- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pembelajaran Seni Tari sebagai Upaya Peningkatan Kepercayaan Diri pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4604Keywords:
kepercayaan diri, anak usia dini, seni tariAbstract
Karakter yang sangat penting untuk dimiliki seorang anak salah satunya yaitu karakter kepercayaan diri. Rasa Percaya diri merupakan kondisi psikologis seseorang agar dapat menilai keseluruhan dirinya agar dapat memberikan keyakinan kuat pada kemampuan dirinya agar dapat melakukan suatu usaha untuk mencapai keinginannya. masih ada anak-anak yang belum memiliki rasa percaya diri yang baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kepercayaan diri anak lewat seni tari. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Teknik analisis yang digunakan melalui reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. analisis pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan dalam membangun konsep kepercayaan diri pada anak lewat seni tari, guru memberikan beberapa cara yaitu: guru memberikan tarian yang menarik dan kreatif; menggunakan metode demonstrasi dan pemberian musik yang gembira; pemberian motivasi dan pujian; tampil menari di depan anak-anak lain.; dan embantu anak jika kesulitan menari.
Downloads
References
Agus, I. G. K. A., & Riyadi, A. R. (2018). Model Pembelajaran Tari Kreatif Untuk Meningkatkan Percaya Diri Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 25–34. https://doi.org/10.29313/ga.v2i1.3864
Alvan Hazhari, & Adilla Lintang Arismaputri. (2020). Analisis kegiatan tari kreasi bungong jeumpa terhadap kepercayaan diri anak usia dini. TULIP (Tulisan Ilmiah Pendidikan), 9(1), 17–28. https://doi.org/10.54438/tulip.v9i1.162
Anggraeni, E. P., & Pamungkas, J. (2023). Sarana dan Prasarana Lembaga dalam Menciptakan Potensi Pengembangan Seni Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 85–93. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.2864
Ansori, L. (2022). Implementasi pembelajaran seni tari dalam menumbuhkan self-confidence pada anak usia dini [Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/83011
Aryaprasta, I. G. K., & Riyadi, A. R. (2018). Model Pembelajaran Tari Kreatif untuk Meningkatkan Percaya Diri Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 25–34. https://doi.org/10.29313/ga.v2i1.3864
Dista, F. N. (2019). Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Mengembangkan Berpikir logis Anak Usia 5-6 Tahun di RA Takrimah Tungkop Aceh Besar. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan AnakAK, 5(2), 217–236. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2019.52-07
Fazrin, B. F., Rusdiyani, I., & Khosiah, S. (2018). Hubungan Reward Orang Tua Dengan Sikap Percaya Diri Anak (Penelitian Kuantitatif Korelasional pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islam Tirtayasa Serang-Banten). Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 81. https://doi.org/10.30870/jpppaud.v5i2.4686
Fransisca, R., Wulan, S., & Supena, A. (2020). Meningkatkan percaya diri anak dengan permainan ular tangga edukasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 630. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.405
Habibie, A. (2017). Pengenalan Aurat Bagi Anak Usia Dini Dalam Pandangan Islam. Jurnal Pendidikan : Early Childhood, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v1i2.115
Hani, A. A. (2019). Evaluasi Pembelajaran Pada Paud. Children Advisory Research and Education Jurnal CARE, 7(1), 53. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD
Haryoko, S., Bahartiar, & Arwadi, F. (2020). Analisis Data Penelitian kualitatif (Konsep, Teknik & prosedur Analisis). Badan Penerbit UNM.
Hermayanti, T. (2015). Peningkatan kepercayaan diri melalui kegiatan menari kreatif. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(2), 389–400. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/3512
Irani, I., Adhani, D. N., & Yuniar, D. P. (2021). Kepercayaan Diri Anak Usia 4-5 tahun yang Mengikuti Ekstrakurikuler Tari Melalui Tari Karapan Sapi. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(2), 34–45. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i2.11558
Larasani, N., Yeni, I., & Mayar, F. (2020). Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2368–2374. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/718
Muarifah, C. (2020). Peranan guru dalam membangun sikap percaya diri anak kelompok B di TK ABA tlogo [Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.]. In Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (Vol. 5, Issue 5). http://eprints.uny.ac.id/69361
Olivantina, R. A., Olivantina, O., & Suparno, S. (2018). Peningkatan Kepercayaan Diri Anak Melalui Metode Talking Stick. JPU Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 331–340. https://doi.org/10.21009/JPUD.122.14
Paspiani, N. K. N. (2015). Kegiatan Latihan Gerak dan Lagu (Jeruk Bali) Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 538–543. https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12340
Pratiwi, A. S., Respati, R., & Giyartini, R. (2020). Tari Egrang Batok di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(3), 257–266. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i3.26195
Pratiwi, O. O., Yelly, N., & Sepdwiko, D. (2021). Eksistensi Tari Sangkan Siheh Di Kecamatan Lahat Kabupaten Lahat. GETER : Jurnal Seni Drama, Tari Dan Musik, 4(1), 58–71. https://doi.org/10.26740/geter.v4n1.p58-71
Purnamasari, T. A., & Permanasari, A. T. (2019). Implementasi Pembelajaran Tari dalam Mengembangkan Rasa Percaya Diri Anak Usia 4-6 Tahun (Penelitian Kualitatif Deskriptif di Sanggar Raksa Budaya Kota …. JPKS (Jurnal Pendidikan Dan …, 4(2), 25–35. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPKS/article/view/6844%0Ahttps://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPKS/article/download/6844/4728
Puspitarini, H. (2015). Membangun rasa percaya diri anak. PT Elex Media Komputindo.
Putri, D. A., & Desyandri, D. (2019). Seni Tari Dalam Peningkatan Rasa Percaya Diri Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 185–190. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.51
Rohmah, J. (2018). Pembentukan kepercayaan diri anak melalui pujian. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 2(1), 117–134. https://doi.org/10.21274/martabat.2018.2.1.117-134
Rudianti, S. A. I., & Maulidiyah, E. C. (2021). Pengembangan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Tari Walang Ketrek. Jurnal PAUD: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 48–64. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpaud/article/view/15620
Sari, M., Ardipal, & Wirman, B. (2020). Development of Early Childhood Creativity Through Fine Arts Education. 504(ICoIE), 81–86. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201209.197
Sustiawati, N. L., Suryatini, N. K., & Mayun Artati, A. A. A. (2018). Pengembangan Desain Pembelajaran Seni Tari Di Sekolah Dasar Berbasis Localgenius Knowledge Berpendekatan Integrated Learning. Mudra Jurnal Seni Budaya, 33(1), 128. https://doi.org/10.31091/mudra.v33i1.322
Tuhana Taufiq Andrianto. (2020). Mengembagkan Karakter Sukses Anak di Era Cyber. Ar-Ruzz Media.
Usta, H. G. (2017). Examination of the Relationship between TEOG Score Transition (from Basic to Secondary Education), Self-Confidence, Self-Efficacy and Motivation Level. Journal of Education and Practice, 8(6), 36–47. https://eric.ed.gov/?id=EJ1133074
Wahyuni, S., & Nasution, R. N. B. (2017). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita di Kelompok B RA An-Nida Sri. Raudhah, 5(2), 1–19. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/view/177/168
Wibowo, A. (2012). Pendidikan karakter anak usia dini. (Membangun Karakter Di Usia Emas). Pustaka Pelajar.
Widyanto, I. P., & Wahyuni, E. T. (2020). Implementasi Perencanaan Pembelajaran. Satya Sastraharing, 4(2), 16–35. https://ejournal.iahntp.ac.id/index.php/Satya-Sastraharing/article/view/607