- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Analisis Kreativitas Anak pada Kegiatan Membuat Boneka Hewan dari Bahan Bekas
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.4712Keywords:
bahan bekas, kreativitas, boneka hewanAbstract
Bahan bekas merupakan bahan yang tidak digunakan lagi. Namun bahan bekas dapat didaur ulang menjadi barang lain yang dapat digunakan dan bahkan dapat memiliki nilai jual. Pemanfaatan bahan bekas seperti botol plastik, kain flanel atau kain perca, dalam kegiatan membuat kerajinan tangan boneka hewan pada tema hewan berkaki empat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kreativitas anak pada kegiatan membuat boneka hewan dari bahan bekas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi selama kegiatan, wawancara kepada guru kelas, dan dokumentasi berupa foto hasil karya anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan membuat boneka hewan dengan memanfaatkan bahan bekas lebih menarik minat dan antusias anak sehingga dapat meningkatkan kreativitas anak, motorik halus, dan kemampuan anak dalam menghargai sesama. Selain itu juga dapat meningkatkan pemahaman anak tentang lingkungannya dan kesadaran bahwa bahan-bahan bekas dapat dibuat menjadi hasil karya seni.
Downloads
References
Akilasari, Y., Risyak, B., & Sabdaningtyas, L. (2015). Faktor keluarga, sekolah dan teman sebaya pendukung kemampuan sosial anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Unila, 1(5), 1–13. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/10428
Anggraini, K. (2012). Peningkatan kreativitas anak melalui pemanfaatan bahan sisa kardus bekas taman kanak- kanak padang. Pesona PAUD, 1(1), 0–9. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/article/view/1632
Ariska, K., & Nugraheni, A. S. (2021). Pemanfaatan bahan bekas dengan decoupage untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini pada pembelajaran online. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 189–200. https://doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.12481
Armanila. (2022). Pengaruh kegiatan kerajinan tangan dari cangkang kerang terhadap kreativitas anak usia dini di PAUD ayuni tembung. Abna: Journal of Islamic Early Chilhood Education, 3(1), 31–43. https://doi.org/10.22515/abna.v3i1.5222
Astuti, R., & Aziz, T. (2019). Integrasi pengembangan kreativitas anak usia dini di TK kanisius sorowajan yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 294–302. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.99
Auliyalloh, A. Q., & Rakhman, A. (2020). Media pembelajaran steam untuk meningkatkan kreativitas berbahan loose parts di kelompok B TK kasih ibu. Jurnal Ceria, 3(6), 553–558. https://doi.org/10.22460/CERIA.V3I6.P%25P?sid=semanticscholar
Damayanti, E., Amaliah, A. R., & Ismawati, I. (2020). Capaian dan stimulasi aspek perkembangan seni pada anak kembar usia 5 tahun. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 3(1), 1–17. https://doi.org/10.24252/nananeke.v3i1.14176
Destiani, A., Saparahayuningsih, S., & Wembrayarli, D. (2016). Upaya peningkatan kreativitas seni rupa siswa melalui teknik pencetakan dengan bantuan media asli. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(1), 7–14. https://dx.doi.org/10.33369/jip.1.1.7-14
Fakhriyani, D. V. (2016). Pengembangan kreativitas anak usia dini. Wacana Didaktika, 4(2), 193–200. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.193-200
Garvis, S., & Twigg, D. (2010). Exploring art in early childhood education. The International Journal of the Arts in Society: Annual Review, 5(2), 193–204. https://doi.org/10.18848/1833-1866/CGP/v05i02/35830
Hanafi, S. H., & Sujarwo. (2015). Upaya meningkatkan kreativitas anak dengan memanfaatkan media barang bekas di TK kota bima. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 215–225. https://doi.org/10.21831/jppm.v2i2.6360
Hanifah, A. N. U., Haq, C. A., Suranto, S., Susilo, A., & ... (2021). Peningkatan kreativitas anak dengan memanfaatan barang bekas hiasan kain flannel bagi anak TPA nurul yaqin desa sugihan. Buletin KKN, 3(2), 144–151. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i2.15714
Harahap, A. Z. (2021). Pentingnya pendidikan karakter bagi anak usia dini. Jurnal Usia Dini, 7(2), 49–57. https://doi.org/10.24114/jud.v7i2.30585
Hasanah, U., & Priyantoro, D. E. (2019). Pengembangan kreativitas anak usia dini melalui origami. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 61–72. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i1.1340
Hikmawati, A., Haritsyah, H., Prabowo, M. Y., Hafiz, A.-B., Sapitri, D., Martari, S., Nofiri, M., Widayanti, W., & Dari, R. W. (2020). Ppelatihan pengelolaan limbah plastik menjadi kerajinan tangan guna meningkatkan kreatifitas anak-anak. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 131–138. https://doi.org/10.12928/jp.v4i2.1875
Ismaniar, I., & Hazizah, N. (2019). Buku ajar pelatihan kreativitas deu-coupage bagi pendidik PAUD.
Kristianingsih, D., & Rakhmawati, N. I. S. (2016). Upaya meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan membuat boneka sendok di PPT mutiara bunda surabaya. PAUD Teratai, 6(1), 1–4. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/18349
Laila, A., & Shari, S. (2016). Peningkatan kreativitas mahasiswa dalam pemanfaatan barang-barang bekas pada mata kuliah media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 1(2), 1–15. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/213
Maita, & Subkhan. (2018). Peningkatan keterampilan motorik halus melalui kegiatan kerajinan tangan. Tunas Cendekia: Jurnal Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 1–14. ia.v1i1.388https://doi.org/10.24256/tunas%20cendek
Michalopoulou, A. (2014). Creativity expressed through drawings in early childhood education. International Journal of Education, 6(2), 69. https://doi.org/10.5296/ije.v6i2.5328
Mutiara, S., Nurlaila, S., & Azima, M. F. (2021). Pelatihan pembuatan kerajinan tangan dari barang bekas pada ibu-ibu pengajian desa danau kabupaten pringsewu. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 308–313. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i2.33898
Ningsih, W., Aryani, N., & Herwina. (2022). Meningkatkan kreativitas seni melalui kegiatan membuat boneka tangan. TALENTA Journal: Journal Of Early Childhood Education, 13(1), 33–43. http://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta/article/view/283
Nurhafizah, N. (2018). Pelatihan pembuatan media pembelajaran anak usia dini menggunakan bahan sisa. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 2(2b), 1–10. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i2b.288
Rhondi, M. (2017). Apresiasi seni dalam konteks pendidikan seni. Jurnal Imajinasi, 11(1), 9–18. https://doi.org/10.15294/imajinasi.v11i1.11182
Santrock, J. W. (2021). A topical approach to life-span development (eight). McGraw-Hill Education.
Sari, M., Ardipal, & Wirman, B. (2020). Development of early childhood creativity trough fine arts education. 504(ICoIE), 81–86. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201209.197
Sarilah, & Huda, K. (2018). Meningkatkan kreativitas anak melalui bermain sains pada siswa kelompok B di PAUD darul muhsinin enjak labulia kabupaten lombok tengah tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Transformasi, 4(September), 73–82. https://doi.org/10.33394/jtni.v4i2.1327
Sridayanty, P. A., & Rakimahwati. (2020). Pemanfaatan bahan sisa dalam mengembangkan kreativitas seni anak usia dini di TK islam khaira ummah. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 39–48. https://doi.org/10.22373/bunayya.v6i1.6368
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sujiono, Y. N. (2013). Konsep dasar pendidikan anak usia dini (Revisi). PT Indeks.
Wardani, I. K., Hafidah, R. ., & Dewi, N. K. (2021). Hubungan antara peran guru dengan rasa percaya diri anak usia dini. Kumara Cendekia, 9(4), 225. https://doi.org/10.20961/kc.v9i4.54845
Winnuly, W., & Pamungkas, J. (2022). Analisis penggunaan bahan sisa pada pembelajaran kreativitas seni rupa anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4631–4639. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2637
Zahro, I. F. (2015). Penilaian dalam pembelajaran anak usia dini. Tunas Siliwangi, 1(1), 92–111. https://doi.org/10.22460/ts.v1i1p92-111.95