- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengembangan Video Animasi dalam Mengenalkan Literasi Awal pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.4542Keywords:
video animasi, literasi awal, anak usia diniAbstract
Kurangnya pemanfaatan media video animasi dalam pembelajaran di kelas sehingga mengurangi ketertarikan anak pada kegiatan, media yang digunakan sifatnya hanya LKA semata. Adapun tujuannya Penelitian ini untuk mengembangkan video animasi yang mana isi video tersebut berkaitan dengan literasi awal pada anak di kelompok B TK Mekar Wangi Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D). Dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) Watson (1981). Hasil penelitian ditunjukan dengan hasil kelayakan video animasi dalam mengenalkan literasi awal pada uji validasi ahli materi memperoleh hasil 89,6% (Sangat Layak) dan uji validasi media memperoleh hasil 89% (Sangat Layak). Selanjutnya pilot test respon guru mendapatkan persentase 88% (Sangat Layak), sedangkan pada anak mendapatkan skor 4 (Sangat Layak). Terakhir uji coba pemakaian pada guru mendapatkan persentase 95%Â (Sangat Layak). Adanya pengembangan media video animasi dengan kategori layak, maka penelitian ini bisa dijadikan acuan dalam pengenalan literasi pada anak usia dini.
Downloads
References
Ariani, N. K., Widiana, I. W., & Ujianti, P. R. (2021). Media Video Animasi untuk Meningkatkan Listening Skill Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 43–52. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.35690
Hamzah, N. (2015). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini (S. Purwadi (ed.); 1 ed.). IAIN Pontianak PressP.
Hapsari, W., Ruhaena, L., & Pratisti, W. D. (2017). Peningkatan Kemampuan Literasi Awal Anak Prasekolah Melalui Program Stimulasi. Jurnal Psikologi, 44(3), 177. https://doi.org/10.22146/jpsi.16929
Hasanah, U., & Deiniatur, M. (2019). Membangun Budaya Membaca Pada Anak Usia Dini Di Era Digital. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 3(01), 10–24. https://doi.org/10.24127/att.v3i01.973
Hidayah, A. N., & Nurhadija. (2018). Aktivitas Mendongeng Menggunakan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Moral. Jurnal Smart Paud, 1(1), 73–81. https://doi.org/10.36709/jspaud.v1i1.3523
Indriyani, & Putra, F. G. (2018). Media Pembelajaran Berbantuan Sparkol Materi Program Linier Metode Simpleks. Desimal: Jurnal Matematika, 1(3), 353–362. https://doi.org/10.24042/djm.v1i3.3008
Juniarti, Y., & Gustiana, E. (2019). Pengembangan Sumber Belajar Bermain Berbasis Mobile Learning. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 6(1), 37–42. 10.30734/jpe.v6i1.289https://doi.org/
Kementrian Pendidikan Nasional RI. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini No 137 Tahun 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 1–76.
Lalujan, K. V., Krismayani, O., & Manajang, T. Y. (2019). Kecerdasan Anak Usia Dini Ditinjau Dari Prespektif Teori Kecerdasan Howard Gardner. Osfpreprints.
Lilis, S. N. P., Utoyo, S., Jamin, N. S., & Juniarti, Y. (2021). Pengembangan E-Modul Metode Total Physical Response Da- Lam Mengenalkan Kosakata Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Nusa Indah, Desa Toto Utara, Kec. Tilongkabila, Gorontalo. Jurnal Ilmiah Kajian Anak dan Media Informasi PAUD, 3359(6), 41–49. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/jpaud/article/view/6702
Lukman, A., Hayati, D. K., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran IPA Kelas V di Sekolah Dasar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 153–166. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i2.1750
Novelia, S., & Hazizah, N. (2020). Penggunaan Video Animasi dalam Mengenal dan Membaca Huruf Hijaiyah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1037–1048. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/567
Nurrahmawati, E., Ariska, K., & Mulya, N. (2022). Bermain Pasir Kinestik (Kinetic Sand) untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 7(1), 55–62. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i1.2066
Nurrisa, T. M., & Rakhmawati, N. I. S. (2023). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Pendahuluan Anak usia dini dengan rentang usia 0-6 tahun berada di tahap perkembangan yang. JAMBURA Early Childhood Education Journal, 5(1), 172–183.
Rosita, H. A., Hidayah, L. N., Safitri, A. A., & Farisia, H. (2021). Media Video Animasi Untuk Mengoptimalkan Perkembangan Kognitif Siswa Ra Sunan Ampel Pasuruan. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 4(2), 143–153. https://doi.org/10.35896/ijecie.v4i2.153
Sugiyono. (2019). Penelitian Pendidikan (2019 ed.). Alfabeta.
Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak (I. Fahmi (ed.); 1 ed.). Kencana.
Venetsanou, F., & Kambas, A. (2010). Environmental Factors Affecting Preschoolers Motor Development. Early Childhood Education Jurnal. https://doi.org/10.1007/s10643-009-0350-z.
Watson, R. (1981). ADDIE Model. Big Dog, Little Dog and Knowledge Jump Production.
Zahara, S., & Hendriana, B. (2021). Pengembangan Media Video Animasi untuk Kemampuan Menghafal Hadist pada Anak Usia Dini. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3593–3601. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.948