Efektivitas Metode Storytelling Menggunakan Hasil Karya untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak usia Dini

Authors

  • Sudarti Sudarti Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Pontianak, Gibraltar
  • Yuniarti Yuniarti Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Pontianak, Indonesia
  • Kristina Yulita Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Pontianak, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4593

Keywords:

metode bercerita, hasil karya, kemampuan berbicara

Abstract

Salah satu aspek penting dalam perkembangan anak adalah aspek perkembangan bahasa. Berbicara merupakan bentuk bahasa ekspresif, upaya pengembangan nya dapat melalui metode bercerita. Metode bercerita menggunakan hasil karya adalah alternatif untuk menjadikan pembelajaran lebih bermakna. Riset berikut bertujuan guna mengetahui  efektivitas metode bercerita menggunakan hasil karya untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun. Peneliti memakai jenis riset kuantitatif serta rancangan one group pre-test and post-test design, dengan sampel sejumlah 17 anak. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik  observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan uji paired sample t test dan program SPSS versi 22. Hasil pre-test dan post-test dengan taraf signifikansi alfa 5% didapatkan nilai t hitung sebesar -13,741  dengan nilai p­­-value sebesar 0,000 yang kurang dari alfa sebesar 0,05. keputusan yang dapat diambil adalah tolak Ho dan terima Ha, artinya terdapat efektivitas dari metode bercerita menggunakan hasil karya terhadap kemampuan berbicara anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, M. (2017). Students’ speaking ability through community language learning. English and Literature Journal, 1(1), 97–125. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/elite/article/view/3353

Alfatihaturrohmah, A., Mayangsari, D., & Karim, M. B. (2018). Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di TK X Kamal. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(2), 101–109. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v5i2.4885

Dhieni, N., Hapidin, & Ningtias, A. A. (2017). The Speaking Ability of Five-to-six-year-old Children in Morning Journal Activity. International Journal of Education and Research, 5(5), 223–230. https://www.ijern.com/journal/2017/May-2017/20.pdf

Efendi, J. P. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Konsep dan Pengembangan. In PT. Raja Grafindo Persada.

Faridawati, R., Eliyawati, C., & Rudiyanto, R. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media Hasil Karya Anak. Edukid, 14(1), 208–213. https://doi.org/10.17509/edukid.v14i1.17086

Fauziah, Z., Wahyuningsih, S., & Hafidah, R. (2020). Metode Sosiodrama Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendekia, 8(2), 222. https://doi.org/10.20961/kc.v8i2.39266

Fitri, H. A., Mohamad, M., Harianingsih, I., & Wadi, A. S. (2022). Digital Storytelling-Based Tasks on Speaking Classroom; Seen from ESL Learners’ Lenses. Jurnal Tatsqif, 20(2), 180–198. https://doi.org/10.20414/jtq.v20i2.6289

Kementerina Pendidikan dan kebusayaan Republik Indonesia. (2014). Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebusayaan Nomor 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. In Kementerina Pendidikan dan kebusayaan Republik Indonesia (p. 13).

Lestari, P. I., & Prima, E. (2023). Pengaruh Metode Storytelling Berbasis Kearifan Lokal Bali terhadap Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1295–1301. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3012

Mulyasa, H. . (2021). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar (p. 340). Bumi Aksara.

Nurhayati, S., & Wahyuni, I. W. (2020). Pengembangan Kemampuan Anak Usia 5-6 Tahun. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 5(1), 82–90. https://jurnal.piaud.org/index.php/Ijiece/article/view/208

Okonobong, A., & Ngozi, J. (2023). Assessment Of Speech Impediment Among Children : The Cause And. Universal Academic Journal of Education, Science, 5(1), 1–12. https://www.globalacademicstar.com/download/article/assessment-of-speech-impediment-among-children-the-cause-and-challenges.pdf

Puspita, M. D. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Flashcard Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Al Falah Palembang Tahun Ajaran 2019/2020. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.31851/pernik.v3i1.4598

Rahayu, N. (2020). Hasil Karya Siswa Sebagai Penilaian Autentik Berbasis Kelas Di Kelompok B Usia 5-6 Tahun Tk an-Nur 1 Yogyakarta. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 23–29. https://doi.org/10.17509/cd.v11i1.17279

Rahayu, S. (2017). Pengembangan bahasa pada anak usia dini. Kalimedia.

Rahmawati, D., Riswandi, & Surahman, M. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. Jurnal Pendidikan Anak PG-PAUD FKIP Universitas Lampung, 2(1), 1–118. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/14466

Rahmi, T. N., & Septiana, E. (2023). Efektivitas Pendekatan VAK dalam Meningkatkan Kemampuan Artikulasi Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2188–2201. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4302

Rambe, S. A., Konadi, H., & Takengon, I. (2022). Application of Story Telling Model in Optimizing Children ’ s Speaking Ability. TA’DIB: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 12(2). https://journal.iaintakengon.ac.id/index.php/tdb/article/view/203

Utami, S. (2019). Pengaruh kemampuan berbicara siswa melalui pendekatan komunikatif dengan metode simulasi pada pembelajaran bahasa indonesia. Likhitaprajna, 18, 58–66. https://likhitapradnya.wisnuwardhana.ac.id/index.php/likhitapradnya/article/view/59

Wati, Setyo, Y. (2021). Implementasi Merdeka belajar di PAUD.

Widiasworo, E. (2019). Menyusun Penelitian Kuantitatif untuk Skripsi dan Tesis (Vol. 140, pp. 1–240). Araska Publisher.

Yarmi, G. (2019). Whole-Language Approach: Improve the Speaking Ability at Early years School Level. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 13(1), 15–28. https://doi.org/10.21009/10.21009/jpud.131.02

Downloads

Published

08-07-2023

How to Cite

Sudarti, S., Yuniarti, Y., & Yulita, K. (2023). Efektivitas Metode Storytelling Menggunakan Hasil Karya untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3755–3763. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4593

Issue

Section

Articles