Analisis Pengaruh Manajemen Pendidikan Terhadap Motivasi Belajar Pada Anak Usia Dini

Author


Siti Julaiha(1Mail), Akhmad Ramli(2), Venny Oktaviany(3), Sudadi Sudadi(4), Lina Revilla Malik(5), H. Chairul Anwar(6),
Manajemen Pendidikan Islam, UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, Indonesia(1)
Manajemen Pendidikan Islam, UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, Indonesia(2)
Manajemen, Institut Bisnis Muhammadiyah Bekasi, Indonesia(3)
Manajemen Pendidikan Islam, UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, Indonesia(4)
Manajemen Pendidikan Islam, UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, Indonesia(5)
Manajemen Pendidikan Islam, UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, Indonesia(6)

Mail Corresponding Author
Article Analytic
 PDF Full Text   [File Size: 290KB]

Published : 2023-05-18

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 999 times PDF Downloaded: 740 times

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh manajemen pendidikan terhadap motivasi belajar pada anak usia dini. Metodologi penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah studi literatur. Studi literatur merupakan pendekatan penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan, meninjau, menganalisis, dan mensintesis literatur atau sumber-sumber tertulis yang relevan dengan topik penelitian yang dijadikan objek penelitian. Hasil dari penelitian ini yaitu pengaruh manajemen pendidikan terhadap motivasi belajar pada anak usia dini sangat penting. Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar pada anak usia dini meliputi faktor internal, seperti minat dan bakat, dan faktor eksternal, seperti lingkungan belajar dan metode pembelajaran. Dengan manajemen pendidikan yang baik, guru dan pengelola pendidikan dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan memotivasi anak untuk belajar. Beberapa strategi yang dapat dilakukan antara lain yaitu metode pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan, lingkungan belajar yang aman dan nyaman, serta penghargaan dan umpan balik positif.


Keywords


manajemen pendidikan; motivasi belajar; anak usia dini

References


Akhmadi, A. (2021). Implementation of Blended Learning in Training Penerapan Blended Learning Dalam Pelatihan. Jurnal Diklat Keagamaan, 15(1), 78–87.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Damayanti, S. (2019). Hubungan peran guru dengan motivasi belajar siswa di smk muhamadiyah 2 bandar lampung. UIN Raden Intan Lampung.

Deni, E. P., & Alfurqan, A. (2023). Analisis Media Pembelajaran Berbasis Power Point terhadap Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran PAI di SD Negeri 16 Air Tawar Timur. AS-SABIQUN, 5(2), 505–521.

Dewi, F. C., & Yuniarsih, T. (2020). Pengaruh lingkungan sekolah dan peran guru terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 5(1), 1–13.

Dini, J. P. A. U. (2022a). Pengaruh Senam Si Buyung dan Senam Irama Ceria Terhadap Kemampuan Motorik Kasar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3369–3380.

Dini, J. P. A. U. (2022b). Strategi Stimulasi Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Maze Karpet Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2553–2563.

Dwi Rita Nova, D., & Widiastuti, N. (2019). Pembentukan Karakter Mandiri Anak Melalui Kegiatan Naik Transportasi Umum. Comm-Edu (Community Education Journal), 2(2), 113. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v2i2.2515

El Widad, Z., & Abu Bakar, M. Y. (2021). Wajah baru pendidikan Indonesia di masa pandemi dan analisis problematika kebijakan pendidikan di tengah pandemi. MAPPESONA Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 1–12.

Elihami, S. P. (2019). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Karakter. Rasibook.

Endang, S. (2021). Implementasi Pengelolaan Kelas Oleh Guru Terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun Di TK Taruna Jaya Prumnas Way Halim Bandar Lampung. UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Fadhilah, T. N., Handayani, D. E., & Rofian, R. (2019). Analisis pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 249–255.

Fadilah, H. (2021). Pengaruh penggunaan teknologi informasi dan kompetensi sosial guru terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI dan Budi pekerti kelas X TBSM SMK PGRI 2 Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. IAIN Ponorogo.

Fadlan, A. (2022). Pengaruh Latar Belakang Ekonomi Keluarga Dan Biaya Pendidikan Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 1 Linggabayu. Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 15(1), 81–88.

Fitri, M. (2020). Pengaruh Emergency Remote Learning Untuk Melihat Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Child Education Journal, 2(2), 68–82.

Gunawan, Y. I. P. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Keaktifan Siswa dalam Mewujudkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Khazanah Akademia, 02(01), 74–84. www.journal.uniga.ac.id

Hutabarat, A. L., Watimena, F. Y., & Fitranto, N. (2017). Hubungan Konsentrasi dan Persepsi Kinestetik Terhadap Kemampuan Shooting Pada Pemain U-11 Tahun Ragunan Soccer School. Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education, 1(2), 78–92.

Iskandar, J. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Edu-Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 96–107.

Junaedi, A. (2021). Perbedaan Minat Siswa dalam Pembelajaran PJOK antara Model Luring dan Daring di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(3), 834–842.

Mahmudah, A. R. (2019). Pengaruh Karakteristik Generasi Z Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Angkatan 2017 & 2018 Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Manshuruddin, M., Tumiran, T., & Yunan, M. (2021). Application Values of Character Education in the Modern Pesantren System and Culture (Study at Pondok Pesantren Modern Ar-Raudlatul Hasanah Medan). International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(12), 295. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v8i12.3241

Maptuhah, M., & Juhji, J. (2021). Pengaruh perhatian orangtua dalam pembelajaran daring terhadap motivasi belajar peserta didik Madrasah Tsanawiyah. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 25–34.

Mayasari, A., Pujasari, W., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173–179.

Mugiantarsih, L. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Proses Pembelajaran Daring Pada Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Pendidikan, 2(1), 1428–1437.

Novianti, R. (2019). Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MAN 2 Palembang. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(1), 1–20.

Parwati, N., Suryawan, P., & Apari, R. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Rajawali Pers.

Polapa, I. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Partisipatif Andragogis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Warga Belajar. Jetri, 11(1), 59–72.

Prabowo, R. A., Hita, I. P. A. D., Lubis, F. M., Patimah, S., Eskawida, E., & Siska, S. (2023). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Dribbling Permainan Bola Basket. Journal on Education, 5(4), 12648–12658. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2253

Pramono, R., Sarliyani, S., & Purwanto, A. (2020). The Evaluation of Narada Cup School Sport Program Using CIPP Evaluation Model. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 5(1), 81–86. https://doi.org/10.17509/jpjo.v5i1.23516

Purwoko, S. (2018). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, komitmen guru, disiplin kerja guru, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru SMK. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(2), 150–162.

Rivai, I. N. A., & Mana, R. (2021). Pengaruh pembelajaran online terhadap motivasi belajar dan minat belajar mahasiswa PGMI di tengah pandemi Covid-19. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 4(2), 168–179.

Rosa, N. N. (2020). Hubungan dukungan sosial terhadap motivasi belajar daring mahasiswa pada masa pandemi covid-19. TANJAK: Journal of Education and Teaching, 1(2), 147–153.

Sarnoto, A. Z., & Romli, S. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional (Eq) Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sma Negeri 3 Tangerang Selatan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 55–75.

Setyawati, V., & Subowo. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga dan Peran Guru Terhadap Disiplin Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 29–44.

Sitepu, I. D. (2018). Manfaat Permainan Bola Basket Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Prestasi, 2(3), 27. https://doi.org/10.24114/jp.v2i3.10129

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In METODE PENELITIAN ILMIAH.

Sugiyono. (2018). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&G. ALFABETA.

Suheri, S., Suja, A. Y. I., & Sunaryo, H. (2021). Pengaruh sertifikasi guru dan implementasi program MGMP pada motivasi dan kinerja guru. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(2), 189–202.

Sulaki, M. J. E., Hamdani, A., & Noor, R. A. M. (2019). Pengaruh Persepsi Peserta Didik Tentang Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Smk. Journal of Mechanical Engineering Education, 5(2), 212–221.

Suryana, D., & Rizka, N. (2019). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Akreditasi Lembaga.

Suwandi, F. Y. I. (2020). Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Profesional, Kompetensi Sosial Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMPN 1 Karangampel Indramayu. Jurnal Ekonomi Manajemen, 15(2), 54–68.

Suwarma, D. M., Munir, M., Wijayanti, D. A., Marpaung, M. P., Weraman, P., & Hita, I. P. A. D. (2023). PENDAMPINGAN BELAJAR SISWA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN CALISTUNG DAN MOTIVASI BELAJAR. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1234–1239.

Trimantara, I. K. B. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Students Center Learning (SCL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PJOK pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(2613-9693 2613-9685), 16–23.

Ulpi, W., Hakim, N., Kadir, A., Pajarianto, H., & Rahmatia, R. (2021). Gambaran Kebugaran Jasmani Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 30–39. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1197

Wajdi, F. (2021). Manajemen Perkembangan Siswa SD Melalui Peran Guru Dan Orang Tua Pada Masa Pandemi. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(1), 41–50.

Wibowo, W. (2019). Gerakan Pengelolaan Literasi Sekolah Untuk Mendukung Karya Tulis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Media Manajemen Pendidikan, 2(2), 279–288.

Windasari, W., Roesminingsih, E., & Trihantoyo, S. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Perubahan Organisasi Sekolah Dasar. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 99–110.

Wira, I. K. G. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Dengan Model ADDIE Materi Teknik Dasar Shooting Bola Basket Peserta Didik Kelas XI SMK Negeri 1 Singaraja Tahun Pelajaran 2020/2021 [Universitas Pendidikan Ganesha]. https://repo.undiksha.ac.id/11693/

Yayuk, S., & Sugiyono, S. (2019). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan biaya pendidikan terhadap kualitas proses belajar mengajar dan dampaknya dengan kompetensi lulusan SMK di kabupaten Gunungkidul. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1), 84–96.

Zayanti, N., Nopiantini, R., & Susanti, A. I. (2017). Perbedaan Pengetahuan Dan Sikap Remaja Sebelum Dan Sesudah Diberikan Promosi Kesehatan Mengenai Bahaya Seks Bebas Di Desa Cilayung. Jurnal Sistem Kesehatan, 2(3), 144–148. https://doi.org/10.24198/jsk.v2i3.11960


Refbacks

  • There are currently no refbacks.