
Author
Nurhafizah Nurhafizah(1

Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(1)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Uin Mahmud Yunus Batusangkar, Indonesia(2)
Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar, Indonesia(3)

Published : 2023-06-10
Article can trace at:







Article Metrics
Abstract Views: 677 times
PDF Downloaded: 1057 times
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang variabel parenting stress pada orang tua anak usia dini yang bekerja di Kecamatan Lima Kaum melalui metode deskriptif kuantitatif. Metode penelitian deskriptif kuantiatif merupakan metode yang digunakan untuk mendeskripsikan data-data numerical (angka) yang diolah melalui metode statistika. Populasi dan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik proposional random sampling melalui nomogram harry king. Hasil penelitian menggambarkan bahwa parenting stress pada orang tua anak usia dini di kecamatan lima kaum masuk kepada kategori sedang. Orang tua yang bekerja menghabiskan waktu ditempat kerjanya juga masih dapat memaksimalkan pengasuhan melalui bantuan orang lain seperti keluarga dekat maupun tempat penitipan anak dan memaksimalkan kesempatan yang ada bersama anak dengan selalu mengikuti tahapan perkembangan anak. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu parenting stress orang tua anak usia dini yang bekerja di kecamatan lima kaum masuk kepada kategori sedang.
Keywords
References
Adawiah, R. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 33–48. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/pkn/article/view/3534
Alisma, Y., & Adri, Z. (2021). Parenting Stress Pada Orangtua Bekerja Dalam Membantu Anak Belajar Di Rumah. PSYCHE: Jurnal Psikologi, 3(1), 64–74. https://doi.org/10.36269/psyche.v3i1.322
Anthony, L. G., Anthony, B., Naiman, D., & Waanders, C. (2005). The Relationships Between Parenting Stress , Parenting Behaviour and Preschoolers ’ Social Competence and Behaviour Problems in the Classroom. Infant and Child Development, 14(June), 133–154. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1002/icd.385
Ayun, Q. (2017). Pola asuh orang tua dan metode pengasuhan dalam membentuk kepribadian anak. ThufuLA, 1, 102–122. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/thufula/article/view/2421
Azwar, S. (2001). Asumsi-asumsi dalam inferensi statistika. Buletin Psikologi, 9(1), 8–17.
Azwar, S. (2019). Reliabilitas dan Validitas (IV). (Anggota IKAPI) Pustaka Pelajar.
Berry, J. O., & Jones, W. H. (1995). The parental stress scale: Initial psychometric evidence. Journal of Social and Personal Relationships, 12(3), 463–472. https://doi.org/10.1177/0265407595123009
Bloomfield, L., & Kendall, S. (2012). Parenting self-efficacy, parenting stress and child behaviour before and after a parenting programme. Primary Health Care Research & Development, 13(4), 364–372. https://doi.org/10.1017/S1463423612000060
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design (Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches). In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. https://spada.uns.ac.id/pluginfile.php/510378/mod_resource/content/1/creswell.pdf
Fitriani, Y., Gina, F., & Perdhana, T. S. (2021). Gambaran Parenting Stress Pada Ibu Ditinjau Dari Status Pekerjaan dan Ekonomi Serta Bantuan Pengasuhan. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 10(2), 98. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v10i2.5697
Handayani, N. S. (2021). Kebahagiaan: Studi Pengaruh Dukungan Sosial Pada Wanita Pekerja yang Mengalami Bekerja dari Rumah (Work From Home) Dampak Covid-19. UG Jurnal, 15(3), 22–32. https://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/ugjournal/article/view/3936
Hidayati, W. R., Eliza, D., & Anwar, S. (2022). Teacher ’ s Effort In Improving Early Children ’ s Language Development. Jurnal Indira, 7(2), 97–104. https://journal.umpo.ac.id/index.php/indria/article/view/97-104
Hidayati, W. R., & Nurhafizah. (2022). Indonesian Journal of Early Childhood Introduction of Sex Education to Early Childhood : to Reduce Cases of Child Sexual Abuse. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 11(1), 75–82. https://doi.org/10.15294/ijeces.v11i1.44401
Isnaini, Z., Zhafira, A., & Wahyunegsih. (2022). The Influence Of Parental Guidance Of Full-Time Workers On The Emotional Development Of Children. Jurnal Qualita, 4(1). https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/equalita/article/view/10897
Kirby, J. N. (2020). Education Sciences Nurturing Family Environments for Children : Compassion-Focused Parenting as a Form of Parenting Intervention. Education Sciences, 10(3), 2–15. https://www.mdpi.com/2227-7102/10/1/3
Lestiawati, I. M. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemampuan Sosial Anak Usia 6-7 Tahun. Journal of Adolescent Research, 3(1), 95. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jiv/article/view/7719
Listyanti, H., & Wahyuningsih, R. (2021). Manajemen Stres Orangtua Dalam Pendampingan Pembelajaran Daring. Literasi : Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 1(1), 23–48. https://doi.org/10.22515/literasi.v1i1.3256
Ngewa, H. M. (2019). Peran Orang Tua dalam Pengasuhan Anak. Ya Bunayya, 1(1), 96–115.
Noor, F., Mumpuni, R. A., Amaliyah, A., & Laksmiwati, I. (2020). Pendampingan Ibu Bekerja (Working Mom) terhadap Penggunaan Youtube pada Anak. Komuniti : Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi, 12(1), 40–50. https://doi.org/10.23917/komuniti.v12i1.10070
Nurhafizah. (2019a). Pelatihan Komunikasi Efektif di Guru Anak Usia Dini. Jurnal Internasional Inovasi, Kreativitas Dan Perubahan, 5(4), 139–149. https://simdiklat.gtkpaud.kemdikbud.go.id/upload/modul_materi/9__Modul_Diklat_Dasar_2020_Komunikasi_dalam_Pengasuhan.pdf
Nurhafizah. (2019b). Training effective communication in early childhood teachers. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(4), 139–149. https://www.ijicc.net/images/vol5iss4/5410_Nurhafizah_2019_E_R.pdf
Nurhafizah, & Hidayati, W. R. (2022). An Overview on Case Internet Addiction in Early Childhood ’ s Perspective. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5289–5296. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2990
Nurhafizah, N., & Ardi, Z. (2019). The Parent’s Role and Children’s Understanding of Gender Concept; A Correlational Study in Indonesia. Journal of Counseling and Educational Technology, 2(2), 48. https://doi.org/10.32698/0761
Nurhafizah, N., & Wardani, E. K. (2022). Children ’ s Education in Families Facing the Challenges of the 21st Century and the Era of Industrial Revolution 4 . 0 During Pandemic. Proceedings of the 6th International Conference of Early Childhood Education (ICECE-6 2021), 668, 114–120. https://www.atlantis-press.com/proceedings/icece-6-21/125975280
Palupi, Y. (2015). Digital Parenting Sebagai Wahana Terapi Untuk Menyeimbangkan Dunia Digital Dengan Dunia Nyata Bagi Anak. Seminar Nasional Universitas PGRI Yogyakarta, 47–50. http://repository.upy.ac.id/373
Rakhmawati, I. (2015). Peran Keluarga dalam Pengasuhan Anak. Konseling Religi: Jurnal Bimbingan Konseling Dan ISlam, 6(1), 1–18. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/konseling/article/view/1037
Ramadhany, S. D., Larasati, T. A., & Soleha, T. U. (2017). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Stres Pengasuhan pada Ibu yang Memiliki Anak Tunagrahita di SLB Dharma Bhakti Dharma Pertiwi. Jurnal Agromed Unila, 4(2), 287–292. https://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/agro/article/view/1802
Ratnasari, kinanti A., & Kuntoro. (2017). Hubungan Parenting Stress, Pengasuhan Dan Penyesuaian Dalam Keluarga Terhadap Perilaku Kekerasan Anak Dalam Rumah Tangga. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo, 3(1), 85. https://doi.org/10.29241/jmk.v3i1.91
Roza, D., Nurhafizah, N., & Yaswinda, Y. (2019). Urgensi Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam Penyelenggaraan Perlindungan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 277. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.325
Sakinah, & Dalimunthe, D. S. (2022). Pentingnya Pendidikan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 26–44. https://jurnal.alahliyah.sch.id/index.php/jurnalpkm/article/view/400
Sri Asri, A. (2018). Hubungan Pola Asuh Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13793
Syahrul, S., & Nurhafizah, N. (2022). Analisis Pola Asuh Demokratis terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5506–5518. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.1717
Utami, F. (2021). Pengasuhan Keluarga terhadap Perkembangan Karakter Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1777–1786. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.985
Widiasari, Y., & Pujiati, D. (2017). Pengasuhan Anak Usia Dini Bagi Orang Tua Pekerja. JURNAL INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal), 2(2), 68–77. https://doi.org/10.24269/jin.v2n2.2017.pp68-77
Refbacks
- There are currently no refbacks.