & White, E. J. (2014). Philosophy and Pedagogy of Early Childhood. Educational Philosophy and Theory, 46(8), 821–832. https://doi.org/10.1080/00131857.2013.783964

Hayati, M., & Syaikhu, A. (2020). Project-based learning in Media Learning Material Development for Early Childhood Education. AL-ATHFAL : JURNAL PENDIDIKAN ANAK, 6(2), 147–160. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2020.62-05

Hugerat, M. (2016). How teaching science using project-based learning strategies affects the classroom learning environment. Learning Environments Research, 19(3), 383–395. https://doi.org/10.1007/s10984-016-9212-y

Husein, S. (2020). The Curriculum of Early Childhood Education: Indonesia and United Kingdom. Progresiva : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 9(1), 62. https://doi.org/10.22219/progresiva.v9i1.12522

Kamil, N., & Sultan, H. (2022). Analysis of the Application of Project-Based Learning on Children’s Independence: Case Study at the American Academy Casablanca Morocco. JOYCED: Journal of Early Childhood Education, 2(2), 186–196. https://doi.org/10.14421/joyced.2022.22-08

Lev, S., Clark, A., & Starkey, E. (2020). Implementing Project Based Learning in Early Childhood. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780429243332

Li, Y. (2012). The negotiated project-based learning: understanding the views and practice of kindergarten teachers about the implementation of project learning in Hong Kong. Education 3-13, 40(5), 473–486. https://doi.org/10.1080/03004279.2010.544662

Martinez, C. (2022). Developing 21 st century teaching skills: A case study of teaching and learning through project-based curriculum. Cogent Education, 9(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2021.2024936

Nicholson, R. J., & Kreyszig, E. (1971). Introductory Mathematical Statistics. Journal of the Royal Statistical Society. Series A (General), 134(2), 241. https://doi.org/10.2307/2343874

Nurhasnah, N., Maulida, L., Mufti, Z. A., Latifah, A., & Agung, R. (2022). Implementasi Kurikulum 2013. Educational Journal of Islamic Management, 2(2), 41–54. https://doi.org/10.47709/ejim.v2i2.1903

Perdana, N. S. (2015). Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Aksesibilitas Memperoleh Pendidikan untuk Anak-Anak di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 21(3), 279–298. https://doi.org/10.24832/jpnk.v21i3.191

Perels, F., Merget-Kullmann, M., Wende, M., Schmitz, B., & Buchbinder, C. (2009). Improving self-regulated learning of preschool children: Evaluation of training for kindergarten teachers. British Journal of Educational Psychology, 79(2), 311–327. https://doi.org/10.1348/000709908X322875

Prasetia, I., & Irawan, E. (2020). Manajemen Pengembangan Kurikulum (Studi Di Lab Site Balai Pengembangan PAUD dan Pendidikan Masyarakat Sumatera Utara). Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah Dan Tinggi (JMP-DMT), 1(1). https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/JMP-DMT/article/view/3953

Rahardjo, M. M. (2019). How to use Loose-Parts in STEAM? Early Childhood Educators Focus Group discussion in Indonesia. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 13(2), 310–326. https://doi.org/10.21009/JPUD.132.08

Refvinda, S. (2022). Fokus BOP Kinerja di Jenjang PAUD untuk Pembelajaran Berbasis Proyek. https://radarsolo.jawapos.com/pendidikan/15/04/2022/fokus-bop-kinerja-di-jenjang-paud-untuk-pembelajaran-berbasis-proyek/

Retnaningsih, L. E., & Khairiyah, U. (2022). Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 8(2), 143–158. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/1223

Ruhyana, N. F. (2018). Aksesibilitas Anak Mengikuti Pendidikan Anak Usia Dini Di Kabupaten Sumedang. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 13(2), 101–111. https://doi.org/10.21009/JIV.1302.4

Sari, M. P. S., & Putro, K. Z. (2021). Peranan Keluarga, Sekolah, Dan Kelompok Bermain (Play Group) Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak. Jurnal Golden Age, 5(1). https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/3041

Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta

Sukmadinata, N. S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suryani, L. (2007). Analisis Permasalahan Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Masyarakat Indonesia. VISI : Jurnal Ilmiah Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Non Formal, 2(1), 42–48. https://doi.org/10.21009/JIV.0201.6

Tsybulsky, D., & Muchnik-Rozanov, Y. (2021). Project-based learning in science-teacher pedagogical practicum: the role of emotional experiences in building preservice teachers’ competencies. Disciplinary and Interdisciplinary Science Education Research. https://doi.org/10.1186/s43031-021-00037-8

Wachidi, W., & Sudarwan, S. (2021). Pelatihan Penggunaan Pendekatan Pembelajaran STEAM Berbasis Proyek dan Bahan Loose Parts pada Guru PAUDNI Dharma Wanita Kota Bengkulu. Jurnal Abdi Pendidikan, 2(1), 57–61. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jap/article/view/17895

Won, E., & Adriany, V. (2020). Purpose of Indonesian Early Childhood Education Accreditation: Is It for Rating Grade of Institutions or Improving Their Quality? Proceedings of the International Conference on Early Childhood Education and Parenting 2019 (ECEP 2019). https://doi.org/10.2991/assehr.k.200808.022

Wood, E. (2020). Learning, development and the early childhood curriculum: A critical discourse analysis of the Early Years Foundation Stage in England. Journal of Early Childhood Research, 18(3), 321–336. https://doi.org/10.1177/1476718X20927726

Yuliantina, I. (2020). Pentingnya Akreditasi Satuan PAUD. https://banpaudpnf.kemdikbud.go.id/berita/pentingnya-akreditasi-satuan-paud


Refbacks

  • There are currently no refbacks.