
Author
Linda Dwiyanti(1

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia(3)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia(4)
Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia(5)

Article Analytic |
Published : 2023-11-16
Copyright (c) 2023 linda dwiyanti
Article can trace at:








Article Metrics
Abstract Views: 73 times
PDF Downloaded: 30 times
Abstract
Keterampilan fisik-motorik serta bahasa merupakan aspek yang sangat penting pada usia setiap anak dan sebagai dasar individu untuk mencapai kematangan motorik dan kecerdasan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas permainan rangkaian Smart Kiddo Games. Desain penelitian ini adalah Quasi Experimental Design with Nonequivalent Control. Dengan subjek penelitian anak kelompok A dari tiga lembaga Taman Kanak-kanak di wilayah Kediri, dengan jumlah sampel 115 anak. Dengan Teknik pengambilan data dengan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data uji coba terbatas menggunakan Wilcoxon signed rank test dan uji coba lapangan menggunakan Independent Sample T test. Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat perbedaan dan peningkatan hasil belajar anak pada kemampuan fisik motorik dan bahasa yakni (2-tailed) 0,0001 < 0,05 untuk kelompok eksperimen, setelah penggunaan Smart Kiddo Games. Sehingga dapat disimpulkan penggunaan Smart Kiddo Games memberikan pengaruh positif dan signifikan pada kemampuan fisik- motorik dan bahasa pada anak usia dini.
Keywords
References
Ban PAUD-PNF. (2022). Paparan Perkembangan Anajk Usia Dini.
Darmawati, N. B., & Widyasari, C. (2022). Permainan Tradisional Engklek dalam Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6827–6836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3487
Dwiyanti, L., Khan, R. I., & Kurniawati, E. (2018). Development of Smart Adventure Games to Improve the Readiness of the Initial Ability of Reading, and Writing on Early Childhood. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 149. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.91
Dwiyanti, L., Wati, E. K., Sari, A. T. R., Zawawi, M. A., & Rahma, S. A. (2023). Development of Smart Kiddo Games as an Effort to Improve Physical Motor and Language Abilities in Early Childhood. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 282–293. https://doi.org/10.51276/edu.v4i1.332
Gunawan, M. A. A. (2017). Hubungan Durasi Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Sosial Anak Prasekolah di TK PGRI 33 Sumurboto, Banyumanik. Hubungan Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Prasekoloah Di TK PGRI 33 Sumurboto, Banyumanik. Universitas Diponegoro Semarang. http://eprints.undip.ac.id/55141
Hafilda, A., Lestari, S., Ratnasari, F., & Yatsi Tangerang, S. (2022). The Relationship of Parent Parenting Patterns in Elementary School Children with Gadget Addiction in Mauk Barat Village During The Covid-19 Pandemic. Nusantara Hasana Journal, 1(12), 7–11. https://nusantarahasanajournal.com/index.php/nhj/article/view/294
Hasanah, Usawatun. (2016). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 717–733. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12368
Isna, A. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Al_Athfal, 2(2), 62–69. https://ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/Al_Athfal/article/view/140
Mahardika, E. K., Darwiyati, D., Waluyo, S., & Hafa, M. F. (2022). Evaluasi Metode Pembelajaran Melalui Permainan di Taman Kanak Kanak Kota Blitar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2745–2752. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1083
Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8
Nugraheni, S. E., Wulandari, R. T., & Anisa, N. (2019). Efektifitas Permainan Sirkuit Mahkota Untuk Menstimulus Kemampuan Motorik Kasar Anak Tk A di TK Dharma Wanita 06 Kedungkandang. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 124–131. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpaud/article/view/7383
Nurhayati, E., El Fitri, I., Durtam, D., & Jazariyah, J. (2022). Educational Computer Game and Their Implications on Early Children’s Language Skill. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6766–6776. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3488
Obiweluozo, E. P., & Melefa, O. M. (2014). Strategies for Enhancing Language Development as a Necessary Foundation for Early Childhood Education. International Journal of Education and Practice, 5(5), 147–155.
Paramita, V. N. M., & Supiati, V. (2020). Efektivitas Permainan Sirkuit (Paramita, Supiati) 443 Efektifitas Permainan Sirkuit Dalam Menstimulus Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 04(2), 343–350. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/2615
Permendikbud 137. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Risdianti, H. (2019). Pengaruh Pemanfaatan Permainan Sirkuit Geometry Fun Terhadap Kemampuan Fisik Motorik Kasar Kelompok B di TK An-Nur Malang. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 95–104. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpaud/article/view/7072
Rismayanthi, C. (2018). Olahraga Kesehatan. Mentari Jaya.
Rozana, S. (2019a). Peningkatan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan engklek di PAUD Al-Ashry Kel. Pekan Selesai, Kec. Selesai-LAngkat. Jurnal Ilmiah Abdi Ilmu, 12(2), 132–142. https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu/article/view/723
Sari, A. T. R. (2018). Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Kegiatan Pembelajaran Seni Tari Pada Anak Kelompok Bermain Paud Lab School Universitas Nusantara Pgri Kediri. Jurnal Seling, 4(1), 1–12. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/151
Savira, S., Khosiah, S., & Kusumawardhani, R. (2022). Geometry fun circuit play for children’s geometric shapes recognition. Journal of Early Childhood Care and Education, 4(2), 92–99. https://doi.org/10.26555/jecce.v4i2.5369
Sistiarini, R. D. (2021). Pengembangan Permainan Sirkuit Animove Untuk Menstimulasi Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Tri Munaisra Tirtaningsih. Jurnal Awlady, 7(1), 46–61. https://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady/article/view/6837
Sopiyati. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Kegiatan Melompat Dengan Menggunakan Media Tali Karet Gelang Pada Kelompak A Di TK Pertiwi Dahlia Desa Sambirejo Kecamatan Gabus Kabupaten Pati Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020. Journal of Industrial Engineering & Management Research , 2(6), 73–80. https://www.jiemar.org/index.php/jiemar/article/view/230
Widarto, D. A. S., Sugiharto, & Supriyadi. (2021). Pengaruh Pembelajaran Play & Games dengan Mendengarkan Musik terhadap Perkembangan Keterampilan Gerak Dasar Motorik Anak. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(5), 779–785. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/14848
Zeng, N., Ayyub, M., Sun, H., Wen, X., Xiang, P., & Gao, Z. (2017a). Effects of physical activity on motor skills and cognitive development in early childhood: A systematic review. In BioMed Research International (Vol. 2017). Hindawi Limited. https://doi.org/10.1155/2017/2760716
Zeng, N., Ayyub, M., Sun, H., Wen, X., Xiang, P., & Gao, Z. (2017b). Effects of physical activity on motor skills and cognitive development in early childhood: A systematic review. In BioMed Research International (Vol. 2017). Hindawi Limited. https://doi.org/10.1155/2017/2760716
Refbacks
- There are currently no refbacks.