Author
Meinawati Eka Nur Fadhila(1), Ahmad Samawi(2), Wuri Astuti(3),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Malang, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Malang, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Malang, Indonesia(3)
Corresponding Author
Article Analytic |
Published : 2023-12-30
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 288 times PDF Downloaded: 229 timesAbstract
Pola asuh ialah yang paling krusial dalam menstimulus pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini. Pelaksanaannya, lingkungan anak bisa memengaruhi pola asuh itu sendiri. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana akulturasi budaya asuh orang tua lokal dan pendatang studi kasus di Kampung Pemulung Surabaya yang menjadi salah satu lokasi perantauan. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif studi kasus dengan teknik pengumpulan data yang dimulai dengan observasi sebelum dan saat penelitian, wawancara semi berstruktur dengan pemilihan subjek wawancara menggunakan snowball sampling, serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa orang tua lokal dan pendatang di Kampung Pemulung dominan menerapkan pola asuh demokratis. Anak dengan pola asuh demokratis memiliki pribadi yang aktif, percaya diri, berani bereksplorasi, dan memiliki kepekaan yang tinggi terhadap lingkungan sekitar. Bentuk akulturasi budaya asuh di Kampung Pemulung adalah penambahan atau (addition) di mana orang tua menggunakan campuran bahasa Indonesia dan bahasa daerah (Jawa dan Madura) untuk memudahkan dalam berkomunikasi.
Keywords
References
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Syakir Media Press.
Ainiyah, Q., & Mardani, A. M. (2019). Akulturasi Islam Dan Budaya Lokal (Studi Kasus Tradisi Sedekah Bumi Di Desa Karang Ploso Kecamatan Plandaan Kabupaten Jombang). Qolamuna : Research Jounals and Islamic Studies, 4(2). https://ejournal.stismu.ac.id/ojs/index.php/qolamuna/article/view/137
Armansyah, Taufik, M., & Damayanti, N. (2022). Dampak Migrasi Penduduk pada Akulturasi Budaya di Tengah Masyarakat. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi, 6(1), 25–34. https://doi.org/10.29408/geodika.v6i1.4463
Astuti, W., & Muna, F. A. (2017). Model Keterlibatan Orangtua dalam Optimalisasi Program Stimulasi Motorik Kasar. 483–494.
Badan Pusat Statistik Kota Surabaya No.02/01/3578/Th.IV, 21 Januari 2021 tentang Hasil Sensus Penduduk 2020. BPS (online), https://surabayakota.bps.go.id/pressrelease/2021/01/29/225/hasil-sensus-penduduk-2020-kota-surabaya.html
Bagus, I. (2020). Pola Asuh dalam Penumbuhkembangan Karakter Toleransi Anak Usia Dini di Lingkungan Minoritas. Prosding STHD Klaten Jawa Tengah, 1(Vol. 1 No. 1 (2020): Prosiding Seminar Nasional Moderasi Beragama Sekolah Tinggi Hindu Dharma Klaten Jawa Tengah), 119–129.
Bariyah, S. K. (2019). Peran Tripusat Pendidikan dalam Membentuk Kepribadian Anak. Jurnal Kependidikan, 7(2), 228–239. https://doi.org/10.24090/jk.v7i2.3043
Dewi, F. K., Soebijantoro, S., & Wibowo, A. M. (2021). Akulturasi Etnis Tionghoa Dalam Pengembangan Seni Budaya Di Kelenteng Tri Dharma Hwie Ing Kiong Di Kota Madiun. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 11(2), 218. https://doi.org/10.25273/ajsp.v11i2.9887
Fadlillah, M., & Fauziah, S. (2022). Analysis of Diana Baumrind’s Parenting Style on Early Childhood Development. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(2), 2127–2134. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i2.487
Fatmawati, E., Ismaya, E. A., & Setiawan, D. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Anak Pada Pembelajaran Daring. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 104–110. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.871
Hurlock, E. (1998). Perkembangan Anak Jilid 1 Edisi 5. Jakarta: Erlangga.
Hurlock, E. (1999). Perkembangan Anak Jilid 1 Edisi 6. Jakarta: Erlangga.
Idris, M., Chairunisa, E. D., & Saputro, R. A. (2019). Akulturasi Budaya Hindu-Budha dan Islam dalam Sejarah Kebudayaan Palembang. Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 5(2), 103–111.
Indrianti, T. (2020). Peran Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Anak Di Desa Kedaton Induk Kecamatan Batanghari Nuban Lampung Timur. Skripsi.
Khodijah, N. (2018). Pendidikan Karakter Dalam Kultur Islam Melayu (Studi Terhadap Pola Asuh Orang Tua, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Dan Pengaruhnya Terhadap Religiusitas Remaja Pada Suku Melayu Palembang). Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 21–39. https://doi.org/10.19109/Tadrib.v4i1.1949
Koentjaraningrat. (1993). Kebudayaan, Mentalitas, dan Pembangunan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Latifah, A. (2020). Peran Lingkungan Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(2), 101–112. https://doi.org/10.15575/japra.v3i2.8785
Lestari, S. 2018. Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga. Jakarta: Prenadamedia Group.
Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630
Makagingge, M., Karmila, M., & Chandra, A. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Sosial Anak (Studi Kasus Pada Anak Usia 3-4 Tahun di KBI Al Madina Sampangan. Ya Bunayyaa: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3(2). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/5568
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (Third edition). SAGE Publications, Inc.
Nur, R. S., Pareno, S. A., & Jupriono. (2020). Akulturasi Budaya Etnis Arab dengan Etnis Jawa dan Etnis Madura di Daerah Ampel Surabaya. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.
Rahmawati. (2020). Akulturasi Budaya Masyarakat Kota (Studi Fenomenologi Penduduk Urban di Kelurahan Antang Makassar). Universitas Muhammadiyah Makassar. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/11667-Full_Text.pdf
Roszi, J., & Mutia, M. (2018). Akulturasi Nilai-Nilai Budaya Lokal dan Keagamaan dan Pengaruhnya terhadap Perilaku-Perilaku Sosial. FOKUS Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan, 3(2), 171. https://doi.org/10.29240/jf.v3i2.667
Santrock, J. (2014). Psikologi Pendidikan. Prenada Media Grup
Sari, P., & Wahyuni, C. (2020). Pengaruh Pola Asuh Otoriter Orang Tua Bagi Kehidupan Sosial Anak. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), 76–80. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.597
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Thaumaet, Y. A., & Soebijantoro, S. (2019). Akulturasi Budaya Mahasiswa Dalam Pergaulan Sosial Di Kampus (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas PGRI Madiun). Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 9(1), 113. https://doi.org/10.25273/ajsp.v9i1.3641
Vernaputri, A., Jamil, M., Nadeak, T., & Puspitasari, D. (2022). Komunikasi Antarbudaya Ragam Solore. PT Insan Cendekia Mandiri.
Wardana, B. R. (2017). Akulturasi Budaya Masyarakat Tionghoa dengan Masyarakat Pribumi di Desa Karangturi, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang. Jurnal Ilmu Sosial, 53(9), 1689–1699.
Wiswanti, I. U., Kuntoro, I. A., Ar Rizqi, N. P., & Halim, L. (2020). Pola asuh dan budaya: Studi komparatif antara masyarakat urban dan masyarakat rural Indonesia. Jurnal Psikologi Sosial, 18(3), 211–223. https://doi.org/10.7454/jps.2020.21
Wulandari, T., Wijayanti, A. T., & Saliman, S. (2020). Character Education In Family Through Parenting Pattern. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 3(1), 129–142. https://doi.org/10.21831/jk.v3i1.22392
Refbacks
- There are currently no refbacks.