Author
Agus Supandi(1), Martha Ayerza Esra(2), Nurlela Nurlela(3), Armi Bakar(4), Tony Renhard Sinambela(5), Sigit Widiyarto(6), Budi Purnomo(7),
Pendidikan Matematika, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia(1)
Manajemen, Institute Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta, Indonesia(2)
Manajemen, STIE Tunas Nusantara, Jakarta, Indonesia(3)
Pendidikan Ekonomi, Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia(4)
Akuntansi, STIE Mulia Pratama Bekasi, Indonesia(5)
Pendidikan Ekonomi, Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia(6)
Sejarah, Universitas Negeri Jambi, Indonesia(7)
Corresponding Author
Article Analytic |
Published : 2023-08-20
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 437 times PDF Downloaded: 237 timesAbstract
Anak-anak akan lebih mandiri jika kelak dapat menjalankan bisnis sendiri secara alamiah. Siswa tidak diajari secara langsung, namun siswa mempelajari sendiri dengan bimbingan secara berkesinambungan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan kewirausahaan apa saja yang harus diberikan kepada anak sejak dini dan untuk mengetahui bagaimana cara anak mempelajari kewirausahaan. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, dengan menggunakan instrumen wawancara. Teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, display dan kesimpulan. Responden sebanyak 7 orang tua murid yang berprofesi sebagai wirausahawan. Hasil penelitian adalah kemampuan kewirausahaan yang dapat diperkenalkan sejak dini adalah kemampuan berbisnis berdasarkan minat dan hobi yang mereka miliki, dan kemampuan lain seperti literasi keuangan, dasar-dasar digital dan mental tidak mudah menyerah. Anak mampu mempelajari bisnis jika orang tua, membimbing anak untuk berfikir bagaimana mengelola usaha/bisnis dengan terencana. Guru sebagai fasilitator dapat mencatat minat dan bakat siswa. Guru sebaiknya mengembangkan metode belajar yang menggunakan perangkat digital walaupun dalam bentuk sederhana
Keywords
References
Apriyanti, M. E. (2020). Pentingnya Manajemen Diri Dalam Berwirausaha. Jurnal USAHA, 1(1), 14-24. https://doi.org/10.30998/juuk.v1i1.290
Bernabeu, A. G., Esteve, C. A., Capó-Vicedo, J., & Tomás-Miquel, J. V. (2019). Developing Entrepreneurship Competencies From Primary School To University: The Ideat-Kids And Business Factory Projects At Upv Alcoy Campus. In Inted2019 Proceedings (Pp. 8356-8363). Iated. https://library.iated.org/view/GARCIABERNABEU2019DEV
Bakar, M. A. A., & Ismail, N. (2020). Implementation of Enterpreneurship, Buying And Selling Activities In Mathematics Learning To Promote Students Interaction And Metacognitive Regulation SKILLS. Journal of Sustainability Science and Management, 15(5), 151-164. http://doi.org/10.46754/jssm.2020.07.013
Bird, B. (2019). Toward a theory of entrepreneurial competency. In Seminal ideas for the next twenty-five years of advances (Vol. 21, pp. 115-131). Emerald Publishing Limited. https://doi.org/10.1108/S1074-754020190000021011
Everett, J. (2003). Building a business simulation for kids: The making of Disney's hot shot business. Computers in Entertainment (CIE), 1(1), 1-9. https://dl.acm.org/doi/abs/10.1145/950566.950592
González-López, M. J., Pérez-López, M. C., & Rodríguez-Ariza, L. (2021). From potential to early nascent entrepreneurship: the role of entrepreneurial competencies. International Entrepreneurship and Management Journal, 17(3), 1387-1417. https://doi.org/10.1007/s11365-020-00658-x
Hasanah, U. (2019). Upaya Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship melalui Kegiatan Market Day bagi Anak Usia Dini. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 9-19. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/JPM/article/view/1599
Hartono, R. N. A., & Lestari, S. (2020). Peran Orangtua Dalam Pendidikan Karakter Anak Pada Keluarga Prasejahtera. Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/82188
Khalimah, E., & Prasetyo, I. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini di Wilayah Sekitar Candi Borobudur. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5722-5733. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3280
Kusuma, O., & Al Bonadi, G. I. (2018). Kelas Sosial Sebagai Tantangan Pemuda Dalam Peluang Kerja. Jurnal Studi Pemuda, 7(2), 147-149. https://jurnal.ugm.ac.id/jurnalpemuda/article/view/39966
Lindner, J. (2018). Entrepreneurship education for a sustainable future. Discourse and Communication for Sustainable Education, 9(1), 115-127. DOI: https://doi.org/10.2478/dcse-2018-0009
Murtani, A. (2019). Sosialisasi Gerakan Menabung. Sindimas, 1(1), 279-283. http://doi.org/10.30700/sm.v1i1.585
Murdiana, E. (2020). Peran Dan Fungsi Keluarga Dalam Pendampingan Pendidikan Anak Ditengah Pandemi Covid-19. SETARA: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 2(01), 120-137.
https://doi.org/10.32332/jsga.v2i01.2379
Martinelli, I., & Khairiah, N. (2020). Sosialisasi Urgensi Akreditasi Sekolah Bagi Masyarakat Dalam Memperoleh Layanan Pendidikan Yang Unggul. Wahana Inovasi: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UISU, 9(2), 60-67. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/wahana/article/view/3521/2413
Mulyani, E. (2011). Model pendidikan kewirausahaan di pendidikan dasar dan menengah. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.705
Nurmahmudah, E. (2021). Covid Bukan Penghalang Jadi Entrepreneur. Edu Publisher.
Pinho, M. I., Fernandes, D., Serrão, C., & Mascarenhas, D. (2019). Youth start social entrepreneurship program for kids: Portuguese UKIDS-case study. Discourse and Communication for Sustainable Education, 10(2), 33-48. https://doi.org/10.2478/dcse-2019-0016
Rahmatin, A. (2019). Pengenalan lingkungan alam pada anak usia dini di RA Al Fath Tahun pelajaran 2019-2020. UIN Mataram. http://etheses.uinmataram.ac.id/1552
Robert Neale, N., Sahaym, A., Noack, D., & Juasrikul, S. (2022). The kids are all right: Adolescent deviance, innovativeness, proactiveness and risk-taking. The International Journal of Entrepreneurship and Innovation. https://doi.org/10.1177/14657503221092965
Suhartono, S. (2021). Internaslisasi Nilai-nilai Keislaman dalam Pembelajaran Kewirausahaan di SMK Darul Ulum Banyuanyar. IAIN Madura
Sripituksakul, C. (2022). Education about Digital Marketing to Students through Entrepreneurship Programs. Journal of Asian Multicultural Research for Educational Study, 3(2), 1-5.https://doi.org/10.47616/jamres.v3i1.272
Rosyanafi, R. J. (2012). Penerapan Prinsip Andragogi Dalam Pembelajaran Untuk Membentuk Sikap Kewirausahaan Di Lembaga Kursus Dan Pelatihan Buana Bordir Course. J+ PLUS UNESA, 1(1). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/36/article/view/2001
Sriyono, H., Rizkiyah, N., & Widiyarto, S. (2022). What Education Should Be Provided to Early Childhood in The Millennial Era. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5018-5028. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2917
Upa, V. A., Santoso, W., & Soeindra, V. (2018). Increase of financial literacy and entrepreneurship motivation for micro, small, and medium enterprises through family education, formal education and social environment. www.iiste.org
Widiyarto, S. (2022). Pengenalan Olahraga untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Bagi Siswa TK. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7232-7241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2605
Widiyarto, S., Sunendar, D., Sumiyadi, S., & Permadi, T. (2023). Pengenalan Sastra untuk Siswa Taman Kanak-kanak (Studi Kasus pada Tradisi Gawai Dayak). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 467-478. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3796
Widiyarto, S., Sunendar, D., Sumiyadi, S., & Wassid, I. (2020). Fungsi Upacara Gawai Dayak dalam Pembelajaran Bahasa Daerah dan Sastra. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 185–189. https://doi.org/10.5281/zenodo.3950926
Refbacks
- There are currently no refbacks.