Analisis Kreativitas Anak pada Kegiatan Membuat Boneka Hewan dari Bahan Bekas

Authors

  • Nuha Fathin Zakiyah Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Joko Pamungkas Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.4712

Keywords:

bahan bekas, kreativitas, boneka hewan

Abstract

Bahan bekas merupakan bahan yang tidak digunakan lagi. Namun bahan bekas dapat didaur ulang menjadi barang lain yang dapat digunakan dan bahkan dapat memiliki nilai jual. Pemanfaatan bahan bekas seperti botol plastik, kain flanel atau kain perca, dalam kegiatan membuat kerajinan tangan boneka hewan pada tema hewan berkaki empat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kreativitas anak pada kegiatan membuat boneka hewan dari bahan bekas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi selama kegiatan, wawancara kepada guru kelas, dan dokumentasi berupa foto hasil karya anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan membuat boneka hewan dengan memanfaatkan bahan bekas lebih menarik minat dan antusias anak sehingga dapat meningkatkan kreativitas anak, motorik halus, dan kemampuan anak dalam menghargai sesama. Selain itu juga dapat meningkatkan pemahaman anak tentang lingkungannya dan kesadaran bahwa bahan-bahan bekas dapat dibuat menjadi hasil karya seni.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akilasari, Y., Risyak, B., & Sabdaningtyas, L. (2015). Faktor keluarga, sekolah dan teman sebaya pendukung kemampuan sosial anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Unila, 1(5), 1–13. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/10428

Anggraini, K. (2012). Peningkatan kreativitas anak melalui pemanfaatan bahan sisa kardus bekas taman kanak- kanak padang. Pesona PAUD, 1(1), 0–9. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/article/view/1632

Ariska, K., & Nugraheni, A. S. (2021). Pemanfaatan bahan bekas dengan decoupage untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini pada pembelajaran online. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 189–200. https://doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.12481

Armanila. (2022). Pengaruh kegiatan kerajinan tangan dari cangkang kerang terhadap kreativitas anak usia dini di PAUD ayuni tembung. Abna: Journal of Islamic Early Chilhood Education, 3(1), 31–43. https://doi.org/10.22515/abna.v3i1.5222

Astuti, R., & Aziz, T. (2019). Integrasi pengembangan kreativitas anak usia dini di TK kanisius sorowajan yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 294–302. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.99

Auliyalloh, A. Q., & Rakhman, A. (2020). Media pembelajaran steam untuk meningkatkan kreativitas berbahan loose parts di kelompok B TK kasih ibu. Jurnal Ceria, 3(6), 553–558. https://doi.org/10.22460/CERIA.V3I6.P%25P?sid=semanticscholar

Damayanti, E., Amaliah, A. R., & Ismawati, I. (2020). Capaian dan stimulasi aspek perkembangan seni pada anak kembar usia 5 tahun. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 3(1), 1–17. https://doi.org/10.24252/nananeke.v3i1.14176

Destiani, A., Saparahayuningsih, S., & Wembrayarli, D. (2016). Upaya peningkatan kreativitas seni rupa siswa melalui teknik pencetakan dengan bantuan media asli. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(1), 7–14. https://dx.doi.org/10.33369/jip.1.1.7-14

Fakhriyani, D. V. (2016). Pengembangan kreativitas anak usia dini. Wacana Didaktika, 4(2), 193–200. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.193-200

Garvis, S., & Twigg, D. (2010). Exploring art in early childhood education. The International Journal of the Arts in Society: Annual Review, 5(2), 193–204. https://doi.org/10.18848/1833-1866/CGP/v05i02/35830

Hanafi, S. H., & Sujarwo. (2015). Upaya meningkatkan kreativitas anak dengan memanfaatkan media barang bekas di TK kota bima. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 215–225. https://doi.org/10.21831/jppm.v2i2.6360

Hanifah, A. N. U., Haq, C. A., Suranto, S., Susilo, A., & ... (2021). Peningkatan kreativitas anak dengan memanfaatan barang bekas hiasan kain flannel bagi anak TPA nurul yaqin desa sugihan. Buletin KKN, 3(2), 144–151. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i2.15714

Harahap, A. Z. (2021). Pentingnya pendidikan karakter bagi anak usia dini. Jurnal Usia Dini, 7(2), 49–57. https://doi.org/10.24114/jud.v7i2.30585

Hasanah, U., & Priyantoro, D. E. (2019). Pengembangan kreativitas anak usia dini melalui origami. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 61–72. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i1.1340

Hikmawati, A., Haritsyah, H., Prabowo, M. Y., Hafiz, A.-B., Sapitri, D., Martari, S., Nofiri, M., Widayanti, W., & Dari, R. W. (2020). Ppelatihan pengelolaan limbah plastik menjadi kerajinan tangan guna meningkatkan kreatifitas anak-anak. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 131–138. https://doi.org/10.12928/jp.v4i2.1875

Ismaniar, I., & Hazizah, N. (2019). Buku ajar pelatihan kreativitas deu-coupage bagi pendidik PAUD.

Kristianingsih, D., & Rakhmawati, N. I. S. (2016). Upaya meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan membuat boneka sendok di PPT mutiara bunda surabaya. PAUD Teratai, 6(1), 1–4. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/18349

Laila, A., & Shari, S. (2016). Peningkatan kreativitas mahasiswa dalam pemanfaatan barang-barang bekas pada mata kuliah media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 1(2), 1–15. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/213

Maita, & Subkhan. (2018). Peningkatan keterampilan motorik halus melalui kegiatan kerajinan tangan. Tunas Cendekia: Jurnal Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 1–14. ia.v1i1.388https://doi.org/10.24256/tunas%20cendek

Michalopoulou, A. (2014). Creativity expressed through drawings in early childhood education. International Journal of Education, 6(2), 69. https://doi.org/10.5296/ije.v6i2.5328

Mutiara, S., Nurlaila, S., & Azima, M. F. (2021). Pelatihan pembuatan kerajinan tangan dari barang bekas pada ibu-ibu pengajian desa danau kabupaten pringsewu. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 308–313. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i2.33898

Ningsih, W., Aryani, N., & Herwina. (2022). Meningkatkan kreativitas seni melalui kegiatan membuat boneka tangan. TALENTA Journal: Journal Of Early Childhood Education, 13(1), 33–43. http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/article/view/283

Nurhafizah, N. (2018). Pelatihan pembuatan media pembelajaran anak usia dini menggunakan bahan sisa. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 2(2b), 1–10. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i2b.288

Rhondi, M. (2017). Apresiasi seni dalam konteks pendidikan seni. Jurnal Imajinasi, 11(1), 9–18. https://doi.org/10.15294/imajinasi.v11i1.11182

Santrock, J. W. (2021). A topical approach to life-span development (eight). McGraw-Hill Education.

Sari, M., Ardipal, & Wirman, B. (2020). Development of early childhood creativity trough fine arts education. 504(ICoIE), 81–86. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201209.197

Sarilah, & Huda, K. (2018). Meningkatkan kreativitas anak melalui bermain sains pada siswa kelompok B di PAUD darul muhsinin enjak labulia kabupaten lombok tengah tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Transformasi, 4(September), 73–82. https://doi.org/10.33394/jtni.v4i2.1327

Sridayanty, P. A., & Rakimahwati. (2020). Pemanfaatan bahan sisa dalam mengembangkan kreativitas seni anak usia dini di TK islam khaira ummah. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 39–48. https://doi.org/10.22373/bunayya.v6i1.6368

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sujiono, Y. N. (2013). Konsep dasar pendidikan anak usia dini (Revisi). PT Indeks.

Wardani, I. K., Hafidah, R. ., & Dewi, N. K. (2021). Hubungan antara peran guru dengan rasa percaya diri anak usia dini. Kumara Cendekia, 9(4), 225. https://doi.org/10.20961/kc.v9i4.54845

Winnuly, W., & Pamungkas, J. (2022). Analisis penggunaan bahan sisa pada pembelajaran kreativitas seni rupa anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4631–4639. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2637

Zahro, I. F. (2015). Penilaian dalam pembelajaran anak usia dini. Tunas Siliwangi, 1(1), 92–111. https://doi.org/10.22460/ts.v1i1p92-111.95

Downloads

Published

17-12-2023

How to Cite

Zakiyah, N. F., & Pamungkas, J. (2023). Analisis Kreativitas Anak pada Kegiatan Membuat Boneka Hewan dari Bahan Bekas. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6867–6875. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.4712

Issue

Section

Articles