- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Implementasi Metode Pembelajaran STEAM pada Kurikulum Merdeka pada PAUD
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.4682Keywords:
pembelajaran steam, kurikulum merdeka untuk paud, anak usia diniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Metode Pembelajaran STEAM pada Kurikulum Merdeka PAUD. Adapun latar belakang penelitian ini yaitu masih banyak guru yang kebingungan untuk menerapkan STEAM dalam kuriukulum Merdeka, kegiatan proyek yang dilaksanakan belum mengintegrasikan STEAM. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif-deskriptif dengan metode penelitian systematic literature review meliputi menelaah atrikel, jurnal, dan buku yang relevan dengan mencatat hal-hal penting dan diakhiri dengan implementasi dalam bentuk tulisan secara runtut. Teknik analisis data yang digunakan berupa analisis isi (content analysis). Membiasakan anak mengintegrasikan STEAM dalam proses berpikir akan membantu mereka memahami bagaimana dunia bekerja terutama lingkungan sekitar anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan pendekatan STEAM, anak akan mengembangkan ide-ide berbasis sains dan teknologi dengan terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah yang berasal dari lima disiplin ilmu yang saling berhubungan. Implikasi dari penelitian ini adalah menambah pengetahuan guru mengenai langkah-langkah implementasi metode STEAM dalam kurikulum merdeka
Downloads
References
Achmad, I. (2022). Implementasi kurikulum merdeka melalui kegiatan pembelajaran menggunakan metode STEAM dan media berbahan loose parts di lembaga PAUD. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 9(September). https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/132
Angga, A. (2022). Penerapan Problem Based Learning Terintegrasi STEAM untuk Meningkatkan Kemampuan 4C Siswa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(1), 281–294. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i1.541
Atiaturrahmaniah, A., Bagus, I., Aryana, P., & Suastra, I. W. (2022). Peran model science , technology , engineering , arts , and math ( STEAM ) dalam meningkatkan berpikir kritis dan literasi sains siswa sekolah dasar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(2), 368–375. https://jurnal.iicet.org/index.php/jpgi/article/view/2537
Avanti, P. risti vera. (2022). Peningkatan profesionalisme guru PAUD dalam penguasaan kurikulum merdeka dengan STEAM berbasis loose parts di Yogyakarta. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 0(0), 1–8. http://www.seminar.uad.ac.id/index.php/senimas/article/view/11434
Başaran, M., & Erol, M. (2021). Recognizing aesthetics in nature with STEM and STEAM education. Research in Science & Technological Education, 00(00), 1–17. https://doi.org/10.1080/02635143.2021.1908248
Çiftçi, A., Topçu, M. S., & Foulk, J. A. (2020). Pre-service early childhood teachers ’ views on STEM education and their STEM teaching practices. Research in Science & Technological Education, 00(00), 1–27. https://doi.org/10.1080/02635143.2020.1784125
Doniger, T. H., & Hunter-doniger, T. (2021). Early childhood STEAM education : the joy of creativity, autonomy, and play. https://doi.org/10.1080/00043125.2021.1905419
Fadillah, C. N., & Yusuf, H. (2022). Analisis kurikulum merdeka dalam satuan pendidikan anak usia dini. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 8(2), 120. https://doi.org/10.24114/jbrue.v8i2.41596
Fauziah, N., Ichsan, I., & Irbah, A. N. (2022). Pengaruh model pembelajaran Steam berbasis loose part terhadap kemandirian anak usia dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9(2), 18–27. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i2.14746
Fitri, S. (2022). Pembelajaran STEAM dalam mengembangkan kemampuan kreativitas anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12544–12552. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3755
Hasibuan, R., Fitri, R., Maureen, I. Y., & Pratiwi, A. P. (2022). Penyusunan kurikulum operasional pada satuan paud berbasis kurikulum merdeka. Transformasi Dan Inovasi : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 87–92. https://doi.org/10.26740/jpm.v2n2.p87-92
Izzania, R. D. S. M. (2021). Pengembangan bahan ajar project based learning (PjBL) terintegrasi STEAM untuk memfasilitasi kemampuan literasi sains siswa kelas vi sekolah dasar. Jurnal Pembelajaran & Pengajaran Pendidikan Dasar, 4(2), 146–157. https://doi.org/10.33369/dikdas.v4i2.15914
Jannah, M. M., & Rasyid, H. (2023). Kurikulum merdeka: Persepsi guru pendidikan anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 197–210. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3800
Kemendikbudristek. (2021). Buku panduan guru capaian elemen dasar-dasar literasi & STEAM. In Direktorat Pendidikan Dasar. https://ditpsd.kemdikbud.go.id
Maharani, C., & Zulminiati, Z. (2021). Implementasi metode Steam di taman kanak-kanak. Jurnal Family Education, 1(3), 1–10. https://doi.org/10.24036/jfe.v1i3.12
Murray, J. (2022). Young children’s curriculum experiences. International Journal of Early Years Education, 30(4), 627–633. https://doi.org/10.1080/09669760.2022.2149092
Ngaisah, N. C., & Aulia, R. (2023). Perkembangan pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka pada pendidikan anak usia dini. Jurnal Ar-Raniry, 9(1), 1–25. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/16890
Nurhasanah, S. (2022). Inovasi pembelajaran merdeka belajar (M. Made (ed.)). Media Sains Indonesia. https://gurudikdas.kemdikbud.go.id
Prameswari, Titana Widya, dll. (2020). STEAM based learning strategies by playing loose parts for the achievement of 4c skills in children 4-5 years. Efektor, 7(1), 24–34. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor-e/article/view/14387
Purnamasari, I., Handayani, D., & Formen, A. (2020). Stimulasi keterampilan HOTs dalam PAUD melalui pembelajaran STEAM. Seminar Nasional Pascasarjana, 3(1), 507–516. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/614https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/614
Purwanti, P., & Zulkarnaen, Z. (2023). Media pembelajaran berbahan loose part berbasis STEAM dapat membangun merdeka belajar pada anak usia dini. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 23(1), 38–47. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v23i1.1469
Putri, S. U., & Taqiudin, A. A. (2021). Steam-PBL: Strategi pengembangan kemampuan memecahkan masalah anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 856–867. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1270
Qotrun Nada, P. A., Hasibuan, R., & Salamun, S. (2023). Meningkatakan kreativitas melalui pembelajaran STEAM pada anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Kota Mojokerto. Journal on Education, 6(1), 1715–1723. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3141
Rachmah, L. L., Farantika, D., & Prawinda, R. A. (2022). Pembelajaran STEAM dengan media loose parts guna menstimulasi perkembangan anak. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 6(3), 466. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v6i3.535
Raniah, D. A., Ika, N., & Rakhmawati, S. (2023). Meningkatkan kemampuan numerasi anak usia 5-6 tahun melalui pembelajaran STEAM dan bahan loose parts. Journal on Education, 06(01), 7030–7040. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/3928
Sa’ida, N. (2021). Implementasi model pembelajaran STEAM pada pembelajaran daring. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan & Hasil Penelitian, 7(2), 123–128. https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n2.p123-128
Sari, P. N., Jumadi, & Ekayanti, A. (2021). Penerapan model pembelajaran Steam (Science, Technology, Engineering, Art, and Math) untuk penguatan literasi-numerasi siswa. Jurnal Abdimas Indonesia, 1(2), 89–96. https://doi.org/10.53769/jai.v1i2.90
Septiani, I., & Kasih, D. (2021). Implementasi Metode STEAM Terhadap Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun di Paud Alpha Omega School. Jurnal Jendela Pendidikan, 01(04), 194. https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/44
Shalehah, N. A. (2023). Studi Literatur: Konsep kurikulum merdeka pada satuan pendidikan anak usia dini. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 5(1), 70–81. https://doi.org/10.33387/cahayapd.v5i1.6043
Shaw, P. A., Traunter, J. E., Nguyen, N., Huong, T. T., & Thao-Do, T. P. (2021). Immersive-learning experiences in real-life contexts: deconstructing and reconstructing Vietnamese kindergarten teachers’ understanding of STEAM education. International Journal of Early Years Education, 29(3), 329–348. https://doi.org/10.1080/09669760.2021.1933920
Üret, A., & Ceylan, R. (2021). Exploring the effectiveness of STEM education on the creativity of 5-year-old kindergarten children. European Early Childhood Education Research Journal, 29(6), 842–855. https://doi.org/10.1080/1350293X.2021.1913204
Utami Budi Fitria. (2023). Peningkatan karakter dan kompetensi guru PAUD dalam implementasi merdeka bermain. MONSU'ANI TANO Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 1–9. https://lonsuit.unismuhluwuk.ac.id/monsuan/article/view/2278
Wahyuni, S., Reswita, R., & Afidah, M. (2020). Pengembangan model pembelajaran sains, technology, art, engineering and mathemathic pada kurikulum PAUD. Jurnal Golden Age, 4(02), 297–309. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2441
Wan, Z. H., Jiang, Y., Zhan, Y., Wan, Z. H., Jiang, Y., & Zhan, Y. (2020). STEAM education in early childhood : a review of empirical studies. Early Education and Development, 00(00), 1–23. https://doi.org/10.1080/10409289.2020.1814986
Widyastuti, A. (2022). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka PAUD. Referen, 1(2), 189–203. https://doi.org/10.22236/referen.v1i2.10504
Yusmawati, Y., & Lubis, J. (2019). The Implementation of Curriculum by Using Motion Pattern-Based Learning Media for Pre-school Children. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 13(1), 187–200. https://doi.org/10.21009/10.21009/jpud.131.14