- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Efektivitas Metode Storytelling Menggunakan Hasil Karya untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4593Keywords:
metode bercerita, hasil karya, kemampuan berbicaraAbstract
Salah satu aspek penting dalam perkembangan anak adalah aspek perkembangan bahasa. Berbicara merupakan bentuk bahasa ekspresif, upaya pengembangan nya dapat melalui metode bercerita. Metode bercerita menggunakan hasil karya adalah alternatif untuk menjadikan pembelajaran lebih bermakna. Riset berikut bertujuan guna mengetahui  efektivitas metode bercerita menggunakan hasil karya untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun. Peneliti memakai jenis riset kuantitatif serta rancangan one group pre-test and post-test design, dengan sampel sejumlah 17 anak. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan uji paired sample t test dan program SPSS versi 22. Hasil pre-test dan post-test dengan taraf signifikansi alfa 5% didapatkan nilai t hitung sebesar -13,741 dengan nilai pÂÂ-value sebesar 0,000 yang kurang dari alfa sebesar 0,05. keputusan yang dapat diambil adalah tolak Ho dan terima Ha, artinya terdapat efektivitas dari metode bercerita menggunakan hasil karya terhadap kemampuan berbicara anak.
Downloads
References
Abdullah, M. (2017). Students’ speaking ability through community language learning. English and Literature Journal, 1(1), 97–125. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/elite/article/view/3353
Alfatihaturrohmah, A., Mayangsari, D., & Karim, M. B. (2018). Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di TK X Kamal. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(2), 101–109. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v5i2.4885
Dhieni, N., Hapidin, & Ningtias, A. A. (2017). The Speaking Ability of Five-to-six-year-old Children in Morning Journal Activity. International Journal of Education and Research, 5(5), 223–230. https://www.ijern.com/journal/2017/May-2017/20.pdf
Efendi, J. P. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Konsep dan Pengembangan. In PT. Raja Grafindo Persada.
Faridawati, R., Eliyawati, C., & Rudiyanto, R. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media Hasil Karya Anak. Edukid, 14(1), 208–213. https://doi.org/10.17509/edukid.v14i1.17086
Fauziah, Z., Wahyuningsih, S., & Hafidah, R. (2020). Metode Sosiodrama Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendekia, 8(2), 222. https://doi.org/10.20961/kc.v8i2.39266
Fitri, H. A., Mohamad, M., Harianingsih, I., & Wadi, A. S. (2022). Digital Storytelling-Based Tasks on Speaking Classroom; Seen from ESL Learners’ Lenses. Jurnal Tatsqif, 20(2), 180–198. https://doi.org/10.20414/jtq.v20i2.6289
Kementerina Pendidikan dan kebusayaan Republik Indonesia. (2014). Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebusayaan Nomor 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. In Kementerina Pendidikan dan kebusayaan Republik Indonesia (p. 13).
Lestari, P. I., & Prima, E. (2023). Pengaruh Metode Storytelling Berbasis Kearifan Lokal Bali terhadap Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1295–1301. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3012
Mulyasa, H. . (2021). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar (p. 340). Bumi Aksara.
Nurhayati, S., & Wahyuni, I. W. (2020). Pengembangan Kemampuan Anak Usia 5-6 Tahun. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 5(1), 82–90. https://jurnal.piaud.org/index.php/Ijiece/article/view/208
Okonobong, A., & Ngozi, J. (2023). Assessment Of Speech Impediment Among Children : The Cause And. Universal Academic Journal of Education, Science, 5(1), 1–12. https://www.globalacademicstar.com/download/article/assessment-of-speech-impediment-among-children-the-cause-and-challenges.pdf
Puspita, M. D. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Flashcard Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Al Falah Palembang Tahun Ajaran 2019/2020. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.31851/pernik.v3i1.4598
Rahayu, N. (2020). Hasil Karya Siswa Sebagai Penilaian Autentik Berbasis Kelas Di Kelompok B Usia 5-6 Tahun Tk an-Nur 1 Yogyakarta. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 23–29. https://doi.org/10.17509/cd.v11i1.17279
Rahayu, S. (2017). Pengembangan bahasa pada anak usia dini. Kalimedia.
Rahmawati, D., Riswandi, & Surahman, M. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. Jurnal Pendidikan Anak PG-PAUD FKIP Universitas Lampung, 2(1), 1–118. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/14466
Rahmi, T. N., & Septiana, E. (2023). Efektivitas Pendekatan VAK dalam Meningkatkan Kemampuan Artikulasi Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2188–2201. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4302
Rambe, S. A., Konadi, H., & Takengon, I. (2022). Application of Story Telling Model in Optimizing Children ’ s Speaking Ability. TA’DIB: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 12(2). https://journal.iaintakengon.ac.id/index.php/tdb/article/view/203
Utami, S. (2019). Pengaruh kemampuan berbicara siswa melalui pendekatan komunikatif dengan metode simulasi pada pembelajaran bahasa indonesia. Likhitaprajna, 18, 58–66. https://likhitapradnya.wisnuwardhana.ac.id/index.php/likhitapradnya/article/view/59
Wati, Setyo, Y. (2021). Implementasi Merdeka belajar di PAUD.
Widiasworo, E. (2019). Menyusun Penelitian Kuantitatif untuk Skripsi dan Tesis (Vol. 140, pp. 1–240). Araska Publisher.
Yarmi, G. (2019). Whole-Language Approach: Improve the Speaking Ability at Early years School Level. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 13(1), 15–28. https://doi.org/10.21009/10.21009/jpud.131.02