Pola Pendidikan keluarga Saat Bencana Kabut Asap di Kota Pekanbaru

Febri Giantara(1Mail), Novi Yanti(2), Satri Handayani(3), Yenni Anis(4),
(1) Pendidkan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Diniyah Pekanbaru, Indonesia
(2) Pendidkan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Diniyah Pekanbaru, Indonesia
(3) Pendidkan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Diniyah Pekanbaru, Indonesia
(4) Pendidkan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Diniyah Pekanbaru, Indonesia

Mail Corresponding Author
Copyright (c) 2020 Febri Giantara, Novi Yanti, Satri Handayani, Yenni Anis

DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.446

Full Text:    Language : ID
Submitted : 2020-01-26
Published : 2020-02-11

Abstract


Bencana kabut asap yang terjadi dari tahun 2015 sampai dengan 2019 memberikan dampak negatif disemua lini kehidupan manusia, terutama pada proses pendidikan anak. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pola pendidikan keluarga yang sesuai ketika kabut asap. Pendidikan keluarga yang dimaksud disini adaah sebuah proses pendidikan pada anak usia taman kanak-kanak terutama pada pendidikan agama. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif naratif. Sampel dua keluarga yang berada di Kelurahan Tuah Karya kota Pekanbaru. Pendidikan anak yang sesuai ketika bencana kabut asap di kota Pekanbaru pada Kelurahan Tuah Karya adalah menggunakan media sosial WhatsApp dan modul yang telah dipersiapkan pihak sekolah. Penggunaan WhatsApp ini dengan cara guru mengingatkan orang tua agar mengulang-ulang materi yang telah ditentukan pihak sekolah. Penggunaan modul dengan cara sekolah memberikan modul kepada orang tua dan orang tua membimbing anak menggunakan modul tersebut. Hasil penelitian ini bisa digunakan oleh keluarga lain yang tekena bencana kabut asap.


Keywords


pola pendidikan keluarga; bencana; kabut asap; family education; disaster; haze

References


Aida, N. R. (2019). Kabut Asap dan Karhutla Riau, Peristiwa Tahunan yang Selalu Berulang... Retrieved November 19, 2019, from www.kompas.com/tren/read/2019/09/13/194927565/kabut-asap-dan-karhutla-riau-peristiwa-tahunan-yang-selalu-berulang?page=all

Aiyuda, N., & Koentjoro. (2018). Hubungan antara Persepsi Risiko dan Kepercayaan Masyarakat Terdampak terhadap Otoritas dalam Upaya Mitigasi Dampak Kabut Asap Riau. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 2(2), 101. https://doi.org/10.22146/gamajop.33094

Akhyadi, A. S., & Mulyono, D. (2019). Program Parenting Dalam Meningkatakan Kualitas Pendidikan Keluarga. Abdimas Siliwangi, 1(1), 1. https://doi.org/10.22460/as.v1i1p1-8.34

Awaluddin, A. (2016). Keluhan Kesehatan Masyarakat Akibat Kabut Asap Kebakaran Hutan dan Lahan Di Kota Pekanbaru. Jurnal Endurance, 1(1). https://doi.org/10.22216/jen.v1i1.1079

Bram, D. (2011). Pertanggungjawaban Negara Terhadap Pencemaran Lingkungan Transnasional. JURNAL HUKUM IUS QUIA IUSTUM, 18(2), 193–211. https://doi.org/10.20885/iustum.vol18.iss2.art3

Creswell, J. W. (2018). Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. In Research Design (IV). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dewantara, K. H. (2011). Karya Ki Hajar Dewantara. In Pendidikan (Pendidikan). Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.

Giantara, F., Kusdani, & Afrida, S. (2019). Peran Ayah Dalam Pendidikan Keluarga di Kota Pekanbaru. JRPP, 2(1), 234–245. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp

Gutek, G. L. (1974). Philosophical Alternatives in Education. (A Bell & Hewell Company, Ed.). Amerika: Charles E. Merrill Publishing Company.

Hussain, M. A. dkk. (2017). Philosophy of Education. Islamabad: Allama Iqbal Open University.

Ibrahim, R. (2013). Pendidikan Multikultural: Pengertian, Prinsip, dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. ADDIN (Vol. 7).

Jailani, M. S. (2014). Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Nadwa, 8(2), 245. https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.2.580

Kustanto, L. (2016). Analisis Naratif: Kemiskinan dalam Program Reality TV “Pemberian Misterius” di Stasiun SCTV. REKAM: Jurnal Fotografi, Televisi, Dan Animasi, 11(2), 109. https://doi.org/10.24821/rekam.v11i2.1297

M.A.Edu.Philosophy. (2010). Meaning, Scope & Functions Of Philoshopy Of Education. International Water Power and Dam Construction, 62(11), 22–24.

Pahrul, Y., Hartati, S., & Meilani, S. M. (2019). Peningkatan Kecerdasan Interpersonal melalui Kegiatan Menggambar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 461. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.186

Rahmatullah, A. S. (2017). Pendidikan Keluarga Seimbang yang Melekat Sebagai Basis yang Mencerahkan Anak di Era Digital. Cendekia: Journal of Education and Society, 15(2), 211. https://doi.org/10.21154/cendekia.v15i2.1144

Rianie, N. (2015). Pendekatan Dan Metode Pendidikan Islam (Sebuah Perbandingan Dalam Konsep Teori Pendidikan Islam Dan Barat). Jurnal: Management of Education, 1(2), 105–117. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.18592/moe.v1i2.350

Riau, S., & Kalbar, K. (2002). Kajian penyebaran kabut asap kebakaran hutan dan lahan di wilayah sumatera bagian utara dan kemungkinan mengatasinya dengan tmc.

Sectio Rini Jurusan Pendidikan Seni Tari, Y. (2013). Pendidikan: Hakekat, Tujuan, dan Proses. Yogyakarta.

Septiana, V. T., & Widiastuti, A. A. (2019). Dukungan Orang Tua dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Cerebral Palsy Usia 5-7 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 172. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.298

Sri Suryani, A., & Asap Kabut Akibat Kebakaran Hutan, P. (2012). Handling Smoke Haze from Forest Fire at Border Regions in Indonesia, 59–76.

Taubah, M. (2016). Pendidikan Anak Dalam Keluarga Prespektif Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 109–136. https://doi.org/https://doi.org/10.15642/jpai.2015.3.1.109-136

Vega, A. De, Hapidin, H., & Karnadi, K. (2019). Pengaruh Pola Asuh dan Kekerasan Verbal terhadap Kepercayaan Diri (Self-Confidence). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 433. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.227

Yunhadi, W. (2016). Pernanan Pendidikan Keluarga dalam Mengurangi Kenakalan Anak. Kutai Kartanegara.

Yusuf, M. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri.


Article Metrics

 Abstract Views : 190 times
 PDF Downloaded : 48 times


This article can be traced from:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.