Author
Rody Putra Sartika(1), Imron Arifin(2), Teguh Triwiyanto(3),
Pendidikan Kimia, Universitas Tangjungpura, Indonesia(1)
Menejemen Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Indonesia(2)
Menejemen Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Indonesia(3) Corresponding Author PDF Full Text [File Size: 305KB]
Published : 2024-05-01
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 304 times PDF Downloaded: 150 timesAbstract
Kurikulum Merdeka diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, sehingga kesiapan lembaga Pendidikan Anak Usia Dini dalam mengimplementasikannya menjadi sangat penting. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripkan kesiapan Kelompok Belajar untuk menerapkan Kurikulum Merdeka. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan pada Kelompok Belajar. Data dikumpulkan melalui teknik triangulasi dengan menggunakan teknik komunikasi, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasinya. Hasil penelitian diperoleh Kelompok Belajar telah menyiapkan diri untuk menerapkan Kurikulum Merdeka dengan baik. Kelompok Belajar telah mempersiapkan panduan-panduan dan dokumen-dokumen terkait serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengelola dan guru dalam memahami kurikulum ini. Kelompok Belajar juga dapat memanfaatkan perangkat ajar dari Kurikulum 2013 sebagai bahan referensi dalam pengembangan struktur kurikulum, pembelajaran, dan penilaian pada Kurikulum Merdeka.
Keywords
References
Adisti, A. R., Yuliasri, I., Hartono, R., & Fitriati, S. W. (2022). Pengembangan Literasi Digital Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini dalam Menyambut Kurikulum Merdeka. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 111–119. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/1438
Anwar, R. N. (2022). Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Guru di Lembaga Paud Se-Kecamatan Madiun. Communautaire: Journal of Community Service, 1(1), 21–29. https://serambi.org/index.php/communautaire/article/download/7/8/39
Asiah, S. N. (2018). Analisis Manajemen PAUD Berbasis Standar Akreditasi PAUD dan PNF di Kutai Kartanegara. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 6(1), 51–64. https://doi.org/10.21093/sy.v6i1.1325
Blewitt, C., O’connor, A., Morris, H., Mousa, A., Bergmeier, H., Nolan, A., Jackson, K., Barrett, H., & Skouteris, H. (2020). Do curriculum‐based social and emotional learning programs in early childhood education and care strengthen teacher outcomes? A systematic literature review. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(3), 1–23. https://doi.org/10.3390/ijerph17031049
Botutihe, S. N. (2020). Pola Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini di Kota Gorontalo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 883. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.481
Dewi, P. Y. A., & Primayana, K. H. (2022). Transformasi Penerapan Modul Ajar Pada Kurikulum Merdeka di PAUD. Widya Kumara, 3(2), 151–160. https://doi.org/10.55115/widyakumara.v3i2.2422
Farida, S. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Paud. Wacana Didaktika, 5(02), 189–200. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.5.02.189-200
Hartati, S. (2017). Penyelenggaraan Program Paud (Studi Evaluatif Di Pos Paud Kota Jakarta Timur, Provinsi Dki Jakarta). JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 12(2), 155–162. https://doi.org/10.21009/jiv.1202.9
Hasibuan, R., Fitri, R., Maureen, I. Y., & Pratiwi, A. P. (2022). Penyusunan Kurikulum Operasional pada Satuan PAUD Berbasis Kurikulum Merdeka. Transformasi Dan Inovasi, 2(2), 87–92. https://doi.org/10.26740/jpm.v2n2.p87-92
Herlida, A. (2022). Pendampingan Lembaga Paud Dalam Memahami 8 Standar Nasional Pendidikan Guna Percepatan Akreditasi. Madani: Jurnal Pengabdian Ilmiah, 5(1), 34–43. https://doi.org/10.30603/md.v5i1.2556
Husain, D. L., Agustina, S., Rohmana, & Alimin. (2023). Pelatihan Penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan ( KOSP ) sebagai Persiapan Implementasi. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6(1), 13–19. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1375
Jannah, M. M., & Harun. (2023). Kurikulum Merdeka : Persepsi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 197–210. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3800
Jayawardana, H. B. ., Noviyanti, A. I., Hidayanto, N. E., & Gita, R. S. D. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Fondasi. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 6(1), 8–15. https://doi.org/10.31537/jecie.v6i1.710
Lestariningrum, A. (2022). Konsep Pembelajaran Terdefirensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Jenjang PAUD. SEMDIKJAR 5 (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 179–184. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/2504
Madondo, F. (2021). Perceptions on Curriculum Implementation: A Case for Rural Zimbabwean Early Childhood Development Teachers as Agents of Change. Journal of Research in Childhood Education, 35(3), 399–416. https://doi.org/10.1080/02568543.2020.1731024
Munawar, M. (2022). Penguatan Komite Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. Tinta Emas, 1(1), 65–72. https://doi.org/10.35878/tintaemas.v1i1.390
Nahdiyah, U., Arifin, I., & Juharyanto, J. (2022). Pendidikan Profil Pelajar Pancasila Ditinjau dari Konsep Kurikulum Merdeka. Seminar Nasional Manajemen Strategi Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dan Pendidikan Dasar (Dikd As), 5, 1–8. http://conference.um.ac.id/index.php/ap/article/view/3324
Ngaisah, N. C., & Aulia, R. (2023). Perkembangan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. Bunayya, 9(1), 1–25. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v9i1.16890
Prameswari, T. W. (2020). Merdeka Belajar : Sebuah Konsep Pembelajaran Anak Usia Dini Menuju Indonesia Emas 2045. Prosiding Seminar Nasional Penalaran Dan Penelitian Nusantara, 1, 76–86. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/ppn/article/view/362
Rahmawati, R. F. (2022). Analisis Kesiapan Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka di TK ABA V Gondangmanis Kudus. 2st ICIE: International Conference on Islamic Education, 2, 1–10. http://proceeding.iainkudus.ac.id/index.php/ICIE/article/view/123
Retnaningsih, L. E., & Khairiyah, U. (2022). Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. SELING, 8(1), 143–158. https://doi.org/10.29062/seling.v8i2.1223
Rizka, A. D. M., & Pamungkas, J. (2023). Analisis Implementasi Mandiri Belajar pada Kurikulum Merdeka di Taman Kanak-kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1381–1390. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3429
Rohmah, N., & Fatimah, D. F. (2017). Pola Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Ceria Gondangsari Jawa Tengah. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 247–273. https://doi.org/10.14421/manageria.2016.12-05
Rozalena, & Kristiawan, M. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Paud Dalam Mengembangkan Potensi Anak Usia Dini. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(1), 76–86. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i1.1155
Safitri, S. G., & Nisak Aulina, C. (2022). Analisis Pemahaman Pendidik Anak Usia Dini Kelompok Usia 5-6 Tahun Terhadap Kurikulum Merdeka Belajar. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 76–87. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i2.131
Sari, D. M., Surantoro, & Ekawati, E. Y. (2013). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Materi Termodinamika Pada Siswa SMA. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 3(2), 33–39. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/fisika/article/view/5543
Sriandila, R., Suryana, D., & Mahyuddin, N. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di PAUD Nurul Ikhlas Kemantan Kebalai Kabupaten Kerinci. Journal on Education, 5(2), 1826–1840. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.823
Srianita, Y., & Anggraeni, D. (2022). Analisa Keterkaitan Permainan dan Strategi Pembelajaran Terhadap Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar PAUD. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(24), 185–190. https://doi.org/10.5281/zenodo.7479987
Wiyani, N. A. (2018). Konsep Manajemen PAUD Berdaya Saing. Aṣ-Ṣibyan, 3(1), 25–44. https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v3i01.1351
Yang, W., & Li, H. (2019). Changing Culture, Changing Curriculum: A Case Study of Early Childhood Curriculum Innovations in Two Chinese Kindergartens. Curriculum Journal, 30(3), 279–297. https://doi.org/10.1080/09585176.2019.1568269
Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. Quanta, 2(2), 83–91. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497
Refbacks
- There are currently no refbacks.