Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Karakter Kerjasama Anak Usia Dini

Afrenia Wulandari(1Mail), Suparno Suparno(2),
(1) Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
(2) Pendidikan Luar Biasa, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Afrenia Wulandari

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.448

Full Text:    Language : ID
Submitted : 2020-01-28
Published : 2020-02-24

Abstract


Penulisan ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan karakter kerjasama anak usia dini. Hal ini dilakukan agar guru memiliki pandangan model pembelajaran yang tepat untuk menstimulasi karakter kerjasama pada anak di sekolah. Pendidikan karakter sebaiknya dilakukan sejak anak usia dini karena usia ini merupakan masa keemasan (golden age) sehingga harus dimanfaatkan untuk mengoptimalkan pembentukan, pengarahan dan pembinaan karakter  kerjasama pada anak usia dini di taman kanak kanak. Adapun unsur kerjasama seperti adanya interaksi, ketergantungan positif, tanggung jawab perorangan dan sikap saling menghargai. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi. Desain penelitian pra eksperimental dengan satu kelompok eksperimen menggunakan pretest dan posttest. Dengan subjek penelitian (n=42) anak kelompok B TK Pertiwi Taji  di Kecamatan Prambanan. Hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada kemampuan kerjasama anak yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah atau Problem Based Learning pada kelas eksperimen.


Keywords


problem based learning; karakter kerjasama; anak usia dini

References


Akbar, A. I. (2009). pembinaan pendidikan karakter di sekolah menengah pertama. jakarta: direktorat PSMP.

Arends, R. I. (2013). Belajar untuk mengajar (M. F. Yulia, ed.). New York: Mc Graw-Hill.

Baptise, S. (2003). Problem-Based Learning : A Self-Direed journey. Thorofare: Slack Inc.

Bishop, J., & Verleger, M. (2013). Testing the flipped classroom with model –eliciting activities and video lectures in a mid-level undergraduate engineering course. Proceedings – Frontiers in Education Conference, 161–163. https://doi.org/10.1109/FIE.2013.6684897

Bose, mary J., Jarreau, P., Lawrence, L. W., & Snyder, P. (2003). Using cooperative learning in clinical laboratory science education. Journal of the American Society for Medical Tecnhnology, 17(1), 12–18. https://doi.org/10.29074/ascls.17.1.12

Bredekamp, S. (1987). Developmentally appropriate practice in early childhood programs serving from birth throught age 8. Washington: NAEYC.

Chen, W.-H. (2013). Teaching Geometry Through Problem Based Learning and Creative Design. Proceedings of the 2013 International Conference on Education and Educational Technologies.

Dochy, F., Segers, M., Bossche, P. V. ., & Gijbels, D. (2003). Effects of problem-based learning: a metaanalysis. Learning and Istruction, 13, 533–568. https://doi.org/10.1016/S0959-4752(02)00025-7

Fauziddin, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Kerja Sama melalui Kegiatan Kerja Kelompok Pada Anak Kelompok A TK Kartika Salo Kabupaten Kampar. Jurnal PAUD Tambusai STKIP Pahlawan Tuanku Tambusai Riau, 2(1), 29–45. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.47

Filipenko, M., & Naslund, Jo, A. (2016). Problem-Based Learning in Teacher Education (M. Filipenko & J.-A. Naslund, eds.). https://doi.org/10.1007/978-3-319-02003-7

Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-Based Learning: What and How Do Students Learn? Educational Psychology Review, 16(3), 235–266. https://doi.org/10.1023/b:edpr.0000034022.16470.f3

Hurlock, E. B. (1987). Hurlock,Elizabeth.1997. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Penerbit Erlangga. jakarta: erlangga.

Ismail, nurul huda. (2001). Paradigma Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jerzembek, G., & Murphy, S. (2013). A narrative review of problem-based learning with school-aged children: Implementation and outcomes. Educational Review, 65(2), 206–218. https://doi.org/10.1080/00131911.2012.659655

Jonassen, D. (2011). Supporting Problem Solving in PBL. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 5(2), 95–119. https://doi.org/10.7771/1541-5015.1256

Lickona, T. (1991). Educating for character: how our school can teach respect and responsibility. New York: Bantam Books.

Munawaroh, H. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran dengan Permainan Tradisional Engklek Sebagai Sarana Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 86. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.19

Nuraeni, L., Andrisyah, A., & Nurunnisa, R. (2019). Efektivitas Program Sekolah Ramah Anak dalam Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 20. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.204

Rakhmawati. (2013). Pendidikan karakter perspektif pendidikan islam rakhmawati institut agama islam negeri sultan amai gorontalo,. Al-Ulum, Jurnal.

Robbin, S. P. (2000). Manajemen (7th ed.). Jakarta: Prenhallindo.

Saputra, Y. M., & Rudyanto. (2005). Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Keterampilan Anak Tk. Jakarta: DepDiknas, Dikti, Direktorat P2TK2PT.

Strobel, J., & Van, B. A. (2015). Problem Based Learning Effectiveness, tensions and practitioner implications. Essential Readings in Problem Based Learning. Indiana: Perdue University Press.

Sudaryanti. (2012). Pentingnya Pendidikan Karakter bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2902

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Suyanto, S. (2005). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat. Yogyakarta: Hikayat.

Tan, O., Chye, S., & Teo, C. (2009). Problem-based learning and creativity: A review of the literature. In Problem-based learning and creativity. Singapore: cengange Learning Asia.

Tarhan, L., & Acar-sese, B. (2013). Problem based learning in ACIDs and based: learning achievements and student belifes. Journal of Baltic Science Education, 12(565–578).


Article Metrics

 Abstract Views : 97 times
 PDF Downloaded : 23 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.