- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Implementasi Metode Langsung dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4483Keywords:
metode langsung, bahasa Arab, anak usia diniAbstract
Tahap perkembangan terbaik anak untuk belajar bahasa Arab ada pada fase usia dini. Pengenalan pembelajaran bahasa Arab di satuan penidikan harus dilakukan sejak anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan implementasi belajar bahasa Arab dengan metode langsung di satuan pendidikan anak usia dini. Penelitian yang digunakan adalah dengan paradigma kualitatif-deskriptif-tekstual. Adapun dokumen teks yang dikaji adalah fenomena pembahasan terkait dengan pembelajaran langsung bahasa Arab dan perkembangan berbahasa pada anak usia dini. Kedua fenomena ini dikategorisasikan dalam wacana pembelajaran langsung bahasa Arab untuk anak usia dini yang deskripsi wacananya bersumber dari artikel-artikel yang sudah dipublikasikan di jurnal ilmiah dan buku-buku referensi. Sumber data berupa dokumen teks ini kemudian dikumpulkan melalui teknik membaca dan mencatat. Teknik analisis data dilakukan dengan mengkaji data berdasarkan pada sudut pandang keilmuan yang digunakan, menganalisis dan mengkritis data yang telah dikaji dengan komprehensif, dan menyejikan hasil dalam temuan-temuannya. Hasil penelitiannya adalah usia terbaik untuk belajar bahasa Arab adalah anak usia dini. Lingkungan satuan pendidikan anak usia dini bisa menjadi tempat pendidikan dalam mengenalkan bahasa Arab dengan menggunakan metode langsung.
Â
Downloads
References
Ani, P., & Gumiandari, S. (2020). Pembelajaran Bahasa Arab pada Anak Usia Dini Ditinjau dari Perspektif Psikolinguistik. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2). https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/4867
Aziz, A., Suhada, & Masruri, A. (2022). Aktivitas Pembelajaran Bahasa Arab Anak Usia Dini dengan Pendekatan Psikologi Humanistik Carl R. Rogers. Jurnal El Athfal, 2(2). https://journal.ptiq.ac.id/index.php/elathfal/article/view/831
Bakri, M. A. (2017). Metode Langsung (Direct Method) Dalam Pengajaran Bahasa Arab. Al-Maraji’ (Jurnal Pendidikan Bahasa Arab), 1(1). https://journal.unismuh.ac.id/index.php/al-maraji/article/view/2385
Darmawati, Dalle, A., Amdar, F. H., & Mustamin, A. A. Bin. (2021). Arabic Learning Strategy In Early Childhood. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1). https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/14163
Durtam. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Upaya Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Berbasis Tema Pada Anak Usia Dini. Jurnal Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, 8(1). https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady/article/view/9773
Efendy, A. F. (2010). Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. UIN Maliki Press.
Fachurrozi, A., & Mahyudin, E. (2021). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Rosda Karya.
Haliday, M. A. K. (2004). Language and Education. The Tower Building.
Hamidin, N. M. (2020). The Usage of Direct Method in Learning Arabic at Home. E-Jurnal Bahasa Dan Linguistik, 2(2). https://ejbl.kuis.edu.my/index.php/e-jbl/article/view/55
Hanafi, A. H. (2021). Metodologi Penelitian Bahasa. Ar-Ruzz Media.
Hanani, N. (2018). Pembelajaran Bahasa Arab Kontemporer. Cendekia Press.
Hermawan, A. (2021). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Rosda Karya.
Kasmiati. (2022). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. UIN Datokarama.
Kasmiati, & Kurniawan, H. (2021). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Wadas Kelir Press.
Khoiruddin. (2017). Pengenalan Bahasa Arab melalui Nyanyian pada Anak Usia Prasekolah di PAUD Terpadu Ihyaul Ulum Puncu Kediri Jatim. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1). https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/27/25
Mahsun. (2020). Metode Penelitian Bahasa. rajawali Press.
Montessori, M. (2021a). Absorbent Mind: Pikiran yang Mudah Menyerap. Pustaka Pelajar.
Montessori, M. (2021b). The Absorbent Mind: Pikiran yang Mudah Menyerap. Terj. Daryatno. Pustaka Pelajar.
Mufidah, N., & Humam, F. (2021). Metode Pengajaran Keterampilan Berbahasa Arab Kepada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(2).
Muflihah. (2014). Pentingnya Peran Bahasa Dalam Pendidikan Usia Dini (PAUD). Thufula, 2(2). https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/thufula/article/viewFile/4642
Muhajir, N. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Rakesarasin.
Muhammad. (2020). Metode Penelitian Bahasa. Ar-Ruzz Media.
Mukhtar. (2018). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Penerbit Referensi.
Munir. (2021). Perencanaan Sistem Pengajaran Bahasa Arab. Prenadamedia Group.
Mustofa, B., & Hamid, A. (2016). Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. UIN Maliki Press.
Mustofa, S. (2017). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. UIN Maliki Press.
Norilah, Zakiyyah, F. A., Madani, M. H., & Noor, F. (2022). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab pada Tingkat Dasar di PAUD Istiqlal Banjarmasin. Jurnal An-Nahdhah, 15(1). https://www.jurnal.staidarululumkandangan.ac.id/index.php/annahdhah/article/view/109
Oensyar, K. R., & Hifni, A. (2015). Pengantar Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. IAIN Raden Inten Antasari.
Perawironegoro, B. R. B. D. (2020). Pendidikan Bahasa Arab. UAD Press.
Rahman, A. A. (2017). Penerapan Metode Langsung dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Diwan, 3(1). https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/diwan/article/view/2915
Ramadhan, S. (2017). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab untuk Anak Usia Dini. Utile: Jurnal Kependidikan, 3(2). https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/JUT/article/view/75
Rosyidi, A. W. (2017). Meida Pembelajaran Bahasa Arab. UIN Maliki Press.
Suib, M., Saputra, D., Fidri, M., & Nurhayati. (2022). Strategi Pembelajaran Berdasarkan Unsur-unsur Bahasa Arab. Jurnal As Said, 2(1). https://e-journal.institutabdullahsaid.ac.id/index.php/AS-SAID/article/view/88
Sumardi, M. (2015). Pengajaran Bahasa Asing; Sebuah Tinjauan dari Segi Metodologi. Bulan Bintang.
Syah, I. J. (2018). Pembelajaran Bahasa Arab sebagai Bahasa Asing Terhadap Anak Usia Din. Journal of Chilhood Education, 2(1). https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce/article/view/14
Syah, I. J. (2019). Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Bahasa Asing Terhadap Anak Usia Dini. JCE (Journal of Childhood Education), 2(1). https://doi.org/10.30736/jce.v1i2.14
Taufiq, W. (2021). Metode Penelitian Bahasa Arab. Refika Aditama.
Thohir, M. (2021). Konsep Dasar Metode Pembelajaran Bahasa Arab. Kanon Books.
Trelease, J. (2020). The Read-Aloud Handbook: Membacakan Buku dengan Nyaring Melejitkan Kecerdasan Anak. Noura Books.
Umam, N., & Budiyati, U. (2020). Pembelajaran Bahasa Arab Anak Usia Dini Berbasis Nilai Karakter. Jurnal Warna, 4(1). https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/warna/article/view/242
Utami, K., & Zailani. (2022). Keterampilan Pembelajaran Bahasa Arab pada Anak Usia Dini di Tadika Tunasku Sayang Al Fikh Orchard Port-Klang Selangor Malaysia. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 1(6). https://publication.umsu.ac.id/index.php/ht/article/view/2695
Wahyudin, D. (2021). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Rosda Karya.
Wekke, I. S. (2020). Model Pembelajaran Bahasa Arab. Prenadamedia Group.
Wijaya, M., Sa’adah, M., & Aziza, N. (2019). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab: Sebuah Pengantar. LP3M Universitas Nurul Jadid.