Kegiatan Bermain Engrang Batok dapat Mengembangkan Perilaku Prososial Anak 5-6 Tahun

Authors

  • Ridwan Ridwan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia
  • Indra Bangsawan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia
  • Huda Huda Pendidikan Islam Anak Usia Dini, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4551

Keywords:

bermain enggrang batok, perkembangan prososial, anak usia dini

Abstract

Lembaga pendidikan anak usia dini dapat mengembangkan perilaku prososial anak mengunakan kegiatan bermain engrang batok, dalam kegiatan ini, aspek pertumbuhan dan perkembangan anak dapat teransang dengan baik, tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengembangkan perilaku prososial anak melalui kegiatan bermain engrang batok, Pada penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi bagi peneliti berikutnya, dan bagi para pendidik guna melakukan pembelajaran dalam ruangan kelas, pada penelitian ini mengunakan metode PTK dengan siswanya sebanyak 14 Anak, juga mengunakan desain Perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Diakhir siklus mendapatkan  80,36% dengan keriteria anak meningkat sangat bagus. Anak-anak akan melompati dan mendorong batok dengan kaki mereka, menciptakan gerakan yang menyenangkan dan menantang, bermain enggrang batok memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk berinteraksi dengan teman sebaya mereka. Melalui interaksi ini, mereka belajar mengenali dan memahami perasaan orang lain, mengontrol emosi mereka sendiri, mengatasi konflik,  ini membantu mereka dalam membangun hubungan sosial yang sehat dan positif.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Indra Bangsawan, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

jadilah terbaik dan bermanfaat

References

Daftar Pustaka

Andrian, I. L., & Ehan. (2017). Egrang Batok Untuk Melatih Keterampilan Motorik Kasar Siswa Tunanetra. Jassi Anakku, 18(2), 29–34. https://ejournal.upi.edu/index.php/jassi/article/view/9691

Anitayus. (2011). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. In Jakarta: Perdana Media Group (Vol. 1, Issue 2, p. 3). Kencana Prenada Media Grup.

Annisa, D., & Djamas, N. (2021). Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Usia 5 – 6 Tahun Melalui Permainan Tradisional Babintingan. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 3(1), 42. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v3i1.592

Asmuddin, A., Salwiah, S., & Arwih, M. Z. (2022). Analisis Perkembangan Motorik Kasar Anak di Taman Kanak – Kanak Buton Selatan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3429–3438. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2068

Azwinar, A. (2018). Peningkatan Perkembangan Bahasa Anak Melalui Bermain Peran Di Taman Kanak-Kanak Syukrillah Agama. Pesona PAUD., 1(2). https://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/article/view/1600

Cendana, H., & Suryana, D. (2021). Pengembangan Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 771–778. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1516

Dimond, D., Rohr, C. S., Smith, R. E., Dhollander, T., Cho, I., Lebel, C., Dewey, D., Connelly, A., & Bray, S. (2020). Early childhood development of white matter fiber density and morphology. NeuroImage, 210. https://doi.org/10.1016/j.neuroimage.2020.116552

Effendi, R. A. H., Mangkuwibawa, H., & Ratnasih, T. (2020). Analisis Perkembangan Perilaku Proposial Anak Dengan Metode Bermain Peran. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(2), 86–100. https://doi.org/10.15575/japra.v3i2.7473

Fauziddin, M. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun melalui Kegiatan Menceritakan Kembali Isi Cerita di Kelompok Bermain Aisyiyah Gobah Kecamatan Tambang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 42. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.30

Hasanah, U. (2016). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12368

Hidayanti, M. (2013). Peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan bakiak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(1), 195–200.

Humaedi, H., Saparia, A., Nirmala, B., & Abduh, I. (2021). Deteksi Dini Motorik Kasar pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 558–564. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1368

Junaedi, J., & Suardi, S. (2020). Permainan Tradisional Egrang Sebagai Media Edukasi Anak. Jurnal Ilmiah Publipreneur, 6(2), 9–16. https://doi.org/10.46961/jip.v6i2.82

Kamtini, K., & Sitompul, F. A. (2019). Pengaruh Metode Bernyanyi terhadap Kemampuan Mengingat Huruf dan Angka pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 141. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.295

Kaoci, W., Taib, B., & Mufidatul Ummah, D. (2021). Perkembangan Fisik Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Tradisional “Jalan Tempurung. Jurnal Ilmiah Cahaya PAUD, 3(1), 11–22. https://doi.org/10.33387/cp.v3i1.2129

Mahmud, B. (2019). Urgensi Stimulasi Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(1), 76–87. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i1.177

Malik, K. (2019). Perbedaan Nilai (Value) Dan Makna (Meaning) Budaya Permainan Egrang Di Empat Negara. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 8(1), 197. https://doi.org/10.24114/gr.v8i1.13166

Matondang, E. S. (2017). Perilaku Prososial (Prosocial Behavior) Anak Usia Dini Dan Pengelolaan Kelas Melalui Pengelompokan Usia Rangkap (Multiage Grouping). EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(1), 34. https://doi.org/10.17509/eh.v8i1.5120

Megawati, E., & Herdiyanto, Y. K. (2016). Hubungan antara Perilaku Prososial dengan Psychological Well-Being pada Remaja. Jurnal Psikologi Udayana, 3(1), 132–141. https://doi.org/10.24843/jpu.2016.v03.i01.p13

Munir, A. (2019). Pengaruh Permainan Balap Karung dan Egrang terhadap Peningkatan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini di PAUD Cahaya Kecamatan Rambutan Kota Tebing Tinggi. JURNAL DIVERSITA, 5(2), 161–172. https://doi.org/10.31289/diversita.v5i2.3056

Novitasari, R., Nasirun, M., & D., D. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Bermain Dengan Media Hulahoop Pada Anak Kelompok B Paud Al-Syafaqoh Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 6–12. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.6-12

Nur Cahyati Ngaisah, Ayyubi, M. Al, Fajzrina, L. N. W., Aulia, R., Munawarah, Fadillah, C. N., & Nailul Padhil Zohro. (2023). Permainan Tradisional Kelereng dan Perannya dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Nur. Jurnal Ilmiah Potensia, 2023, 8(1), 103–113. https://doi.org/10.33369/jip.8.1.103-113

Nurhayati. (2020). Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Lompat Tali Karet. In Tadulako" Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini: Vol. Vol.4 No.5. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/PJKR/index

Ochtoviana, R., Fakhriah, & Rahmi. (2020). Perkembangan Perilaku Prososial Anak Usia Dini Dengan Metode Bermain Peran Makro Di Tk It Mon Kuta Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 5(1), 67–76. https://jim.usk.ac.id/paud/article/view/14247

Okwita, A., & Sari, S. P. (2019). Eksistensi Permainan Tradisional Egrang Pada Masyarakat Monggak Kecamatan Galang Kota Batam. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 4(1), 19–23. https://doi.org/10.33373/j-his.v4i1.1720

Pebriani, E., & Hesni, N. (2023). Meningkatkan Kemampuan Perilaku Prososial Melalui Permainan Ular Naga Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun. Jurnal Multimedia Dehasen, 1(1), 155–158. https://doi.org/10.37676/mude.v2i1.3658

Pratiwi, A. B., & Fuadah Z, A. (2020). Permainan tradisional engrang dari Provinsi Banten dan pembentukan karakter menghargai prestasi peserta didik MI/SD di Indonesia. MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 13–28. https://doi.org/10.47971/mjpgmi.v3i1.206

Rahmadhani, R., & Simanjuntak, J. (2018). Pengaruh Kegiatan Bernyanyi Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di TK Hikmatul Fadhillah Kota Medan. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 4(1), 22–27. https://doi.org/10.24114/jbrue.v4i1.11540

Resti Aulia, B. N., & Budiningsih, C. A. (2021). Tingkat Pemahaman Guru Taman Kanak-kanak di Lombok dalam Stimulasi Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2259–2268. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1082

Safitri, S., & Izzati, I. (2021). Pelaksanaan Pengembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Harapan Pangian Lintau Buo. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 3(2), 141. https://doi.org/10.35473/ijec.v3i2.986

Safitri, Y. (2017). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perkembangan Bahasa Balita di UPTD Kesehatan Baserah Tahun 2016. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 148. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.35

Salam, A. F. B., Yunus, M., & Kinanti, R. G. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional (Egrang Bambu) terhadap Peningkatan Keseimbangan pada Anak Kelas 5 SD. Sport Science and Health, 1(3), 243–250. http://journal2.um.ac.id/index.php/jfik/article/view/11362

Salnita, Y. E., Atmazaki, A., & Abdurrahman, A. (2019). Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia 3 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 137. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.156

Samsiar, A., Syukri, M., & Halida, H. (2017). Peningkatan Perilaku Prososial Melalui Permainan Galah Hadang Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan …, 1–12. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/30137/75676579443

Suharsimi. (2019). Metodologi Penelitian. Gramedia.

Sujarwo, & Widi, C. P. (2015). Kemampuan Motorik Kasar dan Halus Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 11(2), 96–100. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/view/8185/6856

Sulistyaningtyas, R. E., & Fauziah, P. Y. (2019). Pengembangan buku panduan permainan tradisional untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(1), 50–58. https://doi.org/10.21831/jppm.v6i1.23477

Syafrimen Syafril, Wijaya Kuswanto, C., Muriyan, O., & Syafril, S. (2020). Dua Cara Pengembangan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini Melalui Gerakan-Gerakan Senam. Jurnal Pelita PAUD, 5(1), 104–114. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v5i1.1172

Syahnurmala, H., Syafrida, R., Nirmala, I., & Rahayu, E. T. (2022). Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Usia 5-6 Tahun Menggunakan Kinds Rubber Rope Games (KIORROGA) di TKQ Salsabila Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(16), 228–238. https://doi.org/10.5281/zenodo.7067584

Vaughn, K. A., Nguyen, M. V. H., Ronderos, J., & Hernandez, A. E. (2021). Cortical Thickness in bilingual and monolingual children: Relationships to language use and language skill. NeuroImage, 243. https://doi.org/10.1016/j.neuroimage.2021.118560

Wulandari, M., Asmawi, M., & Karnadi, K. (2021). Hubungan Status Gizi dan Aktivitas Bermain melalui Keterampilan Gerak Dasar Anak Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1706–1717. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.965

Yuniati, S., & Rohmadheny, P. S. (2020). Bermain Peran: Sebuah Metode untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 60. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.509

Downloads

Published

15-09-2023

How to Cite

Ridwan, R., Bangsawan, I., & Huda, H. (2023). Kegiatan Bermain Engrang Batok dapat Mengembangkan Perilaku Prososial Anak 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 5110–5122. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4551

Issue

Section

Articles