Pengaruh Buku Cerita Rakyat Melayu Riau terhadap Kemampuan Literasi Budaya Anak Usia Dini

Authors

  • Rita Kurnia Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Riau, Indonesia
  • Rahmatul Ummah Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Riau, Indonesia
  • Enda Puspitasari Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4441

Keywords:

anak usia dini, literasi budaya, buku cerita rakyat melayu riau

Abstract

Pada masa anak usia dini dapat diyakini menjadi masa kritis untuk perkembangan anak, karena pada usia ini anak memiliki kecerdasan dan dapat mengenal keterampilan dasar dalam mempelajari literasi anak-anak sangat menakjubkan. Tujuan penelitian ini menganalisis pengaruh media buku cerita rakyat melayu Riau terhadap kemampuan literasi budaya anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen penelitian kuantitatif. Populasi dan sampel di kelas budaya berjumlah sebanyak 18 orang anak usia 5-6 tahun. Analisis data penelitian menggunakan uji hipotesis dengan bantuan IMB SPSS Windows V.26.0. Di dalam penelitian ini, peneliti mengumpulkan data dari data primer yang didapatkan melalui observasi. Hasil penelitian gain ternormalisasi menggunakan media buku cerita rakyat melayu Riau terhadap kemampuan literasi budaya pada anak dengan kategori sedang. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam mengembangkan dan memperkenalkan cerita rakyat Melayu Riau berbasis budaya lokal pada anak usia 5-6 tahun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar,8 no1, 50–58. https://doi.org/10.30595/dinamika.v8i1.943

Asmawati, L. suparno. soleh hidayat. (2020). ( Early Childhood Teacher Literacy Improvement through Storytelling Training ). Jpp Paud Fkip Untirta, 7(November), 133–144. https://doi.org/10.30870/jpppaud.v7i2.8602.

Desyandri, D. (2018). Nilai-Nilai Kearifan Lokal untuk Menumbuhkembangkan Literasi Budaya di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 27(1), 1–9. https://doi.org/10.17977/um009v27i12018p001

Devi Meilasari, R. R. D. (2022). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Literasi Pada Anak Usia Dini. JEA: Jurnal Edukasi AUD, 8(1), 41–55. https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/jurnalaud/article/view/6364

Elsa Fitrianita, Fanny Widyasari, W. I. P. (2018). Membangun Etos dan Kearifan Lokal melalui Foklor: Studi Kasus Foklor di Tembalang Semarang. Jurnal Ilmiah Kajian Antropologi, 2 no 1, 71–79. https://doi.org/10.14710/endogami.2.1.71-79.

Fauziddin, M. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun melalui Kegiatan Menceritakan Kembali Isi Cerita di Kelompok Bermain Aisyiyah Gobah Kecamatan Tambang. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 42–52. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.30

Gabriel García Ochoaa, S. M. and N. M. (2016). Embedding Cultural Literacy in Higher Education: a new approach. Intercultural Education, Vol. 27, n, 546–559. https://doi.org/10.1080/14675986.2016.1241551

Guslinda, kurnia rita. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. CV. Jakad Publishing Surabaya 2018. https://doi.org/10.13057/ijap.v4i02.4978

Hadiansyah, F., Djumala, R. & Gani, S. (2017). Materi pendukung literasi budaya dan kewargaan. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 53(9), 1689–1699. https://repositori.kemdikbud.go.id/11638

I Dewa Gede Agung Pandawana, D. P. Y. A. (2017). Aplikasi Game Cerita Rakyat Bali Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Berbasis Mobile. Lontar Komputer, 8 no 3, 208–218. https://doi.org/10.24843/LKJITI.2017.v08.i03.p07

Kurnia, R. (2020). A Culturally Relevant Picture Book for Children’s Early Literacy. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 14(11), 16–34. https://doi.org/10.53333/ijicc2013/141101

Kurnia Rita, Guslinda, S. M. (2020). Meningkatkan Perkembangan Membaca melalui Buku Cerita Rakyat Melayu pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 803–812. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.457

Ladaporn Thongsong, W. N. (2020). A causal relationship model of health literacy and health behavior for obesity prevention among primary school students in Bangkok, Thailand. https://doi.org/10.12688/f1000research.26249.1

Maine, Fiona; Cook, Victoria; Lähdesmäki, T. (2019). Reconceptualizing cultural literacy as a dialogic practice. 384–391. https://doi.org/10.18546/LRE.17.3.12

Majlinda Gjela, et. al. (2020). Digital Technologies in Early Childhood: Attitudes and Practices of Parents and Teachers in Kosovo. International Journal of Instruction, 13, no 1, 165–184. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13111a

Majorano, M. (2021). Early Literacy Skills and Later Reading and Writing Performance Across Countries: The Effects of Orthographic Consistency and Preschool Curriculum. Child & Youth Care Forum, 1063–1085. https://doi.org/10.1007/s10566-021-09611-7

Muhammad Fauzan Muttaqin & Hofipah Rizkiyah. (2022). Efektifitas Budaya Literasi dalam Meningkatkan Keterampilan 4C Siswa Sekolah Dasar. 2 no 1. https://doi.org/10.35878/guru/v2.i1.342

Noble, C., Sala, G., Peter, M., Lingwood, J., Rowland, C., Gobet, F., & Pine, J. (2019). The impact of shared book reading on children ’ s language skills : A. Educational Research Review. Educational Research Review. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2019.100306

Nurdin. (2019a). Urgensi Literasi Sains Dalam Meningkatkan Kompetensi Widyaiswara PAI BDK Aceh Di Era Millenial. Indonesian Jourbal of Science Education, 7 no 1, 55–63. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i1.12476

Nurdin. (2019b). Urgensi Literasi Sains Dalam Meningkatkan Kompetensi Widyaiswara PAI BDK Aceh Di Era Millenial. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7, 55–63. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i1.12476

Pratiwi, A. & Asyarotin, E. N. K. (2019). Implementasi literasi budaya dan kewargaan sebagai solusi disinformasi pada generasi millennial di Indonesia. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 7(1), 65–80. https://doi.org/10.24198/jkip.v7i1.20066

Ratnasari, E. M. & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267–275. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275

Rita Kurnia, Y. S. (2018). Pengaruh Media Pensil Karakter Animasi Upin dan Ipin Terhadap Kemampuan Menulis Anak. Pendidikan Usia Dini, Volume 12, 341–350. https://doi.org/10.21009/JPUD.122.15

Rokhmawan Tristan, M. B. F. (2017). Cultural Literacy Development Based On Local Oral- Stories As The Cultural Identity Of Kebonsari Elementary School. Journal of Intensive Studies on Language, Literature, Art, and Culture, 1 no 1, 224–238. https://doi.org/10.17977/um006v1i12017p224

Sary, Y. N. E. (2018). Relationship of Parenting with Child Interpersonal Intelligence in Wonokerto Village, Lumajang Regency. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 137. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.93

Solfiah, Y. S., Risma, D., Hukmi & Kurnia, R. (2020). Early Childhood Disaster Management Media Through Picture Story Books. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 14(1), 141–155. https://doi.org/10.21009/141.10

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. (n.d.). https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.260

Susanto, H. (2016). Membangun Budaya Literasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Menghadapi Era MEA. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 12–16. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v1i1.70.

Tanto, O. D. & Sufyana, A. H. (2020). Stimulasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini dalam Seni Tradisional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 575. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.421

Tohani, E. & Sugito. (2019). Penguatan Literasi Budaya Bagi Pelaku Seni Budaya Desa Kalirejo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 14(1), 39–46. https://doi.org/10.21009/jiv.1401.4

Winarni Endang Widi, Daimun Hambali, E. P. P. (2020). Analysis of Language and Scientific Literacy Skills for 4th Grade Elementary School Students through Discovery Learning and ICT Media. International Journal of Instruction, 12 no 3, 213–222. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13215a

Downloads

Published

17-06-2023

How to Cite

Kurnia, R., Ummah, R., & Puspitasari, E. (2023). Pengaruh Buku Cerita Rakyat Melayu Riau terhadap Kemampuan Literasi Budaya Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3253–3265. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4441

Issue

Section

Articles