Implementasi Metode Langsung dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Anak Usia Dini

Authors

  • Kasmiati Kasmiati Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Islam Negeri Datokarama, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4483

Keywords:

metode langsung, bahasa Arab, anak usia dini

Abstract

Tahap perkembangan terbaik anak untuk belajar bahasa Arab ada pada fase usia dini. Pengenalan pembelajaran bahasa Arab di satuan penidikan harus dilakukan sejak anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan implementasi belajar bahasa Arab dengan metode langsung di satuan pendidikan anak usia dini. Penelitian yang digunakan adalah dengan paradigma kualitatif-deskriptif-tekstual. Adapun dokumen teks yang dikaji adalah fenomena pembahasan terkait dengan pembelajaran langsung bahasa Arab dan perkembangan berbahasa pada anak usia dini. Kedua fenomena ini dikategorisasikan dalam wacana pembelajaran langsung bahasa Arab untuk anak usia dini yang deskripsi wacananya bersumber dari artikel-artikel yang sudah dipublikasikan di jurnal ilmiah dan buku-buku referensi. Sumber data berupa dokumen teks ini kemudian dikumpulkan melalui teknik membaca dan mencatat. Teknik analisis data dilakukan dengan mengkaji data berdasarkan pada sudut pandang keilmuan yang digunakan, menganalisis dan mengkritis data yang telah dikaji dengan komprehensif, dan menyejikan hasil dalam temuan-temuannya. Hasil penelitiannya adalah usia terbaik untuk belajar bahasa Arab adalah anak usia dini. Lingkungan satuan pendidikan anak usia dini bisa menjadi tempat pendidikan dalam mengenalkan bahasa Arab dengan menggunakan metode langsung.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ani, P., & Gumiandari, S. (2020). Pembelajaran Bahasa Arab pada Anak Usia Dini Ditinjau dari Perspektif Psikolinguistik. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2). https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/4867

Aziz, A., Suhada, & Masruri, A. (2022). Aktivitas Pembelajaran Bahasa Arab Anak Usia Dini dengan Pendekatan Psikologi Humanistik Carl R. Rogers. Jurnal El Athfal, 2(2). https://journal.ptiq.ac.id/index.php/elathfal/article/view/831

Bakri, M. A. (2017). Metode Langsung (Direct Method) Dalam Pengajaran Bahasa Arab. Al-Maraji’ (Jurnal Pendidikan Bahasa Arab), 1(1). https://journal.unismuh.ac.id/index.php/al-maraji/article/view/2385

Darmawati, Dalle, A., Amdar, F. H., & Mustamin, A. A. Bin. (2021). Arabic Learning Strategy In Early Childhood. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1). https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/14163

Durtam. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Upaya Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Berbasis Tema Pada Anak Usia Dini. Jurnal Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, 8(1). https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady/article/view/9773

Efendy, A. F. (2010). Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. UIN Maliki Press.

Fachurrozi, A., & Mahyudin, E. (2021). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Rosda Karya.

Haliday, M. A. K. (2004). Language and Education. The Tower Building.

Hamidin, N. M. (2020). The Usage of Direct Method in Learning Arabic at Home. E-Jurnal Bahasa Dan Linguistik, 2(2). https://ejbl.kuis.edu.my/index.php/e-jbl/article/view/55

Hanafi, A. H. (2021). Metodologi Penelitian Bahasa. Ar-Ruzz Media.

Hanani, N. (2018). Pembelajaran Bahasa Arab Kontemporer. Cendekia Press.

Hermawan, A. (2021). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Rosda Karya.

Kasmiati. (2022). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. UIN Datokarama.

Kasmiati, & Kurniawan, H. (2021). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Wadas Kelir Press.

Khoiruddin. (2017). Pengenalan Bahasa Arab melalui Nyanyian pada Anak Usia Prasekolah di PAUD Terpadu Ihyaul Ulum Puncu Kediri Jatim. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1). https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/27/25

Mahsun. (2020). Metode Penelitian Bahasa. rajawali Press.

Montessori, M. (2021a). Absorbent Mind: Pikiran yang Mudah Menyerap. Pustaka Pelajar.

Montessori, M. (2021b). The Absorbent Mind: Pikiran yang Mudah Menyerap. Terj. Daryatno. Pustaka Pelajar.

Mufidah, N., & Humam, F. (2021). Metode Pengajaran Keterampilan Berbahasa Arab Kepada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(2).

Muflihah. (2014). Pentingnya Peran Bahasa Dalam Pendidikan Usia Dini (PAUD). Thufula, 2(2). https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/thufula/article/viewFile/4642

Muhajir, N. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Rakesarasin.

Muhammad. (2020). Metode Penelitian Bahasa. Ar-Ruzz Media.

Mukhtar. (2018). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Penerbit Referensi.

Munir. (2021). Perencanaan Sistem Pengajaran Bahasa Arab. Prenadamedia Group.

Mustofa, B., & Hamid, A. (2016). Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. UIN Maliki Press.

Mustofa, S. (2017). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. UIN Maliki Press.

Norilah, Zakiyyah, F. A., Madani, M. H., & Noor, F. (2022). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab pada Tingkat Dasar di PAUD Istiqlal Banjarmasin. Jurnal An-Nahdhah, 15(1). https://www.jurnal.staidarululumkandangan.ac.id/index.php/annahdhah/article/view/109

Oensyar, K. R., & Hifni, A. (2015). Pengantar Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. IAIN Raden Inten Antasari.

Perawironegoro, B. R. B. D. (2020). Pendidikan Bahasa Arab. UAD Press.

Rahman, A. A. (2017). Penerapan Metode Langsung dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Diwan, 3(1). https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/diwan/article/view/2915

Ramadhan, S. (2017). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab untuk Anak Usia Dini. Utile: Jurnal Kependidikan, 3(2). https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/JUT/article/view/75

Rosyidi, A. W. (2017). Meida Pembelajaran Bahasa Arab. UIN Maliki Press.

Suib, M., Saputra, D., Fidri, M., & Nurhayati. (2022). Strategi Pembelajaran Berdasarkan Unsur-unsur Bahasa Arab. Jurnal As Said, 2(1). https://e-journal.institutabdullahsaid.ac.id/index.php/AS-SAID/article/view/88

Sumardi, M. (2015). Pengajaran Bahasa Asing; Sebuah Tinjauan dari Segi Metodologi. Bulan Bintang.

Syah, I. J. (2018). Pembelajaran Bahasa Arab sebagai Bahasa Asing Terhadap Anak Usia Din. Journal of Chilhood Education, 2(1). https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce/article/view/14

Syah, I. J. (2019). Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Bahasa Asing Terhadap Anak Usia Dini. JCE (Journal of Childhood Education), 2(1). https://doi.org/10.30736/jce.v1i2.14

Taufiq, W. (2021). Metode Penelitian Bahasa Arab. Refika Aditama.

Thohir, M. (2021). Konsep Dasar Metode Pembelajaran Bahasa Arab. Kanon Books.

Trelease, J. (2020). The Read-Aloud Handbook: Membacakan Buku dengan Nyaring Melejitkan Kecerdasan Anak. Noura Books.

Umam, N., & Budiyati, U. (2020). Pembelajaran Bahasa Arab Anak Usia Dini Berbasis Nilai Karakter. Jurnal Warna, 4(1). https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/warna/article/view/242

Utami, K., & Zailani. (2022). Keterampilan Pembelajaran Bahasa Arab pada Anak Usia Dini di Tadika Tunasku Sayang Al Fikh Orchard Port-Klang Selangor Malaysia. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 1(6). https://publication.umsu.ac.id/index.php/ht/article/view/2695

Wahyudin, D. (2021). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Rosda Karya.

Wekke, I. S. (2020). Model Pembelajaran Bahasa Arab. Prenadamedia Group.

Wijaya, M., Sa’adah, M., & Aziza, N. (2019). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab: Sebuah Pengantar. LP3M Universitas Nurul Jadid.

Downloads

Published

10-06-2023

How to Cite

Kasmiati, K. (2023). Implementasi Metode Langsung dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3067–3076. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4483

Issue

Section

Articles